Buku pedoman ini terdiri dari lima bab baik teori maupun petunjuk penugasan. Berikut isi buku pedoman ini: 1) Hakikat Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Produktif, 2) Hakikat Kompetensi Berbicara, 3) Petunjuk Implementasi Kompetensi Berbicara, 4) Hakikat Kompetensi Menulis, dan 5) Petunjuk Implementasi Kompetensi Menulis. Buku pedoman ini juga disertai contoh karya yang memudahkan pembaca khususnya para mahasiswa agar dapat menghasilkan karya sebagaimana luaran dari perkuliahan pada matakuliah Keterampilan Berbahasa dan Sastra Indonesia
Teknologi terkini memang tidak bisa menggantikan posisi guru. Namun, Guru yang tak mau belajar teknologi terbaru akan ditinggal peserta didiknya. Ala bisa karena biasa. Guru harus berani mencoba hal-hal baru yang dulu tidak didapatkan di bangku kuliah. Pemanfaatan media video conference dapat digunakan guru untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Sehingga nama anda akan dikenal sampai anak cucu. Guru bisa menjadi blogger dan youtuber sehingga menjadi ahli dalam menjadi konten kreator yang kreatif.
Ada beberapa kesulitan yang dihadapi guru produktif. Tugas seorang guru produktif di SMK tidak hanya mengajar saja tetapi setelah mengajar perlu melakukan penilaian hasil belajar peserta didik. Penilaian ini tidak bisa hanya membuat butir soal tes saja kemudian diberikan ke peserta didik dan dinilai hasilnya. Ada tahapan-tahapan yang perlu dilakukan agar butir soal tes tersebut layak digunakan. Penilaian hasil belajar peserta didik tidak hanya melalui tes. Penilaian menggunakan non tes perlu dilakukan untuk menilai hasil belajar peserta didik pada aspek sikap. Jumlah jam mengajar yang tinggi juga merupakan kesulitan guru produktif. Tingginya jam mengajar mata pelajaran produktif membuat guru kesulitan membagi waktu untuk membuat beragam soal tes yang disesuai dengan tujuan pembelajaran. Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan hadir untuk memudahkan guru produktif TKR dalam membuat soal tes, soal non tes, dan cara penilaiannya. Buku ini disusun berdasarkan peraturan dan buku penilaian terbaru dari Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan.
Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan hadir untuk memudahkan guru produktif TKR dalam membuat soal tes, soal ...