Sebanyak 29 item atau buku ditemukan

Strategi Pembelajaran Matematika

Buku ajar ini disusun dengan memberikan contoh design pembelajaran matematika dengan menerapkan model-model pembelajaran tertentu, yang dapat memberikan gambaran jelas terkait penerapan metode ataupun mode kooperatif learning dalam pembelajaran matematika. Materi pada buku ajar ini meliputi hakekat matematika, teori-teori pembelajaran, penalaran dalam pembelajaran matematika, diagnosis kesulitan belajar matematika, strategi, metode, model pembelajaran matematika, serta contoh design pembelajaran matematika. Materi pada buku ini disusun dengan penjelasan yang cukup mendalam sehingga mudah untuk memahaminya.

Materi pada buku ajar ini meliputi hakekat matematika, teori-teori pembelajaran, penalaran dalam pembelajaran matematika, diagnosis kesulitan belajar matematika, strategi, metode, model pembelajaran matematika, serta contoh design ...

Hukum Pemerintahan Daerah dan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Bingkai NKRI

Dinamika NKRI, hingga saat ini, terus mengalami ujian ancaman disintegrasi bangsa. Hal tersebut memberi motif model pengelolaan hubungan antara pemerintah pusat dengan pemerintahan daerah untuk menjaga keseimbangan dalam NKRI. Idealnya, dalam konsepsi negara kesatuan, seluruh pengelolaan pemerintahan daerah berbasis pada satu model struktur organisasi beserta fungsi, tugas, dan wewenang yang dimiliki. Akan tetapi, praktiknya, dalam konteks NKRI, menurut UUD 1945, membuka ruang-ruang tertentu yang memungkinkan pengelolaan pemerintahan daerah antara satu daerah dengan daerah yang lainnya dapat berbeda-beda. Persoalan ini sangat menarik. Dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah di Indonesia, pola hubungan kewenangan pemerintah pusat dan daerah di DI Yogyakarta, khususnya, merupakan pola hubungan kewenangan yang berdasarkan sistem rumah tangga materiil karena sudah ditentukan secara tegas dalam undang-undang keistimewaan yaitu meliputi tata cara pengisian jabatan gubernur dan wakil gubernur, kelembagaan pemerintahan daerah, pertanahan, kebudayaan, dan tata ruang. Sedangkan, UU Nomor 32 Tahun 2004 yang juga digunakan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, menerapkan sistem rumah tangga riil. Sementara itu, Yogyakarta memiliki kondisi yang memungkinkan diterapkannya desentralisasi asimetris dalam penyelenggaraan pemerintahan daerahnya karena, baik secara konseptual maupun kontekstual, pola hubungan kewenangan pemerintah pusat dan daerah di DIY berbeda dengan daerah lain. Hal ini merupakan sebuah peneguhan teori desentralisasi asimetris yang berlaku di DIY.

Dinamika NKRI, hingga saat ini, terus mengalami ujian ancaman disintegrasi bangsa.

Manajemen Bank Islam: Pendekatan Syariah dan Praktek

Kajian Bank Islam atau di Indonesia lebih dikenal sebagai Bank Syariah yang menggunakan pendekatan prinsip-prinsip Syariah dan pendekatan praktis relatif sulit ditemukan khususnya dalam bentuk buku referensi. Padahal referensi dengan dua pendekatan kajian tersebut banyak dibutuhkan oleh para akademisi dan praktisi agar pemahaman dan praktek Perbankan Islam semakin kaffah dari waktu ke waktu. Kedua pendekatan kajian ini juga bertujuan untuk semakin meningkatkan pemahaman bahwa Bank Islam secara substansial berbeda dengan perbankan konvensional baik peran, fungsi, tujuan dan sistem operasionalnya. Dengan demikian Bank Islam dalam operasionalnya harus senantiasa mendasarkan pada ajaran Islam yang bersumberkan Al Our'an, hadits dan sumber hukum Islam lainnya. Buku yang berisi 18 bab ini ditulis agar dapat digunakan sebagai referensi bagi para akademisi mulai jenjang pendidikan vokasi, S1, S2, S3 dan para praktisi ekonomi dan keuangan Islam khususnya Perbankan Islam. Pada sisi lain buku ini juga diharapkan menjadi inspirasi bagi semua kalangan yang berminat dalam kajian, pengembangan dan implementasi ekonomi dan keuangan Islam agar disipilin ilmu ini dan kelembagaan ekonominya semakin kaffah dari waktu ke waktu. Demi kesempurnaan buku yang sederhana maka penulis berharap dan terbuka adanya masukan yang kosntruktif agar buku ini menjadi lebih sempurna. Semoga bukunya ini memberikan kemaslahatan bagi umat dan bangsa, amin ya rabbal alamin!.

Seminar dan Kolokium Nasional Sistem Keuangan Islam I, Tahun 2006, School of Business and Management Institut Teknologi ... dengan Dompet Dhuafa Jawa Timur, Center For Islamic Economics (Cenforis), dan Islamic Finance Development ~ 307 ~

Dampak Covid-19 Terhadap Kebijakan Pendidikan di Indonesia: antara Idealisme dan Realitas

Pandemi yang disebabkan oleh Covid-19 memberikan dampak yang serius pada berbagai sektor kehidupan, termasuk pendidikan. Berbagai upaya penyesuaian dilakukan agar pendidikan terus dapat berlanjut sebagai proses pewarisan nilai pada generasi berikutnya. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersegera mengeluarkan kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran secara online dan dilakukan di rumah. Kebijakan tersebut menjadi dasar para penulis buku ini dalam menyoroti pendidikan saat pandemi. Para penulis buku ini, yang merupakan mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan (PAI UAD), menyadari bahwa tidak semua wilayah di Indonesia terjangkau layanan internet yang baik. Perlu adanya kearifan tersendiri dalam proses pembelajaran pada kondisi lingkungan yang seperti itu.

Pandemi yang disebabkan oleh Covid-19 memberikan dampak yang serius pada berbagai sektor kehidupan, termasuk pendidikan.

Islam, Ilmu & Kebudayaan

Agama Islam adalah salah satu agama dunia yang besar jumlah penganutnya saat ini. Diperkirakan hampir seperempat penduduk dunia sekarang ini adalah Muslim dari berbagai kelompok etnis dan suku bangsa. Namun demikian, sebagaimana dikatakan Al Farugi (w. 1327/1986), umat Islam mewakili kelompok masyarakat yang paling tidak beruntung (the most unhappy). Meskipun memiliki jumlah penganut paling banyak, sumber daya alam paling kaya, dan warisan sejarah paling besar, masyarakat Muslim merupakan bagian dari masyarakat dunia paling goyah dan paling lemah dilihat dari segi sosial-budaya, ekonomi, politik dan iptek. Umat Islam tidak mampu memproduksi apa yang mereka butuhkan atau apa yang mereka konsumsi. Mereka tidak mampu mengolah sumber daya alamnya yang kaya karena kekurangan penguasaan ilmu dan teknologi. Islam dalam sejarahnya pernah menjadi obor terutama dalam perkembangan ilmu. Untuk itu umat islam perlu menggali kembali makna agama islam itu sendiri sebagai agama pembebasan dan etos pokok yang dahulu pernah menjadi faktor perkembangan dan kemajuannya yang cepat dan belajar dari kesalahan-kesalahan yang menyebabkan keterbelakangan pada zaman ini.

Agama Islam adalah salah satu agama dunia yang besar jumlah penganutnya saat ini.

Pendidikan Holistik Berbasis Budaya Sekolah

Kajian dalam buku ini diawali dengan suatu kegelisahan akademis bahwa praktik pendidikan di sekolah pada umumnya lebih mementingkan kemampuan kognisi atau pendidikan hanya dijadikan alat untuk mengembangkan kemampuan intelektual, sementara pengembangan potensi kemanusiaan yang lainnya banyak diabaikan, padahal kemampuan intelektual hanyalah salah satu potensi saja. Proses pendidikan tidak dapat terpragmentasi dalam dominansi satu potensi, namun terpadu dan seimbang dalam keutuhan potensi manusiawi sehingga mampu menjadi manusia yang holistik. Pencapaian pendidikan holistik memerlukan usaha mengubah kondisi dan perilaku sekolah, warga sekolah, dan pendukung sekolah, oleh karenanya dimensi budaya sekolah menjadi sangat sentral. Oleh karena itu, penulis merasa perlu menyusun buku ini dikarenakan beberapa hal. Pertama, buku ajar hasil penelitian mengenai pendidikan holistik dan budaya sekolah di Indonesia masih kurang dan buku-buku ajar lebih banyak membahas pendidikan dalam tataran normatif. Buku ini dihadirkan untuk membahas secara implementatif pendidikan holistik di sekolah. Kedua, sampai saat ini belum ada buku-buku ajar mengenai pendidikan yang menganalisis pendidikan holistik berbasis budaya sekolah, andaikan adapun analisinya masih secara parsial antara pendidikan holistik dan budaya sekolah. Hadirnya buku ini untuk melengkapi analisis komprehensif mengenai pendidikan holistik. Hakikat pendidikan di sekolah mestinya diarahkan untuk mengembangkan seluruh potensi kemanusiaan, yaitu potensi kognitif, emosional, sosial, spiritual, kreatifitas dan fisik. Keseluruhan potensi tersebut merupakan satu kesatuan, terpadu dan integratif serta seimbang. Implementasi pendidikan holistik diperekat oleh sistem budaya sekolah sebagai landasan operasionalnya sehingga dapat berjalan berdasarkan kesepakatan dan kesepahaman bersama warga sekolah. Pendidikan holistik tanpa budaya sekolah yang positif maka tidak akan terlaksana dengan baik dan terwujudnya budaya sekolah yang positif akan menjadi dasar penentu keberhasilan pelaksanaan pendidikan holistik.

Kedua, sampai saat ini belum ada buku-buku ajar mengenai pendidikan yang menganalisis pendidikan holistik berbasis budaya sekolah, andaikan adapun analisinya masih secara parsial antara pendidikan holistik dan budaya sekolah.

KULIAH MUHAMMADIYAHAN GERAKAN TAJDID: Pendekatan Ideologis, Historis dan Analisis

Muhammadiyah adalah sebuah gerakan Islam dakwah amar ma'ruf nahi munkar yang paling tua di Indonesia. Muhammadiyah juga organisasi terbesar di dunia yang memiliki amal usaha multi sektoral, mulai dari amal usaha pendidikan, ekonomi, sosial hingga kesehatan. Bisa dikatakan pula Muhammadiyah mirip sebuah negara tanpa tentara. Deskripsi yang sangat komprehensif mengenai Muhammadiyah terdapat dalam buku ini. Buku ini ditulis oleh penulis yang sangat kompeten. Penulis buku ini merupakan aktifis kawakan Muhammadiyah yang telah lama bergelut dengan para tokoh besar Muhammadiyah lintas zaman dan literatur-literatur klasik hingga kontemporer mengenai Muhammadiyah. Oleh sebab itu sangat tepat jika buku ini dijadikan referensi Kuliah Kemuhammadiyahan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Buku ini memuat berbagai informasi terutama mengenai ideologi dan sejarah dengan pemaknaan-pemaknaan yang menyegarkan. Pembaca akan mendapatkan banyak informasi dan pemahaman yang selama ini belum tersaji dalam buku-buku tentang Muhammadiyah lainnya. Selamat membaca.

Muhammadiyah adalah sebuah gerakan Islam dakwah amar ma'ruf nahi munkar yang paling tua di Indonesia.

Psikologi Pendidikan dan Pembelajaran

Psikologi pendidikan dan pembelajaran menawarkan sejumlah gagasan segar untuk memberikan daya rangsang bahwa, psikologi pendidikan Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari; di manapun dan kapanpun berada. Karena dengan mempelajari dan mendalami dengan seksama, kita akan terbawa arus, menjadikan hidup kita akan teratur dipengaruhi oleh mindset apa yang sedang kita baca, kita pikirkan dan kita rasakan, sehingga menjadi habbit, yakni tindakan yang kita lakukan secara berulang-ulang, baik itu sadar ataupun tidak sadar, akan menjadi kebiasaan dalam hidup.

Psikologi pendidikan dan pembelajaran menawarkan sejumlah gagasan segar untuk memberikan daya rangsang bahwa, psikologi pendidikan Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari; di manapun dan kapanpun berada.