Sebanyak 49 item atau buku ditemukan

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Buku Saku merupakan bahan ajar yang bersifat visual. Buku Saku merupakan salah satu bahan ajar yang memberikan kesempatan kepada peserta didik dengan mudah dan praktis dalam mempelajari materi akutansi karena ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana dan membuat siswa belajar mandiri karena pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Diharapkan dengan bahan ajar ini siswa menjadi aktif, kreatif dan senang dalam mempelajari agama islam. Kegemaran siswa dalam penggunaan bahan ajar akan mempengaruhi hasil belajar siswa tersebut dalam belajar sehingga akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar yang nantinya siswa akan dapat memahami pelajaran dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode penelitian dan pengembangan dalam bahasa inggris disebut Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan dan menguji keefektifan produk yang dikembangkan. R&D adalah penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang yang bertujuan untuk mengembangkan Buku Saku Agama Islam mata pelajaran PAI. Produk yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah Buku Saku Agama Islam materi Pendidikan Agama Islam. Hasil pembahasan hasil penelitian tentang Pengembangan Buku saku PAI sebagai berikut: a) Jenis bahan ajar yang digunakan di SMK Muhammadiyah Delanggu yaitu jenis bahan ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) konvensional. b) Peserta didik memerlukan bahan ajar yang lebih berbeda, inovasi, dan menarik sehingga mudah dipelajari dan dipahami. Prosedur pengembangan produk dalam penelitian ini meliputi (1) analisis, merupakan tahap pertama dalam perancangan produk berupa bahan ajar buku saku PAI berbasis PBL sebagai solusi berdasarkan kebutuhan dan masalah yag ditemukan di sekolah, (2) desain, bahan ajar buku saku didesain sesuai dengan tema yang telah dirumuskan dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, (3) pengembangan, yaitu identifikasi kekurangan terhadap produk awal yang telah didesain melalui uji coba ahli dan uji coba pengguna yang meliptui uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan, (4) implementasi, pengujian terhadap bahan ajar buku PAI oleh validasi ahli dan materi, (5) evaluasi, bertujuan untuk menentukan apakah produk bahan ajar buku saku PAI lebih efektif daripada bahan ajar yang saat ini digunakan dalam pembelajaran. Hasil penilaian para ahli terhadap produk yang dikembangkan dikembangkan termasuk kategori sangat baik, yaitu penilaian ahli media diperoleh skor rata-rata 91,67%, penilaian ahli materi diperoleh skor rata-rata 90,87%.

Buku Saku merupakan bahan ajar yang bersifat visual.

Mutiara Hikmah (Antologi Quotes Taklim Jurnalistik dan Komunitas Muslimah Berpena)

Mutiara Hikmah (Antologi Quotes Taklim Jurnalistik dan Komunitas Muslimah Berpena) PENULIS: Taklim Jurnalistik & Komunitas Muslimah Berpena Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-281-569-8 Terbit : Juli 2020 www.guepedia.com Sinopsis: “Di saat hati terasa gundah, resah, cemas, dan apapun itu yang menyesakkan hati. Datanglah kepada Allah di sepertiga malamnya. Rayulah, ceritakan semua keluh kesah kepada-NYA. Kerena setelahnya kamu akan sadar, janji itu nyata.” -Shinta Seftyana- Cuplikan sebuah quotes dari buku ini. Pahit, manis kehidupan adalah hal biasa. Semua rasa gundah, resah, sedih, kecewa pasti pernah dirasa setiap manusia. Hidup itu bukan sekedar tentang kebahagiaan. Allah tidak berjanji untuk tidak menguji hamba-Nya, namun Allah berjanji akan membersamai orang-orang yang bersabar. "Kita hidup ibarat berlayar. Dihadang gelombang dan batu karang, dihempas ombak dan badai. Lalu pulang, dan kembali untuk meraih tepi pantai." -Kurnia Affandi- Pada akhirnya kehidupan pun akan berakhir, sudahkah bekal kita cukup untuk pulang? Sebuah pertanyaan yang harus direnungkan. Mungkin bukan karena puasa kita, sholat kita, dan sodaqoh kita yang mengantarkan kita ke surga. Tapi dengan kesucian hati, kerendahan jiwa, kesabaran ketika mendapat ujian, keikhlasan saat mendapat cobaan, sehingga membuka pintu rahmat dan maghfiroh Allah Swt untuk kita bisa ke surga-Nya. Sebuah karya ini berisi kumpulan quotes, semoga bisa memberikan segelintir mutiara hikmah bagi sang pembaca. Dengan mengambil hikmah dari kehidupan, berharap bisa memotivasi banyak orang, menyejukkan hati dan pikiran, serta bisa mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. “Kehidupan itu adalah hikmah, maka ambillah hikmah itu agar kamu merasa tenang.” *"Jalani, Hadapi, Setiap masalah yang terjadi, Dan yakinlah bahwa kamu mampu melewatinya"* *Akh Hendra* www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Mutiara Hikmah (Antologi Quotes Taklim Jurnalistik dan Komunitas Muslimah Berpena) PENULIS: Taklim Jurnalistik & Komunitas Muslimah Berpena Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-281-569-8 Terbit : Juli 2020 www.guepedia.com Sinopsis: “Di ...

Mendidik Anak Muslim Generasi Digital

SETIAP zaman selalu memiliki kegelisahan dan tantangan yang harus dijawab. Pada zaman dulu orang tua khawatir dampak dampak televisi terhadap anak-anak. Masa itu telah lewat. Kini, kita berada pada zaman yang sama sekali baru. Era digital telah membawa perubahan dan pengaruh pada semua bidang kehidupan, secara positif maupun negatif. Anak-anak generasi masa kini merupakan generasi digital native, yaitu mereka yang sudah mengenal media elektronik dan digital sejak mereka lahir. Sedangkan orang tua adalah generasi imigran digital atau mereka yang lahir sebelum era digital. Dapat kita bayangkan betapa sangat beda pola pengasuhannya. Jika di masa lalu orang akan mematuhi nasihat orang tua tanpa banyak mendapatkan second opinion, saat ini generasi digital native memiliki jutaan akses untuk membandingkan nasihat yang diterimanya melalui internet. Bahkan kadang nasihat dari internet dianggap lebih bagus dibandingkan orang tua. Teknologi telah merajai kehidupan generasi Z. Kita tidak bisa menghalangi kecanggihan teknologi untuk datang dalam kehidupannya. Banyak pula anak dan remaja dalam proses pembelajarannya cenderung untuk meniru apa pun yang mereka lihat dan menarik, mereka cenderung lebih suka mengikuti apa yang ada di media online atau media sosial. Mereka tidak banyak berpikir apakah sesuai atau tidak dengan budaya mereka. Tidaklah bijak untuk menutup diri sama sekali dari teknologi, namun tidak bijak pula untuk membuka akses terhadap teknologi tanpa ada batasan. Secanggih apapun teknologi, instrumen ini tidak mampu menggantikan sifat-sifat humanis atau kemanusiaan yang hanya melekat pada manusia, misalnya empati, kasih sayang, dan kepedulian. Maka, tetap dibutuhkan tindakan yang positif dan konstruktif dalam mendidik, mengasuh, mendampingi, mengarahkan dan membina anak-anak kita, baik di rumah, di sekolah, maupun pada lingkungan sekitarnya. Anak-anak tetaplah menjadi asuhan dan didikan orang tua serta guru, bukan anak asuhan internet dan gawai. Jadi, selamat mendidik generasi anak-anak Muslim hebat untuk Ayah dan Bunda di era digital ini. JUDUL: Mendidik Anak Muslim Generasi Digital PENULIS: Zakiah Nur Jannah ISBN: 978-623-93111-9-3 PENERBIT: PUSTAKA AL USWAH HALAMAN: 232 UKURAN: 13.5 X 20 PUSTAKAALUSWAH BukuEdukasi.com Buku Edukasi BukuEdukasi

Dunia digital memungkinkan anak dapat belajar secara efektif dan efisien mengingat banyak sumber informasi yang pembelajaran yangtelah mempelajarinya lebihdalam daEfektivitas dalam suatu kegiatan berkaitan memudahkan dengan sejauh mana ...

Bank syariah di Indonesia

analisis kebijakan pemerintah Indonesia terhadap perbankan syariah

Study on government policy in Islamic banking in Indonesia.

Study on government policy in Islamic banking in Indonesia.

MANAJEMEN KURIKULUM DAN PROGRAM PENDIDIKAN (Konsep dan Strategi Pengembangan)

Buku ini menyajikan sebagian regulasi, konsep, dan pemikiran dari beberapa tokoh yang dikenal mendalami persoalan manajemen kurikulum dan program pendidikan. Mengenai tokoh, masing-masing tentunya menggunakan asumsi dasarnya sebagai alat dalam upaya untuk memahami manajemen kurikulum dan program pendidikan. Penggunaan sudut pandang yang berbeda menghasilkan konsep dan pengertian yang berbeda pula.

Buku ini menyajikan sebagian regulasi, konsep, dan pemikiran dari beberapa tokoh yang dikenal mendalami persoalan manajemen kurikulum dan program pendidikan.