Pendidikan berkualitas bagi anak muslim sejak dini adalah kunci keberhasilan pendidikan anak muslim dan jaminan menuju generasi muda bangsa yang berkualitas, agamis, sehat, cerdas dan pekerja keras. Kegagalan dalam pendidikan anak muslim sejak dini adalah musibah bagi anak didik itu sendiri, orang tua, lingkungan, agama dan bangsa. Kesuksesan orang tua terletak pada kesuksesannya dalam mendidik anak dan mengantarnya menyongsong masa depan yang cerah penuh harapan. Dan itu tidak mudah. Perlu perencanaan yang terstruktur dan matang serta melaksanakannya dengan penuh disiplin. Buku ini memberi gambaran cara mendidik anak secara terencana itu. Daftar Isi Pengantar Pengasuh ....................... 6 Pengantar Penulis .......................... 7 Daftar Isi ....................................... 13 BAB I : Pendidikan Balita Memilih Pasangan ......................... 17 Pendidikan Islam Anak Usia 1 Tahun 22 Pendidikan Pranatal........................ 27 Pendidikan Islam Anak Usia 2 Tahun 33 Pendidikan Islam Anak Usia 3 Tahun 37 Pendidikan Islam Anak Usia 4 Tahun 41 Pendidikan Islam Anak Usia 5 Tahun 47 BAB II : Pendidikan Usia SD dan Remaja Pendidikan Islam Anak Usia 6 Tahun 53 Pendidikan Islam Anak Usia 7 Tahun 57 Pendidikan Islam Anak Usia 8 Tahun 63 Pendidikan Islam Anak Usia 9 Tahun 68 Pendidikan Islam Anak Usia 10 Tahun 72 Pendidikan Islam Anak Usia 11 Tahun 76 Pendidikan Islam Anak Usia 12 Tahun 81 Pendidikan bagi Remaja.................. 86 BAB III : Kunci Sukses Mendidik Anak Pendisiplinan Anak......................... 91 Penghargaan Pada Anak ................. 96 Penghargaan dan Sanksi ................. 100 Keteladanan Orang Tua .................. 104 Keteladanan Lingkungan ............... 109 Keteladanan Tontonan ................... 114 Belajar Mendidik Anak dari China . 119 Kapan Anak Boleh Punya HP? ....... 124 Kapan Anak Boleh Punya Motor? .. 128 BAB IV : Membangun Kepribadian Metode Pendidikan Islam ............... 133 Membangun Karakter Kepemimpinan Anak.............................................. 137 Membangun Kecerdasan Anak ....... 141 Mendidik Anak Gemar Membaca ... 146 TV dan Pendidikan ........................ 150 Mencegah Perilaku Feodalistik Anak 154 BAB V : Pendidikan Islam Filsafat Pendidikan Islam ............... 161 Kronika Sistem Pendidikan Islam ... 170 Pendidikan di Era Keemasan Islam . 178 Kemunduran Pendidikan Islam ....... 189 Menuju Kebangkitan Islam dengan Pendidikan dan Gemar Membaca.... 199 Pesantren dan Pendidikan Anti-Korupsi 209 Ulama Ahli Hadits Perempuan ....... 221 Pesantren Dan Pendidikan Anti Teror 229 Tentang Penulis ......................................... 241
Daftar Isi Pengantar Pengasuh ....................... 6 Pengantar Penulis .......................... 7 Daftar Isi ....................................... 13 BAB I : Pendidikan Balita Memilih Pasangan ......................... 17 Pendidikan ...
Permasalahan tentang manusia telah menjadi bahan kajian bagi para pemikir Islam. Demikian pula dalam Alquran, banyak ayat yang membicarakan tentang manusia. Konsep manusia ini berdasarkan Alquran menunjukkan bahwa manusia terdiri atas dua unsur, yaitu unsur materi dan unsur nonmateri. Tubuh manusia berasal dari tanah di bumi dan ruh berasal dari substansi nonmateri di alam ghaib. Alquran juga menjelaskan bahwa masuknya ruh ke dalam tubuh manusia sewaktu masih berbentuk janin di dalam kandungan ketika berumur empat bulan. Setiap manusia yang lahir di dunia membawa fitrah, bakat, dan insting. Yang dibawa manusia ketika lahir adalah fitrah agama, yaitu unsur ketuhanan. Unsur ketuhanan ini di luar ciptaan akal budi manusia dan merupakan sifat kodrat manusia. Kejadian manusia sebagai makhluk ciptaan Allah telah dilengkapi dengan unsurunsur kemanusiaan, keadilan, kebajikan, dan sebagainya.
This edited volume argues that the rise of Islamic conservatism poses challenges to Indonesia's continued existence as a secular state, with far-reaching implications for the social, cultural and political fortunes of the country. It contributes a model of analysis in the field of Indonesian and Islamic studies on the logic of Islamic conservative activism in Indonesia. This volume presents informative case studies of discourses and expressions of Islamic conservatism expressed by leading mainstream and upcoming Indonesian Islamic groups and interpret them in a nuanced perspective. All volume contributors are Indonesian-based Islamic Studies scholars with in-depth expertise on the Islamic groups they have studied closely for years, if not decades. This book is an up-to-date study addressing contemporary Indonesian politics that should be read by Islamic Studies, Indonesian Studies, and more broadly Southeast Asian Studies specialists. It is also a useful reference for those studying Religion and Politics, and Comparative Politics.
This edited volume argues that the rise of Islamic conservatism poses challenges to Indonesia's continued existence as a secular state, with far-reaching implications for the social, cultural and political fortunes of the country.