Buku ini ditulis untuk menjadi bahan bacaan dalam mengelola produktivitas ilmiah. Selama ini, pengelolaan publikasi ilmiah diantaranya bermasalah karena kurangnya pemanfaatan alat yang bisa mendukung untuk menuliskan laporan penelitian dan publikasi ilmiah. Sehingga buku “how to” yang ada di tangan pembaca saat ini merupakan bagian untuk mengurangi keterbatasan tersebut. Memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk digunakan sehingga membantu penyelesaian penulisan karya ilmiah. Apalagi, fasilitas yang tersedia hampir seluruhnya dengan layanan premium yang tidak berbayar. Betapa produktifitas ilmiah kita sebagai bangsa tidaklah signifikan dengan jumlah demografi kependudukan kita. Potensi besar yang mencapai 200 juta-an ternyata belum dapat dikelola menjadi angka yang menyumbang pada kemajuan ilmu pengetahuan. Salah satu hambatan selama ini karena research output dikelola secara manual. Harapan kami, dengan buku ini justru akan menjawab permasalahan yang ada selama ini. Dengan demikian, ilmuwan Indonesia dapat memacu diri untuk turut mengangkat harkat dan martabat bangsa melalui karya ilmiah di jurnal-jurnal yang bereputasi. Sebuah artikel secara khusus kami tulisankan di bagian awal untuk menjadi referensi sehingga memungkinkan penggunaan instrument yang dikemukakan di bagian berikutnya dapat dimaksimalkan.
Selama ini, pengelolaan publikasi ilmiah diantaranya bermasalah karena kurangnya pemanfaatan alat yang bisa mendukung untuk menuliskan laporan penelitian dan publikasi ilmiah.
Buku ini bertujuan untuk memberikan tambahan maklumat kepada mahasiswa magister tentang pelaksanaan penulisan usulan penelitian (proposal) dan hasil penelitian (tesis), sehingga dapat lebih terarah dan mendekati kesempurnaan. Buku ini dimaksudkan sebagai pendamping dari pedoman yang disiapkan masing-masing kampus. Sehingga dengan adanya literatur yang komprehensif sehingga dapat membantu proses penulisan mahasiswa untuk menyukseskan program penulisan tesis yang menjadi bagian dari pelaksaan program magister. Tesis merupakan salah satu karya tulis dari hasil penelitian mahasiswa yang perlu dituangkan secara tepat sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah. Adanya buku ini diharapkan mahasiswa sejak awal sudah dapat mempersiapkan usulan penelitian serta menulis hasil penelitian sedini mungkin. Disamping itu, mahasiswa juga diharapkan dapat menghasilkan beberapa publikasi atau artikel yang merupakan bagian dari hasil penelitian tesis tersebut sebagai sumbangan mereka pada masyarakat ilmiah.
Ketua Tim Penguji wajib mengisi berita acara pelaksanaan ujian yang telah disediakan pengelola program. 7. Pengumuman hasil ujian dilakukan pada akhir ujian (saat Ujian berlangsung) diberikan oleh Ketua Tim Penguji didampingi oleh ...
Penerbitan ini menjadi dimulai sebagai program yang dicanangkan oleh Pusat Penjaminan Mutu, untuk mendorong peningkatan standar mutu penulisan skripsi mahasiswa. Pada tahap awal, dimaksudkan untuk keseragaman penulisan, tetapi pada tahap berikutnya setelah penggunaan selama setahun pedoman ini, mahasiswa dituntut untuk meningkatkan mutu karya skripsi. Mutu yang diinginkan dalam bentuk kaedah-kaedah penulisan yang menjadi standar akademik. Dengan standar tersebut, maka karya mahasiswa dapat sejajar dengan perguruan tinggi alam skala nasional dan juga dalam wilayah pendidikan tinggi internasional. Karya ilmiah dalam konteks perguruan tinggi bukan lagi kewajiban tetapi merupakan kebutuhan. Ini bermakna bahwa tanpa aktivitas ilmiah yang salah satu dalam bentuk penelitian, maka perguruan tinggi semata-mata hanya akan menjadi menara gading di tengah masyarakat. Padahal, semestinya lembaga pendidikan tinggi, harus menjadi pionir dalam pengembangan kapasitas masyarakat melalui penelitian yang dapat memberikan sumbangsih pemikiran kepada para praktisi. Buku Strategi dan teknik penulisan skripsi ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.
penulisan catatan kaki, penulisan daftar kepustakaan, dan transliterasi yang
digunakan. 5. Etika yang berlaku bagi penulis ilmiah yang baik tetap dijunjung
tinggi, antara lain: • Jujur, yakni skripsi yang dinyatakan sebagai karya tulisnya ...
Dengan 8 Senjata Aplikasi Pendukung Produktivitas Riset
Penulisan artikel bagi seorang peneliti merupakan tuntutan. Sementara itu, bagian dari publikasi kecenderungan sekarang ini menuntut untuk keperluan publikasi yang dapat diakses semua pihak. Termasuk dari bagian kinerja penelitian. Tidak saja hanya dalam bentuk laporan semata tetapi melampaui itu semua, mesti terpublikasi di jurnal yang bereputasi. Ini merupakan cerminan artikulasi keilmuan (Wekke, 2016). Hanya saja, seorang peneliti belum memperhatikan rambu-rambu yang sudah ditentukan oleh para pengelola jurnal. Akibatnya, artikel belum dapat diterima untuk dimasukkan ke dalam publikasi jurnal. Ini karena seorang penulis kadang abai untuk memperhatikan pedoman penulisan yang sudah disampaikan tim penyunting. Sehingga penolakan pertama pada sebuah artikel bukan karena kualitas tetapi tidak memenuhi prasyarat kesesuaian naskah yang terkirim dengan pdoman yang sudah ditetapkan. Dengan memegang teguh pedoman ini, maka artikel yang dituntun dengan menggunakan pedoman itu akan lebih mudah untuk diterima dibandingkan jika hanya memperhatikan sekilas pedoman penulisan. Memahami pedoman saat mulai menulis adalah langkah awal untuk memenuhi kriteria yang diinginkan oleh para penyunting. Pesan yang diorganisasikan dalam sebuah artikel hendaknya memenuhi ketentuan akademik yang disepakati secara global (Cloutier, 2015). Buku Teknik Menulis Karya Ilmiah : Dengan 8 Senjata Aplikasi Pendukung Produktivitas Riset ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.
Sungguh integrasi software yang mengefektifkan pengerjaan tugas penulisan karya ilmiah maupun jenis penulisan lainnya. DELICIOUS Ketika menemukan berita atau jurnal yang menarik dan pada. Gambar I.6 Tampilan layanan import file di ...
Berbicara mengenai ideologi, makna ideologi secara definitif mengalami perkembangan dari masa ke masa. Pada awalnya, ideologi diartikan sebagai ilmu tentang ide (Destutt de Tracy) kemudian berkembang ke arah pengertian yang bercorak pejoratif dan negatif (Marx dan Marxis), di mana ideologi dipahami sebagai bentuk ilusi, kekuasaan, kesadaran palsu, dan hegemoni. Berikutnya, seorang non-Marxis, Karl Mannheim menyumbangkan pemikirannya dengan mengemukakan pengertian baru, yakni ideologi sebagai pandangan hidup, weltanschauung atau world view.
Pelaksanaan bimbingan dan konseling berfungsi untuk mencapai tujuan pendidikan, yang dalam pelaksanaannya harus dikelola sebaik dan seefisien serta seefektif mungkin yang selaras dengan prinsip–prinsip suatu program. Sebagaimana dalam hasil penelitian mengenai persepsi siswa terhadap eksistensi guru bimbingan dan konseling (studi kasus SMA di Sorong), secara umum siswa menilai guru pembimbing yang bertugas memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah senantiasa menunjukkan sikap yang positif, dan ternyata latar belakang pendidikan guru bukan menjadi tolak ukur untuk mencapai keberhasilan. Sehingga dalam proses pelaksanaannya masih ada beberapa metode yang perlu ditingkatkan. Akan tetapi ditinjau dari aspek perilaku guru pembimbing, penampilan guru pembimbing, maupun unjuk kerja guru pembimbing dalam setiap layanan bimbingan dan konseling dinilai positif oleh siswa didalam pelaksanaannya. Buku ini memaparkan persepsi siswa terhadap eksistensi guru bimbingan dan konseling pada SMA di Sorong, bahwa guru bimbingan dan konseling pada SMA di Sorong telah melakukan kinerja dengan baik atau positif dengan berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan
Pelaksanaan bimbingan dan konseling berfungsi untuk mencapai tujuan pendidikan, yang dalam pelaksanaannya harus dikelola sebaik dan seefisien serta seefektif mungkin yang selaras dengan prinsip–prinsip suatu program.