Sebanyak 56 item atau buku ditemukan

TEORI MODEL KEPERAWATAN

Keperawatan

Konselor (Counselor) Dalam perannya sebagai konselor, perawat dapat menerapkan berbagai teknik interpersonal untuk membantu pasien menghadapi situasi yang ada dan menerimanya. Dengan kata lain, penting bagi pasien untuk mengintegrasikan ...

Empati dan Komunikasi (Dilengkapi Modul Pengajaran dengan Model Pendidikan Berbasis Komunitas)

Konseling Orang tua ingin penjelasan yang mudah diterima mengenai diagnosis dan penyebab sakit anaknya. Demikian pula dengan hal-hal yang terkait dengan tata laksana. Memberikan nasihat dan konseling yang terkait dengan sakitnya pasien ...

PEMBELAJARAN SASTRA BERKEARIFAN LOKAL

Buku ini berisi panduan tentang pentingnya kearifan lokal dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan model pembelajaran sastra Indonesia berbasis kearifan lokal. Buku ini dapat menjadi alternatif pembelajaran sastra Indonesia di sekolah, karena buku ini mempunyai disertai dengan Standar kompetensi, kompetensi dasar, dan RPP sehingga guru tidak lagi dibebani dengan penyusunan RPP. Selain itu, buku ini penting untuk disampaikan pada guru di sekolah mengingat pentingnya kearifan lokal untuk memperkuat karakter siswa di sekolah.

Kearifan Lokal Terkait Bahasa dan Aksara Daerah Ada berbagai macam bahasa daerah di Indonesia. Selain itu, ada beberapa daerah di Indonesia yang mempunyai aksara daerah. Seperti dalam buku teks Bahasa Indonesia, ada gambar atau ...

Statistika Pendidkan

Buku Statistika Pendidikan ini memberikan pemahaman metode penelitian tentang bagaimana menentukan dan memahami situasi atau fenomena atau data-data pendidikan, serta mampu menjelaskan dalam bentuk deskriptif maupun inferensia. Untuk mamaksimalkan pemahaman pembaca, maka buku ini dilengkapi dengan konsep, prinsip, prosedur, dan contoh-contoh yang variatif dalam dunia pendidikan. Dengan terbitnya buku ini, diharapkan menambah referensi dan memperkaya khasanah keilmuan dalam Metode Statistika khususnya bidang pendidikan.

Buku Statistika Pendidikan ini memberikan pemahaman metode penelitian tentang bagaimana menentukan dan memahami situasi atau fenomena atau data-data pendidikan, serta mampu menjelaskan dalam bentuk deskriptif maupun inferensia.

Teori Organisasi "Struktur dan Desain

BUKU ini berjudul ‘Teori Organisasi, Struktur dan Desain’ kami susun berdasarkan pandangan sejumlah pakar tentang topik tersebut. Membahas pelbagai aspek teori organisasi berarti bahwa kita perlu menerbitkan buku dengan ratusan halaman, begitu pula tentang materi pembahasannya. Mengingat hal tersebut buku ini hanya mencakup topik- topik tertentu saja tentang kedua subjek tersebut. Pembahasan buku ini dikelompokkan secara sistematis ke dalam 11 bab yang mengupas konsep Organisasi dan para pengelolanya; pembentukan gabungan dan tujuan organisasi; organisasi formal; kecenderungan dalam rancangan organisasi; evolusi organisasi; lingkungan organisasi (strategi dan unsure organisasi); desain organisasi dan teknologi; kelahiran, pertumbuhan, penuruanan dan kematian organisasi; pengambilan keputusan,pembelajaran dan perubahan perusahaan; budaya organisasi; konflik, kekuatan dan politik

BUKU ini berjudul ‘Teori Organisasi, Struktur dan Desain’ kami susun berdasarkan pandangan sejumlah pakar tentang topik tersebut.

HUKUM WARIS DALAM ISLAM

Dilengkapi Contoh Kasus dan Penyelesaiannya

Hukum waris Islam sangat berbeda dengan berbagai sistem hukum waris lainnya, misalnya hukum waris berdasarkan hukum adat dan hukum waris berdasarkan Burgelijk Wetboek (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata). Menurut hukum waris Islam ada tiga golongan ahli waris, yaitu (1) ahli waris dzawil faraid atau dzul faraid, (2) ahli waris asabah, dan (3) ahli waris dzawil arham. Penggolongan ahli waris seperti hukum waris Islam tersebut tidak dijumpai di dalam sistem hukum waris lainnya. Burgelijk Wetboek mengenal pembagian ahli waris, tetapi konsekuensinya berbeda dengan pembagian ahli waris menurut hukum Islam. Konsep ahli waris dzawil faraid tidak dikenal dalam sistem hukum waris apa pun. Ahli waris dzawil faraid adalah ahli waris yang bagiannya atas harta warisan telah ditentukan, baik oleh Alquran, Sunnah, maupun Ijtihad.

Penggolongan ahli waris seperti hukum waris Islam tersebut tidak dijumpai di dalam sistem hukum waris lainnya. Burgelijk Wetboek mengenal pembagian ahli waris, tetapi konsekuensinya berbeda dengan pembagian ahli waris menurut hukum Islam.

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PRODUKSI BENIH KENTANG G0 DALAM BENTUK UMBI DAN STEK DI SCREEN HOUSE

Tanaman kentang (Solanum tuberosum L.) merupakan komoditi hortikultura yang strategis dalam mendukung ketahanan pangan Nasional, namun demikian produktivitas tanaman kentang di Indonesia masih rendah. Kendala utama peningkatan produksi adalah pengadaan dan distribusi benih kentang berkualitas yang belum dapat terpenuhi. Sistem perbanyakan benih kentang yang bermutu yang telah ditetapkan oleh kementerian pertanian terdiri dari perbanyakan benih kelas: Benih Penjenis (BS), Benih Dasar (BD/G0), Benih Pokok (BP/G1) dan Benih Sebar (BR/G2), dalam proses produksi benih yang bermutu ini harus mengikuti standar ketentuan yang berlaku, sehingga buku standar operasional prosedur (SOP) merupakan acuan teknis dalam proses produksi benih kentang yang bermutu. Buku ini menguraikan secara detail teknik produksi benih kentang G0 dalam bentuk umbi dan stek di screen house, yang mengacu petunjuk teknis sertifikasi benih kentang yang dikeluarkan oleh Direktorat Perbenihan Hortikultura maupun pengalaman penulis di lapangan. Harapannya, buku SOP ini dapat digunakan sebagai pedoman bagi produsen benih dan petugas lapang dalam memproduksi dan sertifikasi benih kentang yang bermutu.

Syarif Husen dan para mahasiswanya melakukan kajian yang berkaitan dengan
kultur jaringan kentang, karakterisasi, pembuatan benih bebas virus, pembibitan
kentang serta riset di bidang hidroponik dan aeroponik kentang, yang ...

MANAJEMEN SEKOLAH DASAR UNGGUL

Profil lulusan PGSD S.1 adalah menjadi: (1) Guru SD Profesional, (2) Peneliti Pembelajaran di Sekolah Dasar, dan (3) Praktisi pendidikan di sekolah Dasar. Untuk itulah Mahasiswa PGSD sebagai calon guru profesional dan praktisi pendidikan di Sekolah Dasar perlu mendapat bekal mata kuliah Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Konsep MBS telah disosialisasikan kepada semua pemangku kepentingan pendidikan sekolah (stakeholder) melalui pelatihan (training). Dan capacity building, baik oleh pemerintah maupun lembaga asing seperti USAID, AusAID, SECIP, ADB, AIBEP dan sebagainya. MBS memiliki 3 pilar utama yaitu: (1) PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan, (2) Manajemen Sekolah yang handal, dan (3) PSM (Peran Serta Masyarakat). Buku yang berjudul “Manajemen Sekolah Dasar Unggul” ini hanya membahas secara teoritis tentang apa MBS, tujuan dan komponen MBS, lebih dari itu buku ini juga dilengkapi dengan bagaimana penerapan MBS di sekolah dalam mewujudkannya di lapangan dalam upaya mengembangkan Sekolah Dasar Unggul. Hal ini mendukung terwujudnya profil lulusan S.1 PGSD yaitu menjadi Praktisi Pendidikan di Sekolah Dasar. Oleh sebab itu buku ini juga memberikan beberapa contoh praktik-praktik terbaik (best practices) yang dapat dicoba untuk diadopsi dan diadaptasi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. MPMBS (Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah) adalah wujud nyata desentralisasi pendidikan yang digalakkan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara Nasional. Akhirnya, sekali lagi diharapkan mudah-mudahan buku MBS ini dapat dijadikan acuan bagi para mahasiswa sebagai calon guru profesional dan para penyelenggara pendidikan di sekolah, agar setiap satuan pendidikan dapat meningkatkan kualitas menuju keunggulan sekolah, baik keunggulan secara teoritis sesuai standar sekolah efektif, keunggulan dalam ukuran formal sesuai Standar Nasional Pendidikan maupun keunggulan dalam perspektif harapan stakeholder sebagaimana yang diharapkan bersama.

Tim ini bisa melibatkan atau terdiri dari unsur pimpinan sekolah bimbingan dan konseling, guru, dan perwakilan orang tua/wali siswa. Tim ini bertugas untuk menentukan prioritas nilai, ...

Ekonomi Indonesia di Tengah Pandemi Covid 19

Buku ini merupakan kajian dari beragam perspektif di bidang ekonomi baik dilihat secara makro ataupun mikro, baik di lingkup nasional maupun regional yang dikemukakan oleh dosen-dosen di Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB UMM. Pandangan dari ahli yang tercantum di dalam buku ini diharapkan memberikan gambaran lain dalam hal penanganan ataupun tindakan rehabilitasi ekonomi pada saat wabah COVID-19 belum memiliki anti virus atau vaksin sebagai salah satu Langkah pencegahan penularan COVID-19. Selain itu pandangan ahli ekonomi yang tersusun dalam buku ini dapat dijadikan satu referensi khusus di dalam Perekonomian Indonesia termasuk Langkah-langkah sistemik untuk penyelamatan bidang ekonomi.

Buku ini merupakan kajian dari beragam perspektif di bidang ekonomi baik dilihat secara makro ataupun mikro, baik di lingkup nasional maupun regional yang dikemukakan oleh dosen-dosen di Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB UMM.

ETIKA LINGKUNGAN (Teori dan Praktik Pembelajarannya)

Sebagai buku yang diharapkan memberikan pengayaan kompetensi mahasiswa dalam kajian bioetika, khususnya dalam kajian etika lingkungan, buku ini terdiri dari 6 Bab. Bab I merupakan pengantar yang memberikan informasi latar belakang mengapa buku ini disusun/ditulis. Permasalahan lingkungan adalah fakta yang tak terbantahkan. Manusia berada pada baris terdepan sebagai tersangka atau bahkan terdakwa terkait masalah itu. Untuk semakin menguatkan pemahaman mahasiswa terkait maslaah tersebut maka bagian Bab II buku mengupas tentang Manusia dan Permasalahan Lingkungan. Uraian terdiri atas 1) manusia sebagai pembuat masalah lingkungan, 2) pencemaran udara dan problem pemanasan global, 3) pencemaran air dan problem penggunaan air, 4) pencemaran tanah dan problem penggunaan lahan, dan 5) deforestasi dan eksploitasi sumberdaya laut berlebihan. Berbagai data coba dihadirkan dalam bagian tersebut, baik dari data primer ataupun sekunder. Bab III secara khusus membahas tentang konsep etika, mulai dari definisi etika, teori etika, etika normatif, etika terapan, dan metaetika, kaidah atau norma etika, hingga prinsip etika. Pembahasan tersebut diharapkan memberikan pemahaman secara komprehensif dan holistik. Selanjutnya, pemahaman tersebut akan menjadi dasar dalam mempelajari Bab IV yang menguraikan konsep etika lingkungan. Bab ini menyajikan definisi etika lingkungan, tiga kelompok dalam etika lingkungan berdasarkan pendekatannya, teori-teori yang berkembang dalam etika lingkungan, dan beberapa wujud implementasi etika lingkungan (deep ecology). Bab V dalam buku ini adalah upaya menegaskan bahwa Islam lah agama yang benar-benar lengkap dan paling peduli terhadap kelestarian lingkungan. Bab ini menguraikan etika lingkugan dalam Islam (Islamic deep ecology). Pembaca dapat mempelajari apa urgensi dari Islamic deep ecology, asas-asas Islamic deep ecology, upaya menginternalisasi nilai-nilai Islam dalam permasalahan lingkungan dan akhlaq terhadap lingkungan hidup. Setelah mempelajari bab V ini kita akan semakin mengimani bahwa Islam memperhatikan dan mempedulikan secara detail semua komponen lingkungan tanpa terkecuali. Islam sebagai agama rahmatan lil alamin (rahmat bagi semesta alam) telah memberi rambu-rambu yang jelas dan benar bagaimana seharusnya sentuhan hidup terhadap lingkungan sehingga yang tersaji adalah equilibrium (keseimbangan) dan bukan kehancuran/kerusakan.

Sebagai buku yang diharapkan memberikan pengayaan kompetensi mahasiswa dalam kajian bioetika, khususnya dalam kajian etika lingkungan, buku ini terdiri dari 6 Bab.