Metode penelitian teologi/Pendidikan Agama Kristen, dipengaruhi oleh pertimbangan-pertimbangan pendekatan dari obyek dan masalah penelitian tersebut. Obyek dan masalah penelitian tidak semuanya dapat didekati dengan pendekatan yang sama, untuk itu perlu adanya pendekatan lain yang berbeda. Metode penelitian yang menggunakan pendekatan secara etnografi adalah pendekatan penelitian kualitatif. Analisa penelitian kualitatif digunakan pertama kali oleh para ahli sosiologi dari Mazhab Chicago pada tahun 1920-1930, yaitu menggunakan penelitian kualitatif untuk mengkaji kehidupan manusia dalam kelompoknya. Pada waktu yang bersamaan kelompok ahli antropologi menggunakan untuk menjelaskan outline dari metode karya lapangan, dimana mereka melakukan pengamatan langsung ke lapangan untuk mempelajari adat dan budaya masyarakat setempat. Buku yang ditulis secara ringkas dan dengan kata-kata sederhana ini akan memudahkan pembaca memahami bagaimana teori, riset dan praktek pembuatan penelitian kualitatif. Berkenaan dengan kurikulum baru yang mengharuskan setiap mahasiswa teologi/Pendidikan Agama Kristen untuk mempelajari metode penelitian baik kuantitatif maupun kualitatif, buku ini merupakan referensi yang cocok untuk digunakan. Selain memadu yang mahasiswa menjadi seorang peneliti kualitatif tetapi juga membuka wacana tentang teknis pelaksanaan penelitian kualitatif yang belum banyak para mahasiswa teologi/Pendidikan Agama Kristen. Agar kita semua tidak tertinggal dengan mata kuliah baru ini maka haruslah segera memiliki buku ini. Sebab selain buku ini dirancangsecara khusus untuk model penelitian Pendidikan Agama Kristen/Teologi, buku ini juga dilengkapi dengan teknik penyusunan proposal penelitian bahkan penyusunan laporan penelitian kualitatif. Salah satu keunggulan lain dari buku ini, ditulis oleh seorang penulis yang telah lama aktif dalam pembimbingan penulisan karya ilmiah dan penelitian teologi/Pendidikan Agama Kristen.
Analisa penelitian kualitatif digunakan pertama kali oleh para ahli sosiologi dari Mazhab Chicago pada tahun 1920-1930, yaitu menggunakan penelitian kualitatif untuk mengkaji kehidupan manusia dalam kelompoknya.
Buku riset kualitatif ini membahas mengenai bagaimana melakukan penelitian kualitatif dengan baik dan benar dengan penjelasan lengkap dan cukup mendalam tentang berbagai aspek riset kualitatif. Pertimbangan penyusunan buku ini adalah karena kebanyakan buku teks riset kualitatif yang ada di Indonesia saat ini justru dirasakan lebih banyak menimbulkan kebingungan, alih-alih memberikan pencerahan dan kejelasan. Penulis sering kali menemukan begitu banyak perbedaan pandangan di antara para sarjana sosial mengenai bagaimana melakukan penelitian kualitatif. Masalah perbedaan yang sering muncul itu mengenai, misalnya, perbedaan penentuan ukuran sampel, perbedaan mengenai peran teori dalam penelitian, perbedaan penentuan paradigma, dan sebagainya. Tidak sedikit yang berpandangan keliru bahwa dalam penelitian kualitatif, peneliti boleh sesukanya menentukan ukuran sampel atau bahkan sesukanya menentukan siapa yang boleh dijadikan sampel. Pandangan pribadi peneliti juga sering kali tercampur ke dalam hasil penelitian, disengaja atau tidak disengaja. Masalah validitas atau objektivitas penelitian juga sering kali diabaikan padahal seharusnya prinsip tersebut tetap harus dipertahankan. Buku ini memberikan kejelasan mengenai berbagai masalah tersebut dengan mengacu pada berbagai sumber rujukan utama yang diakui secara luas dan digunakan oleh banyak perguruan tinggi top dunia. Buku ini mudah dipahami dan dapat digunakan oleh peneliti pemula atau mereka yang sudah berpengalaman Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup
Buku riset kualitatif ini membahas mengenai bagaimana melakukan penelitian kualitatif dengan baik dan benar dengan penjelasan lengkap dan cukup mendalam tentang berbagai aspek riset kualitatif.
Buku ini merupakan buku panduan bagi mahasiswa, guru, dosen, dan umum dalam memahami dan merancang penelitian kualitatif khususnya dalam bidang pendidikan. Buku ini juga diperuntukkan bagi mahasiswa yang hendak menyusun skripsi maupun tesis dalam penelitian kualitatif pendidikan. Buku ini juga hadir sebagai alternatif referensi di tengah menjamurnya buku-buku penelitian kualitatif. Hal ini tidak terlepas dari animo masyarakat, khususnya para mahasiswa, dosen, dan para peneliti untuk melakukan penelitian kualitatif.
Buku ini merupakan buku panduan bagi mahasiswa, guru, dosen, dan umum dalam memahami dan merancang penelitian kualitatif khususnya dalam bidang pendidikan.
Humas atau yang juga dikenal sebagai Public Relations (PR), merupakan peran yang sering dianggap semu di dalam sebuah perusahaan. Manajemen perusahaan seringkali menyangsikan adanya peran PR, bahkan kerap dianggap memiliki peran yang sama seperti bagian pemasaran (marketing). Sehingga kerancuan peran PR di Indonesia ini kemudian banyak yang tidak membuat divisi PR di dalam struktur organisasi dan maksimalisasi peran komunikasi di dalamnya. PR adalah proses komunikasi strategis untuk membangun hubungan harmonis timbal-balik antara oranisasi dengan publiknya. Adapun PR merupakan bagian dari fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang memengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisas. Sebagai fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap publik, mengidentifikasi kebijaksanaan-kebijaksanaan dan prosedur-prosedur seorang individu atau sebuah organisasi berdasarkan kepentingan publik, dan menjalankan suatu program untuk mendapatkan pengertian dan penerimaan dari masyarakat. Sehingga dari sini PR adalah fungsi manajemen strategis yang melakukan upaya peningkatan hubungan baik antara organisasi dengan publiknya melalui penumbuhan serta pengembangan saling pengertian.
Buku ini diterbitkan untuk membantu mahasiswa dalam menyusun skripsi. Juga berguna untuk dosen dalam pembimbingan skripsi. Berbeda dari buku metode penelitian atau pedoman penulisan skripsi yang ada, penulisan buku ini menggunakan pendekatan proses dan chapter by chapter. Kedua pendekatan itu dipilih, karena diperkirakan dapat membantu mahasiswa menerapkan pengetahuan tentang metodologi penelitian ke dalam penyusunan bab-bab skripsi. Ada empat jenis metode penelitian yang dibahas dalam buku ini, tiga diantaranya pendekatan kuantitatif (korelasional, eksperimen, dan survey) dan satu pendekatan kualitatif (grounded theory).
Tidak sedikit peneliti pemula yang memiliki ketertarikan terhadap penelitian kualitatif namun mereka mengalami kendala ketidaktahuan akan apa, mengapa dan bagaimana mewujudkannya. Keterbatasan wawasan dan pengalaman peneliti dapat menjadi hambatan utama dalam keberhasilan sebuah penelitian. Buku “PRAKTIS PENELITIAN KUALITATIF Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif” mencoba memberikan jawaban atas segala kegelisahan tersebut. Buku ini membahas tentang latar belakang munculnya kegiatan penelitian, paradigma penelitian, kedudukan teori, langkah dasar penelitian, teknik dan alat pengumpul data serta deskripsi dan pembahasan hasil penelitian. Pemaparan dalam buku ini lebih ditekankan pada aspek praktiknya, sehingga disajikan teori dilengkapi dengan contoh-contoh praktis agar dapat kiranya diaplikasikan dengan mudah. Buku ini lahir dari sebuah pemikiran yang sederhana dari penulis sehingga mudah dipahami dan diaplikasikan di lapangan. Selain memaparkan teori-teori dasar tentang penelitian kualitatif, buku ini juga memuat contoh analisis data hasil penelitian studi kasus tentang Pembinaan Semangat Nasionalisme Indonesia Dalam Menghadapi Tantangan Kosmopolitanisme dan Etnisitas di Entikong, Wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia. Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak
Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak