Sebanyak 3483 item atau buku ditemukan

7 MODEL RISET OPERASI & APLIKASINYA

Riset Operasi adalah peralatan manajemen yang memaduserasikan ilmu pengetahuan, matematika, dan logika dalam pemecahan masalah secara optimal. Salah satu peran matematika terapan yang telah banyak memberikan andil dalam pembangunan adalah Ilmu Riset Operasi. Dua faktor penting dalam pertumbuhan riset operasi yang maju pada saat ini adalah berkat kemajuan teknik-teknik pemecahan masalah yang berbasis pada kekhasan proses penemuan solusi dan perkembangan Information and Communication Technology (ICT) yang membuat waktu hitung lebih efsien dan kualitas akurasinya lebih memuaskan. Metode ini sampai sekarang masih banyak digunakan dalam bidang ilmu ekonomi, pertanian, pemasaran, akuntansi, pemerintahan, bank, transportasi dan lainnya dengan tujuan untuk menentukan nilai optimal dari sumberdaya yang terbatas. Buku ini membahas tentang teknik model pemrograman linear (linear pogramming), pemrograman dinamik (dynamic programming), teori antrian (queuing theory), teori persediaan (inventory theory), transportasi (transportation), perencanaan jaringan kerja (network planning), teori permainan (game theory), yang relatif sudah berkembang dengan baik dari tahun 1950-an sampai sekarang. Buku ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemahaman bagi pembaca, terutama bagi para pengambil keputusan dalam menggunaan model-model riset operasi.

Riset Operasi adalah peralatan manajemen yang memaduserasikan ilmu pengetahuan, matematika, dan logika dalam pemecahan masalah secara optimal.

Manajemen Riset dengan Pendekatan Komputasi Statistika

Secara umum pendekatan materi dari buku ini adalah penekanan pengelolaan pelaksanaan penelitian mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai pada akhir kegiatan berbasis penggunaan program komputasi statistika praktis, dengan harapan si peneliti punya panduan dan tuntuan yang komprehensif dalam melaksanakan penelitian. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Manajemen Riset, komputerisasi, Manajemen Riset dengan Pendekatan Komputasi Statistika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bahrul ‗Ulum Tambakberas Jombang]

Secara umum pendekatan materi dari buku ini adalah penekanan pengelolaan pelaksanaan penelitian mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai pada akhir kegiatan berbasis penggunaan program komputasi statistika praktis, dengan harapan si ...

Manajemen Strategik - Konsep Keunggulan Bersaing

Buku ini dibuat untuk membantu kebutuhan literatur para mahasiswa S-1 dan S-2, khususnya yang berlatar belakang ilmu manajemen. Buku ini dibuat dalam tiga bagian dan sepuluh bab yang dirancang untuk memberi pemahaman kepada akademisi dan praktisi organisasi perusahaan dan publik mengenai proses manajemen strategik secara menyeluruh dan disusun secara sistematik dengan judul Manajemen Strategik: Konsep Keunggulan Bersaing.

Buku ini dibuat dalam tiga bagian dan sepuluh bab yang dirancang untuk memberi pemahaman kepada akademisi dan praktisi organisasi perusahaan dan publik mengenai proses manajemen strategik secara menyeluruh dan disusun secara sistematik ...

Manajemen Merek dan Strategi E-Commerce

Pendekatan Praktis

Manajemen merek adalah salah satu praktik pemasaran yang spesifik menangani produk. Merek berdampak penting terhadap citra kualitas produkyang ingin ditarnpilkan ke konsumen. Merek juga dapat meningkatkan penjualan dan membuat produk Lebih mudah bersaing. Dengan merek, harga bisa dinaikkan sehingga berimplikasi pada naiknya omset dan keuntungan penjualan. Dalam konteks era digital, pengelolaan manajemen merek menghadapi tantangan baru. Banyak faktor atau variabel baru yang berbeda dan membutuhkan pemahaman dan pengelolaan dengan cara-cara tertentu agar merek dapat bertahan dan berkembang sehingga tetap dapat memberikan manfaat dan keuntungan. Buku ini ditunjukkan untuk para praktisi, peminat branding, dan bagi setiap orang yang percaya bahwa merek merupakan keunggulan kompetitif untuk kemajuan suatu produk atau jasa. Di akhir setiap bab diberi test formatif dan test unjuk kerja, sehingga buku ini sangat cocok digunakan untuk para mahasiswa S-I dan S-2 di perguruan tinggi, dan panduan workshop terkait branding yang diadakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan; Dinas Koperasi dan UMKM dan workshop branding lainnya Buku persembahan penerbit PrenadaMediagroup

Manajemen merek adalah salah satu praktik pemasaran yang spesifik menangani produk.

MANAJEMEN PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Konsep dan Strategi dalam Meningkatkan Akhlak Peserta Didik

Masalah yang sering dihadapi guru adalah manajemen pembelajaran. Banyak guru yang tidak mampu membuat perencanaan pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam hal pelaksanaan dan evaluasi pembelajaranpun masih banyak guru yang mengalami kesulitan, tak terkecuali guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Padahal manajemen pembelajaran dalam SKI sangat berpengaruh dalam meningkatkan akhlak peserta didik. Buku yang ditulis berdasarkan riset ini mencoba mengidentifikasi berbagai unsur terkait manajemen pembelajaran SKI untuk meningkatkan akhlak peserta didik. Unsur-unsur tersebut antara lain meliputi: perencanaan pembelajaran; pelaksanaan pembelajaran; dan evaluasi pembelajaran SKI. Dengan manajemen pembelajaran yang baik, diharapkan akhlak peserta didik pun dapat lebih meningkat menuju akhlak al-karimah.***

Masalah yang sering dihadapi guru adalah manajemen pembelajaran.

Manajemen Strategis

Dalam buku ini menyajikan 12 bab dengan cakupan materi yang dibahas meliputi kerangka kerja dan proses manajemen strategik, daya saing dalam industri, sumber daya perusahaan dalam keunggulan bersaing, analisis SWOT dan perumusan strategi perusahaan. Buku ini terdiri atas dua belas bab, dengan cakupan materi yang dibahas meliputi kerangka kerja dan proses manajemen strategik, daya saing dalam industri, sumber daya perusahaan dalam keunggulan bersaing, analisis SWOT dan perumusan strategi perusahaan, strategi perusahaan, strategi fungsional perusahaan, strategi pilihan, evaluasi dan pengendalian strategi, serta studi kasus manajemen strategi pada beberapa perusahaan mulai dari jasa, ritel, asuransi, jasa perbankan dan manufaktur. Dipahami bahwa manajemen strategik diperlukan untuk menghadapi daya saing strategis, dalam hal ini bagaimana perusahaan berusaha mencapai daya saing strategis dan keuntungan di atas rata-rata. Diketahui bahwa proses manajemen strategis merupakan serangkaian komitmen, keputusan dan tindakan yang diperlukan oleh sebuah perusahaan untuk mencapai daya saing strategis dan mendapatkan keuntungan di atas rata-rata. Manajemen strategi tidak selalu membutuhkan proses formal untuk menjadi efektif. Praktik-praktik perencanaan dari organisasi-organisasi nyata menunjukkan bahwa nilai riil suatu perencanaan strategis harus lebih mengarah ke orientasi pada masa depan dari proses perencanaan itu sendiri dibandingkan hasil perencanaan strategis tertulis.

Diketahui bahwa proses manajemen strategis merupakan serangkaian komitmen, keputusan dan tindakan yang diperlukan oleh sebuah perusahaan untuk mencapai daya saing strategis dan mendapatkan keuntungan di atas rata-rata.

STRATEGI MANAJEMEN Hubungan Pelanggan dan Orientasi Pasar

Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Industri Furniture di Jawa Timur

Implementasi strategi manajemen hubungan pelanggan, sangat memerlukan adanyaikomunikasiidiantara perusahaan dengan pihak-pihak terkait, yang mendukung perusahaan dalam menjalankan usahanya. Komunikasi yang terjalin seharusnya bukanlah monolog atau satu arah, namun diperlukan adanya dialog dua arah, yaitu yang melibatkan dua pihak atau lebih dalam proses saling memberi dan menerima informasi. Orientasi pasar perusahaan-perusahaan furniture di Indonesia yang juga masih kalah dengan perusahaan-perusahaan furniture Cina yang memiliki keunggulan bersaing lebih tinggi dari industri furniture di Indonesia dan akhirnya berdampak pada pencapaian kinerja pemasarannya yang juga masih tertinggal dibanding dengan Cina dalam hubungan perdagangan kedua Negara. Kecenderungan orientasi pasar yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan furniture Cina adalah kemampuan produk furniture Cina dengan desain baru dan harga yang murah ternyata mampu meningkatkan kinerja pemasarannya. Tampilan desain futuristik dan dengan harga jauh lebih murah menunjukkan bahwa manajemen perusahaan-perusahaan furniture Cina mampu melakukan intelejen pasar dalam mendapatkan informasi terkait kehendak dan harapan konsumen ketika konsumen mempertimbangkan membeli sebuah produk furniture.

Implementasi strategi manajemen hubungan pelanggan, sangat memerlukan adanyaikomunikasiidiantara perusahaan dengan pihak-pihak terkait, yang mendukung perusahaan dalam menjalankan usahanya.

Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi

Gagasan inti dari strategic human resource management adalah inisiatif untuk melibatkan dan mengatur orang-orang yang terlibat untuk mendukung strategi suatu Perusahaan/Organisasi secara keseluruhan. Akan tidak mungkin dalam suatu perusahaan/Organisasi untuk dapat mencapai keberhasilan ketika orang-orang yang terlibat dalam perusahaan tersebut tidak sesuai dengan visi dan misi perusahaan sendiri. Manajemen strategis merupakan proses dimana perusahaan harus menentukan apa yang mereka putusakan/Decition dan lakukan/Action. untuk mencapai tujuan perusahaan/organisasi yang telah ditetapkan, dan yang lebih penting adalah bagaimana tujuan tersebut bisa dipenuhi/tercapai. Penulisan buku ini bertujuan memperkaya khasanah ilmu para pembaca dalam proses memahami/mendalami tentang Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik (Human Resource Strategik Management). Berkaitan dengan itu, sangat diharapkan dalam mengkaji materi ini didapat ilmu dan pengetahuan yang luas, dengan proses yang lebih efektif. Penulis mencoba menjajikan buku ini sebagai media untuk membahas/mendalami Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik (Human Resource Strategik Management). Penulis berusaha menggunakan cara berpikir sederhana dan bahasa yang praktis. Sehingga bisa sebagai panduan dalam praktek pemecahan persoalan-persoalan di dunia kerja.

Gagasan inti dari strategic human resource management adalah inisiatif untuk melibatkan dan mengatur orang-orang yang terlibat untuk mendukung strategi suatu Perusahaan/Organisasi secara keseluruhan.

Hukum Pidana Khusus

Pembangunan hukum pidana nasional yang bertumpu pada nilai-nilai hukum yang hidup dalam masyarakat telah lama menjadi impian dan harapan masyarakat. Harapan itu yakni terbentuknya KUHP nasional sebagai pengganti KUHP yang berlaku saat ini. Namun demikian, harapan itu belum kesampaian. Untuk memenuhi kebutuhan hukum dibentuklah berbagai undang-undang (UU) yang memuat norma, sanksi pidana, dan hukum acara pidana yang bersifat khusus. Terbentuknya berbagai UU tersebut sedikit banyak akan berpengaruh pada upaya sinkronisasi dan efektivitas penegakannya. Bahkan dapat menjadi pemicu terjadinya tumpang-tindih kewenangan yang dapat berujung pada konflik antar-sesama penegak hukum. Buku ini terdiri atas empat bab: Bab 1 tentang pendahuluan, berisi sejarah perkembangan Hukum Pidana Khusus dan politik hukum pidana. Bab 2 tentang pengertian dan karakteristik Hukum Pidana Khusus, berisi pengertian hukum pidana, sifat dan pembagian hukum pidana, pengertian. Hukum Pidana Khusus, dan karakteristik Hukum Pidana Khusus. Bab 3 tentang subjek hukum dan pertanggungjawaban pidana korporasi. Bab 4 tentang ruang lingkup Hukum Pidana Khusus, yang terdiri atas uraian terhadap 31 (tiga puluh satu) perumusan tindak pidana (delik) dalam UU yang tersebar di luar KUHP. Perumusan tindak pidana tersebut, yakni: (1) Tindak pidana dalam UU Korupsi; (2) Tindak pidana dalam UU Pencucian Uang; (3) Tindak pidana dalam UU Terorisme; (4) Tindak pidana dalam UU Pengadilan Hak Asasi Manusia; (5) Tindak pidana dalam UU Narkotika; (6)-Tindak pidana dalam UU Psikotropika; (7) Tindak pidana dalam UU Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya; (8) Tindak pidana dalam UU Lingkungan Hidup; (9) Tindak pidana dalam UU Perikanan; (10) Tindak pidana dalam UU Kehutanan; (11) Tindak pidana dalam UU Penataan Ruang; (12) Tindak pidana dalam UU Keimigrasian; (13) Tindak pidana dalam UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan; (14) Tindak pidana dalam UU Kesehatan; (15) Tindak pidana dalam UU Praktik Kedokteran; (16) Tindak pidana dalam UU Sistem Pendidikan Nasional; (17) Tindak pidana dalam UU Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis; (18) Tindak pidana dalam UU Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga; (19) Tindak pidana dalam UU Perlindungan Anak; (20) Tindak pidana dalam UU Informasi dan Transaksi Elektronik; (21) Tindak pidana dalam UU Pornografi; (22) Tindak pidana dalam UU Kepabeanan; (23) Tindak pidana dalam UU Cukai; (24) Tindak pidana dalam UU Perlindungan Konsumen; (25) Tindak pidana dalam UU Pangan; (26) Tindak pidana dalam UU Paten; (27) Tindak pidana dalam UU Merek; (28) Tindak pidana dalam UU Hak Cipta; (29) Tindak pidana dalam UU Pemilu; (30) Tindak pidana dalam UU Kewarganegaraan; dan (31) Tindak pidana dalam UU Penerbangan. Sebagai buku yang mengkaji tindak pidana di luar kodifikasi (KUHP), buku ini perlu dibaca oleh berbagai kalangan terutama mahasiswa Fakultas Hukum, akademisi, aparat penegak hukum (polisi, jaksa, hakim, advokat, pegawai rutan/lapas) dan semua kalangan yang tertarik untuk mengenal dan mendalami tindak pidana di luar KUHP. Buku persembahan Penerbit PrenadaMediaGroup

Bab 2 tentang pengertian dan karakteristik Hukum Pidana Khusus, berisi pengertian hukum pidana, sifat dan pembagian hukum pidana, pengertian. Hukum Pidana Khusus, dan karakteristik Hukum Pidana Khusus.

Hukum Pidana Internasional

dalam dinamika pengadilan pidana internasional

Dewasa ini pengajaran materi Hukum Pidana Internasional di indonesia masih mencakup kedua materi berikut ini: hukum tentang kejahatan internasional dan hukum tentang kejahatan transnasional. Mengingat perkembangan kejahatan internasional kini semakin merisaukan, sehingga materi hukumnya bertambah luas dan kompleks. Sebaiknya, pengajaran materi hukum pun diberikan secara terpisah demi pengembangan keilmuan yang lebih luas dan komprehensif. Buku persembahan penerbit PrenadaMediagroup

Dewasa ini pengajaran materi Hukum Pidana Internasional di indonesia masih mencakup kedua materi berikut ini: hukum tentang kejahatan internasional dan hukum tentang kejahatan transnasional.