(Mahir dalam Perencanaan dan Penganggaran Keuangan Daerah)
Buku ini disusun untuk menyajikan materi pembelajaran bidang akuntansi sektor publik. Fokus pembahasan pada buku ini diarahkan dengan tujuan agar para pembaca dapat mahir dalam pengelolaan keuangan daerah khususnya dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran keuangan daerah dengan sajian peraturan perundang-undangan yang mengaturnya secara lengkap dan komprehensif.
Manajemen lalu lintas merupakan bagian dari rekayasa transportasi dengan berbagai pengaturan yang relevan digunakan. Hal ini dilakukan untuk mengelola sistem prasarana transportasi dan lalu lintas lainnya, termasuk terminal dan stasiun. Dengan demikian, pemanfaatannya dapat dilakukan secara efektif dan effisien dengan memperhatikan aspek keamanan, kenyamanan, dan lingkungan. Optimalisasi manajemen dan pengendalian arus lalu lintas menggunakan prasarana yang telah tersedia untuk memberikan kemudahan lalu lintas dalam penggunaan ruang jalan serta memperlancar sistem pergerakan. Hal ini berhubungan dengan kondisi arus lalu lintas dan sarana penunjangnya pada saat ini untuk memberikan kemudahan dan kelancaran untuk masyarakat. Salah satu masalah terbesar yang sering terjadi pada lalu lintas adalah kemacetan. Kemacetan merupakan kondisi arus lalu lintas yang melebihi kapasitas rencana jalan dan mengakibatkan kecepatan bebas ruas jalan mendekati atau melebihi 0 km/jam sehingga menyebabkan terjadinya antrian. Oleh karena itu, penulis berharap dengan hadirnya buku Manajemen Lalu Lintas dapat menjadi salah satu rujukan yang dapat diterapkan dalam pengelolaan transportasi, angkutan barang dan logistik, angkutan umum, persimpangan serta traffic calming (perlambatan lalu lintas).
Buku ini merupakan kumpulan-kumpulan tulisan dalam seminar, workshop, kajian yang pernah diisi oleh penulis. Alasan hadirnya buku ini di hadapan pembaca, karena keresahan penulis melihat kondisi umat sekarang ini, khususnya pemuda Indonesia yang semakin jauh dari nilai-nilai moral ketimuran dan akhlaqul karimah (akhlaq Islam).
Salah satu layanan yang dilaksanakan dalam pelayanan Bimbingan Konseling adalah Bimbingan Klasikal. Banyak guru Bimbingan Konseling (BK) yang bingung menyampaikan informasi atau penguasaan konten dalam bimbingan klasikal. Pelaksanaan bimbingan klasikal banyak dilakukan dengan ceramah, diskusi atau Tanya jawab serta hanya komunikasi satu arah atau hanya berpusat pada guru saja, sehingga peserta didik merasa bimbingan klasikal kurang menarik bahkan membosankan. Hal ini tentu saja dapat membuat tujuan dari pelaksanaan layanan bimbingan klasikal tersebut tidak tercapai. Pada buku ini, penulis mencoba memberikan strategi bimbingan klasikal aktif yang kreatif dan menarik. Strategi yang dipaparkan dalam buku ini merupakan pengalaman penulis sendiri selama kurang lebih sepuluh tahun melaksanakan tugas penulis sebagai seorang guru Bimbingan Konseling (BK) di salah satu SMA di Kota Pontianak. Beberapa dari strategi tersebut ada yang hasil dari ide inovatif penulis dan ada hasil strategi para ahli yang penulis sesuaikan pelaksanaannya dalam bimbingan klasikal. Bab demi bab yang dipaparkan dalam buku ini diawali dengan BAB Dua yang membahas tentang pentingnya Bimbingan Konseling dalam Kurikulum, selanjutnya pada BAB Tiga dibahas tentang Layanan Bimbingan Konseling dan BAB Empat membahas tentang Bimbingan Klasikal. Inti dalam pembahasan buku ini adalah pada Bab Lima yaitu Strategi Bimbingan Klasikal Aktif. Pada Bab Dua sampai dengan Bab Empat, penulis mengacu kepada Buku Petunjuk Teknik Implementasi Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kemendikbud 2014.
Studi Kualitas Layanan pada Rumah Sakit Umum Daerah di Wilayah Bengkulu
Buku ini sebagai laporan hasil kajian survey kepuasan layanan publik dan kebijakan Pemerintah Daerah, merupakan analisis secara ilmiah yang dapat digunakan sebagai informasi bagi Gubernur dalam mengambil kebijakan lebih lanjut di bidang kesehatan khususnya dalam rangka percepatan pengembangan pembangunan di bidang kesehatan. Berawal dari survey yang pernah dilakukan oleh Rumah Sakit-Rumah Sakit Daerah, ditinjau kembali data datanya dan diobservasi ke lapangan, dan ditelaah dengan pendekatan aspek kualitas layanan menghasilkan suatu hasil kajian yang diharapkan menjadi pedoman pengambilan kebijakan. Hasil kajian tersebut juga telah dikomparasikan dengan hasil kunjungan ke Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Moehamad Hoesin di Palembang, dan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi di Surakarta Jawa Tengah.
Buku ini sebagai laporan hasil kajian survey kepuasan layanan publik dan kebijakan Pemerintah Daerah, merupakan analisis secara ilmiah yang dapat digunakan sebagai informasi bagi Gubernur dalam mengambil kebijakan lebih lanjut di bidang ...
Tujuan penulisan Buku ini adalah sebagai salah satu pendukung proses pembelajaran Sejarah Pendidikan Islam bagi mahasiswa pada Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sejarah pendidikan Islam adalah fakta yang sangat penting untuk diketahui dan dipelajari oleh umat Islam, karena dengan mempelajari sejarah kita akan mengambil hikmah utnuk membangun masa depan pendidikan Islam lebih baik. Mempelajari Sejarah Pendidikan Islam amat penting, dengan mempelajarinya akan mengetahui sebab-akibat kemajuan dan kemunduran Islam. Buku ini memfokuskan pembahasan sejarah dan perkembangan pendidikan Islam pendidikan Islam sejak masa Rasullulah SAW, hingga masa pendidikan Islam di Indonesia.
Sejarah pendidikan Islam adalah fakta yang sangat penting untuk diketahui dan dipelajari oleh umat Islam, karena dengan mempelajari sejarah kita akan mengambil hikmah utnuk membangun masa depan pendidikan Islam lebih baik.