Sebanyak 19112 item atau buku ditemukan

Menjadi Guru Profesional

Buku ini berisi cara menjadi guru Profesional

umum tujuan mengadakan kode etik adalah sebagai berikut: c. a. Untuk menjunjung tinggi martabat profesi Dalam hal ini kode etik dapat menjaga pandangan dan kesan dari pihak luar atau masyarakat, agar mereka jangan sampai memandang ...

Menjadi Guru Profesional

Tugas guru merujuk pada pekerjaan profesional, antara lain mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, menginspirasi, dan mengevaluasi perkembangan dan kemampuan peserta didik di mana ia melakukan tugas profesinya di ruang-ruang kelas sekolah maupun di luar sekolah. Jika demikian halnya, seperti apakah sebenarnya sosok guru yang ideal? Buku ini insya Allah dapat membantu menemukan sosok guru ideal yang dimaksud. Dalam buku ini berbagai seluk-beluk guru dijelaskan secara detail dan komprehensif sehingga bagi mahasiswa yang bercita-cita menjadi guru ataupun guru itu sendiri dipastikan bisa memahami sosok guru; siapa dia, bagaimana dia, harus melakukan apa, bagaimana melakukan pekerjaan profesionalnya, baik secara teoretik maupun secara praktik dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Buku ini terdiri dari sepuluh bab.Dari sisi pemaparan, gagasan tentang guru profesional telah dijelaskan secara komprehensif dengan bahasa yang lugas, meski juga tidak menanggalkan kaidah teoretik, dan bersifat praktis. Inilah yang membuat buku ini menarik dan unik sehingga layak untuk dibaca dan dipelajari oleh mereka yang bercita-cita menjadi guru ataupun mereka yang telah menjadi guru. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMediaGroup

Sejalan dengan Bruner dan Gagne dalam Collette (1987), juga menekankan pentingnya kegiatan siswa memecahkan masalah dan menemukan konsep melalui kegiatan terpadu untuk memperoleh jawaban dari permasalahan yang mereka hadapi.

Menjadi guru beretika dan profesional

mengindahkan etika profesi pada saat mereka ingin memberikan jasa keahlian profesi kepada masyarakat yang memerlukannya. Tanpa etika profesi, apa yang semual dikenal sebagai sebuah profesi yang terhormat akan segera jatuh terdegradasi ...

Guru Profesional, Inspiratif, dan Menyenangkan

Buku ini merupakan paparan dan kajian yang holistik, yang menggambarkan betapa perlunya kualitas pendidik atau guru dalam proses pembelajaran. Buku ini terdiri atas 11 bab yang memaparkan konsep dan teori sebagai upaya mengembangkan kemampuan guru dalam mendidik secara inspiratif dan menyenangkan bagi murid- murid yang diajar. Hal yang mengemuka dalam buku ini adalah mendeskripsikan guru Kristen yang mampu melakukan tugas secara profesional. Dunia pendidikan sangat membutuhkan pendidik atau guru-guru profesional, karena mereka adalah ujung tombak keberhasilan proses pembelajaran. Meskipun dalam aktivitas pembelajaran peran dan tanggung jawab naradidik tidak boleh dilupakan, tetapi sang guru (pendidik) memegang fungsi yang sangat strategis. Oleh karena itu, memiliki guru-guru yang profesional, inspiratif, dan menyenangkan merupakan strategi mencapai pendidikan yang berkualitas.

Oleh karena itu, memiliki guru-guru yang profesional, inspiratif, dan menyenangkan merupakan strategi mencapai pendidikan yang berkualitas.

Guru Dalam Kompetensi Profesional

Hakekat Mengajar Adalah Usaha Guru Menciptakan dan Mendesain Proses Belajar Pada Siswa

Sebagian orang berpendapat, bahwa mengajar adalah proses penyampaian atau mentransfer ilmu dari seorang pendidik kepada peserta didik. Tetapi tampaknya pendapat ini harus jauh-jauh ditinggalkan, karena sudah tidak sesuai dengan perkembangan jaman. Kini mengajar harus kita maknai sebagai sebuah kegiatan yang komplek, yaitu penggunaan secara integratif sejumlah keterampilan untuk menyampaikan ilmu. Pengintegrasian keterampilan-keterampilan yang dimaksud di sini harus dilandasi dengan seperangkat teori dan diarahkan oleh suatu pengetahuan/wawasan. Sedangkan penearapannya akan menjadi unik bila dipengaruhi oleh semua komponen belajar mengajar. Komponen yang dimaksud adalah tujuan yang hendak digapai, ilmu yang ingin disampaikan, subjek didik, fasilitas dan lingkungan belajar, dan yang tidak kalah penting adalah keterampilan, kebiasaan dan wawasan guru tentang dunia pendidikan dan misinya sebagai pendidik.

Sebagian orang berpendapat, bahwa mengajar adalah proses penyampaian atau mentransfer ilmu dari seorang pendidik kepada peserta didik.

Sikap Dan Kinerja Guru Profesional

Menjadi guru, adalah tugas dan panggilan tertinggi seorang manusia. Guru telah berjuang untuk selalu memperbaiki kualitas pendidikan. Guru menjadikan wajah pendidikan sebagai senyum yang menghiasi bangsa, guru menjadikan wajah pendidikan kita sebagai penyejuk kondisi bangsa. Guru telah mengabdikan dirinya dengan baik, untuk melahirkan anak didik yang bisa menjadi tumpuan harapan bangsa. Oleh karenanya peran guru ini sangatlah mulia, guru berada pada garda terdepan karena gurulah yang melahirkan anak-anak bangsa yang cerdas dan cakap serta kreatif untuk membangun suatu bangsa. Guru yang dalam melaksanakan tugasnya secara profesional akan dapat memberikan output pendidikan yang hebat dan bermartabat.

Permasalahan yang dihadapi dalam meningkatkan kemampuan profesional para guru melaksanakan pembelajaran dapat digolongkan ke dalam dua macam, yaitu permasalahan pada diri guru itu sendiri (internal), dan permasalahan yang ada di luar ...

Dari guru konvensional menuju guru profesional

Developing the competency and professionalism of teachers and education in Indonesia; collected articles.

Developing the competency and professionalism of teachers and education in Indonesia; collected articles.

Profesi Dan Profesionalisme Guru

Materi dalam buku ini membahas tentang Kompetensi Dasar Mengajar seorang guru IPA diantaranya adalah; 1) Guru sebagai jabatan profesi, 2) Tugas dan fungsi guru, 3) Kode Etik dan Tanggungjawab Guru, 4) Menjadi Guu Profesional, 5) Sikap Profesional Guru, 6) Kualifikasi dan Kompetens Guru, 7) Profesionalisme dan Profesionalisasi Guru, 8) Profesionalitas Guru, 9) Mengajar dan Mendidik yang Efektif, 10) Guru dan Cara Mengajar yang Efektif

Materi dalam buku ini membahas tentang Kompetensi Dasar Mengajar seorang guru IPA diantaranya adalah; 1) Guru sebagai jabatan profesi, 2) Tugas dan fungsi guru, 3) Kode Etik dan Tanggungjawab Guru, 4) Menjadi Guu Profesional, 5) Sikap ...

Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah

Profesionalisme berasal dari kata profesi. Istilah profesi, berasal dari kata Profession mengandung arti sama dengan occupation yaitu suatu pekerjaan yang memerlukan keahlian yang diperoleh melalui pendidikan atau latihan khusus. Dalam pengertian lain profesi adalah kedudukan atau jabatan yang memerlukan ilmu pengetahuan dan keterampilan khusus yang diperoleh melalui pendidikan yang bersifat teoritis dan praktek yang dapat diuji kebenarannya.

harus berkualitas, sehingga bila pada sebuah lembaga pendidikan ratarata peserta didiknya kurang berkualitas maka ada indikasi bahwa para guru yang mengajar pada sekolah tersebut kurang profesional atau belum dikatakan sebagai guru ...

Guru Sebagai Profesi

Era global yang dicirikan persaingan bebas dengan berlatar pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi informasi, pada satu sisi merupakan suatu tantangan bagi kehidupan masa depan, namun pada sisi yang lain juga merupakan harapan dan sekaligus ancaman bagi seluruh bangsa yang tidak siap menghadapinya. Agar bisa survive dalam menapaki era ini, prasyarat mutlak yang harus dipenuhi adalah kemampuan berkompetensi dengan bekal keunggulan kompetitif. Upaya peningkatan sumber daya manusia kemudian menjadi wacana yang mendesak untuk direalisasikan.

Seorang guru profesional hendaknya mampu beradaptasi terhadap dinamika bidang pendidikan di Indonesia. Untuk menghadapi dinamika tersebut, seorang guru profesional tidak hanya tinggal diam dan berpasrah diri.