Sebanyak 2584 item atau buku ditemukan

Sejarah Ushul Fikih

Ushul Fikih merupakan sebuah kajian keilmuan dalam Islam, yang asas atau pokoknya diambil dari Al-Qur'an dan sunnah. Pertumbuhan ushul fikih tidak terlepas dari perkembangan hukum Islam sejak Zaman Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Ilmu ushul fikih yang ada sekarang ini bukanlah muncul dari ruang hampa. Ia sebagaimana ilmu keagamaan lainnya dalam Islam, tumbuh dan berkembang melewati berbagai fase hingga terbentuklah produk fikih yang menjamur di sekeliling kita. Buku ini mengulas sejarah hukum Islam mulai awal kemunculannya, munculnya kaidah-kaidah tertentu untuk memahami hukum, serta menjelaskan pula karya-karya yang muncul pada saat ini. Sehingga dengan demikian, pembaca lebih terbuka cakrawala pemikirannya dan lebih terbuka dalam memaknai perbedaan.

Ushul Fikih merupakan sebuah kajian keilmuan dalam Islam, yang asas atau pokoknya diambil dari Al-Qur'an dan sunnah.

Ensiklopedia Fikih Indonesia 7: Muamalat

Kalau kita membaca hadits-hadits nabawi secara tekstual, khususnya yang terkait dengan masalah akad jual-beli dan muamalat lainnya, kita akan merasakan kesempitan yang luar biasa, seolah hidup kita ini salah zaman. Bank haram, asuransi haram, dan berbagai aktivitas ekonomi umat manusia tiba-tiba jadi haram semua. Betapa kehidupan muamalat zaman ini hampir tak ada lagi yang sesuai dengan ketentuan syariah di masa kenabian. Semua orang mengeluh dan apatis kalau melihat aturan-aturan secara tekstual dalam nash hadits. Sebab, banyak sekali yang tidak realistis atau tidak menjejak dunia nyata. Syariat Islam terkesan mengekang kemajuan zaman dan ekonomi tidak bisa berkembang. Pada hakikatnya, syariat Islam tidak datang hanya untuk mengharamkan ini-itu, lalu pergi begitu saja tanpa solusi. Syariat Islam datang justru menjadi solusi atas masalah dan kebutuhan manusia. Sebagai bukti, syariat Islam tidak mengharamkan riba, kecuali memberikan solusi seperti kredit, sistem gadai, dan bagi hasil. Intinya, roda ekonomi tetap berjalan tanpa melanggar larangan teks hadits. Dalam buku ini, kita akan mendapatkan pencerahan dan titik temu antara teks hadits dengan realitas kekinian, yang ternyata keduanya bisa berjalan beriringan.

Mereka mengandaikannya dengan dakwah berantai/berjenjang yang dilakukan
oleh Rasulullah saw. di masa itu. Padahal apa yang dilakukan oleh beliau tidak
bisa dijadikan dalil bahwa sistem penjualan berjenjang adalah sunah ...

Fikih Daulah

Buku yang mengupas tentang fikih daulah dalam perspektif Islam boleh dibilang masih langka. Akibatnya terjadi ketidaksinkronan antara undang-undang politik dengan hokum-hukum syariat. Selain karena sedikitnya minat minat para fuqaha tempo dulu dan hingga sekarang, juga disebabkan sedikitnya para fuqaha menampilkan manhaj syariat yang luwes. Akibatnya muncul kalangan Islamfobia baik dari kelompok sekularis maupun orientalis yang selalu menghantam Islam dan meletakkannya hanya di pojok-pojok masjid saja. Dr. Yusuf Qaradhawi selaku ulama yang dikenal luwes dan luas wawasannya, menampilkan wajah fikih daulah yang dikenal dengan istilah Al-Wasathiyatul Islamiyah (Islam Moderat), yang luwes, yang memamdukan antara yang salaf dengan baru, yang membandingkan antara yang tetap dengan yang berubah, Islam yang memuliakan akal, memperbarharui pemikiran dan membuat pendekatan dengan tatanan modern dan meyaring antara yang bermanfaat dan yang tercela. Buku ini sarat dengan informasi mengenai daulah dalam Islam. Bagaimana kedudukannya? Apa cirri dan syaratnya? Bagaimana sikap daulah Islam terhadap multi partai, demokrasi, wanita dan nonmuslim? Dan masih banyak lagi isu krusial lainnya yang sangat menarik dan perlu kita kaji bersama.

... menuntun negara-negara lain bergabung dengannya dengan disertai dakwah
secara kontinyu, penyajian dalil yang memuaskan, pengiriman delegasi secara
berturut-turut dan penggunaan berbagai sarana dakwah yang memungkinkan.

Metode Penetapan Hukum Islam

Al-Qur`an dan Sunnah merupakan sumber hukum pokok dalam penetapan hukum Islam. Meskipun demikian, zaman sekarang makin bermunculan segolongan orang yang beranggapan bahwa banyak persoalan yang dihadapinya begitu sukar untuk memperoleh jawaban pasti dari teks-teks Al-Qur`an dan Hadis. Atau juga beranggapan bahwa teks-teks yang ada sudah kurang atau tidak cocok untuk menjawab permasalahan yang ada. Orang-orang yang demikian dapat saja memberikan interpretasi terhadap teks-teks terutama yang sifatnya asumtif (zhanni al-dal‰lah), bahkan lebih dari itu mereka tidak segan-segan menginterpretasikan teks-teks pasti (qathÕI al-dalalah). Usaha tersebut dilakukan terkadang untuk mengikuti kehendak belaka, walaupun mungkin mengatasnamakan ijtihad, padahal dalam ijtihad itu sendiri terdapat syarat-syarat berat yang harus dipenuhi. Lebih jauh lagi orang-orang yang ekstrem cenderung untuk menganggap seluruh ayat adalah zhanni (asumtif), sehingga mereka dapat berbuat sekehendaknya, dikemukakannya pendapat yang aneh-aneh berbeda dengan ketetapan hukum yang pasti. Buku ini mencoba mengetahui sejauh mana ikhtilaf dalam pemahaman hukum dapat dibenarkan dan agar menjadi jelas bahwa suatu ketetapan hukum itu berstatus qathÕI (tetap) atau zhanni (asumtif) dengan menempati proporsinya yang tepat. Selamat membaca.

Al-Qur`an dan Sunnah merupakan sumber hukum pokok dalam penetapan hukum Islam.

NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

Buku ini ditulis dengan tujuan agar masyarakat lebih terbuka untuk menghayati nilai-nilai kearifan lokal di Indonesia yang merupakan jati diri bangsa. Nilai-nilai ini tidak akan bisa lestari jika tidak diwariskan kepada generasi berikutnya. Dalam hal ini adalah siswa pada jenjang sekolah dasar. Untuk itu, buku ini mengulas bagaimana nilai-nilai kearifan lokal dan implementasinya dalam pendidikan di sekolah dasar.

... Islam. Perayaan hari besar agama Islam di Jambi dilaksanakan baik di sekolah maupun di masyarakat, misalnya pada perayaan peringatan Isra Mikraj. Hampir seluruh sekolah dasar di Jambi yang mayoritas peserta didiknya beragama Islam ...

Pendidikan Agama Islam : Akidah Akhlak Untuk Madrasah Aliyah Kelas X

Bismillahirrahmanirrahim Buku pelajaran Akidah Akhlak untuk Madrasah Aliyah (MA) Kelas X ini disusun tetap berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI Tahun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada Keputusan Menteri Agama RI No. 165 Tahun 2014, dan Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag RI Tahun 2015, terdiri atas 9 Bab. Setiap bab mengandung: uraian materi pelajaran, rangkuman, hikmah, evaluasi dan tugas dari bab yang bersangkutan

Peta Konsep Husnuzzan Tobat Akhlak Terpuji Khauf Raja ' Menjenguk Orang Sakit berarti perilaku atau adab . Menurut Ibnu Maskawaih , akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan tanpa ...

Pendidikan Agama Islam : Akidah Akhlak Untuk Madrasah Aliyah Kelas XII

Bismillahirrahmanirrahim tetap berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI Tahun Buku pelajaran Akidah Akhlak untuk Madrasah Aliyah (MA) Kelas XII ini disusun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada Keputusan Menteri Agama RI No. 165 Tahun 2014 dan Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag RI Tahun 2015, terdiri atas 9 bab. Setiap bab mengandung: Uraian materi pelajaran, rangkuman, hikmah, evaluasi dan tugas dari bab yang bersangkutan.

Jenis Perbuatan Nifāq Secara umum, perbuatan nifāq dibagi menjadi dua, yaitu nifāq i'tiqādí (kepurapuraan dalam akidah Islam) dan nifāq 'amalí (kepura-puraan dalam menjalankan syariat Islam atau akhlak Islam). Bentuk kepura-puraan dalam ...

Pendidikan Agama Islam : Akidah Akhlak Untuk Madrasah Aliyah Kelas XI

Bismillahirrahmanirrahim Buku pelajaran Akidah Akhlak untuk Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI ini disusun tetap berdasarkan Kurikulum Madrasah yang dikeluarkan Menteri Agama RI Tahun Buku pelajaran Akidah Akhlak untuk Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI ini disusun 2013, yang dalam pelaksanaannya berpedoman kepada Keputusan Menteri Agama RI No. 165 Tahun 2014 dan Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag RI Tahun 2015, terdiri atas 10 bab. Setiap bab mengandung: Uraian materi pelajaran, rangkuman, hikmah, evaluasi dan tugas dari bab yang bersangkutan.

... dan keterbelakangan umat Islam sehingga mampu mewujudkan transformasi sosial untuk menggapai kemajuan. : pokok-pokok dalam agama seperti keimanan (akidah), keislaman (ibadah, syariat, muamalah), dan keihsanan (akhlaq karimah).

KEPEMIMPINAN DAN ETOS KERJA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Konsep dan Implementasi

Ini adalah buku perdana yang bisa penulis persembahkan kepada segenap pembaca. Buku mengenai kepemimpinan dan etos kerja di lembaga pendidikan tentu sudah banyak ditelurkan oleh para penulis. Namun, hadirnya buku ini paling tidak menjadi pelengkap buku-buku yang sudah ada. Setidaknya ada beberapa pembeda dari buku ini dengan buku-buku lainnya yang setema. Karena berangkat dari perbedaan itu buku ini akhirnya rampung ditulis dan sampai di tangan pembaca.

Ini adalah buku perdana yang bisa penulis persembahkan kepada segenap pembaca.

PENDIDIKAN ISLAM DALAM SOROTAN AL-QUR’AN DAN AL-HADITS (KAJIAN KOMPREHENSIF TAFSIR DAN HADITS TARBAWI)

Buku ini ditulis, dengan tujuan untuk menambah cakrawala dan wawasan tentang apa, mengapa dan bagaimana seharusnya komponen-komponen pendidikan Islam diformulasikan dan diaktualisasikan, sehingga menjadi sebuah ‘ibrah, cermin, inspirasi, dasar, landasan dan rujukan utama yang dapat diaplikasikan dalam institusi dan dunia pendidikan masa kini, yang kian hari kian mengalami degradasi, kegersangan yang cukup signifikan dan mengkhawatirkan dengan berbagai kompleksitas persoalaan yang sangat serius di sana sini. Khususnya, bagi mereka para calon pendidik dan atau para pendidik yang akan atau telah berkecimpung di dalam lembaga pendidikan Islam dalam menjalankan tugas-tugas ketarbiyahan mereka sesuai dengan tuntunan ajaran Islam, sebagaimana telah diabadikan dalam sorotan al-Qur’an dan al-Hadits. Selain itu, Buku ini juga telah disesuaikan dengan garis-garis besar Silabi yang dikeluarkan oleh Ditjen Kelembagaan Agama Islam Kementerian Agama RI, kemudian penulis kembangkan sesuai dinamisasi problematika pendidikan Islam masa kini. Buku ini bukan saja untuk STAIN/IAIN/UIN, tetapi juga untuk Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS), khususnya pada Program Studi PAI Jurusan Tarbiyah.

Buku ini ditulis, dengan tujuan untuk menambah cakrawala dan wawasan tentang apa, mengapa dan bagaimana seharusnya komponen-komponen pendidikan Islam diformulasikan dan diaktualisasikan, sehingga menjadi sebuah ‘ibrah, cermin, inspirasi, ...