Sebanyak 46 item atau buku ditemukan

Multimedia Pembelajaran yang Inovatif

Prinsip Dasar dan Model Pengembangan

Produk Multimedia pembelajaran merupakan bagian dari industri kreatif karena pengembangannya patutlah memperhatikan unsur-unsur kreatif, inovatif, dan efektif. Memperhatikan substansi konten tersebut, diperlukan upaya intensif dalam mempelajarinya. Buku ini ditulis untuk dapat memberikan pemahaman bagi pemula dalam memahami prinsip-prinsip dasar dan pengembangan multimedia pembelajaran.

Produk Multimedia pembelajaran merupakan bagian dari industri kreatif karena pengembangannya patutlah memperhatikan unsur-unsur kreatif, inovatif, dan efektif.

Syariah Marketing

Peta pemasaran di Indonesia tampaknya menunjukkan tanda-tanda pergerakan dari pasar rasional ke pasar konsumer, bahkan ke pasar spiritual. Jika pada pasar rasional konsumer membeli barang atau jasa dengan pertimbangan rasional (misalnya, fungsi dan harga), pada pasar emosional dengan pertimbangan emosi (misalnya, cita rasa personal, prestise, cita-diri), maka pada pasar spiritual konsumer mulai mempertimbangkan nilai (baik-buruk, halal-haram). Inilah barangkali yang menjelaskan mengapa pasar syariah di Indonesia menunjukkan tanda-tanda ke arah perkembangan yang pesat, dengan profitabilitas tertinggi di dunia! Kendati demikian, perbankan syariah di Indonesia baru mencapai pangsa 1,3 persen dari total aset industri perbankan nasional. Padahal, dengan penduduk Muslim di Indonesia sekitar 200 juta, pasar syariah masih sangat terbuka. Lalu, bagaimana memperbesar pangsa pasar yang ada? Konsep syariah marketing kami tawarkan sebagai sebuah solusinya, terdiri dari strategi, taktik, dan value. Syariah marketing strategy dirancang untuk memenangkan mind-share, syariah marketing tactic didesain untuk memenangkan market-share, dan syariah marketing value direkayasa untuk memenangkan heart-share. Dengan landasan konsep yang kuat dan disertai berbagai contoh kasus nyata, buku ini menunjukkan kepada Anda bagaimana menerapkan solusi syariah marketing untuk memenangkan pasar perbankan, asuransi, dan lembaga-lembaga keuangan syariah lainnya di Indonesia. [Mizan, Pustaka, Referensi, Bisnis]

Lalu, bagaimana memperbesar pangsa pasar yang ada? Konsep syariah marketing kami tawarkan sebagai sebuah solusinya, terdiri dari strategi, taktik, dan value.

KOMPAS 100 Coporate Marketing Cases

"Ini merupakan peringatan yang lazim untuk para calon pembeli produk atau jasa apa pun. Pembeli semestinya memastikan bahwa produk yang bakal dibeli memang dalam kondisi bagus sehingga mereka tidak menyesal kemudian.Tapi hal ini tidak berlaku di dunia bursa saham. Sulit bagi calon pembeli mengetahui cara meneliti saham-saham yang ditawarkan di pasar modal. Selain kurang paham membaca laporan keuangan, mereka juga tidak tahu cara memahami fundamental bisnis emiten.Buku ini berisi ulasan singkat 100 perusahaan terpilih yang lahir dari keprihatinan tersebut di atas, sekaligus merupakan upaya menawarkan konsep pemasaran strategis sebagai alat tambahan untuk memahami emiten di pasar modal.Topik pembahasan buku ini adalah positioning masing-masing emiten yang masuk dalam daftar Kompas 100, yang disusun oleh Bursa Efek Indonesia sejak Februari 2009. Dari tulisan-tulisan ini, para calon investor individu akan sangat dibantu untuk melihat bagaimana fundamental sebuah perusahaan, positioning-nya, performanya, dsb. Bagi perusahaan yang masuk dalam Kompas 100, buku ini merupakan alat yang sangat baik untuk memikat para calon investor. Emiten akan sangat terbantu untuk mempromosikan perusahaannya secara halus dan elegan."

PNLF juga menjalin hubungan strategis dengan meluncurkan produk Syariah Medika Plus bagi para nasabah Bank Syariah Mandiri. Panin Life pun menggandeng Bank Bukopin Syariah dengan menyediakan jasa pengelolaan asuransi Tabungan ...

EKONOMI MAKRO ISLAM

Buku Ekonomi Makro Islam ini mengkaji tentang konsep ekonomi makro, ruang lingkup ekonomi makro Islam, sejarah pemikiran ekonomi makro Islam, teori konsumsi, tabungan dan investasi dalam ekonomi Islam, pendapatan nasional dalam pendekatan ekonomi Islam, perekonomian dua sektor, perekonomian tiga sektor, perekonomian empat sektor, keseimbangan AD-AS, pasar barang (LM), pasar uang (IS) dan keseimbangan IS-LM dengan pendekatan ekonomi Islam, pengangguran dalam perspektif Islam, inflasi dalam perspektif Islam, kebijakan pemerintah (tradeoff) dalam perspektif Islam, serta kebijakan moneter dan fiskal dalam perspektif Islam. Besar harapan semoga melalui washilah buku ini para pembaca mampu menambah khazanah keilmuan secara komprehensif berkaitan dengan ekonomi makro dalam perspektif Islam yang orientasinya ialah falah (al-hayatu at-thayyibah fi ad-dunya wa al-akhirah). Lebih dari itu, semoga buku ini dapat berkontribusi positif terhadap literasi ekonomi Islam di Indonesia.

Buku Ekonomi Makro Islam ini mengkaji tentang konsep ekonomi makro, ruang lingkup ekonomi makro Islam, sejarah pemikiran ekonomi makro Islam, teori konsumsi, tabungan dan investasi dalam ekonomi Islam, pendapatan nasional dalam pendekatan ...

Pengembangan Industri Tekstil Nasional

Kebijakan Inovasi & Pengelolaan Menuju Peningkatan Daya Saing

Hadirnya buku Pengembangan Industri Tekstil Nasional: Kebijakan Inovasi dan Pengelolaan Menuju Peningkatan Daya Saing dinilai relevan dan kontekstual terkait dengan percepatan pemerataan pembangunan melalui perluasan kesempatan berusaha. Pengembangan industri tekstil dan produk tekstil (TPT) berperan signifikan dalam pencapaian pertumbuhan berkualitas dengan mendorong kesempatan kerja dan peningkatan pendapatan.Buku ini membahas lima aspek penting pengembangan TPT yang mencakup kontribusinya terhadap perekonomian nasional, sistem inovasi, pengelolaan pengembangan, akses pembiayaan dan revitalisasi industri, serta kendala pengembangan menuju peningkatan daya saing industri tekstil nasional. Kelima aspek tersebut memiliki sekuensi dan konektivitas yang baik untuk menjawab tema utama buku ini, yaitu perumusan kebijakan pengembangan industri TPT menuju peningkatan daya saing dalam perspektif globalisasi ekonomi.Peran inovasi (teknis, sosial ekonomi, kelembagaan, dan kebijakan) dan pilihan pengelolaan (swasembada kapas dan/atau industri berbasis impor) menjadi sangat urgen bila dikaitkan dengan percepatan pembangunan yang berkeadilan dalam konteks keterbukaan ekonomi dunia. Bagi pengembangan industri tekstil yang didominasi oleh usaha kecil dan menengah, maka akses pembiayaan, keberhasilan program revitalisasi, dan solusi kendala pengembangan lainnya menjadi sangat penting dalam upaya peningkatan daya saing industri di pasar domestik dan ekspor.

Hadirnya buku Pengembangan Industri Tekstil Nasional: Kebijakan Inovasi dan Pengelolaan Menuju Peningkatan Daya Saing dinilai relevan dan kontekstual terkait dengan percepatan pemerataan pembangunan melalui perluasan kesempatan berusaha.

PENGANTAR MANAJEMEN HOSPITALITY

Hospitality bukan hanya soal keramah-tamahan seperti dalam arti sempit bahasa (hospitable). Namun hospitality yang merupakan pengetahuan dan seni yang kompleks dalam bisnis jasa, yaitu jasa dengan pelayanan penuh rasa hormat dan penuh rasa kemanusiaan sesuai kebutuhan jiwa manusia yang ingin dihormati dan dihargai sebagai manusia seutuhnya yang memiliki akal dan budi. Bisnis hospitality bukan hanya tentang menjual kamar-kamar hotel kelas elit, ataupun menjual makanan-makanan enak untuk sekedar memenuhi kebutuhan perut. Akan tetapi bisnis hospitality adalah bisnis yang membutuhkan jiwa atau ruh dalam sendi-sendi operasionalnya. Hospitality adalah mengenai bagaimana menciptakan produk mati menjadi hidup, sehingga langsung dapat menyentuh perasaan pelanggan sebagai manusia yang juga memiliki jiwa (ruh). Dalam hospitality, melayani sepenuh hati merupakan kunci dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, termasuk membantu aktualisasi diri mereka sebagai seorang manusia sejati. Pelayanan sepenuh hati tersebut harus mampu diaplikasikan pelaku usaha selaku penyedia jasa yang baik. Dengan kondisi demikian diharapkan pelanggan atau wisatawan akan merasa puas, semakin mencintai produk yang kita tawarkan, bahkan kalau bisa loyal, atau membuat rekomendasi produk kita kepada rekan-rekannya.

Hospitality bukan hanya soal keramah-tamahan seperti dalam arti sempit bahasa (hospitable).

Gelaran Almanak Seni Rupa Jogja 1999-2009

Gelaran Almanak Senirupa Jogja 1999-2009 ini bukan sekadar ”Almanak”, melainkan ”Almanak +” lantaran menggabungkan banyak sekali model: Ensiklopedia, Kamus, Kronik, Who’s Who, Katalog, mau­pun Yellow Pages (Nama | Alamat). Ini adalah semacam ”buku pintar” seni rupa yang bisa dipegang oleh seluruh komponen yang berkepentingan dengan dunia seni rupa, terutama di Yogyakarta selama sepuluh tahun terakhir. Sebuah kota yang secara statistik, memiliki puluhan ribu seniman dengan aktivitas seni yang kaya. Karena itu kota ini kerap disebut sebagai produsen seni yang paling fantastik di Asia atau ”Makkah”nya seni rupa Asia. Buku ini diikat oleh empat kategori besar: nama (seniman), peristiwa (kronik), ruang (tempat/kawasan), dan komunitas (organisasi). Dari keempat ikatan itu lalu diturunkan menjadi tema-tema spesifik yang dirujuk dari perkembangan-perkembangan termu­takhir dunia seni rupa selama sepuluh tahun sebagaimana yang terpetakan dalam daftar isi buku ini.

Perupa H. Hardjiman tutup usia pada 10 llustrator pencipta tokoh komik Godam sekaligus November 2005 di usia 51 tahun ... Soegijo dan telah mencipta lebih 200 tari dalam bentuk tunggal meninggal dunia dini hari pada 4 Oktober 2006.

PERBANKAN SYARIAH

Fenomena Terkini dan Praktiknya di Indonesia

Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia dihebohkan oleh kabar baik tentang rencana merger bank syariah BUMN yang disebut bisa menjadi langkah yang tepat dalam rangka penguatan ekonomi syariah di Indonesia. Rencananya merger ini akan dilakukan pada kuartal pertama 2021. Kondisi pandemi Covid-19 yang sedang melanda semua negara bisa menjadi momentum bagi perbankan syariah untuk melakukan konsolidasi dan bekerja bersama secara nyata. Dalam kondisi perekonomian yang tidak menentu seperti sekarang, bank syariah harus mampu bekerja secara maksimal dalam membantu perekonomian nasional dengan konsep bagi hasil. Merger bank syariah anak usaha BUMN diharapkan dapat membuka opsi-opsi pendanaan yang lebih luas di dalam negeri dan dapat membuat kinerjanya menjadi lebih baik dan efisien. Langkah ini juga diharapkan dapat membawa peningkatan market share perbankan syariah di Indonesia, serta dapat memberikan manfaat untuk semua pihak, baik perbankan syariah dan masyarakat untuk terus tumbuh dan berkembang. Pada tahun 2020 ini market share perbankan syariah masih di kisaran enam persen. Porsi pembiayaan sekitar 6,38 persen, di dana pihak ketiga atau dana masyarakat yang berhasil dihimpun di kisaran 6,7 persen. Dari sisi aset, total aset seluruh bank syariah yakni Rp 537 triliun, sedangkan perbankan konven total asetnya sudah di angka Rp 8.402 triliun. Melalui penggabungan semua bank syariah milik BUMN (merger), maka diharapkan adanya bank syariah BUMN yang tunggal akan memperkuat industri perbankan syariah dan semakin memperkuat pembiyaan ekonomi berbasis syariah di Indonesia. Buku ini bisa menjadi solusi untuk menemukan jawaban atas kebimbangan masyarakat mengenai fenomena terkini bank syariah dan praktiknya di Indonesia.

Rencananya merger ini akan dilakukan pada kuartal pertama 2021. Kondisi pandemi Covid-19 yang sedang melanda semua negara bisa menjadi momentum bagi perbankan syariah untuk melakukan konsolidasi dan bekerja bersama secara nyata.

Pembelajaran Daring Yang Efektif: Prinsip Dasar, Pengembangan, Desain, Dan Asesmen

Bicara tentang keefektifan sebuah pembelajaran daring, secara umum terdapat dua hal penting yang perlu mendapatkan perhatian, yaitu eksistensi pembelajar/peserta didik dan hasil capaian belajar yang diinginkan. Yang pertama, berhubungan dengan ketersediaan portal pengguna (pembelajar/peserta didik, pengajar/instruktur, Fakultas/Lembaga/Institusi) yang mencakup deliveri Kurikulum via Learning Management Systems (LMS), layanan konsultasi, pendaftaran, Help Desk, ujian; server yang aman; sistem informasi pengguna; perpustakaan dijital; repositori obyek-obyek belajar; dan proses asesmen kualitas/mutu. Yang kedua, berhubungan dengan pedagogi dan konten/materi belajar yang meliputi tim pengembang pembelajaran, desainer pembelajaran, ahli/teknisi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan multimedia, dan petugas penanganan Hak Cipta. Untuk itu, sejauh mana tingkat keefektifan sebuah pembelajaran daring dapat tercapai, tentunya tergantung pada seberapa jauh kita dapat memahami, mendukung dan berkomitmen dalam memenuhi kriteria, tahapan dan proses yang dipersyaratkan, dalam rangka memenuhi gol dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, sebagaimana yang dijabarkan atau dideskripsikan dalam buku ini.

Bicara tentang keefektifan sebuah pembelajaran daring, secara umum terdapat dua hal penting yang perlu mendapatkan perhatian, yaitu eksistensi pembelajar/peserta didik dan hasil capaian belajar yang diinginkan.