Sebanyak 23776 item atau buku ditemukan

Kunci Sains SD/MI Kurikulum 2013 Revisi dan Jaringan Sekolah Islam Terpadu

Kunci Sains SD/MI Kurikulum 2013 Revisi dan Jaringan Sekolah Islam Terpadu adalah buku untuk pembelajaran Sains kelas 6 Sekolah Dasar. Apa saya yang bisa ditemukan di dalam buku ini? 1. Penjelasan materi disertai gambar yang menarik 2. Percobaan Sains 3. Latihan formatif dan sumatif 4. Literasi sains 5. Penjelasan ayat Al qur'an tentang materi pembelajaran

Kunci Sains SD/MI Kurikulum 2013 Revisi dan Jaringan Sekolah Islam Terpadu adalah buku untuk pembelajaran Sains kelas 6 Sekolah Dasar.

Hadits-Hadits Sains

“Hadits-hadits Nabi Muhammad Saw. mengandung fakta-fakta sains yang tidak pernah tersentuh oleh ilmu pengetahuan, kecuali setelah diturunkannya wahyu dalam bentuk ayat-ayat atau melalui hadits-hadits Nabi empat belas abad yang lalu.” —Mahir Hasan Mahmud Muhammad, penulis buku Mukjizat Kedokteran Nabi. Sebagaimana al-Qur'an, hadits terbukti memuat pula informasi tentang sains dan teknologi. Berita-berita tentang sains dan teknologi yang ada di dalam hadits itu biasanya disebutkan secara tersirat dalam berbagai penjelasan tentang akidah dan keimanan. Itulah sebabnya, isi dan ajaran yang terdapat di dalam hadits akan selalu selaras dengan perkembangan zaman. Dalam buku ini, ada lebih dari lima belas hadits yang kemudian kebenaran kandungannya dibuktikan oleh sains. Selain itu, diulas pula beberapa kisah ilmuwan non-muslim yang memutuskan untuk memeluk Islam setelah meneliti beberapa kandungan hadits dari kaca mata sains. Karena itu, segeralah miliki buku ini, dan temukan bukti-bukti sains atas hadits-hadits Nabi Muhammad Saw.

Sebagaimana al-Qur'an, hadits terbukti memuat pula informasi tentang sains dan teknologi.

Sains Matematik dalam acuan bahasa Melayu dan Islam

Buku ini memuatkan sepuluh makalah terpilih yang sarat dengan pemikiran Shaharir dalam pelbagai aspek bidang kepakarannya, termasuklah pengislaman ilmu, gagasan pemeribumian ilmu dalam konteks Tamadun Melayu, pengurusan, kewangan, serta kritikan Teori Kenisbian dan Teori Quantum. Himpunan makalah ini memperlihatkan kesarjanaan beliau dan membuktikan betapa mengheningnya pendirian dan perjuangannya serta polimatesnya Shaharir.

tetapi tidak pula ditonjolkan ilmu yang dibicarakan ini, iaitu ilmu kepemimpinan
dan kepengurusan yang antara lainnya membicarakan 18 sifat pemimpin dan
pengurus unggul di bawah judul Pustaka Asta Dasa Parateming Prabu yang ...

Peralihan paradigma dalam pendidikan Islam dan sains sosial

Changes of paradigm in Islamic education and social science in Indonesia.

Changes of paradigm in Islamic education and social science in Indonesia.

Khazanah Intelektual Islam

“Buku Khazanah Intelektual Islam, suntingan Prof Nurcholish Madjid, kini sudah menjadi klasik. Pertama kali diterbitkan pada 1984, karya ini tetap relevan untuk memahami intelektualisme Islam; tidak hanya di masa silam, tapi juga dewasa ini dan masa depan. Dengan kandungannya yang mencakup berbagai tokoh terkemuka pemikir Islam yang mewacanakan pemikiran sejak dari kalam, filsafat, tasawuf, sampai sosial-politik, karya ini menjadi bacaan wajib setiap dan seluruh mereka yang ingin memahami khazanah pemikiran Islam. Karya monumental ini sepatutnya menjadi inspirasi untuk menggali lebih dalam dan lebih luas khazanah intelektual lain, termasuk khazanah intelektual Islam Indonesia.” Prof. Dr. Azyumardi Azra, CBE Guru Besar Sejarah Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta “Agama tidak hanya bersifat ilahi, melainkan juga merupakan fenomena sosial historis. Demikian pesan penting buku ini yang melihat agama dengan perspektif filosofis. Dalam konteks tersebut, tidak diragukan lagi, Nurcholish Madjid adalah pionir yang membukakan jalan bagi tumbuhnya pemikiran filosofis, rasional dan humanis di kalangan generasi muda intelektual Islam di Indonesia. Buku ini sangat perlu dibaca mengingat semakin kuatnya kecenderungan menjauhkan pemikiran filosofis dan rasional dari agama. Dengan memahami agama secara filosofis dan rasional, masyarakat terdorong untuk lebih bersifat toleran, inklusif dan humanis sejalan dengan nilai-nilai kemanusiaan universal.” Prof. Dr. Siti Musdah Mulia, M.A. Ketua Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) “Hingga kini mungkin tak seorang pun intelektual Muslim Indonesia yang telah mewariskan api dan cahaya peradaban Islam sejernih dan sekomprehensif Nurcholish Madjid dalam korpus karya-karyanya. Buku Khazanah Intelektual Islam ini adalah bagian integral darinya. Hutang akal-budi mayoritas bangsa kita kepada Cak Nur sungguh tak terkira.” Prof. Dr. Mochtar Pabottingi Peneliti Utama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) “Saya membaca buku ini pertama kali waktu saya masih menjadi santri di Pati, Jawa Tengah. Terus terang, ini adalah salah satu buku penting yang membentuk pikiran dan pemahaman saya atas Islam. Melalui buku ini, saya menjadi “melek” untuk pertama kali atas kekayaan pengetahuan yang dikembangkan oleh para pemikir Muslim di masa klasik dulu. Melalui buku ini, saya belajar bahwa Islam bukan sekadar akidah dan ritual saja, melainkan juga peradaban pemikiran yang begitu agung dan menakjubkan. Buku ini, menurut saya, menjadi kian relevan lagi hari-hari ini, di era ketika menjadi Muslim bagi sebagian kalangan identik dengan tindakan menutup diri secara pemikiran dan membenci keragaman.” Ulil Abshar Abdalla Pengampu Ngaji Ihya’ Ulumuddin

Buku Khazanah Intelektual Islam ini adalah bagian integral darinya. Hutang akal-budi mayoritas bangsa kita kepada Cak Nur sungguh tak terkira.” Prof.