Sebanyak 23616 item atau buku ditemukan

Buku Hasil Kuliah Online Metode Penelitian Hadis

Masa Work From Home Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Penulisan proposal penelitian merupakan tantangan tersendiri bagi peneliti pemula dalam menyiapkan diri mereka menjadi sarjana. Hal ini mengasumsikan butuhnya manual penulisan proposal penelitian yang dapat dijadikan acuan bagi pelatihan efektif. Sehingga dengan manual tersebut dapat dilaksanakan kelas efektif untuk menyiapkan peneliti pemula yang terlatih dalam menghasilkan karya penulisan proposal penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan manual penulisan proposal penelitian dalam pelaksanaan pelatihan efektif untuk menghasilkan karya-karya penulisan proposal penelitian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat dalam menyiapkan percontohan karya-karya proposal penelitian. Telah dijumpai sejumlah literatur tentang pedoman penulisan karya ilmiah yang membahas teknis penulisan proposal penelitian. Namun, tersedianya manual penulisan proposal yang lebih praktis sangat dibutuhkan untuk acuan dalam pelatihan kelas efektif. Metodologi penelitian ini merupakan jenis kualitatif yang melakukan eksplorasi terhadap sumber kepustakaan melalui studi pustaka. Dalam pengambilan data dilakukan pula studi lapangan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode partisipatoris. Penelitan ini membahas tinjauan umum proposal, menunjukan jenis proposal akademik, dan menyampaikan susunan proposal penelitan akademik. Dibahas pula manual penulisan proposal untuk acuan pelatihan efektik yang mencakup alur, materi, dan tubuh proposal. Hasil penelitian ini menunjukan praktek lapangan kelas pelatihan berlangsung efektif, proses latihan berjalan efisien, dan peserta latihan telah menghasilkan karya-karya proposal penelitian. Penelitian ini menyimpulkan manual penulisan proposal penelitian yang disajikan melalui pelatihan efektif telah meningkatkan kemampuan peserta dalam menghasilkan percontohan karya-karya penulisan proposal penelitian. Penulis menyarankan agar dilakukan pelatihan efektif yang teragenda bagi para peneliti pemula berbasis acuan manual penulisan proposal penelitian.

Penulisan proposal penelitian merupakan tantangan tersendiri bagi peneliti pemula dalam menyiapkan diri mereka menjadi sarjana.

Metode dan Penulisan Ilmiah

Serba Serbi - Dalam Psikologi

Serba-serbi Metode & Penulisan Ilmiah dalam Psikologi merupakan buku referensi yang tepat bagi para mahasiswa yang ingin melengkapi pengetahuan tentang Metodologi Penelitian Kualitatif, sekaligus keterampilan dalam penulisan skripsi atau artikel ilmiah lainnya. Buku ini memaparkan secara jelas mengenai kriteria mutu penelitian kualitatif, pengertian dan contoh Informed Consent, penyusunan Tinjauan Pustaka, pedoman praktis menerjemahkan tes dan menuliskan ucapan terima kasih, serta pengertian dan pelaksanaan studi kasus, wawancara, dan academic writing dalam artikel ilmiah.

Serba-serbi Metode & Penulisan Ilmiah dalam Psikologi merupakan buku referensi yang tepat bagi para mahasiswa yang ingin melengkapi pengetahuan tentang Metodologi Penelitian Kualitatif, sekaligus keterampilan dalam penulisan skripsi atau ...

KAPITA SELEKTA METODOLOGI PENELITIAN

Buku metodologi penelitian merupakan buku wajib bagi dosen, mahasiswadan praktisi. Terutama bagi mahasiswa semester akhir mulai sarjana (S1), master (S2), hingga doktor (S3). Mempelajari metodologi penelitian ini sangatlah perlu. Tidak terkecuali dosen pembimbing skripsi, tesis maupun disertasi. Memang setiap penelitian memiliki karakteristik tersendiri. Tergantung pendekatan kuantitatif atau kualitatif. Tetapi secara substansial kaidah-kaidah utamanya sama. Semua penelitian dapat dipastikan akan selalu melewati ‘jembatan’ prosedur ilmiah dan metode ilmiah. Buku ini awalnya merupakan dokumen pribadi editor yang mengoleksi tulisan-tulisan dari para tutor yang memberikan materi pelatihan/penataran Dasar-dasar Metodologi Penelitian bagi para dosen tetap di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Walaupun sudah lama, tetapi orisinalitas artikelnya tetap penting, aktual untuk dipelajari, tidak ‘lapuk’ dilindas zaman. semoga bermanfaat bagi generasi muda masa kini, era milenial hingga masa mendatang. Walaupun sudah ada digitalisasi software statistik, hingga kini belum ada yang bisa merubah konsep-rumus asalnya. Tetap mahasiswa perlu memahami metode penelitian dan olah data statistik secara manual-konseptual sekaligus teori untuk tafsir, analisis serta pemaknaan hasil riset.

Buku metodologi penelitian merupakan buku wajib bagi dosen, mahasiswadan praktisi.

Belajar dan Pembelajaran

Buku ini menjelaskan konsep belajar dan pembelajaran beserta berbagai hal kaitanya dengan kegiatan pembelajaran. Belajar merupakan suatu proses aktivitas mental yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang bersifat positif dan menetap relatif lama melalui latihan atau pengalaman yang menyangkut aspek kepribadian baik scara fisik ataupun psikis, sedangkan pembelajaran adalah suatu proses yang dilakukan oleh individu dengan bantuan guru untuk memperoleh perubahan perubahan perilaku menuju pendewasaan diri secara menyeluruh sebagai hasil dari interaksi individu dengan lingkunganya. Belajar dan pembelajaran merupakan hal yang sangat penting, dengan adanya proses belajar dan pembelajaran maka akan tercipta pengetahuan baru yang lebih baik. Mahasiswa sebagai calon pendidik di kemudian hari harapanya bisa menguasai pembelajaran dengan baik, dengan disususnya bahan ajar ini maka harapanya mahasiswa bisa lebih memahami belajar dan pembelajaran lebih mendalam serta dapat mengaplikasikanya dengan baik.

Buku ini menjelaskan konsep belajar dan pembelajaran beserta berbagai hal kaitanya dengan kegiatan pembelajaran.

KONSEP DASAR BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Buku ini diharapkan dapat mendukung kompetensi utama, yaitu membekali mahasiswa untuk menjadi guru yang professional. Buku ini disediakan u tuk memberi pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk memahami konsep dasar belajar dan pembelajaran dan menerapkannya di dalam mengelola kegiatan belajar mengajar. Materi dalam buku ini berkaitan dengan hakikat dan prinsip belajar dan pembelajaran, perkembangan peserta didik, motivasi belajar dan masalah-masalah dalam belajar, perencanaan pembelajaran, desain dan pendekatan pembelajaran, pengembangan materi pembelajaran, pengembangan media dan sumber belajar, dan konsep evaluasi belajar dan pembelajaran.

Buku ini disediakan u tuk memberi pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk memahami konsep dasar belajar dan pembelajaran dan menerapkannya di dalam mengelola kegiatan belajar mengajar.

Belajar & Pembelajaran

Dalam belajar mengajar hal yang terpenting adalah proses, karena proses inilah yang menentukan tujuan belajar akan tercapai atau tidak tercapai. Ketercapaian dalam proses belajar mengajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku tersebut baik yang menyangkut perubahan bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor), maupun yang menyangkut nilai dan sikap (afektif). Dalam proses belajar mengajar ada banyak faktor yang memengaruhi tercapainaya tujuan pembelajaran, di antaranya: pendidik, peserta didik, lingkungan, metode/teknik, serta media pembelajaran. Pada kenyataannya, apa yang terjadi dalam pembelajaran sering kali terjadi proses pengajaran yang berjalan dan berlangsung tidak efektif. Banyak waktu, tenaga, dan biaya yang terbuang sia-sia sedangkan tujuan belajar tidak dapat tercapai bahkan terjadi noises dalam komunikasi antara pengajar dan pelajar. Hal tersebut di atas masih sering dijumpai pada proses pembelajaran selama ini. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Di sisi lain, pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, tetapi sebenarnya mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan, tenaga pendidik mengajar agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan, juga dapat memengaruhi perubahan sikap, serta keterampilan seorang peserta didik, namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja. Adapun pembelajaran menyiratkan adanya interaksi antara pengajar dengan peserta didik. Pembelajaran yang berkualitas sangat tergantung dari motivasi pelajar dan kreativitas pengajar. Pembelajar yang memiliki motivasi tinggi ditunjang dengan pengajar yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut akan membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Target belajar dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses belajar.

Target belajar dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses belajar. Buku Belajar & pembelajaran ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

TEORI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN

Buku ini merupakan buku ajar bagi mahasiswa bidang ilmu pendidikan. Buku ini disusun dalam 6 (enam) BAB yang membahas tentang teori-teori belajar, para tokoh serta implikasi dalam pembelajaran. Bab pertama membahas teori belajar Behaviorsme; Bab kedua tentang teori belajar kognitif; Bab ketiga tentang teori belajar Gestalt, Bab keempat tentang teori belajar Humanistik; Bab kelima tentang Sosiomultikultural dan Bab kelima tentang Diversitas Sosio-Kultural dan Gender, dan Bab 6 merupakan ringkasan tentang evaluasi pembelajaran. Teori-teori belajar yang dikemukakan mendeskripsikan tentang bagaimana teori belajar menurut berbagai aliran psikologi, sejarah lahirnya teori belajar serta berbagai tokoh yang menjadi pemikir dalam teori-teori tersebut. Implikasi dalam pembelajaran yang dipaparkan merupakan bentuk dari bagaimana peristiwa yang ditemukan dalam pembelajaran yang terkait dengan teori-teori belajar tersebut. Buku ini tidak menunjukkan kontroversi antar para tokoh teori belajar, akan tetapi mengemukakan berbagai teori belajar untuk memperkaya pengetahuan pembaca terutama mahasiswa, guru dan dosen tentang teori belajar.

Buku ini merupakan buku ajar bagi mahasiswa bidang ilmu pendidikan.