Sebanyak 263 item atau buku ditemukan

Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi

Peluang dan Tantangan

Buku ini mengulas masalah global yang dihadapi negara di seluruh dunia: pemulihan sosial-ekonomi pasca pandemi COVID-19. Buku ini menawarkan kontribusi penulis dari berbagai sudut pandang untuk mengeksplorasi pemecahan masalah ekonomi pasca Pandemi di Indonesia. Kajian ini mencakup analisis di berbagai sektor bisnis yang terdampak pandemi, seperti perusahaan penerbangan, bidang investasi, perbankan, UMKM sampai dengan analisis kebijakan pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi serta peluang ekonomi digital pasca pandemi. Terlepas dari kenyataan bahwa buku ini hanya mengulas beberapa sektor dalam bidang ekonomi, gambaran dan tantangan baru ekonomi Indonesia pasca-COVID dapat diperoleh dengan membaca seluruh buku. Buku ini akan menarik bagi para akademisi dan praktisi di bidang ekonomi, khususnya mereka yang tertarik dengan kebangkitan ekonomi pasca-COVID di Indonesia.

Buku ini menawarkan kontribusi penulis dari berbagai sudut pandang untuk mengeksplorasi pemecahan masalah ekonomi pasca Pandemi di Indonesia.

MANAJEMEN OPERASI : Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia

Buku "Manajemen Operasi: Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia" adalah panduan yang komprehensif untuk memahami manajemen operasi dalam konteks ekonomi kreatif yang berkembang di Indonesia. Buku ini dimulai dengan menjelaskan konsep dasar manajemen operasional dan mengapa ini penting untuk kelancaran operasi perusahaan. Selanjutnya, buku membahas evolusi dan perkembangan manajemen operasi, memberikan wawasan tentang bagaimana praktik-praktik ini berkembang seiring waktu. Buku ini juga mengulas topik-topik seperti analisis SWOT, perencanaan kapasitas, manajemen rantai pasok, pengendalian kualitas, pengelolaan persediaan, pengukuran kinerja operasional, pemodelan proses, Lean Manufacturing, Six Sigma, inovasi, teknologi, dan manajemen operasional berkelanjutan. Melalui studi kasus dan praktek terbaik, pembaca mendapatkan wawasan praktis tentang penerapan konsep-konsep ini dalam ekonomi kreatif Indonesia. Buku ini sangat berguna bagi pemimpin bisnis, pengusaha, dan profesional yang ingin menghadapi tantangan dan peluang unik yang ada dalam ekonomi kreatif Indonesia.

Buku "Manajemen Operasi: Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia" adalah panduan yang komprehensif untuk memahami manajemen operasi dalam konteks ekonomi kreatif yang berkembang di Indonesia.

BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN

Sumarna, dkk (2019 : 120) mengemukakan pendapatnya tentang Perbankan bahwa bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau dalam bentuk layanan lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Lembaga keuangan ini memberikan fasilitas bagi pihak yang memiliki dana lebih dan pihak yang memiliki dana yang kurang, mempermudah transaksi pembayaran, dan mencari keuntungan. Menurut Yulisari, dkk (2021 : 31), bank ialah sebuah lembaga keuangan yang memiliki fungsi sebagai penyimpan dan penyalur dana bagi masyarakat yang membutuhkan. Sementara itu, Sesiady, dkk (2018 : 182), bank merupakan penyedia bermacam layanan financial yang salah satunya adalah layanan penyaluran kredit modal kerja. Dari beberapa definisi mengenai bank di atas, disimpulkan bahwa bank merupakan suatu lembaga keuangan yang bergerak menyediakan fasilitas simpan pinjam yang diperuntukkan mensejahterakan perekonomian rakyat

Menurut Yulisari, dkk (2021 : 31), bank ialah sebuah lembaga keuangan yang memiliki fungsi sebagai penyimpan dan penyalur dana bagi masyarakat yang membutuhkan.

Kewirausahaan Theopreneurship: Teori dan Kiat Menjadi Wirausaha

Berbicara tentang kewirausahaan, saat ini merupakan salah satu peran yang sangat penting bagi perekonomian negara. Hal ini dikarenakan semakin banyak wirausaha dalam suatu negara maka akan semakin meningkat ekonomi negara tersebut. Selain itu dengan adanya wirausaha, maka akan semakin mening- katkan kemandirian ekonomi bangsa. Buku ini memberikan wawasan teori serta kiat-kiat dalam menjadi wirausa- hawan. Materi yang dibahas di antaranya pengertian dan teori kewirausahaan, kesempatan berwirausaha, ide dan peluang usaha, bisnis sesuai bakat dan keahlian, business plan, analisis swot dan industri, unsur-unsur dalam business plan, merek, dan pemanfaatan teknologi internet dalam usaha. Dengan memahami ini, diharapkan kita dapat belajar sekaligus praktik menjadi wirausaha. Semoga apa yang disajikan dalam buku ini dapat menambah pengetahuan tentang kewirausahaan dan memotivasi khalayak untuk menjadi wirausahawan yang berpengetahuan dan andal. Materi yang dibahas dalam buku ini yaitu: Bab 1 Pengantar Kewirausahaan Bab 2 Kesempatan Berwirausaha Bab 3 Ide Bisnis dan Peluang Usaha Bab4 Menentukan Jenis Bisnis Sesuai dengan Bakat dan Keahlian Bab 5 Business Plan Bab 6 Analisis SWOT dan Analisis Industri dalam Perencanaan Usaha Bab 7 Marketing Plan Bab 8 Operational Plan Bab 9 Organization Plan Bab 10 Financial Plan Bab 11 Merek Bab 12 Pemanfaatan Teknologi Internet dalam Usaha

Berbicara tentang kewirausahaan, saat ini merupakan salah satu peran yang sangat penting bagi perekonomian negara.

EKONOMI KREATIF : Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia

Buku "Ekonomi Kreatif : Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia" adalah sebuah sumber pengetahuan yang komprehensif dan mendalam tentang sektor ekonomi kreatif di Indonesia. Buku ini menjelaskan definisi dan ruang lingkup ekonomi kreatif, memastikan pemahaman yang kuat tentang konsep ini. Selain itu, buku ini membawa pembaca dalam perjalanan sejarah perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia, merinci peran sektor ini dalam pertumbuhan ekonomi negara, serta mengidentifikasi sektor ekonomi kreatif yang beragam. Inovasi, pelaku utama, dan risiko investasi di sektor ini juga menjadi fokus penting, sementara dampak ekonomi kreatif pada masyarakat dianalisis secara rinci. Buku ini juga menjelajahi bidang-bidang ekonomi kreatif yang khusus, seperti kuliner dan desain. Buku ini merangsang pemikiran pembaca tentang peran dan dampak ekonomi kreatif di Indonesia. Sebagai sumber referensi yang komprehensif, buku ini memungkinkan pembaca untuk memahami betapa pentingnya sektor ekonomi kreatif dalam kerangka ekonomi nasional serta bagaimana hal ini akan membentuk masa depan Indonesia.

Buku "Ekonomi Kreatif : Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia" adalah sebuah sumber pengetahuan yang komprehensif dan mendalam tentang sektor ekonomi kreatif di Indonesia.

Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan

Buku “Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan” diulas melalui enam bagian utama. Pertama, membahas tentang konsep manajemen mutu dan manajemen pendidikan. Kedua, tentang teorisasi mutu madrasah/sekolah dan mutu lembaga pendidikan. Ketiga, analisis tentang kualitas internal dan eksternal pendidikan. Keempat, pembahasan tentang analisis SWOT. Kelima, analisis tentang lingkungan internal, berupa visi, mis, dan sasaran pendidikan. Keenam, analisis tentang kualitas pendidikan dalam fakta dan persepsi.

Buku “Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan” diulas melalui enam bagian utama.