UNSUR - UNSUR METODIS UMUM BAGI PENELITIAN FILSAFAT Objek formal
yang khas bagi filsafat , dengan sifat - sifatnya ( bab 2 ) membawa konsekuensi -
konsekuensi bagi metode penelitian di bidang filsafat . Objek itu hanya dapat ...
Buku Metodologi Penelitian Hukum Islam yang berada di tangan pembaca ini memaparkan berbagai pola, teknik, dan metode penelitian dalam hukum Islam. Materi dalam buku ini menguraikan mulai dari materi yang bersifat teori hingga praktik dan contoh proposal penelitian.Dengan kata lain, buku ini tidak hanya menghadirkan konsep dan teori, tetapi contoh praktis yang dapat dijadikan panduan. Semoga buku ini bermanfaat bagi para mahasiswa, dosen, peneliti hukum Islam, dan seluruh masyarakat. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup
... process). Melihat substansi studi yang demikian, jelaslah bahwa studi ini tidak lagi merupakan studi hukum dalam arti ... legal research). Dalam konteks hukum Islam, tingkat keempirisan hukumnya terletak pada praktik. 108 Ibid., hlm. 104 ...
Kebanyakan orang salah berpersepsi bahwa ilmu dan pengetahuan memiliki kesamaan arti, padahal ilmu dengan pengetahuan adalah dua hal yang berbeda. Ilmu adalah pengetahuan tetapi tidak semua pengetahuan adalah ilmu. Ilmu dan pengetahuan terkadang dirangkum menjadi satu kata majemuk yang mengandung arti tersendiri. Bahkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ilmu disamakan dengan pengetahuan, sehingga ilmu adalah pengetahuan. Namun jika kata pengetahuan dan kata ilmu tidak dirangkum menjadi satu kata majemuk atau berdiri sendiri, akan tampak perbedaan antara keduanya. Berdasarkan asal katanya, pengetahuan diambil dari kata dalam bahasa Inggris yaitu knowledge. Sedangkan pengetahuan berasal dari kata Science. Tentunya dari dua asal kata itu mempunyai makna yang berbeda.
Pendidikan merupakan suatu tugas yang mencabar. Baik sebagai guru di sekolah mahupun ibubapa di rumah, tugas mendidik dilihat sebagai suatu tanggungjawab. Justeru adakalanya menyebabkan kita terlepas pandang dengan melihat tugas mendidik hanyalah berlaku di sekolah sahaja. Oleh itu aktiviti meningkatkan pengetahuan, kefahaman dan kemahiran mendidik dianggap hanya perlu dilakukan oleh guru di sekolah. Buku ini menjelaskan mengapa setiap individu sebenarnya merupakan pendidik. Samada sebagai guru di sekolah, ibubapa di rumah, mahupun ahli masyarakat, kita semua perlu sentiasa berusaha menambah pengetahuan, meningkatkan kefahaman dan kemahiran dalam mendidik. Tanpa usaha meningkatkan kefahaman dan kemahiran maka proses mendidik anak-anak didik kita lebih menjurus kepada ‘trial and error’ dan merugikan. Dalam buku ini perbincangan tentang teori, kaedah, strategi dan pendekatan psikologi dalam mendidik telah dilakukan dengan membandingkannya dengan pengalaman-pengalaman seharian. Penulis telah dengan sengaja membandingkan pengalaman-pengalaman seharian yang beliau lalui baik sebagai guru di sekolah atau pensyarah di pusat pengajian tinggi mahupun sebagai bapa di rumah supaya kefahaman dan penguasaan kemahiran mendidik dapat difahami dengan lebih mudah. Menjadi harapan penulis supaya buku ini dijadikan sebagai rujukan tambahan berkenaan dengan proses memahami dan meningkatkan kemahiran mendidik dalam kalangan kita semua. Amiin.
Sebab itubila bercerita tentang psikologi pendidikan kita akan memahaminya
sebagai suatu proses pengaplikasian ilmu psikologi dalam pendidikan yang
boleh menyumbang kepada pemahaman dan pengamalan dalam proses pendidikan.
Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup: (1) Gambaran Umum Psikologi Pendidikan (2) Pendidikan berdasarkan Perkembangan Kognitif (3) Pendidikan berdasarkan Perkembangan Sosial (4) Pendidikan berdasarkan Perkembangan Moral (5) Variasi Individu (6) Variasi Kelompok (7) Pendidikan Siswa Berkebutuhan Khusus (8) Manajemen Kelas (9) Asesmen Kelas.
Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup: (1) Gambaran Umum Psikologi Pendidikan (2) Pendidikan berdasarkan Perkembangan Kognitif (3) Pendidikan berdasarkan Perkembangan Sosial (4) Pendidikan berdasarkan Perkembangan Moral (5) Variasi ...
Psikologi pendidikan dan pembelajaran menawarkan sejumlah gagasan segar untuk memberikan daya rangsang bahwa, psikologi pendidikan Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari; di manapun dan kapanpun berada. Karena dengan mempelajari dan mendalami dengan seksama, kita akan terbawa arus, menjadikan hidup kita akan teratur dipengaruhi oleh mindset apa yang sedang kita baca, kita pikirkan dan kita rasakan, sehingga menjadi habbit, yakni tindakan yang kita lakukan secara berulang-ulang, baik itu sadar ataupun tidak sadar, akan menjadi kebiasaan dalam hidup.
Psikologi pendidikan dan pembelajaran menawarkan sejumlah gagasan segar untuk memberikan daya rangsang bahwa, psikologi pendidikan Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari; di manapun dan kapanpun berada.
Cara mudah untuk memahami implikasi signifikan perilaku, utamanya psikopatologi dan psikologi abnormal, terhadap individu ialah dengan memerhatikan pertanyaan ini: Apa yang dimaksud dengan individu? Buku ini menjawab pertanyaan ini serta menguraikan konsep dasar-dasar Psikologi dan berbagai deviansi (penyimpangan) psikologis pada diri manusia: perilaku, kepribadian dan tipologinya, perkembangan, deviansi perkembangan dan perilaku, gangguan psikologis, serta bagaimana terapi yang dilakukan untuk menyelesaikan gangguan psikologis --- Buku persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia)
... besarnya rasa ingin tahu, ketidakstabilan emosi dan faktor luar diri, seperti
gangguan psikososial keluarga, lemahnya hukum bagi pengedar dan pengguna
narkoba, lemahnya sistem bimbingan konseling dan lemahnya pendidikan
agama.
Pelaksanaan bimbingan dan konseling berfungsi untuk mencapai tujuan pendidikan, yang dalam pelaksanaannya harus dikelola sebaik dan seefisien serta seefektif mungkin yang selaras dengan prinsip–prinsip suatu program. Sebagaimana dalam hasil penelitian mengenai persepsi siswa terhadap eksistensi guru bimbingan dan konseling (studi kasus SMA di Sorong), secara umum siswa menilai guru pembimbing yang bertugas memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah senantiasa menunjukkan sikap yang positif, dan ternyata latar belakang pendidikan guru bukan menjadi tolak ukur untuk mencapai keberhasilan. Sehingga dalam proses pelaksanaannya masih ada beberapa metode yang perlu ditingkatkan. Akan tetapi ditinjau dari aspek perilaku guru pembimbing, penampilan guru pembimbing, maupun unjuk kerja guru pembimbing dalam setiap layanan bimbingan dan konseling dinilai positif oleh siswa didalam pelaksanaannya. Buku ini memaparkan persepsi siswa terhadap eksistensi guru bimbingan dan konseling pada SMA di Sorong, bahwa guru bimbingan dan konseling pada SMA di Sorong telah melakukan kinerja dengan baik atau positif dengan berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan
Pelaksanaan bimbingan dan konseling berfungsi untuk mencapai tujuan pendidikan, yang dalam pelaksanaannya harus dikelola sebaik dan seefisien serta seefektif mungkin yang selaras dengan prinsip–prinsip suatu program.
Kemampuan public speaking merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki semua orang. Kemampuan ini berkenaan dengan kemampuan individu dalam berkomunikasi. Karena komunikasi merupakan kebutuhan yang diperlukan individu dalam kehidupan bersosialisasi. Kemampuan public speaking merupakan soft skill yang harus di kuasi oleh siswa SMK karena dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menjalin relasi dan membangun keterampilan komunikasi kerja.
Memberikan layanan konseling individual apabila konseli yang mengikuti kegiatan layanan konseling kelompok, terindikasi selama proses menunjukkan aspek-aspek permasalahan yang sangat intensif dan mendalam serta menjurus pada ...
Pendapat Imam Syafi'i ini sama dengan pendapat Imam Malik di atas , tetapi terdapat perbezaan antara mereka iaitu pada penentuan nilai antara emas dengan perak , sekiranya ada pertentangan nilai antara keduanya .