Sebanyak 2591 item atau buku ditemukan

Analisis berita pendidikan

fokus: profesionalisme guru

Pergeseran orientasi pendidikan pesantren di Indonesia

Study and teaching of Islam in four Islamic religious schools in Indonesia.

Study and teaching of Islam in four Islamic religious schools in Indonesia.

Seri Pembaharuan Pendidikan Membangun Kelas Aktif Dan Inspiratif

Buku ini merupakan salah satu buku seri pembaharuan pendidikan, dalam buku ini disusun atas dasar kebutuhan para guru dan warga pendidikan lainnya seperti Kepala Sekolah, pengawas dan Kepala Dinas Pendidikan baik tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota maupun Propinsi. Buku ini merupakan tuntutan, acuan dan referensi bagi warga yang berkecimpung dalam dunia pendidikan pada umumnya dan kegiatan pembelajaran pada khususnya. Semoga dengan adanya buku “Membangun Kelas Aktif dan Inspiratif” dapat mendorong kemajuan pendidikan di negara kita serta dapat mendorong terhadap peningkatan mutu atau kualitas pembelajaran sehingga tujuan pendidikan yang diharapkan tercapai dengan baik serta prestasi belajar peserta didik lebih meningkat lagi. Seri Pembaharuan Pendidikan Membangun Kelas Aktif Dan Inspiratif ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Seri Pembaharuan Pendidikan Membangun Kelas Aktif Dan Inspiratif ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Ontologi Pendidikan Islam

Mengupas Hakikat Pendidikan Islam dari Konsep Khalifah, Insan Kamil, Takwa, Akhlak, Ihsan, dan Khairu Al-Ummah

Jika kita putar jarum jam sejarah, permulaan Islam di Mekah tahun 610 M telah terjadi reformasi teologis dari paganisme menuju tauhid dan reformasi akhlak dari karakter jahiliyah menuju karakter humanis. Pada saat yang sama di Madinah telah banyak umat yang beragama Yahudi dan sebagian kecil beragama Nasrani. Kedua agama ini, sungguh pun pada saat ini dinilai menyimpang, tetapi agama itu pada dasarnya bukanlah paganisme sebagaimana di Mekah. Lebih jauh dari Madinah, di Syam, sekarang Syiria banyak umat menganut agama Nasrani yang notabene agama tauhid juga. Mekah dan secara keseluruhan Arab Utara menurut Philip K. Hitti tidak memiliki peran yang berarti dalam kancah internasional, kecuali setelah datangnya Islam.1 Dari sisi geneologi sebagaimana ditulis K. Hitti bahwa orang-orang Arab Hijaz tergolong Arab Musta`ribah (naturalisasi) keturunan dari `Adnan, sementara orang-orang Arab `Aribah (asli), termasuk Yaman dari keturunan Qohthan.2 Orang-orang yang mendukung nabi di Madinah adalah asli orang Arab `Aribah dari Yaman. Antara Arab Utara dan Arab Selatan ini ratusan tahun kata K. Hitti bermusuhan, termasuk pasca Islam berhasil menyatukan Arab. Buku Ontologi Pendidikan Islam: Mengupas Hakikat Pendidikan Islam dari Konsep Khalifah, Insan Kamil, Takwa, Akhlak, Ihsan, dan Khairu Al-Ummah ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Ontologi Pendidikan Islam: Mengupas Hakikat Pendidikan Islam dari Konsep Khalifah, Insan Kamil, Takwa, Akhlak, Ihsan, dan Khairu Al-Ummah ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.