Sebanyak 70 item atau buku ditemukan

Pembelajaran Tematik

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang melibatkan beberapa pelajaran (bahkan lintas rumpun mata pelajaran) yang diikat dalam tema-tema tertentu. Pembelajaran ini melibatkan beberapa kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikator dari suatu mata pelajaran, atau bahkan beberapa mata pelajaran. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menekankan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya. Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi Anak Usia Dini TK/RA & anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Trianto.

Kata-Kata yang Merusak Akidah

Seseorang yang dapat berbicara dengan lidahnya merupakan karunia besar yang diberikan Allah kepada ciptaan-Nya. Sudah selayaknya kita menggunakan karunia tersebut dengan amanah, bukan dengan berkata buruk dan mendzalimi orang lain. Sebab perkataan yang tidak baik bisa membuat seorang muslim terjerumus ke dalam murka-Nya. Rasulullah saw bersabda, ”Sesungguhnya seorang hamba apabila berbicara dengan satu kalimat yang tidak benar (buruk), hal itu menggelincirkan dia ke dalam neraka yang lebih jauh antara timur dan barat.” (HR. Bukhari). Buku ini berisi ucapan-ucapan terlarang yang dapat mengundang murka Allah, merusak akhlak bahkan merusak akidah seorang muslim.

Seseorang yang dapat berbicara dengan lidahnya merupakan karunia besar yang diberikan Allah kepada ciptaan-Nya.

Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah Kelas VII

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), khususnya untuk Mata Pelajaran Sejarah Kebudayan Islam Madrasah Tsanawiyah Kelas VII. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di Madrasah Tsanawiyah (MTs). Dengan mempelajari SKI kita akan mengetahui berbagai kisah masa lalu tentang masyarakat, peradaban, dan kebudayaan Islam sejak zaman Nabi Muhammad Saw., Khulafaur Rasyidin, dinasti-dinasti yang berkuasa setelahnya sampai zaman modern. Dalam buku ini, materi yang dibahas tentang strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Makkah dan Madinah; Perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin dan pada masa Dinasti Umayyah. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan Tilawātul Qur’an, Peta Konsep, Tokoh, Mutiara Hadis, Kisah Teladan, Khazanah, Tugas, Kegiatan, Tafakur, Refleksi Diri, dan Proyek, yang dapat memperkaya wawasan siswa.

1.6 Menghayati kewajiban umat Islam untuk mengembangkan peradaban. 2.6 Menjalankan sikap dinamis demi kemajuan peradaban umat Islam. 3.6 Menganalisis perkembangan peradaban Islam pada masa Daulah Umayyah. 4.6 Menyajikan fakta kemajuan ...

Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah Kelas IX

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), khususnya untuk Mata Pelajaran Sejarah Kebudayan Islam Madrasah Tsanawiyah Kelas IX. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di Madrasah Tsanawiyah (MTs). Dengan mempelajari SKI kita akan mengetahui berbagai kisah masa lalu tentang masyarakat, peradaban, dan kebudayaan Islam sejak zaman Nabi Muhammad Saw., Khulafaur Rasyidin, dinasti-dinasti yang berkuasa setelahnya sampai zaman modern. Dalam buku ini, materi yang dibahas tentang masuknya Islam ke Indonesia, kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, peran pesantren dalam Dakwah Islam di Indonesia, tradisi dan budaya Islam Nusantara, tokoh-tokoh penyebar Islam di Indonesia. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan Tilawātul Qur’an, Peta Konsep, Tokoh, Mutiara Hadis, Kisah Teladan, Khazanah, Tugas, Kegiatan, Tafakur, Refleksi Diri, dan Proyek, yang dapat memperkaya wawasan siswa.

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), khususnya untuk Mata Pelajaran Sejarah Kebudayan Islam Madrasah Tsanawiyah Kelas IX. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun ...

A Statement Regarding Fiqh of Du'aa

Indeed the topic of the Fiqh of Du'aa is a topic which is vast and of the utmost importance; because it is from having comprehension of the religion. It is affirmed within the authentic Hadeeth from the Prophet (sallallahu 'alayhi wa sallam) that he said: "He for whom Allaah wants good, He gives him Fiqh (understanding/comprehension) in the religion." Therefore, Fiqh of Du'aa is Fiqh in the religion. Rather, it is Fiqh of a great aspect and the utmost importance in the religion of Allaah, the Majestic and High. What indicates this is the statement of Allaah, the Mighty and Majestic: So, call you (O Muhammad (sallallahu 'alayhi wa sallam) and the believers) upon (or invoke) Allaah making (your) religion pure for Him. [Soorah Ghafir 40:14]Here, He referred to Du'aa as being Deen (i.e. Religion). Likewise, he, the Blessed and High referred to Du'aa as being worship in several verses within the Qur'aan. Allaah, the Mighty and Majestic, has stated: And your Lord said: "Invoke Me, I will respond to your (invocation). Verily! Those who scorn My worship they will surely enter Hell in humiliation! [Soorah Ghafir 40:60]Here, He referred to Du'aa as worship.This meaning is affirmed within the Sunnah; within the Hadeeth of An-Nu'maan ibn Basheer from the Prophet (sallallahu 'alayhi wa sallam) that he said: "Ad-Du'aa is worship." Rather, It is affirmed within Al-Mustadrak by Al-Haakim and others, from the Hadeeth of Ibn 'Abbaas, may Allaah be pleased with him, in a Marfoo' form (that he said): "The best act of worship is Ad-Du'aa." Therefore, Fiqh in Du'aa is Fiqh in religion and Fiqh in the worship of Allaah the Majestic and High. So it is a beautiful act of worship and a great act of obedience; it is a magnificent means of nearness which Allaah loves from His slaves. The research in this subject is very broad, and its aspects are great and extensive. However, I ask Allaah, the Majestic and High, to facilitate for me to bring the pivotal points of this topic and review of some of its significant aspects

What indicates this is the statement of Allaah, the Mighty and Majestic: So, call you (O Muhammad (sallallahu 'alayhi wa sallam) and the believers) upon (or invoke) Allaah making (your) religion pure for Him. [Soorah Ghafir 40:14]Here, He ...

Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas VII

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), khususnya untuk Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas VII. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Buku ini terdiri dari dua materi besar, yaitu Akidah dan Akhlak. Materi pembelajaran Akidah terdiri atas materi tentang dasar dan tujuan akidah Islam, sifat-sifat Allah Swt., adab shalat dan zikir, asmaul husna, serta iman kepada malaikat dan makhluk gaib lainnya, dan adab membaca al-Qur’an dan hadis. Sedangkan materi Akhlak mencakup akhlak terpuji kepada Allah Swt., keteladanan Nabi Sulaiman As. dan Nabi Ibrahim As., dan menjauhi akhlak tercela. Buku ini disajikan secara lengkap dengan bahasa singkat dan mudah dipahami untuk mempermudah dalam pembelajaran materi. Pada buku ini, terdapat pernak-pernik yang akan memperkaya wawasan siswa antara lain Tilawātul Qur’an, Peta Konsep, Tokoh, Mutiara Hadis, Kisah Teladan, Khazanah, Tugas, Kegiatan, Tafakur, Refleksi Diri, dan Proyek.

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), khususnya untuk Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas VII.

Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), khususnya untuk Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Buku ini terdiri dari dua materi besar, yaitu Akidah dan Akhlak. Materi pembelajaran Akidah terdiri atas materi tentang Sejarah, Hakikat, dan Keistimewaan Al-Qur’an; Mukjizat, Karamah, Ma’unah, dan Irhas; Akhlak Terpuji pada Diri Sendiri; Akhlak Tercela pada Diri Sendiri; Tata Cara Pergaulan; Keteladanan Nabi Musa As.; Rasul Ulul Azmi; Akhlak Terpuji pada Sesama; Akhlak Tercela pada Sesama; Adab dalam Menggunakan Media Sosial; Keteladanan Sahabat Abu Bakar As-Shiddiq Ra. Buku ini disajikan secara lengkap dengan bahasa singkat dan mudah dipahami untuk mempermudah dalam pembelajaran materi. Pada buku ini, terdapat pernak-pernik yang akan memperkaya wawasan siswa antara lain Tilawātul Qur’an, Peta Konsep, Tokoh, Mutiara Hadis, Kisah Teladan, Khazanah, Tugas, Kegiatan, Tafakur, Refleksi Diri, dan Proyek.

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), khususnya untuk Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII.

Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah Kelas V

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) khususnya untuk Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Buku ini terdiri dari dua materi besar, yaitu Akidah dan Akhlak. Materi pembelajaran Akidah mencakup tentang kalimat tayyibah, asmaul husna, beriman kepada hari kiamat, dan lainnya. Sedangkan untuk materi Akhlak mencakup tentang akhlak terpuji seperti sikap disiplin, sikap mandiri, menghindari sikap tercela seperti putus asa dan tamak, adab bertamu, dan lainnya yang dikemas dalam bahasa yang mudah dipahami disertai contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Kelebihan dari buku ini, adanya pernak-pernik yang dapat menambah wawasan siswa berupa Tilawātil Qur’an, Peta Konsep, Tokoh, Mutiara Hadis, Kisah Teladan, Khazanah, Kilas Bahasa, Tugas, Kegiatan, Tafakur, Refleksi Diri, dan Proyek.

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) khususnya untuk Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang ...

Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas IX

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), khususnya untuk Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas IX. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Buku ini terdiri dari dua materi besar, yaitu Akidah dan Akhlak. Materi pembelajaran Akidah terdiri atas materi tentang iman kepada qaḍa dan qadar. Sedangkan materi akhlak mencakup perilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam kehidupan sehari-hari; adab pergaulan dengan saudara, teman, dan tetangga; keteladanan Umar bin Khattab Ra. dan Aisyah Ra.; akhlak tercela dalam pergaulan remaja; adab berjalan, makan dan minum, serta berpakaian dalam Islam; keteladanan Usman bin Affan Ra. dan Ali bin Abi Thalid. Pada buku ini, terdapat pernak-pernik yang akan memperkaya wawasan siswa antara lain Tilawātul Qur’an, Peta Konsep, Tokoh, Mutiara Hadis, Kisah Teladan, Khazanah, Tugas, Kegiatan, Tafakur, Refleksi Diri, dan Proyek.