Sebanyak 88 item atau buku ditemukan

Asas-Asas Pendidikan: Konsep dan Teori

Buku ini sangat penting dipahami oleh para pemangku kebijakan mulai dari penyelenggara sampai pelaksana pendidikan. Buku Asas – Asas Pendidikan: Konsep dan Teori ini sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan karena dikaji secara mendalam dan lebih lengkap sehingga mampu memberikan pemahaman mengenai dasar pelaksanaan pendidikan. Buku ini disajikan dengan struktur yang dibangun atas dua belas pokok kajian bahasan, yang mencakup: Bab 1 Konsep Dasar Pendidikan Bab 2 Sejarah Perkembangan Pendidikan Bab 3 Filsafat dan Asas-Asas Pendidikan Bab 4 Prinsip dan Fungsi-Fungsi Pendidikan Bab 5 Sistem, Pendekatan, dan Tujuan Pendidikan Bab 6 Teori-Teori Kependidikan Bab 7 Desain dan Struktur Pendidikan Bab 8 Koordinasi dalam Pendidikan dan Tujuannya Bab 9 Lingkungan dan Budaya Organisasi dalam Pendidikan Bab 10 Konsep Manajemen dalam Pendidikan Bab 11 Model dan Pendekatan Evaluasi Kinerja dalam Pendidikan Bab 12 Sistem Pengendalian Mutu dalam Pendidikan

Komunikasi Komunikasi tidak dapat dipisahkan dari koordinasi, karena komunikasi, sejumlah unit dalam organisasi akan dapat dikoordinasikan berdasarkan rentang di mana sebagian besar ditentukan oleh adanya komunikasi.

TEORI & KONSEP PEDAGOGIK

Profesi pendidik memiliki makna yang sangat mendalam dan menjadi kunci majunya kehidupan dan peradaban manusia, bahkan bangsa dan negara. Peran pendidik menjadi sangat penting sebagai agen perubahan pada kehidupan anak bangsa. Oleh karena itu, para calon guru perlu meluangkan waktunya untuk melakukan orientasi spiritualitas profesi pendidik sehingga mampu memiliki internalisasi mendalam atas nilai-nilai pilihan dan keputusan profesinya: Mengapa menjadi Guru? Ada apa dengan Guru? dan Bagaimana menjadi Guru?. Book chapter Teori dan Konsep Pedagogik ini mendeskripsikan teori, dan konsep pedagogic yang dapat membantu setiap individu, baik guru, mahasiswa keguruan, maupun pemerhati pendidikan untuk mengembangkan kemampuan pedagogik berdasarkan kajian teori dan empiris dengan berfokus pada internalisasi nilai-nilai diri. Selain itu, book chapter ini juga dapat menjadi referensi dalam mendukung pencapaian efektivitas kemampuan yang terwujud dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap melalui aspek pengetahuan pedagogik sebagai dasar kerangka peran dan figur dalam bentuk berpikir; bersikap reflektif dan emosi yang cerdas; kemampuan dalam pola komunikasi instruksional; serta aspek-aspek yang menjadi sarana untuk mewujudkan kompetensi pedagogik. Oleh karena itu, buku ini dapat menjadi buku wajib yang memberi arah dan solusi terhadap kebutuhan pengembangan kompetensi pedagogik

C. Fungsi Komunikasi Pendidikan Secara spesifik, komunikasi merupakan ruh dari keberlangsungan dunia pendidikan memiliki fungsi terhadap peristiwa pendidikan itu sendiri. Fungsi suatu peristiwa komunikasi juga berkaitan dengan ...

Aksi Komunikasi Dalam Teori dan Praktik

Bidang ilmu komunikasi semakin dianggap signifikan. dari berbagai bidang, termasuk sastra, ekonomi, psikologi, dan bahkan teknik dan kedokteran, serta mereka yang memiliki latar belakang komunikasi, mempelajari ilmu komunikasi. Diyakini bahwa ilmu komunikasi dapat menghubungkan proses penciptaan pengetahuan seorang guru dengan interaksi siswanya dengan orang lain di masyarakat. Buku ini dibuat dengan harapan bisa berkontribusi sebagai kajian yang ditujukan untuk memahami komunikasi manusia. Ilmu Komunikasi telah berkembang menjadi bidang studi multidisiplin dalam artian merupakan ilmu interdisipliner.

Bidang ilmu komunikasi semakin dianggap signifikan. dari berbagai bidang, termasuk sastra, ekonomi, psikologi, dan bahkan teknik dan kedokteran, serta mereka yang memiliki latar belakang komunikasi, mempelajari ilmu komunikasi.

Dasar-Dasar Pendidikan

Penulisan buku Dasar-Dasar Pendidikan bertujuan untuk memperkaya referensi di bidang manajemen sistem pembelajaran. Di samping itu, buku ini juga dimaksudkan untuk membina dan mengembangkan kemampuan mahasiswa calon pendidik, praktisi pendidikan, mulai dari pendidik, dosen, penilik, pengawas, penentu kebijakan serta siapa saja yang menaruh minat dalam bidang pendidikan untuk menambah wawasan tentang apa, mengapa, dan bagaimana pendidik dalam mengimplementasikan pembelajaran di dalam kelas. Buku Dasar-Dasar Pendidikan ini terdiri dari 11 bab yaitu: Bab 1 Landasan Pendidikan Bab 2 Asas Pendidikan Bab 3 Aliran Pendidikan Bab 4 Teori dan Pilar Pendidikan Bab 5 Lingkungan Pendidikan Bab 6 Konsep Dasar Pendidikan Karakter Bab 7 Strategi Pengembangan Ruang Kelas yang Berkarakter Bab 8 Pendidikan Seumur Hidup Bab 9 Konsep Inovasi Pendidikan Bab 10 Peran Tokoh-Tokoh Pendidikan Di Indonesia Bab 11 Permasalahan Pendidikan di Indonesia dan Solusinya

Karakter di sekolah juga dapat diintegrasikan melalui kegiatan ekstrakurikuler, kokurikuler, dan intrakurikuler. Pada dasarnya, Penguatan Pendidikan Karakter melibatkan literasi (olah pikir), etika dan spriritual (olah hati), ...

SERI PENDIDIKAN KARAKTER 3: Membangun Karakter Damai Sejahtera (Prinsip, Ciri, Tips, Diary)

Buku seri pendidikan karakter yang ke-3 ini merupakan buku yang sangat komplit dan sangat baik bagi orang- orang yang merindukan memiliki karakter yang baik di dalam hidupnya. Buku ini dirancang sebagai buku panduan yang berisi tentang prinsip dari setiap karakter, tips sederhana dalam membangun karakter, dan catatan harian dalam membangun karakter. Karakter-karakter yang ada dalam buku ini didasarkan pada Firman Tuhan dalam Galatia 5;22-23, yaitu tentang 9 karakteristik dari buah Roh sehingga buku menjadi 9 seri membangun karakter, yaitu: 1. Karakter KASIH 2. Karakter SUKACITA 3. Karakter DAMAI SEJAHTERA 4. Karakter KESABARAN 5. Karakter KEMURAHAN 6. Karakter KEBAIKAN 7. Karakter KESETIAAN 8. Karakter KELEMAHLEMBUTAN 9. Karakter PENGUASAAN DIRI Sangat indah jika ada orang-orang mau berinvestasi dalam karakter-karakter yang baik sehingga semakin banyak orang yang berkarakter baik.

Buku seri pendidikan karakter yang ke-3 ini merupakan buku yang sangat komplit dan sangat baik bagi orang- orang yang merindukan memiliki karakter yang baik di dalam hidupnya.

SERI PENDIDIKAN KARAKTER 2: Membangun Karakter Sukacita (Prinsip, Ciri, Tips, Diary)

Buku seri pendidikan karakter yang ke-2 ini merupakan buku yang sangat komplit dan sangat baik bagi orang- orang yang merindukan memiliki karakter yang baik di dalam hidupnya. Buku ini dirancang sebagai buku panduan yang berisi tentang prinsip dari setiap karakter, tips sederhana dalam membangun karakter, dan catatan harian dalam membangun karakter. Karakter-karakter yang ada dalam buku ini didasarkan pada Firman Tuhan dalam Galatia 5;22-23, yaitu tentang 9 karakteristik dari buah Roh sehingga buku menjadi 9 seri membangun karakter, yaitu: 1. Karakter KASIH 2. Karakter SUKACITA 3. Karakter DAMAI SEJAHTERA 4. Karakter KESABARAN 5. Karakter KEMURAHAN 6. Karakter KEBAIKAN 7. Karakter KESETIAAN 8. Karakter KELEMAHLEMBUTAN 9. Karakter PENGUASAAN DIRI Sangat indah jika ada orang-orang mau berinvestasi dalam karakter-karakter yang baik sehingga semakin banyak orang yang berkarakter baik.

Buku seri pendidikan karakter yang ke-2 ini merupakan buku yang sangat komplit dan sangat baik bagi orang- orang yang merindukan memiliki karakter yang baik di dalam hidupnya.

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Perspektif Qs. Luqman: 12 - 19

Buku dengan judul ”Nilai–Nilai Pendidikan Karakter Perspektif QS. Luqman: 12 – 19” dilatarbelakangi oleh keadaan moral bangsa yang semakin mengalami kemerosotan dan semakin jauhnya umat meninggalkan Al-Qur’an yang menjadi pedoman bagi kehidupan manusia. Dalam rangka ikut memberikan sumbangsih terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara maka diperlukan adanya peran serta untuk ikut bersama–sama membenahi permasalahan yang dialami oleh bangsa ini. Pendidikan karakter merupakan upaya sadar dari semua pihak yang peduli terhadap kehidupan generasi bangsa untuk menanamkan karakter–karakter yang baik agar menjadi pribadi yang bukan hanya cerdas intelektualnya, akan tetapi cerdas emosional, cerdas spiritual dan cerdas sosialnya. Pendidikan karakter merupakan pendidikan value (pendidikan nilai-nilai) dalam diri seseorang. Tujuannya diimlpementasikannya pendidikan karakter adalah untuk melakukan pembenahan moral generasi bangsa. Buku ”Nilai–Nilai Pendidikan Karakter Perspektif QS. Luqman: 12 – 19”, memberikan solusi tentang konsep Pendidikan karakter yang dapat dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi sebuah pembiasaan bagi setiap orang. Allah Swt sebagai Dzat yang Maha Mengetahuai memberikan gambaran tentang upaya yang harus dilakukan oleh setiap manusia untuk mengaplikasikan isi kandungan Alqur’an seperti yang ditunjukkan oleh Luqman Al Hakim sesuai dengan QS. Luqman: 12-19 perspektfi Tafsir Al Misbah. Nilai Pendidikan Karakter dalam QS. Luqman: 12-19 di antaranya: Penanaman sikap syukur, penanaman ajaran tauhid, penanaman bakti kepada orang tua, penanaman pengawasan diri (muraqabatu allah), penanaman tentang kewajiban sholat, penanaman amar ma’ruf nahi mungkar, penanaman perilaku sabar, menjauhi perilaku sombong, dan mengajarkan kesederhanaan serta mengajarkan sopan santun.

Pendidikan karakter merupakan pendidikan value (pendidikan nilai-nilai) dalam diri seseorang. Tujuannya diimlpementasikannya pendidikan karakter adalah untuk melakukan pembenahan moral generasi bangsa.

SERI PENDIDIKAN KARAKTER 1: Membangun KarakterKasih (Prinsip, Ciri, Tips, Diary)

Buku seri membangun karakter ini merupakan buku yang sangat komplit dan sangat baik bagi orang-orang yang merindukan memiliki karakter yang baik di dalam hidupnya. Buku ini dirancang sebagai buku panduan yang berisi tentang prinsip dari setiap karakter, tips sederhana dalam membangun karakter, dan catatan harian dalam membangun karakter. Karakter-karakter yang ada dalam buku ini didasarkan pada Firman Tuhan dalam Galatia 5;22-23, yaitu tentang 9 karakteristik dari buah Roh sehingga buku menjadi 9 seri membangun karakter, yaitu: 1. Karakter KASIH 2. Karakter SUKACITA 3. Karakter DAMAI SEJAHTERA 4. Karakter KESABARAN 5. Karakter KEMURAHAN 6. Karakter KEBAIKAN 7. Karakter KESETIAAN 8. Karakter KELEMAHLEMBUTAN 9. Karakter PENGUASAAN DIRI Sangat indah jika ada orang orang mau berinvestasi dalam karakter-karakter yang baik sehingga semakin banyak orang yang berkarakter baik.

Buku seri membangun karakter ini merupakan buku yang sangat komplit dan sangat baik bagi orang-orang yang merindukan memiliki karakter yang baik di dalam hidupnya.

Objects of Worship in South Asian Religions

Forms, Practices and Meanings

Objects of worship are an aspect of the material dimension of lived religion in South Asia. The omnipresence of these objects and their use is a theme which cuts across the religious traditions in the pluralistic religious culture of the region. Divine power becomes manifest in the objects and for the devotees they may represent power regardless of religious identity. This book looks at how objects of worship dominate the religious landscape of South Asia, and in what ways they are of significance not just from religious perspectives but also for the social life of the region. The contributions to the book show how these objects are shaped by traditions of religious aesthetics and have become conceptual devices woven into webs of religious and social meaning. They demonstrate how the objects have a social relationship with those who use them, sometimes even treated as being alive. The book discusses how devotees relate to such objects in a number of ways, and even if the objects belong to various traditions they may attract people from different communities and can also be contested in various ways. By analysing the specific qualities that make objects eligible for a status and identity as living objects of worship, the book contributes to an understanding of the central significance of these objects in the religious and social life of South Asia. It will be of interest to students and scholars of Religious Studies and South Asian Religion, Culture and Society.

This book looks at how objects of worship dominate the religious landscape of South Asia, and in what ways they are of significance not just from religious perspectives but also for the social life of the region.

Quality in Education

Education is the basic foundation of a country where teaching and learning are seen as a key for change of individual for national advancement. A country is said to be esteemed when a noticeable number of the natives have quality training and education. The use of ICT in enriching learning environments within schools and colleges has been demonstrative in identifying the conditions in which ICT can be used in an effective manner to enhance the quality of teaching-learning processes and instructional strategies. It renders a significant contribution in creating social payoffs, which would be conducive to sustainable growth and equitable development. The use of ICTs in pedagogy has set out certain benchmarks for the integration of ICT into the learning process as the way to bring about improvements in the quality of education in specific social frameworks. The paper discusses the role and effect of ICTs in improving the quality of education.

An educational institution that takes the total quality route must take seriously the issue of learning styles and needs to ... Obstacles to Implement Total Quality Management (TQM) • The lack of an integrated sample of total quality ...