Sebanyak 3279 item atau buku ditemukan

Belajar dari Covid-19: Perspektif Sosiologi, Budaya, Hukum, Kebijakan dan Pendidikan

Pandemi Covid-19 saat ini telah melahirkan new normal (tatanan baru) yang mengharuskan seluruh masyarakat, termasuk orang tua beradaptasi dalam mendidik anak. Anak yang telah menempuh pendidikan mulai sekolah menengah sampai perguruan tinggi merupakan kelompok remaja yang memiliki berbagai dinamika, sebagai akibat dari perkembangan psikologisnya sehingga mencari berbagai bentuk norma dalam diri maupun masyarakat. Kehadiran negara menjadi sebuah keharusan untuk meredam kecemasan warga negaranya dalam hal pemahaman tentang status pendemi virus corona (Covid-19), melalui peran membuat kebijakan, edukasi, pencegahan dan penanganannya. Peran negara secara edukatif mejadi langkah awal sebagai sumber informasi dan pengetahuan yang sahih agar warga negara secara mindset tidak terpasung oleh berita hoaks. Selanjutnya langkah pencegahan dan penanganan menjadi kebijakan yang dikuatkan dengan membuat regulasi yang dapat dipertanggungjawabkan aktualisasinya dalam hal pelayanan publik yang akuntabel. Penulisan buku ini dilakukan secara berkolaborasi yang ditulis selama dua minggu sejak 20 Juni sampai 5 Juli 2020. Sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, beberapa dosen dari berbagai institusi melakukan kajian-kajian terhadap permasalahan khusus pada bidang Sosiologi, Budaya, Hukum, Kebijakan dan Pendidikan untuk menghasilkan solusi demi kemaslahatan Bersama. Buku ini membahas: 1. Menakar Diri Di Era New Normal 2. Manifestasi Modal Sosial dalam Membangun Imunitas Sosial Menghadapi Pandemi Covid-19 3. Peran Orang Tua Dalam Mencegah Perilaku Menyimpang Remaja di Masa Pandemi Covid-19 4. Gerakan Gotong Royong Melawan COVID-19 5. Aspek Hukum Pandemik Covid-19: Asimilasi dan Hukum Acara 6. Menakar Kebijakan Virus Corona (Covid-19) 7. Partisipasi Masyarakat Dalam Implementasi Kebijakan MenghadapiPandemi Covid 19 8. Transisi Normal Baru dalam Pendidikan 9. Inovasi Pembelajaran Era Covid-19 dan Problematikanya 10. Transformasi Media dan Metode Pembelajaran pada Masa PandemiCovid-19 11. Model Pembelajaran Daring Pada Pendidikan Dasar Di Madrasah 12. Kreatif Memanfaatkan Teknologi Dalam Proses Belajar-Mengajar DiMasa Pandemi Covid-19 13. Keterampilan Kepala Sekolah Menggunakan Platform Pendidikan Berbasis Teknologi Untuk Kegiatan Manajerial Di Era Pandemi Covid-19 14. Manajemen Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di Masa PandemiCovid-19 Metamorfosis Supervisi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19

pendidikan. Maka dari itu pada tanggal 30 juni 2020 diluncurkanlah Buku Saku Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 yang disepakati oleh 4 menteri yaitu: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan ...

Strategi Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah

Buku ini disusun untuk membantu para peneliti atau mahasiswa menulis hasil risetnya dalam bentuk publikasi di jurnal ilmiah bereputasi baik jurnal internasional maupun jurnal nasional terakreditasi. Tulisan ini tidak dikhususkan pada satu bidang studi tetapi semua disiplin ilmu bisa menggunakannya sebagai acuan strategi penulisan artikel ilmiah yang jitu.

Ilmiah. Mendekati abad XVII telah terjadi revolusi pemikiran berbasis
pengetahuan ilmiah, dimana pengetahuan ilmiah mulai menjadi dasar
pendidikan yang lebih tinggi. Pada saat itu, tidak semua orang bisa menikmati
secara bebas, hanya ...

Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Fakultas Kedokteran UMI Makassar

Buku Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) ini bertujuan untuk menuntun mahasiswa selama tahapan pembuatan KTI, mulai proses pembuatan proposal penelitian, penelitian, sampai melaporkan hasil penelitian KTI yang telah dilakukannya, dalam rangka memperoleh gelar sarjana kedokteran.

Buku Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) ini bertujuan untuk menuntun mahasiswa selama tahapan pembuatan KTI, mulai proses pembuatan proposal penelitian, penelitian, sampai melaporkan hasil penelitian KTI yang telah dilakukannya, ...

Conceptualizing Culture in Social Movement Research

This volume introduces and compares different concepts of culture in social movement research. It assesses their advantages and shortcomings, drawing links to anthropology, discourse analysis, sociology of emotions, narration, spatial theory, and others. Each contribution's approach is illustrated with recent cases of mobilization.

Introduction. Themost recent waveof antiausterity mobilizations –in particular the
Occupy and Indignados movements, aswell astheArab Spring– once again
draws attention tothe interrelationofsocial movements andspace: With the
occupation ...

Pendidikan Agama Islam : Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Madrasah Aliyah Kelas XI

Buku pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI ini disusun tetap berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI Tahun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada Keputusan Menteri Agama RI No. 165 Tahun 2014, dan Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag RI Tahun 2015, terdiri atas 6 Bab. Setiap bab mengandung: uraian materi pelajaran, rangkuman, hikmah, evaluasi dan tugas dari bab yang bersangkutan.

KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) TINGKAT MADRASAH ALIYAH (MA) SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI SEMESTER ... dari khalifah-khalifah Dinasti Bani Umayyah sebagai implementasi dari sejarah peradaban Islam di era modern. 3.1.

Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Kelas XII

Bismillahirrahmanirrahim Buku pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Aliyah (MA) Kelas XII ini disusun tetap berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI Tahun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada Keputusan Menteri Agama RI No. 165 Tahun 2014, dan Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag RI Tahun 2015, terdiri atas 9 Bab. Setiap bab mengandung: uraian materi pelajaran, rangkuman, hikmah, evaluasi dan tugas dari bab yang bersangkutan.

Mensyukuri nikmat Allah Swt. berupa kekayaan peradaban yang diraih umat Islam zaman sekarang 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, 2.1. Menunjukkan perilaku bijaksana (hikmah) sebagai implementasi dari ...

SEJARAH ISLAM PERIODE KLASIK

Penulisan sejarah Islam biasanya diklasifikasikan menjadi periode klasik, periode pertengahan, dan periode modern. Periode klasik identik dengan masa kejayaan Islam, periode pertengahan cenderung didominasi kemunduran Islam, sedangkan periode modern ditandai dengan kebangkitan Islam. Pada saat dunia Islam mengalami kemajuan pesat, kondisi dunia Barat sebaliknya. Tetapi orang-orang Barat akhirnya mampu mentransfer ilmu pengetahuan yang dimiliki masyarakat Muslim. Kesempatan itu memang sangat besar karena pemerintahan Islam terkenal sebagai pemerintah yang sangat toleran terhadap para penganut agama selain Islam. Sikap toleran itulah yang diteladankan oleh Rasulullah saw selama memimpin umat Islam. Pemimpin-pemimpin berikutnya juga sangat toleran. Misalnya, Khalifah ‘Umar ibn al-Khattab ketika menguasai Baitul Maqdis, atau para pemimpin lainnya, baik di kawasan Islam timur maupun barat. Bangsa Barat yang melihat kesempatan emas selama berinteraksi dengan umat Islam memanfaatkannya secara maksimal untuk mengalihkan ilmu pengetahuan. Adapun jalur-jalur yang menjadi jembatan untuk transformasi ilmu pengetahuan tersebut antara lain melalui Andalusia (Spanyol), Sicilia (Italia), dan perang salib. Demikianlah keberhasilan bangsa Barat dalam pengalihan ilmu pengetahuan dari dunia Islam sehingga sampai hari ini mereka mampu berdiri di puncak peradaban setelah berada lama dalam masa kegelapan. Agar era supremasi intelektual Islam tidak hanya sekedar nostalgia dan umat Islam tidak terlalu lama tenggelam dalam keterpurukan, lantas apa yang semestinya dilakukan. Inilah manfaat menelaah kajian sejarah masa lampau karena sejarah adalah guru kehidupan yang menyediakan garis-garis pedoman yang sangat berfaedah. Perlu ditegaskan bahwa mengembalikan kejayaan peradaban Islam merupakan kewajiban kaum Muslimin. Secara kuantitatif jumlah negara yang dipimpin oleh penguasa Muslim dan mempunyai penduduk mayoritas beragama Islam sangat signifikan. Oleh karena itu, diperlukan penyadaran kembali mengenai tanggung jawab mereka terhadap eksistensi umat dan agama Islam ini. Di samping itu, gerakan ijtihad secara menyeluruh hendaknya terus direvitalisasi.

Penulisan sejarah Islam biasanya diklasifikasikan menjadi periode klasik, periode pertengahan, dan periode modern.

Dasar-dasar Penyiaran: Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi

Edisi 2

Penemuan teknologi baru ini segera membawa kemajuan signifikan pada siaran radio yang semula hanya dinikmati di kalangan atas (the have) secara terbatas, menjadi produk teknologi massal, seiring kemajuan dan semakin murahnya perangkat radio. Menyusul kemudian teknologi penyiaran dan perangkat televisi, serta penggunaan satelit dan teknologi turunannya, yang hanya dalam satu abad umat manusia dapat menikmati beragam informasi dan aneka hiburan yang nyaris tak dibatasi oleh letak geografis dan sekat budaya. Buku persembahan penerbit Prenada Media

Penemuan teknologi baru ini segera membawa kemajuan signifikan pada siaran radio yang semula hanya dinikmati di kalangan atas (the have) secara terbatas, menjadi produk teknologi massal, seiring kemajuan dan semakin murahnya perangkat radio ...

Psikologi santri penghafal al-Qur'an

peranan regulasi diri

Psychological development among the students of Islamic religious education who memorizing Koran in Indonesia.

Psychological development among the students of Islamic religious education who memorizing Koran in Indonesia.