Sebanyak 107 item atau buku ditemukan

Jas Merah : Jangan Sekali-Kali Melupakan Sejarah

Ini adalah kumpulan kisah, cerita, curhatan, dan pengalaman kami selama menjalankan Praktikum Prifesi Mikro di Jurusan kami. Kami yang tergabung di kelompok 10 Praktikum Mikro ini membawakan tema tentang Ekonomi Kreatif dan Wisata Religi. Ini adalah goresan kisah kami, kisah yang kelak akan menjadi jejak sejarah kami. Sepenuh hati kami buat untuk kamu para pembaca. Mungkin tidak akan membuat kamu tertawa, atau mungkin termotivasi, tapi setidaknya kamu bisa tahu sepenggal kisah-kisah kami di masa ini.

Ini adalah kumpulan kisah, cerita, curhatan, dan pengalaman kami selama menjalankan Praktikum Prifesi Mikro di Jurusan kami.

Modernisasi Zakat, Wakaf, Hingga Sukuk

Islam sebagai sebuah agama yang holistik mengatur setiap sendi-sendi kehidupan baik dalam skala mikro maupun makro. Dalam hal pengelolaan sebuah negara bagi seorang muslim mempergunakan kaidah-kaidah islami adalah sebuah kewajiban, demikian juga ketika diberi kesempatan menjalankan amanah untuk mengelola sektor keuangan publik. Secara umum para pemikir ekonomi Islam terbagi menjadi pihak yang pro dan kontra terhadap keberadaan pajak sebagai instrumen fiskal utama di negara-negara modern masa kini. Oleh karena itu banyak diskursus yang kemudian mengajukan untuk melakukan inovasi terhadap instrumen kebijakan fiskal Islam klasik untuk diolah menjadi lebih modern dan kontemporer yang diharapkan dapat menjawab tantangan zaman sambil tetap berpegang teguh kepada syariat Islam.

Islam sebagai sebuah agama yang holistik mengatur setiap sendi-sendi kehidupan baik dalam skala mikro maupun makro.

Bunga Rampai Zakat dan Wakaf

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang mana bisa disebut juga dengan ibadah wajib yang dilaksanakan oleh setiap muslim dengan memberikan sejumlah kadar tertentu dari harta milik sendiri kepada orang yang berhak menerimanya menurut yang ditentukan Islam. Sedangkan wakaf sendiri merupakan penahanan harta yang dapat diambil manfaatnya tanpa musnah untuk kepentingan mubah yang bermanfaat, kepada masyarakat secara umum dan kepada penerima wakaf secara khusus. Buku ini akan mengupas kumpulan makalah mengenai Zakat dan Wakaf yang ditulis oleh Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2018. Bermula dari sebuah tugas Ujian Tengah Semester mata kuliah Perencanaan, Evaluasi Program Penyuluhan yang diampu oleh Bapak Dr. Moh. Taufik Hidayatullah M.Si

Yang tergolong dalam harta yang harus dizakati adalah hewan ternak, emas dan perak (dalam arti logam investasi dan mata uang yang meliputi juga semua sistem investasi dan mata uang, termasuk uang kertas, tabungan, deposito, saham, ...

Konsep dan Struktur Penulisan Karya Ilmiah

Buku ini adalah buku ajar yang mata kuliah penulisan ilmiah. Bahasan pokok dari buku ini antara lain Konsep Penelitian, Jenis-Jenis Penelitian, Peranan Penelitian, Struktur Laporan Karya Ilmiah, Judul dan Identitas Penulis, Strategi Menulis Abstrak, Strategi Menulis Pendahuluan, Strategi Menulis Metodologi, Strategi Menulis Hasil dan Pembahasan, Strategi Menulis Kesimpulan dan Daftar Pustaka, Prinsip Dasar Menulis, Kesalahan Penulisan, Sistematika Artikel Ilmiah, Jenis Publikasi Ilmiah dan Jurnal Internasional.

Bahasan pokok dari buku ini antara lain Konsep Penelitian, Jenis-Jenis Penelitian, Peranan Penelitian, Struktur Laporan Karya Ilmiah, Judul dan Identitas Penulis, Strategi Menulis Abstrak, Strategi Menulis Pendahuluan, Strategi Menulis ...

Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar

Pengembangan kurikulum bersifat menyeluruh (komprehensif), yang mencakup suatu perencanaan, penerapan dan hasil akhir atau evaluasi. Perencanaan kurikulum adalah langkah awal untuk pelaku kurikulum untuk mencapai perencanaan yang akan diterapkan oleh guru dan peserta didik. Hasil akhir yang diperoleh dari perencanaan kurikulum adalah evaluasi kurikulum, yang tujuannya untuk melihat sejauh mana perencanaan yang diterapkan oleh guru sebagai pengajar dan peserta didik yang memiliki tujuan untuk lebih baik dengan peringkat-peringkat program yang telah dilaksanakan. Dalam pengembangan kurikulum, orang-orang yang terlibat bukan hanya yang terkait langsung dengan dunia pendidikan, tetapi ada orang-orang dari luar pendidikan dan juga masyarakat yang peduli pendidikan. Realita dalam masyarakat yang meliputi keberagaman sosial, aspirasi politik, keadaan ekonomi merupakan faktor penting dalam pengembangan kurikulum. Tetapi, realita keberagaman tersebut tidak digunakan sebagai landasan untuk guru dalam mengembangkan kurikulum. Padahal keberagaman ini memberikan pengaruh kepada guru dalam mengembangkan kurikulum, lembaga pendidikan untuk melayani pengalaman pengajaran, dan kemampuan peserta didik dalam proses belajar untuk dapat mengolah informasi sebagai hasil belajar.

Pengembangan kurikulum bersifat menyeluruh (komprehensif), yang mencakup suatu perencanaan, penerapan dan hasil akhir atau evaluasi.

Buku Sebagai Bahan Ajar: Sebuah Perbandingan Buku Teks Bahasa Inggris di Indonesia dan di Thailand

“Kekaguman saya lebih pada proses bagaimana buku ini menjadi. Perjalanan penulis saat KKN-PPL di Thailand benar-benar dimanfaatkan dengan terobosan yang cukup nekat. Pada umumnya penunjang bahan ajar pembelajaran bahasa Inggris di negara berkembang merujuk kepada bahan ajar dari negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. Berbeda dengan penulis, ia melakukan studi untuk keperluan perbaikan pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar, di Indonesia dari negara yang sama-sama tengah berkembang, Thailand. Jawaban yang tidak akan anda temukan kecuali dengan membaca buku ini!” Drs. Edi Hendri Mulyana, M.Pd. Ketua Prodi PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya “Buku ini merupakan muara kegiatan akademik, yakni diseminasi dan publikasi hasil penelitian,” Seni Apriliya, M.Pd. Dosen Bahasa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya “Tujuan merevisi sebuah buku teks adalah untuk membuatnya menjadi alat mengajar yang lebih baik lagi bagi para dosen/ guru, dan alat belajar yang lebih baik dan menarik bagi mahasiswa/ siswa”. Elizabeth Bergner Hurlock Pakar Psikologi Perkembangan

“Kekaguman saya lebih pada proses bagaimana buku ini menjadi.

Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran PAI di Madrasah: Teori dan Implementasinya

Salah satu prinsip pendidikan adalah guru tidak begitu saja memberikan pe­ngetahuan kepada peserta didik, tetapi peserta didik yang seharusnya aktif mem­bangun pe­ngetahuan dalam pikiran mereka sendiri. Pada suatu proses pengem­bangan model-model pembelajaran melahirkan berbagai macam konsep belajar yang telah kita kenal yakni yang salah satunya adalah pembelajaran berbasis teori konstruk­tivisme. Pendekatan teori konstruk­tivisme dalam pem­belajaran di­dasarkan pada perpaduan antara beberapa penelitian dalam modifikasi perilaku yang didasar­kan pada teori operant conditioning dalam ilmu psikologi behavioral. Premis dasar­nya adalah bahwa individu harus secara aktif “membangun” pengetahuan dan ke­terampilan­nya dan informasi yang ada diperoleh dalam proses membangun ke­rangka oleh peserta didik dari lingkungan di luar dirinya. Pengembangan sistem pem­belajaran pendidikan agama Islam memerlukan jasa ilmu pembelajaran pada umum­nya, sehingga diperlukan upaya adaptasi ter­hadap per­kembangan pem­belajaran, disertai dengan identifikasi sesuai dengan karak­teri­stik dari masing-masing mata pelajaran, terkhusus pada mata pelajaran PAI di Madrasah.

Model Jigsaw Metode pembelajaran ini dapat digunakan jika materi yang akan di. Gambar 2.5: Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. (Sumber: fatkhan.web.id) ... Silbermen, Active Learning, (Nusa media,2004),h.148 44Lihat Melvin L.

Narasi Negeri Jilid 1

Narasi Negeri berisi kumpulan tulisan tentang perenungan, refleksi, komentar, kritik dan kontra pandangan terhadap banyak peristiwa yang saya temui, saya lihat, dan saya dengar. Ada 3 topik besar yang ditulis dalam buku ini yaitu pendidikan, realitas sosial, dan wisata Indonesia plus 1 bab khusus tentang opini yang merupakan tulisan-tulisan dari blog pribadi. Membaca buku ini akan membuat kita semua merenungi tentang kondisi pendidikan Indonesia saat ini. Betapa masih banyaknya problematika yang belum selesai. Lalu, kita akan dibawa pada kenyataan bahwa zaman sudah bergerak terlalu cepat dan menyuguhkan banyak realitas sosial yang bagi sebagian kita, mungkin cukup dekat namun kita belum mampu mencernanya. Bab wisata Indonesia akan menjadi bab paling ringan dalam buku ini sebab akan membawa kita pada penggambaran-penggambaran tentang perjalanan. Sedangkan bab khusus opini akan menjadi bab yang cukup menarik untuk memantik dialektika kita tentang kerelawanan, politik dan sastra. Semoga buku ini dapat menjadi sedikit oase bagi dahaga intelektualitas dan refleksi para pembacanya.

Kita digelontor ribuan berita setiap harinya dan tanpa tenaga dan metode berpikir yang memadai, kita mudah sekali tersulut emosi atau malah menjadi apatis. Afutami memaparkan bahwa ternyata dalam ilmu psikologi, otak manusia itu bekerja ...

Narasi keluguan binatang

Budaya goblok di sini dilanggengkan oleh orang-orang yang goblok pula. Mereka berkumpul dan bekerja sama demi sebuah ketololan. Sebenarnya saya tidak ingin terlalu menjelekkan tokoh yang berada dalam cerita ini. Namun –dilihat dari sudut manapun—mereka memang jelek, tolol, goblok, dan barbar mirip hewan liar. ~Kegoblokan Hakiki Pada saat itu petikan gitar makin garang! Suara memekik pada kesunyian, dunia hilang dan masalah-masalah yang hampir membikin bunuh diri permisi. Kita bebas, kawan, dalam angan dan mabuk semalaman. ~Cerita pada Satu Malam di Ruangan itu

Namun ada juga pikiran jernih, nasib baik buat tetangga. Mungkin orang tuaku membangun tembok terlalu tinggi. Diingatkan alam. Alam selalu baik. Radio mobil memutar lagu Ebiet G. Ade, Berita kepada Kawan.

Media Pembelajaran SD

Media pembelajaran dijadikan sebagai sebuah alat untuk menyalurkan materi yang disampaikan oleh tenaga pendidik kepada peserta didik. Sehingga dalam proses belajar mengajar, media pembelajaran memiliki peran yang penting yaitu sebagai alat bantu mengajar yang akan mendukung keefektifan proses penyampaian pesan dan isi dari pengetahuan yang disampaikan. Beragamnya jenis media pembelajaran mengharuskan seorang tenaga pendidik mampu mengenali dan memanfaatkan dengan baik media apa saja yang dipilih dan digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Tenaga pendidik juga harus mengenali karakter peserta didik dan pengetahuan yang disampaikan, sehingga pemilihan jenis media pembelajaran yang digunakan dapat disesuaikan. Oleh karena itu, dalam buku “Media Pembelajaran SD” ini memaparkan dengan baik kepada tenaga pendidik untuk memahami dan menggunakan media pendidikan dalam proses belajar mengajar sehingga proses pembelajaran dapat menjadi lebih menarik dan diminati oleh peserta didik khususnya siswa Sekolah Dasar.

Media pembelajaran dijadikan sebagai sebuah alat untuk menyalurkan materi yang disampaikan oleh tenaga pendidik kepada peserta didik.