Sebanyak 349 item atau buku ditemukan

DINAMIKA PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM

Buku ini merupakan bagian – ringkasan - dari beberapa disertasi bidang Psikologi Pendidikan Islam (PPI) yang ditulis di Program Doktor UMY. Hingga April 2020, Program Doktor PPI UMY sudah melahirkan 91 Doktor bidang PPI. Sudah banyak tema riset disertasi yang ditulis oleh mahasiswa PPI, baik yang menempuh studi dengan biaya sendiri, maupun melalui pro-gram beasiswa Kemenag 5000 Doktor. Sungguh baik jika semua hasil disertasi tersebut dipublikasikan dalam bentuk jurnal dalam dan luar negeri. Terlebih lagi bila dipublikasikan dalam bentuk ringkasan disertasi seperti dalam buku ini. Ke depan akan lebih baik lagi jika semua disertasi diterbitkan dalam bentuk penulisan utuh disertasi berwujud buku. Sejauh ini, sudah banyak tema riset yang ditulis yang jika diklasifikasikan diantarnya sebagai berikut: Pertama, terkait tema psikologi dalam bentuk prilaku, diantaranya tentang topik: Model pendidikan pranikah pengan-tin remaja; Hubungan sexual pranikah mahasiswi anak TKI; Prilaku kenakalan remaja; Kecurangan akademik (academic fraud) dan Motivasi belajar santri. Kedua, tema tentang metode pengajaran, diantaranya tentang topik: Psikologi dan metodologi pengajaran bahasa Arab; Fun card sebagai media pembelajaran; Model quantum learning. Ketiga, terkait tentang studi teks, seperti: Konseling spiritual Tunjuk Ajar Melayu; Nilai pendidikan karakter Serat Sasana Sunu. Keempat, tentang tema pendidikan, kecerdasan dan karakter, diantaranya tentang topik: Multiple intelligence; Pen-didikan karakter di pesantren Pabelan, Boarding school, SLB dan SDIT; Pendidikan Keluarga muslim minoritas; Pendidikan di kalangan masyarakat miskin; Pola asuh orangtua anak vi berprestasi; Pendidikan karakter dalam AIK; Haji berulangkali dan kematangan emosi; Parenting, dan lain-lain. Keempat, tema yang terkait kepemimpinan dan komunitas yakni tentang: Kepemimpinan kepala sekolah dan profesio-nalitas guru; Muslimah karir; Psikologi PKL; Kecemasan aparatur negara (bureaucratic anxiety); Kohesivitas muslim Pangestu; EQ dan SQ dosen; Pendidikan anak dalam keluarga muslim kontemporer; Pola asuh kiyai dan kemandirian santri; Model pendidikan entrepreneurship; Psikologi pensiun; Model kepemimpinan Unggah-ungguh Basa dan Basa Semu. Masih ada beberapa topik disertasi lainnya yang belum dituliskan di pengantar ini. Kelima, penulisan disertasi secara konseptual dalam Quran maupun Hadis, seperti: Pendidikan karakter dalam Islam; Konsep ‘ibadurrahman dalam Quran; Konsep syukur; Konsep akal sehat; Ruhiologi; Pengendalian emosi. Mengakhiri pengantar ini, ke depan menarik pula untuk dijadikan topik disertasi tentang warisan psikologi pendidikan ulama klasik serta kontekstualisasinya di zaman kini. Demikian pula kajian epistemologis ranah psikologi pendidikan Islam klasik dan kontemporer, serta integrasinya dengan wilayah Islamic studies kontemporer, selain juga riset lanjutan aplikatif psikologi pendidikan Islam seperti yang tertera diatas. Semoga buku kedua PPI UMY ini akan disusul dengan terbitan yang ketiga dan seterusnya.

Risalah Syaikh Masyhur Hasan Salman, Ad-Dakwah ilaa Allah baina alwahy wa-
al-Fikr), dalam AdzDzakhiiroh al-Islamiyyah, Vol. 6 no 9, edisi 41, 1429. 17 Yazid
Bin Abdul Qadir Jawwaz, Syarah Aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah Jakarta: ...

Kualitas Audit

Perspektif Opini Going Concern

Sebagai sebuah profesi, seorang auditor dituntut memiliki kompetensi dan independensi terutama berkaitan dengan pemberian opini auditor. Dalam suatu pemeriksaan, suatu entitas bisnis dianggap akan berlangsung terus keberadaannya. Meskipun demikian, auditor memiliki tanggung jawab untuk mengevaluasi apakah entitas bisnis tersebut memiliki kemampuan going concern untuk suatu periode yang beralasan, yang tidak melebihi satu tahun setelah laporan keuangan diperiksa. Buku ini hadir untuk memberikan gambaran kepada pembaca tentang bagaimana kualitas audit seorang auditor. Oleh karena itu, buku ini cocok untuk pembaca yang peduli tentang kualitas audit, terutama para mahasiswa ekonomi akuntansi.

Buku ini hadir untuk memberikan gambaran kepada pembaca tentang bagaimana kualitas audit seorang auditor. Oleh karena itu, buku ini cocok untuk pembaca yang peduli tentang kualitas audit, terutama para mahasiswa ekonomi akuntansi.

Kompilasi Opini Di Media Masa

Kompilasi Opini di Media Masa ini merupakan kompilasi ide dalam bentuk tulisan opini, yang menganalisa suatu fenomena aktual dengan kemasan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti oleh pembaca. Opini pada buku ini merupakan kajian dengan tema pokok ekonomi, namun ada sedikit tulisan yang terkait dengan pendidikan dan kehidupan sosial. Dengan bahasa yang sederhana dan tidak berbelit-belit diharapkan Buku tentang Kompilasi Opini di Media Masa ini dapat memberikan informasi dan inspirasi tentang berbagai hal terkait kondisi saat tulisan dibuat. Kompilasi Opini Di Media Masa ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Kompilasi Opini di Media Masa ini merupakan kompilasi ide dalam bentuk tulisan opini, yang menganalisa suatu fenomena aktual dengan kemasan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti oleh pembaca.

Komunikasi Merek Di Media Sosial & Penerapannya Pada TV Berita

Kemunculan internet dan perkembangan media online yang marak akhir-akhir ini, membuat media digital disebut-sebut akan menguasai audience. Disrupsi digital yang terjadi saat ini, menunjukkan adanya perubahan pola atau budaya menonton televisi mengikuti perubahan perilaku konsumen sesuai generasinya. Generasi milenial yang kini menjadi mayoritas di antara populasi penduduk Indonesia, sudah sangat familier dan tergantung dengan internet dalam kesehariannya, sehingga ratarata mereka pun tidak menjadikan televisi sebagai medium utama untuk mengkonsumsi berita. Generasi milenial juga mengakses berita atau informasi melalui media sosial, atau platformplatform digital lainnya. Tren ini tampak dengan semakin turunnya audience share televisi khususnya televisi berita. Melalui buku sederhana ini, penulis mencoba memberikan kontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan praktik bisnis media televisi berita, dengan menuangkan hasil penelitian yang penulis lakukan saat menyusun tesis sebagai salah satu syarat menyelesaikan pendidikan S-2 Manajemen Komunikasi di FEB Universitas Trisakti Jakarta, ke dalam bentuk buku. Semoga buku sederhana ini dapat bermanfaat, menjadi tambahan referensi bagi pembaca yang berminat pada isu-isu terkait media televisi, media sosial dan brand management. Komunikasi Merek Di Media Sosial & Penerapannya Pada TV Berita ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Komunikasi Merek Di Media Sosial & Penerapannya Pada TV Berita ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Hanya Satu Jam, Menakar Nilai Berita : Bintang Pustaka

Menulis tidak bisa dipungkiri dari kondisi silap dan salah, akan tetapi jika kesalahan itu terus dilakukan berarti kita tidak siap untuk berubah menuju yang lebih baik. Buku Menilai Suatu Berita sengaja kami kupas untuk menuju dan membantu penulis dan wartawan/pewarta/jurnalistik dalam memperbaiki kesalahan beritanya.

Menulis tidak bisa dipungkiri dari kondisi silap dan salah, akan tetapi jika kesalahan itu terus dilakukan berarti kita tidak siap untuk berubah menuju yang lebih baik.

METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF

Buku ini cukup menarik untuk dibaca oleh para peneliti, akademisi, dan juga tentunya oleh para mahasiswa, di mana penulis menyajikannya secara sistematis dan sederhana serta mudah dicerna. Saya berharap buku ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca, terkhusus para peneliti.

Buku ini cukup menarik untuk dibaca oleh para peneliti, akademisi, dan juga tentunya oleh para mahasiswa, di mana penulis menyajikannya secara sistematis dan sederhana serta mudah dicerna.

OPTIMALISASI STRATEGI PEMBELAJARAN

Strategi pembelajaran adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Komponen-komponen pendidikan dan pengajaran diatur sedemikian rupa sehingga memiliki fungsi yang optimal dalam mencapai tujuan pengajaran dan pendidikan. Strategi pembelajaran juga memberikan alternatif terhadap proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas. Semua sumber belajar, baik manusia maupun sarana dan prasarana dirancang dan direncanakan untuk membantu proses belajar para siswa. Untuk dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, seorang guru dituntut dapat memahami dan memliki keterampilan yang memadai dalam mengembangkan berbagai strategi pembelajaran yang efektif, kreatif dan menyenangkan. Mencermati upaya reformasi pembelajaran yang sedang dikembangkan di Indonesia, para guru atau calon guru saat ini banyak ditawari dengan aneka pilihan strategi pembelajaran, yang kadang-kadang untuk kepentingan penelitian (penelitian akademik maupun penelitian tindakan) sangat sulit menermukan sumber-sumber literarturnya. Namun, jika para guru (calon guru) telah dapat memahami konsep atau teori dasar pembelajaran yang merujuk pada proses (beserta konsep dan teori) pembelajaran, maka pada dasarnya guru pun dapat secara kreatif mencobakan dan mengembangkan strategi pembelajaran tersendiri yang khas, sesuai dengan kondisi nyata di tempat kerja masing-masing, sehingga pada gilirannya akan muncul strategi-strategi pembelajaran versi guru yang bersangkutan, yang tentunya semakin memperkaya khazanah strategi pembelajaran yang telah ada.

Strategi pembelajaran adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dalam Pembelajaran PKN di SMP

Penulis : Sawin, S.Pd.,M.M. Ukuran : 14,5 cm x 21 cm Tebal : 90 Halaman ISBN : 978-623-79439-4-5 blurb : Dalam buku ini diuraikan tentang pengertian aktivitas dan hasil belajar, serta faktor-faktor yang memengaruhi belajar. Diuraikan pula tentang model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PKn. Dan tentu saja pengertian tentang NHT (Numbered Heads Together) diuraikan dengan jelas pada buku ini, dan dilengkapi dengan langkah-langkah dan prosedur penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran Pkn di SMP. Penulisan buku ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi pembaca, khususnya guru, untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran di kelas.

Penulis : Sawin, S.Pd.,M.M. Ukuran : 14,5 cm x 21 cm Tebal : 90 Halaman ISBN : 978-623-79439-4-5 blurb : Dalam buku ini diuraikan tentang pengertian aktivitas dan hasil belajar, serta faktor-faktor yang memengaruhi belajar.