Sebanyak 4412 item atau buku ditemukan

Rifa’ah thahthawi : sang pembaharu pendidikan Islam

Mengelola, megatur dan memanej sebuah institusi pendidikan akan menjadi perkara yang tak bisa dianggap biasa saja, atau bisa dikerjakan dengan sambil lalu. Permasalahannya, pendidikan yang ada di tengah-tengah masyarakat pada era ini senantiasa bertumbuh-kembang tak tentu arah. Tanpa dapat memahami corak dari perubahan, pembaharuan serta perkembangan yang terjadi di dunia global, akan terasa sangat ironi. Jika kembali mengingat dalam amanat Undang-Undang Dasar 1945, pasal 31 dinyatakan, bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, juga pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional. Hal ini tentu menjadi home work bagi para pendidik, pemegang kebijakan pendidikan di tanah air, bagaimana harusnya mengelola, mengatur bahkan mengeluarkan kebijakan-kebijakan terkait. Agar manajemen dalam sebuah lembaga pendidikan, khususnya pendidikan Islam mempunyai pemahaman yang menyeluruh tentang pengelolaan dan dinamikanya. Maka dirasa sangat perlu untuk tak hanya mengaca pada pola pengelolaan yang ada di masa kini, namun juga urgen membuka lembaran sejarah panjang pendidikan Islam di era pertengahan atau abad pencerahan. Akan tetapi, sangat disayangkan kajian-kajian pemikiran pembaharuan pendidikan Islam termasuk langka dan jarang peminatnya. Hal ini dapat dilihat indikatornya dengan tak banyak refrensi atau buku-buku tentang tokoh-tokoh atau pemikiran tokoh pembaharu pendidikan Islam di abad pertengahan. Mayoritas hasil pelacakan ditemukan sitasi hanya terfokus pada sosok Rashid Rid}a dan Muhammad Abduh semata. Buku ini ditulis dengan menjelaskan secara diskriptif-naratif tentang ide-ide dan gagasan Rifa>’ah al-T{aht}a>wi tentang pembaharuan pendidikan Islam di saat Islam ketika itu sedang mengalami masa-masa kritisnya. Bagaimana juga ia bersentuhan dengan pendidikan Barat yang saat itu mulai mendominasi dan bersinggungan langsung dengan daerah-daerah imperialisnya. Selain itu, ia juga menjabarkan teori-teori pengelolaan pendidikan Islam, misalkan pendidikan yang terjadi di al-Azhar-Mesir dengan ditengarai munculnya jenjang-jenjang atau tingkatan-tingkatan dalam pendidikannya, ibtida>i (dasar), i’da>di (menengah) dan thana>wi (atas). Selain itu, pembelajaran di tingkat perguruan tinggi tak lagi ekslusif untuk kaum laki-laki semata, tapi kaum wanita juga mendapatkan ruangnya. Dengan demikian pembaca dapat lebih memahami atas beberapa asumsi-asumsi yang bertendensi negatif tentang sosoknya di dunia pembaharuan Islam.

Mengelola, megatur dan memanej sebuah institusi pendidikan akan menjadi perkara yang tak bisa dianggap biasa saja, atau bisa dikerjakan dengan sambil lalu.

Surau: Pendidikan Islam Tradisi dalam Transisi dan Modernisasi

Surau, sebagai lembaga pendidikan Islam di Minangkabau, Sumatra Barat, tetap menjadi bagian integral dari collective memory orang-orang Minang secara kesel uruhan. Wacana tentang surau tetap hadir dalam masyarakat Minang, baik di ranah Minang sendiri maupun di rantau. Pembicaraan tentang surau semakin menghangat ketika program otonomisasi daerah mulai diterapkan. Surau, dalam konteks otonomisasi, dipercaya masyarakat Minang dapat membangkitkan batang tarandam, yakni rnelahirkan ulama-ulama besar, seperti pernah dihasilkan surau di masa silam. Buku ini ingin melihat viabilitas surau di tengah ekspansi pesantren di Sumatra Barat—yang sebenarnya telah tumbuh dan berkembang pesat di Pulau Jawa, dalam dasawarsa terakhir. Untuk memperkaya tema bahasan, dalam buku ini juga disertakan makalah-mal

  • ISBN 13 : 6024221487
  • ISBN 10 : 9786024221485
  • Judul : Surau: Pendidikan Islam Tradisi dalam Transisi dan Modernisasi
  • Pengarang : Prof. Azyumardi Azra,   Ph.D.,   M.Phil.,   M.A.,   CBE.,   Ph.D.,   M.Phil.,   M.A.,   CBE.,   Ph.D.,   M.Phil.,   M.A.,   CBE.,   Ph.D.,   M.Phil.,   M.A.,   CBE.,   Ph.D.,   M.Phil.,   M.A.,   CBE.,  
  • Kategori : Religion
  • Penerbit : Kencana
  • Bahasa : id
  • Tahun : 2017
  • Halaman : 187
  • Google Book : https://play.google.com/store/books/details?id=q_W3DwAAQBAJ&source=gbs_api
  • Ketersediaan :
  • Surau, sebagai lembaga pendidikan Islam di Minangkabau, Sumatra Barat, tetap menjadi bagian integral dari collective memory orang-orang Minang secara kesel uruhan.

    Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah

    Buku ini menguraikan, antara lain: pengertian dan metodologi sejarah pendidikan Islam, pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, pendidikan Islam pada masa kejayaan, pendidikan Islam pada masa kemunduran, pendidikan Islam pada masa pembaruan, dan pendidikan Islam pada masa kebangkitannya. *** Persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia Group)

    Buku ini menguraikan, antara lain: pengertian dan metodologi sejarah pendidikan Islam, pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, pendidikan Islam pada masa kejayaan, pendidikan Islam pada masa kemunduran, pendidikan Islam pada masa ...

    Ilmu Pendidikan Islam ; Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat

    Buku ini menawarkan sejumlah ide dan gagasan brilian terkait konsep kependidikan Islam. Beberapa kritik tajam menyangkut materi, kurikulum, sistem, model pembelajaran, serta proses penyelenggaraan pendidikan Islam juga akan banyak pembaca temui di dalam buku ini, termasuk tema-tema lain yang sangat menarik seperti pendidikan integratif, pendidikan seks bagi anak-anak dan remaja, pendidikan kreatif dengan cinta, dan tema ttg membangun surga pendidikan.

    Buku ini menawarkan sejumlah ide dan gagasan brilian terkait konsep kependidikan Islam.

    Pengantar Psikologi dan Pandangan Al-Qur'an Tentang Psikologi

    Hakikat hidup manusia pada dasarnya tidak hanya mempelajari segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan hidup di luar dirinya, namun juga tertarik untuk mempelajari apa yang ada di dalam dirinya sendiri. Dalam hal ini manusia ingin memahami hakikat manusia itu sendiri; pribadi manusia menjadi objek studi dari manusia. Landasan psikologis merupakan dasar pemahaman serta pengkajian karakteristik dan perilaku manusia (sebagai individu).Cakupan buku ini antara lain membahas hakikat, sejarah, dan definisi Psikologi; ruang lingkup dan hubungan bidang Psikologi dengan disiplin ilmu pengetahuan lainnya; kajian dan pembahasan Psikologi berdasarkan pandangan perspektif Al-Quran; hakikat manusia menurut Al Quran; Psikologi Islam; aplikasi Psikologi dalam bidang profesi lain (pendidikan dan pengajaran, konseling, hubungan kemasyarakatan, kepemimpinan, kriminal, dan teknologi informasi); beberapa metode dan aliran dalam Psikologi (psikoanalisa, behaviorisme, humanistik, dan kognitif); gejala kejiwaan pada manusia; beberapa pendekatan Psikologi; serta tokoh-tokoh Islam di bidang Psikologi. --- Penerbit Kencana Prenadamedia Group

    Contoh; masalah perkawinan, perceraian, pengasuhan, pendidikan, proses
    belajar, anak nakal, kenakalan remaja, kenakalan orang tua, kejahatan, proses
    menjadi tua, organisasi, modernisasi, asimilasi, propaganda, dakwah, moral,
    etika, ...

    Perubatan psikologi Islam

    Peredaran zaman dan pencapaian kemajuan serta perkembangan ilmu telah benar-benar memberi bidang psikologi suatu imej baru yang tidak lagi dikhususkan sebagai suatu ilmu dalam bidang sastera.

    Psikologi Konseling Teori & Implementasi

    Konseling merupakan proses yang melibatkan perilaku individu partisipan dalam hal mana di dalamnya berkorelasi antara konselor dan klien serta unsur terkait seperti interaksi, situasi internal dan eksternal yang memengaruhinya. Kajian dan penerapan perilaku terkait dengan konseling merupakan domain cakupan terhadap psikologi konseling itu sendiri. Berkaitan dengan itu, maka buku ini mengupas hal-hal terkait dengan pengertian dan ruang lingkup psikologi konseling, kajian psikologi konseling, aplikasi psikologi konseling, model-model konseling penyelenggaraan dan teknik konseling, landasan psikologi konseling, konseling dengan pendekatan agama, karakteristik konselor efektif, dan konseling rasional emotif perilaku (KREP) sebagai salah satu solusi penanganan masalah dalam konseling. Penulis berharap agar para pembaca umumnya dan mahasiswa khususnya, memiliki pemahaman komprehensif tentang aspek-aspek terkait dengan konseling dalam paradigma psikologi. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

    Aswadi. 2009. Iyadah dan Tazkiyah Perspektif Bimbingan Konseling Islam.
    Surabaya: Dakwah Digital Pess. Ancok, Djamaludin, dan Fuad Nashori Suroso.
    1995. Psikologi islami. Cet. ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Anwar Sutoyo.
    2007.

    Konseling Kelompok

    Buku ini bisa menjadi jembatan bagi mereka yang ingin mengetahui tentang kenseling kelompok. pembahasan dimulai dengan pengertian kelompok, termasuk keuntungan dan kekurangan yang bisa ditimbulkan dari kelompok. Setelah itu di paparkan apa yang dimaksud dengan konseling kelompok, mengapa metode ini bisa menjadi cara yang akfektif untuk banyak kasus dan masalah, bagaimana karakteristik klien dan seluruh rankaian tersebut akan di tutup dengan pembahasan tentang teori yang menjadi landasan konseling kelompok konseling untuk mereka yang menderita HIV/AIDS --- Buku persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia)

    Setelah itu di paparkan apa yang dimaksud dengan konseling kelompok, mengapa metode ini bisa menjadi cara yang akfektif untuk banyak kasus dan masalah, bagaimana karakteristik klien dan seluruh rankaian tersebut akan di tutup dengan ...