Sebanyak 426 item atau buku ditemukan

Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam

Sejarah merupakan potret manusia di masa lampau, ia merupakan laboratorium kehidupan yang sesungguhnya. Tiap generasi ada zamannya, begitupun sebaliknya, setiap zaman ada generasinya. Dimensi masa dengan segala persoalannya dari zaman kapanpun selalu sampai kepada manusia berikutnya dalam bentuk kebaikan untuk diteladani, maupun sesuatu yang buruk sebagai pelajaran untuk tidak dilakukan lagi. Buku ini disusun demi memudahkan mahasiswa dan mahasiswi memahami matakuliah sejarah pemikiran ekonomi Islam, buku ini diawali dengan pembahasan pengertian sejarah dan ekonomi Islam, pemikiran ekonomi Islam pada masa Rasulullah saw., masa pemerintahan al-Khulafa al-Rasyidin, masa Dinasti Muawiyah, Dinasti Abbasiyah, masa tiga kerajaan besar dan sejarah pemikiran ekonomi Islam para cendekiawan Muslim. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

... Monetary System terbitan The islamic Foundation, Licester tahun 1985. Karya tersebut diterbitkan oleh Gema Insani tahun 2000 dalam bahasa Indonesia dengan judul Sistem Moneter ... Economic Development atau diterjemahkan ke bahasa Indonesia ...

Islam & Transformasi Masyarakat Nusantara

Islam Indonesia bisa didekati dari berbagai perspektif tergantung alasan dan kepentingan kita mendekatinya. Setiap perspektif akan menghasilkan kesimpulannya sendiri-sendiri yang bisa jadi banyak berbeda dengan perspektif lain. Faktor ragam pendekatan inilah yang telah memperkaya kajian Islam Indonesia seperti yang kita lihat selama ini. Transformasi Islam di Indonesia tidak hanya terjadi dalam sejarahnya yang panjang. Perkembangan dan dinamika Islam Indonesia modern pun mengalami hal yang samayang berbaur dengan sejumlah fenomena baru yang muncul dalam 20 tahun terakhir. Banyak hal menarik untuk dijelaskan dari fenomena Islam Indonesia, baik di masa silam maupun era kontemporer sebagai hasil proses transformasi masyarakatnya. Buku ini adalah yang menjelaskan itu. Dengan kerangka sosiologis-sejarah, Moeflich Hasbullah berhasil menjelaskan proses-proses transformasi kebudayaan-peradaban Islam di Indonesia. Selain transformasi sosial, budaya, politik, dan agama, tak ketinggalan, buku ini menyajikan pembahasan transformasi musik Islam dalam periode sejarah Indonesia hingga masa kontemporer. Suatu kajian yang terhitung masih jarang dilakukan dalam karya-karya sejarah akademik. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMedia

Buku ini adalah yang menjelaskan itu. Dengan kerangka sosiologis-sejarah, Moeflich Hasbullah berhasil menjelaskan proses-proses transformasi kebudayaan-peradaban Islam di Indonesia.

Islam Dalam Arus Sejarah Indonesia

Dalam sejarah Indonesia, tidak diragukan lagi bahwa kehadiran Islam telah memberi sumbangan sangat berarti bagi proses perkembangan masyarakat Indonesia. Salah satu kontribusi yang menonjol adalah Islam meletakkan landasan kukuh bagi satu proses komunikasi dan interaksi sosiokultural di antara berbagai masyarakat di wilayah-wilayah yang tersebar di berbagai pulau. Hal tersebut dikarenakan islamisasi, yang berlangsung sejalan dengan meningkatnya jaringan dagang Asia, telah membuat masyarakat Nusantara terhubungkan satu sama lain, bukan hanya dengan tali agama melainkan juga dengan jaringan bisnis dan diplomasi politik. Pada titik ini, Islam tampil sebagai satu kekuatan pengikat yang menyatukan berbagai kelompok masyarakat yang beragam, yang melampaui perbedaan-perbedaan terkait identitas lokal-primordial. Buku ini menghadirkan narasi dan analisis sejarah bagaimana perkembangan Islam di Nusantara dan peran pentingnya sebagai penyimpul bangsa yang ada. Bagian pertama dari empat bagian yang ada membahas tentang proses awal islamisasi yang berkaitan dengan perdagangan dan pembentukan kerajaan. Bagian selanjutnya memaparkan perkembangan peradaban Islam di bumi Nusantara yang dilanjutkan dengan bagaimana peradaban Islam Nusantara menghadapi tantangan baru berupa kolonialisme. Dan sebagai penutup adalah paparan tentang awal pergerakan modern Islam di Indonesia. Ditulis dengan deskripsi sejarah yang perinci, buku ini dapat menjadi referensi penting bagi para mahasiswa dan juga akademisi dalam hal sejarah Islam, khususnya perkembangan dan dinamika Islam Nusantara. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Dalam sejarah Indonesia, tidak diragukan lagi bahwa kehadiran Islam telah memberi sumbangan sangat berarti bagi proses perkembangan masyarakat Indonesia.

Historiografi Ibnu Khaldun

Analisis Atas Tiga Karya Sejarah Pendidikan Islam

Bagaimana sejarah itu ditulis?Ibnu Khaldun (1332-1406 M) sebagai Bapak Historiografi menawarkan model penulisan sejarah kritis. Historiografi atau fann al-tārīkh merupakan proses rekonstruksi masa lampau, yang tidak hanya melandaskan pada sisi luarnya an sich, tapi lebih penting dari itu adalah memperhatikan sisi dalamnya. Untuk itu, diperlukan metode dirāyah (metode kritik), yang menekankan kepada kesaksian langsung sebagai sumber sejarah, di samping juga menekankan perlunya interpretasi bagi setiap peristiwa sejarah.Metode ini melandaskan dirinya pada segi rasionalitas, yaitu dengan menggunakan bantuan analisis ilm al-‘umrān sehingga sejarah menjadi berdimensi sosial. Bagi Ibnu Khaldun, metodologi penulisan sejarah seperti ini berguna untuk mengetahui masa lampau dalam rangka menatap masa depan peradaban manusia. Historiografi ala Khaldunian di atas menjadi penting untuk melihat karya sejarah pendidikan Islam saat ini, yang umumnya ditulis dengan penulisan sejarah non-kritis.Sejarah pendidikan Islam bagaimanapun juga adalah sejarah, yang dituntut untut mampu menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa suatu peristiwa pendidikan terjadi. Bantuan analisis ilmu sosial dan kultur, karenanya, menjadi keniscayaan, sehingga melahirkan karya sejarah pendidikan Islam, yang selain sarat akan fakta-fakta historis, tapi juga berkontribusi ilmiah bagi pengembangan pendidikan Islam. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Bagaimana sejarah itu ditulis?Ibnu Khaldun (1332-1406 M) sebagai Bapak Historiografi menawarkan model penulisan sejarah kritis.

Pendidikan Anak Usia Dini

Dalam Berbagai Pendekatan

Keistimewaan edisi kelima ini selain sebagai textbook yang tetap menjadi sumber tepercaya bagi para orang tua (keluarga), pendidik, guru, dosen, peneliti, serta mahasiswa di bidang perkembangan dan pendidikan anak usia dini (PAU D); juga menyoroti pentingnya mempertimbangkan sejarah PAU D dari segi keragaman budaya, ilmu pengetahuan perkembangan, penelitian pencegahan dalam praktik dan kebijakan dini pada masa bayi dan balita, serta masa prasekolah, taman kanak-kanak, dan sekolah dasar, serta membahas perkembangan terbaru dalam kurikulum, strategi penilaian, dan metode pengajaran. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

... membaca dan seni bahasa, musik, tarian dan gerakan, dan pendidikan seni. Ilmu pendidikan dan muatan berinteraksi dengan perkembangan anak dan penelitian usia dini untuk menampilkan petunjuk dan isyarat dalam membimbing rancangan, ...

Pendidikan Holistik

Pendekatan Lintas perspektif

Berbagai tulisan yang dirangkum dalam buku ini bak kepingan anak tangga menuju pemahaman yang lebih komprehensif tentang pendidikan holistik. Dibagai dalam tiga bagian, tinjauan terhadap konsep dan implementasi pendidikan holistik yang merupakan sajian pembuka menyajikan pembahasan seputar pendidikan holistik sebagai sebuah konsep dan implementasi nilai dalam sistem pendidikan tersebut. Adapun paparan seputar desain kurikulum dan pembelajaran - yang merupakan jantung suatu sistem pendidikan - dihadirkan pada bagian kedua dengan fokus bahasan pada kurikulum terpadu dan model implementasi pendidikan holistik pada perguruan tinggi dan sekolah. Dan, sebagai paparan penutup rangkaian pembahasan ini disajikan pendidikan holistik dalam kacamata pendidikan Islam, keindahan, dan global. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

Berbagai tulisan yang dirangkum dalam buku ini bak kepingan anak tangga menuju pemahaman yang lebih komprehensif tentang pendidikan holistik.

Teori Belajar Dan Pembelajaran

Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif

Tugas dan tanggung jawab guru erat kaitannya dengan kemampuan yang dipersyaratkan dalam jabatan profesi kependidikan. Kemampuan tersebut antara lain guru (1) memiliki pengetahuan tentang teori belajar dan pembelajaran; (2) memiliki pengetahuan asas asas dan factor-faktor yang memengaruhi proses pembelajaran; (3) memiliki keterampilan menggunakan teknik dan pendekatan dalam kegiatan pembelajaran; dan (4) memiliki pengetahuan pembelajaran abad ke-21. Buku Teori Belajar dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif ini merupakan wujud kepedulian penulis untuk meningkatkan mutu pembelajaran, dengan harapan dapat bermanfaat bagi mahasiswa/i, calon guru, dan juga bagi guru, bagi kepala sekolah, pengawas, sekolah serta para pemerhati pendidikan khususnya yang berkaitan dengan kegiatan belajar dan pembelajaran sebagai upaya peningkatan mutu belajar, karena melalui pembelajaran ini dapat diukur kualitas hasil belajar. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup (Kencana)

Buku Teori Belajar dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif ini merupakan wujud kepedulian penulis untuk meningkatkan mutu pembelajaran, dengan harapan dapat bermanfaat bagi mahasiswa/i, calon guru, dan juga bagi ...

Teori Komunikasi Individu Hingga Masa

buku ini mendaraskan teori komunikasi dalam rangkaian perbincangan sistematis dan komprehensif. Di awal perbincangan akan dipaparkan berbagai teori komunikasi dan individu serta peran komunikasi dalam kehidupan seseorang. Perbincangan tentang pesan, mulai dari perancangan, interpretasi, sampai strategi penyampaiannya dibahas di bagian selanjutnya. Dan sebagai penutup rangkaian perbincangan tersebut dihadirkan paparan berkaitan dengan komunikasi dalam kelompok hingga komunikasi pada level massa. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

buku ini mendaraskan teori komunikasi dalam rangkaian perbincangan sistematis dan komprehensif.

Aplikasi Teori Dalam Sistem Komunikasi di Indonesia

Buku ini membahas seputar aplikasi teori-teori komunikasi dalam kehidupan nyata manusia sehari-hari. Seolah-olah buku ini ingin membuktikan bahwa hampir semua gerak perilaku dan kegiatan manusia selalu berhubungan dengan hal ihwal penerapan teori komunikasi. Buku ini kaya dengan peragaan studi kasus yang sedang ramai diangkat dan dibicarakan orang melalui media massa, perbincangan dan sosial media jejaring internet. Dalam upaya memudahkan pembahasannya, buku ini dibagi menjadi lima bagian tentang studi-studi khusus ilmu komunikasi, yakni: pertama, komunikasi politik dan politik media massal kedua, citra, promosi, dan sosialisasi; ketiga, kesenjangan dan kesalahan berkomunikasi keempat, public speaking dalam kenegaraan; serta kelima, fantasi organisasi dan kepemimpinan. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini membahas seputar aplikasi teori-teori komunikasi dalam kehidupan nyata manusia sehari-hari.

Teori Komunikasi Kontemporer

Seorang akademisi (dosen dan mahasiswa), praktisi ilmu komunikasi harus memahami secara jelas tentang bagaimana teori komunikasi dapat diimplementasikan dalam kehidupan nyata sesuai dengan paradigma yang dilihatnya. Memahami teori komunikasi baik yang kualitatif maupun kuantitatif akan memberikan warna bagi kehidupan seorang peneliti komunikasi dalam merangkai sebuah fenomena atau kejadian dari berbagai sudut pandangnya. Namun kita harus menyadari keterbatasan dari teori. Interaksi komunikasi terdiri atas banyak cara pandang, dan teori hanya menjelaskan sebagian dari kehidupan sosial yang kompleks. Buku ini dibuat dengan suatu keinginan penulis, agar pembaca bisa memahami pentingnya teori komunikasi yang dikaji baik secara ilmiah melalui pendekatan objektif dan pendekatan interpretif yang kini menjadi banyak perhatian bagi para kaum akademisi maupun praktisi ilmu komunikasi. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMedia

berkomunikasi” daripada “mengapa manusia berkomunikasi”. Dari perspektif agama dengan mudah dapat dijawab bahwa Tuhanlah yang mengajari manusia untuk berkomunikasi, dengan menggunakan akal dan kemampuan berbahasa yang dianugerahkannya.