Sebanyak 7667 item atau buku ditemukan

SUPERVISI PENDIDIKAN

Teori dan Pengaplikasian

Arti Supervisi menurut asal usul atau etimologinya merupakan bentuk perkataan atau morfologi maupun isi yang terkandung dalam perkataan itu atau semantik. Secara morfologis bahwa supervisi berasal dari dua kata bahasa Inggris, yaitu super dan vision. Super berarti di atas dan vision berarti melihat dan masih serumpun dengan inspeksi, pemeriksaan, pengawasan, dan penilikan. Tujuan umum supervisi adalah memberikan bantuan teknis dan bimbingan kepada guru dan staf agar personil tersebut mampu meningkatkan kualitas kinerjanya dalam melaksanakan tugas dan melaksanakan proses belajar mengajar. Secara operasional dapat dikemukakan beberapa tujuan konkrit dari supervisi pendidikan yaitu Meningkatkan mutu kinerja guru, Meningkatkan keefektifan kurikulum sehingga berdaya guna dan terlaksana dengan baik, Meningkatkan keefektifan dan keefesiensian sarana dan prasarana, Meningkatkan kualitas pengelolaan sekolah, Meningkatkan kualitas situasi umum sekolah. Fungsi supervisi ini penting diketahui pengawas dan kepala sekolah. Fungsi-fungsi tersebut merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, jika oleh para supervisor dapat memenuhi fungsi-fungsi tersebut dalam melaksanakan tugas profesionalnya, diperkirakan para guru akan memperoleh bantuan dalam memecahkan berbagai kesulitannya dalam melaksanakan tugas pembelajaran. Pendekatan sistem pendidikan dipergunakan untuk menunjuk pengertian skema atau metode pengaturan organisasi atau susunan sesuatu atau metode. Dapat juga dalam arti suatu bentuk atau pola pengaturan, pelaksanaan atau pemrosesan dan juga dalam pengertian metode pengelompokan, pengkodifikasian, dan sebagainya. Pendidikan merupakan sarana penting untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam menjamin kelangsungan pembangunan suatu bangsa. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia jauh lebih mendesak untuk segera direalisasikan terutama dalam menghadapi era persaingan global.

Secara operasional dapat dikemukakan beberapa tujuan konkrit dari supervisi pendidikan yaitu Meningkatkan mutu kinerja guru, Meningkatkan keefektifan kurikulum sehingga berdaya guna dan terlaksana dengan baik, Meningkatkan keefektifan dan ...

Pengajar Profesional: Teori dan Konsep

Semoga buku ini dapat memberikan sumbangsih keilmuan dan menambah wawasan bagi semua calon guru dan/atau guru untuk meningkatkan profesionalitas dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Indonesia yang didedikasikan untuk kemajuan pendidikan Indonesia di era Revolusi Industri 5.0. Pembahasan lengkap buku ini adalah: Bab 1 Perencanaan Pembelajaran Bab 2 Pendekatan Pembelajaran Bab 3 Strategi Pembelajaran Bab 4 Model-Model Pembelajaran Inovasi Generasi Z Bab 5 Inovasi Media Pembelajaran Bab 6 Metode-Metode Pembelajaran Bab 7 Pengukuran Evaluasi Belajar Bab 8 Teknik-Teknik Pembuatan Soal HOST Bab 9 Keterampilan Dasar Mengajar Bab 10 Manajemen Kelas Bab 11 Pembelajaran Terpadu, Tematik dan Terintegrasi Bab 12 Motivasi dan Pembelajaran Terpadu Bab 13 Pembelajaran Daring Revolusi Industri 5.0

... 7) Pendekatan sistem, 8) Pendekatan analitis pluralistis, 9) Pendekatan penguatan, 10) Pendekatan kekuasaan, ... Manajemen. Kelas. Banyak masalah-masalah yang timbul dalam kelas dapat berupa kondisi lingkungan fisik (ruang, ...

A to Z Bimbingan dan Konseling Karier Konsep, Teori, dan Aplikasinya

Karier bukan sekedar pekerjaan atau jabatan seseorang, melainkan suatu pekerjaan atau jabatan yang benar-benar sesuai dengan potensi diri sehingga membuat seseorang senang melakukannya, kemudian mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan prestasinya, mengembangkan potensi dirinya, lingkungannya, serta sarana dan prasarana yang diperlukan. Untuk itu, bimbingan karier perlu diberikan kepada siswa untuk mengetahui potensi-potensi yang dimilikinya sehingga siswa terarah dalam menentukan pekerjaan, jabatan, atau kariernya di masa depan. Buku ini menjelaskan secara rinci landasan teori dalam bimbingan karier, model-model pendidikan karier, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap karier, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, buku ini juga mempermudah pembaca karena dilengkapi dengan contoh program bimbingan karier; tujuan program bimbingan karier; pelaksanaan bimbingan karier di sekolah; dan sarana pelaksanaan bimbingan karier. Dengan demikian, buku ini berguna dan sangat diperlukan bagi guru (konselor), kepala sekolah, pengawas sekolah, mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan lainnya untuk mengarahkan siswa.

Proses adalah sistem arteri dalam organisasi dan jaringan pasokan antar-organisasi. ... besar alat dan pendekatan yang berasal dari beragam disiplin ilmu, termasuk Teknik Industri, Manajemen Operasi, Manajemen Mutu, Manajemen Sumber ...

Kepemimpinan: Fundamental Teori

Tujuan disusunnya buku ini adalah untuk memberikan tambahan paradigma pengetahuan dan membantu para pembaca yang berasal dari berbagai kalangan, baik akademisi maupun praktisi dalam memahami teori Perencanaan Sumber Daya Manusia. Buku ini membahas mengenai tentang perencanaan sumber daya manusia yang dibagi atas 12 bab yaitu: Bab 1 Peran, Tantangan Dan Tren Terkini MSDM Dan Manajemen Strategik Bab 2 Pendekatan-Pendekatan Dalam Mengaitkan Strategi Dan MSDM Bab 3 Variabel-Variabel Lingkungan Yang Memengaruhi MSDM Bab 4 Proses Peramalan Sumber Daya Manusia Bab 5 Menentukan Dan Menghitung Permintaan Sumber Daya Manusia Bab 6 Memastikan Pasokan Sumber Daya Manusia Bab 7 Proses Manajemen Suksesi Bagi Karyawan Bab 8 Konsep Downsizing Dan Restrukturing Bab 9 Konsep Manajemen Talenta Bab 10 Perencanaan Tenaga Kerja Strategis Untuk Mendukung Inisiatif Bisnis Bab 11 Menentukan Pengurangan Staffing Dalam Konteks Strategis Bab 12 Konsep Keefektifan dan Efisiensi

Komunikasi. pada. Masa. Krisis. Menjalankan dan membina tim kerja dalam situasi yang krisis terkadang menjadi tantangan yang cenderung sukar dapat dijamin oleh pemimpin. Hambatan yang dihadapi terutama pada kondisi krisis menghambat ...

Teori Desain Organisasi

Tujuan disusunnya buku ini adalah untuk memberikan nuansa baru ilmu pengetahuan, membantu para pembaca dari berbagai kalangan, akademisi maupun praktisi pendidikan dapat memahami seluk beluk Organisasi yang dipengaruhi oleh teori, desain, struktur, budaya dan faktor faktor lainnya. Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan Teori Desain Organisasi. Buku ini terdiri dari 10 Bab yang menguraikan tentang: Bab 1 Konsep Dasar Teori Desain Organisasi Bab 2 Struktur dan Desain Organisasi Bab 3 Perangkat Analisis Studi Organisasi Bab 4 Perangkat Analisis Struktur Organisasi Bab 5 Implementasi Tata Nilai Organisasi dalam Konsep Manajemen Bab 6 Pengelolaan Organisasi dan Implementasinya Dalam Manajerial Bab 7 Kompleksitas Aspek Budaya dalam Pembentukan Organisasi Bab 8 Pembentukan Organisasi Yang Efektif Bab 9 Konflik Dalam Suatu Organisasi dan Dampaknya Bab 10 Pemicu Adanya Perilaku Politik Dalam Organisasi

... organisasi terhadap ilmu pengetahuan seperti sosiologi, politik, administrasi, manajemen dan lainnya, terdapat beberapa pendekatan terdiri dari pendekatan historis, pendekatan kelompok pemikiran dan pendekatan klasifikasi keilmuan.