Sebanyak 387 item atau buku ditemukan

Akuntansi Pemerintah Daerah Berbasis Akrual

Dilengkapi degan praktek dan simulasi

Reformasi di bidang pengelolaan keuangan daerah telah digulirkan sejak tahun 1999 dengan ditandai terbitnya Undang- undang nomor 22 tahun 1999 yang diubah dengan Undang- undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dan Undang-undang nomor 25 tahun 1999 yang diubah dengan Undang-undang nomor 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Berbicara tentang keuangan daerah, tentu saja tidak lepas dari siklus keuangan daerah yang dimulai dari perencanaan anggaran sampai pertanggungjawaban. Terbitnya Permendagri Nomor 64 tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah membawa perubahan signifikan dalam penyusunan laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah. Sesuai amanat pasal 10 ayat (2) permendagri tersebut, pemerintah daerah harus telah mengimplementasikan akuntansi berbasis akrual paling lambat mulai tahun anggaran 2015.

Sesuai amanat pasal 10 ayat (2) permendagri tersebut, pemerintah daerah harus telah mengimplementasikan akuntansi berbasis akrual paling lambat mulai tahun anggaran 2015.

Eviews untuk Analisis Ekonometrika Dasar: Aplikasi dan Interpretasi

Eviews for Basic Econometric Analysis: Application and Interpretatiton

Hari ini, para peneliti telah difasilitasi dengan berbagai macam software statistik untuk mempermudah proses analisis data dari penelitian yang dilakukan. Salah satunya adalah software Eviews (Econometric Views) yang dapat digunakan untuk analisis berbagai model data penelitian, seperti data time series, cross-sectional, maupun data panel. Buku ini disusun sebagai petunjuk bagi para peneliti dan akademisi yang memanfaatkan Eviews sebagai salah salah software pengolahan data. Selain proses penggunaan eviews, kami juga memberikan tambahan informasi berupa ‘intepretasi’ dari hasil analisis data yang diperoleh sehingga mempermudah para peneliti untuk membaca dan memaknai hasil analisisnya. Buku ini terdiri dari 7 Bab yang saling berkaitan yang secara garis besar berisi tentang: Bab 1 membahas tentang ekonometrika dan software eviews. Bab ini juga dilengkapi dengan contoh data ekonomi yang dapat diuji menggunakan eviews. Bab 2 membahas tentang operasional dasar software eviews. Dimulai dari proses membuat workfile, input data, menampilkan data, mengubah data, dan proses membuat grafik. Bab 3 membahas tentang analisis pendahuluan sebelum analisis ekonometrika dilakukan. Diantaranya adalah analisis deskriptif data penelitian, pengujian normalitas data, pengujian linearitas, dan pengujian stasioneritas. Bab 4 membahas tentang model regresi linier, baik sederhana maupun berganda. Model ini disebutkan juga Ordinary Least Square (OLS) jika diterapkan pada software eviews. Bab 5 membahas tentang pengujian asumsi klasik yang berupa pengujian multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi sehingga model yang dibangun menghasilkan estimator yang BLUE (Best, Linear, Unbiased, Estimator). Bab 6 membahas tentang regresi respon kualitatif. Analisis yang dilakukan adalah pengujian Linear Probability Model (LPM), model probit dan model logit. Bab 7 membahas tentang regresi data panel. Analisa diawali dengan uji kesesuaian model melalui pengujian Chow, Hausman, dan LM Test.

Hari ini, para peneliti telah difasilitasi dengan berbagai macam software statistik untuk mempermudah proses analisis data dari penelitian yang dilakukan.

Manajemen Pelayanan Publik:

Peduli Inklusif Dan Kolaborasi

Setelah kurang lebih satu tahun buku ini diterbitkan, Alhamdullilah buku ini dicetak ulang. Penulis bersyukur bahwa gagasan yang disam­ paikan dalam buku ini memperoleh sambutan yang baik dari para maha­ siswa, pemerhati, dan pakar adrninistrasi publik. Ketika buku ini dicetak ulang penulis mencoba memperkaya pembahasan berbagai isu yang ada di Bab I Mengembangkan Sistim Pelayanan Publik Dalam Negara Kesa­ tuan Yang Desentralistik dan Bab V Manajemen Kolabatif: Kemitraan Antara Pemerintah dan Lembaga Non-Pemerintah. Sedangkan Bab-Bab lainnya tidak mengalami perubahan. Revisi Bab I dilakukan untuk memperkaya analisis penulis ten tang pembagian urusan pemerintahan terkait dengan peran pemerintah dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Pembagian urusan pemerintahan sampai sekarang masih menjadi pekerjaan rumah yang belum dapat diselesaikan oleh pernerintah dalam mendukung pelaksanaan desentra­ lisasi dan otonorni daerah. Kerancuan pembagian urusan antara susunan pemerintahan menjadi salah satu sumber masalah dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang efisien, efektif, dan akuntabel. Perubahan dalam Bab ini dilakukan untuk memperjelas pendapat penulis mengenai bagai­ mana seharusnya pembagian urusan dalam penyelenggaraan pelayanan dilakukan antara pemerintah, provinsi, dan kabupaten/kota dilakukan. Perubahan juga dilakukan dalam diskusi ten tang standar pelayanan mini­ mal (SPM). Dalam revisi ini penulis menambahkan penjelasan tentang berbagai sumber kegagalan implementasi SPM dan bagaimana seharus­ nya perbaikan substansi dan strategi implementasi SPM dilakukan. Revisi Bab V dilakukan untuk menambah penjelasan ten tang pengembangan manajemen kolaboratif, yang didalam edisi yang pertama masih sangat minimal. Dalam edisi kedua ini penulis menambahkan penjelasan tentang bagaimana pemerintah dan manajer sektor publik seharusnya memilih mitra kerjasama.

Jumlah sekolah di daerah tertinggal sangat terbatas sehingga masyarakat di sana ... pendidikan Banyaknya sarana dan prasarana pendidikan yang sudah rusak, ...

Metode Riset dan Analisis Saluran Distribusi

Buku ini membahas lebih dalam mengenai analisis bisnis yang dilakukan dengan cara pengukuran kepuasan pelanggan saluran distribusi di mana kepuasan pelanggan merupakan faktor terpenting dalam kegiatan operasional distribusi. • Saluran Distribusi, membahas saluran distribusi lama dan baru, klasifikasi konsumen, pedoman membangun organisasi distribusi, dan permasalahan distribusi. • Model Bisnis Distribusi, menguraikan model bisnis distribusi: model canvas, model integrasi, model just in time, dan model customer satisfaction. • Membangun Sistem Manajemen Distribusi, menjelaskan model perusahaan distribusi, struktur organisasi, pedoman dan prosedur pelaksanaan kerja, dan jenis laporan. • Analisis Bisnis Distribusi, menguraikan analisis yang dipakai dalam saluran distribusi: analisis SWOT, pasar, perusahaan, toko, konsumen, keuangan, produktivitas, forecast, break even point, dan economic order quantity. • Pengukuran Kepuasan Konsumen, menjelaskan definisi kepuasan pelanggan, konsep pengukuran kepuasan pelanggan, sumber data riset, dan metode riset kepuasan pelanggan. • Strategi Manajemen Distribusi, membahas strategi-strategi yang digunakan dalam pemasaran dan pendistribusian. Dalam buku ini dilampirkan juga cara pengelolaan data riset kepuasan pelanggan secara statistic analysis dan customer satisfaction index (CSI). Pembahasan-pembahasan dalam buku ini dapat memberikan wawasan pengetahuan kepada mahasiswa dan masyarakat umum mengenai metode riset dan analisis, khususnya analisis bisnis dan pengukuran kepuasan pelanggan dalam saluran distribusi.

Buku ini membahas lebih dalam mengenai analisis bisnis yang dilakukan dengan cara pengukuran kepuasan pelanggan saluran distribusi di mana kepuasan pelanggan merupakan faktor terpenting dalam kegiatan operasional distribusi. • Saluran ...

Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Perencanaan

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yaitu model pengelolaan yang memberikan otonomi atau kemandirian kepada sekolah atau madrasah dan mendorong pengambilan keputusan partisipatif yang melibatkan secara langsung semua warga sekolah atau madrasah sesuai dengan standar pelayanan mutu yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota. Buku ini membahas : Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah Bab 2 Prinsip dan Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah Bab 3 Model-Model Manajemen Berbasis Sekolah Bab 4 Inovasi Dalam Manajemen Pendidikan Bab 5 Peran Masing-masing Pihak dalam MBS Bab 6 Perencanaan dan Pengembangan Sekolah Bab 7 Strategi dan Implementasi MBS Bab 8 Faktor Pendukung Kesuksesan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Bab 9 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah Bab 10 Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Buku ini membahas : Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah Bab 2 Prinsip dan Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah Bab 3 Model-Model Manajemen Berbasis Sekolah Bab 4 Inovasi Dalam Manajemen Pendidikan Bab 5 Peran Masing-masing ...

Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi

Gagasan inti dari strategic human resource management adalah inisiatif untuk melibatkan dan mengatur orang-orang yang terlibat untuk mendukung strategi suatu Perusahaan/Organisasi secara keseluruhan. Akan tidak mungkin dalam suatu perusahaan/Organisasi untuk dapat mencapai keberhasilan ketika orang-orang yang terlibat dalam perusahaan tersebut tidak sesuai dengan visi dan misi perusahaan sendiri. Manajemen strategis merupakan proses dimana perusahaan harus menentukan apa yang mereka putusakan/Decition dan lakukan/Action. untuk mencapai tujuan perusahaan/organisasi yang telah ditetapkan, dan yang lebih penting adalah bagaimana tujuan tersebut bisa dipenuhi/tercapai. Penulisan buku ini bertujuan memperkaya khasanah ilmu para pembaca dalam proses memahami/mendalami tentang Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik (Human Resource Strategik Management). Berkaitan dengan itu, sangat diharapkan dalam mengkaji materi ini didapat ilmu dan pengetahuan yang luas, dengan proses yang lebih efektif. Penulis mencoba menjajikan buku ini sebagai media untuk membahas/mendalami Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik (Human Resource Strategik Management). Penulis berusaha menggunakan cara berpikir sederhana dan bahasa yang praktis. Sehingga bisa sebagai panduan dalam praktek pemecahan persoalan-persoalan di dunia kerja.

Gagasan inti dari strategic human resource management adalah inisiatif untuk melibatkan dan mengatur orang-orang yang terlibat untuk mendukung strategi suatu Perusahaan/Organisasi secara keseluruhan.

Seni gamelan dan pendidikan nilai

Study and teaching of Sundanese gamelan in Indonesia.

Dengan demikian , kalau hari ini wajah kehidupan masyarakat kita kerap
diwarnai dengan aksi kekerasan dari kalangan ... Berdasarkan keterang dalam
Al qur'an , bilamana shalat fardu dilakukan secara berjamaah dan atau bersama
- sama ...

Pergulatan Etika Indonesia

Membuat refleksi merupakan keistinewaan manusia dibandingkan dengan makhluk infrahuman. Pentingnya refleksi dalah untuk semakin memaknai perjalanan kehidupan sekaligus membuatnya semakin baik. Dengan demikian refleksi menjadi bagian yang penting dalam hidup manuasia agar tindak tanduknya semakin bermutu. Fokus dari refleksi tentu bermacam-macam. Namun yang paling mendasar adalah dimensi hidup manusia itu sendiri. Buku berjudul Pergulatan Etika Indonesia ini merefleksikan tiga bidang kehidupan yang menyelimuti perjalanan hidup manusia, yakni budaya, filsafat dan Etika. Buku ini merupakan sebuah bunga rampai, dan dihadirkan dalam rangka 65 tahun Prof. Alois Agus Nugroho. Refleksi terhadap tiga bidang kehidupan manusia yang hadir dalam buku ini, yang juga menjadi bagian dari pergumulan filosofis Prof Alois selama ini, diharapkan dapat memberi insigt dalam pergulatan bangsa Indonesia dewasa ini untuk membangun kehidupan bersama yang semakin bermartabat berlandaskan nilai-nilai etis Pancasila.

Kisah berikutnya, Semar bergegas naik ke kahyangan Suralaya untuk menggugat para dewa, utamanya adiknya sendiri, yang menjadi raja para dewa, Bathara Guru. Semar diikuti oleh para Punokawan yang lain, Gareng, Petruk, Bagong.

Upaya-Upaya Hukum Perkara Pidana di Dalam Hukum Positif dan Perkembangannya

Dalam praktik peradilan pidana sering kali pihak yang berkepentingan tidak menerima putusan yang dijatuhkan hakim di sidang pengadilan karena dipandang tidak atau kurang adil. Akibatnya, pihak yang berkepentingan berupaya untuk melawan putusan pengadilan tersebut atau yang disebut dengan upaya hukum. Di dalam hukum acara pidana terdapat beberapa jenis upaya hukum yang dapat digunakan untuk melawan putusan pengadilan (termasuk penetapan pengadilan). Buku dengan judul Upaya-Upaya Hukum Perkara Pidana di dalam Hukum Positif dan Perkembangannya karangan Ramiyanto, S.H.I., M.H., ini mencoba untuk membahas upaya-upaya hukum perkara pidana secara gamblang dan komprehensif. Harapannya agar para pembaca dapat memahami upaya-upaya hukum yang disediakan hukum acara pidana. Keunggulan dari buku ini adalah pembahasannya tidak hanya merujuk pada ketentuan di dalam KUHAP, tetapi juga merujuk pada undang-undang khusus. Selain itu, pembahasan dalam buku ini pun merujuk pada praktik peradilan (yurisprudensi) dan putusan-putusan Mahkamah Konstitusi. Buku ini dapat diigunakan sebagai pedoman bagi para akademisi dan praktisi hukum, mahasiswa hukum strata satu (S-1) yang sedang mnengambil mata kuliah Hukum Acara Pidana, serta masyarakat luas yang berminat mempelajari upaya hukum perkara pidana, atau masyarakat yang hendak menggunakan upaya hukum perkara pidana. Akhir kata, selamat membaca dan semoga buku ini dapat memberikan manfaat. Buku persembahan penerbit PT CITRA ADITYA BAKTI

Buku dengan judul Upaya-Upaya Hukum Perkara Pidana di dalam Hukum Positif dan Perkembangannya karangan Ramiyanto, S.H.I., M.H., ini mencoba untuk membahas upaya-upaya hukum perkara pidana secara gamblang dan komprehensif.