Buku pendidikan karakter Islami ini merupakan salah satu buku penting dan cocok untuk menghadapi globalisasi dan modernisasi saat ini. Globalisasi dan modernisasi telah mengubah cara atau gaya hidup masyarakat saat ini yang cenderung konsumtif, hedonis, dan materialis. Tidak hanya itu saja, banyak masalah yang muncul seperti krisis moral dan tingkat kriminalitas yang semakin merajalela. Untuk itu, perlu kita kembalikan ruh pendidikan kita sebagai salah satu elemen penting dalam mendidik dan mencerdaskan bangsa agar berakhlak mulia.
muncul dari kalangan pendidikan formal dengan sebuah keahlian yang
dikuasainya dan mendorongnya untuk mengubah ... C. Konsep Ulul albab dalam
al-Quran Sesuatu yang sangat agung dari petunjuk Al-Qur'an, berkenaan
dengan visi ...
Status gizi adalah keadaan tubuh sebagai akibat interaksi antara asupan energi dan protein serta zat-zat gizi esensial lainnya dengan keadaan kesehatan tubuh. Status gizi adalah kondisi tubuh sebagai akibat penyerapan zat-zat gizi esensial. Gizi yang cukup sangat diperlukan pada balita. Buku ini menjelaskan pendampingan gizi pada balita dengan rinci dan jelas
Status gizi adalah keadaan tubuh sebagai akibat interaksi antara asupan energi dan protein serta zat-zat gizi esensial lainnya dengan keadaan kesehatan tubuh.
Sosiologi pendidikan termasuk ke dalam sosiologi terapan karena berorientasi pada interaksi edukatif antara individu dan kelompok dalam masyarakat dalam rangka mengatasi atau menanggulangi berbagai persoalan edukatif. Secara keseluruhan bahan ajar ini terdiri dari 4 bab. Bab pertama menguraikan mengenai Hakikat Sosiologi Pendidikan. Bab keduanya membahas tentang Masyarakat, Kebudayaan, Pendidikan, Bab Ketiganya mengkaji mengenai Pendidikan Sebagai Sosialisasi dan Enkulturasi dan Bab yang terakhir Bab IV menguraikan tentang Struktur Sosial Sekolah.
Tabel 1.1 Ruang Lingkup Sosiologi Pendidikan No Ruang lingkup 1 Hubungan sistem pendidikan dengan aspek-aspek lain dalam masyarakat a. b. c. d. e. a. b. d. 4 Hubungan lembaga pendidikan dalam masyarakat Di sini dianalisis pola-pola ...
Buku ini mencoba memberikan alternatif solusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di PTU. Model pembelajaran yang ditawarkan adalah model Pembelajaran berbasis direct experience-multidisciplinary. Model pembelajaran ini didasarkan pada kerucut pengalaman Edgar Dale filsafat pragmatisme John dewey, dan metode pembelajaran multidisipliner Ibnu Khaldun. Model tersebut juga mengembangkan klasifikasi model pembelajaran yang disusun oleh Joyce dan Weil. Dia membagi model pembelajaran tersebut menjadi empat, yaitu model pembelajaran memproses informasi, model pembelajaran sistem sosial, model pembelajaran personal, dan model pembelajaran sistem prilaku. Model pembelajaran berbasis direct experience-multidisciplinary bisa dimasukkan pada model pembelajaran sistem prilaku dan personal.