Sebanyak 4107 item atau buku ditemukan

STATISTIKA DESKRIPTIF & KONSEP PELUANG Aplikasi R-Stat

Dalam penyelesaian perkuliahan, statistika berperan penting membantu mahasiswa. Namun demikian, banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memahami statistika karena berbagai faktor. Salah satunya adalah keterbatasan sumber dan kesempatan untuk lebih mendalami materi-materi statistika. Dalam kesempatan tatap muka di kelas, materi statistika yang disampaikan pada mahasiswa sedemikian padat, sehingga mahasiswa kekurangan waktu untuk berlatih agar lebih menguasai materi-materi statistika. Buku ini disajikan sebagai salah satu sarana yang memungkinkan mahasiswa lebih mendalami materi-materi statistika. Materi dalam buku yang merupakan seri pertama ini tersusun dari 8 bab yang memaparkan tentang statistika deskriptif hingga konsep peluang. Dalam buku ini juga disampaikan penjelasan terkait penggunaan software R-Stat yang sangat berguna terutama dalam penyelesaian analisis data terkait big data yang akan dihadapi pembaca dalam dunia kerja. Penekanan dari buku ini adalah pada pendalaman materi dan latihan soal-soal.

Dalam penyelesaian perkuliahan, statistika berperan penting membantu mahasiswa.

Statistika Tanpa Stres

Tidak ada yang menampik bahwa statistika merupakan ilmu yang cukup rumit. Namun, dengan adanya buku Statistika Tanpa Stres ini Anda dapat mempelajari statistika dengan cara yang sederhana. Materi yang disampaikan pada buku ini menggunakan gaya bahasa ringan sehingga pembahasan mudah untuk dimengerti. Tidak hanya memberikan rumus, tetapi buku Statistika Tanpa Stres pun menampilkan penjelasan dasar mengenai ilmu statistika. Mulai dari pentingnya belajar statistika, bidang apa saja yang dapat menerapkan statistika, hingga cara untuk mencegah kesalahan saat mengumpulkan data. Buku dari TransMedia Pustaka ini sangat cocok digunakan oleh pelajar, karyawan, dan umum.

Tidak ada yang menampik bahwa statistika merupakan ilmu yang cukup rumit. Namun, dengan adanya buku Statistika Tanpa Stres ini Anda dapat mempelajari statistika dengan cara yang sederhana.

STATISTIKA II

Buku ini merupakan edisi revisi buku Statistika 2 lalu yang diterbitkan pada tahun 2012, yang dilengkapi dengan contoh-contoh maupun latihan-latihan soal, sehingga diharapkan buku ini dapat membantu mahasiswa agar mudah memahami dan menerapkan konsep dasar Statistika 2. Namun kami juga menyadari bahwa penyusunan buku ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, kami mohon kritik maupun saran yang sifatnya membangun untuk kesempurnaan buku ini.

Buku ini merupakan edisi revisi buku Statistika 2 lalu yang diterbitkan pada tahun 2012, yang dilengkapi dengan contoh-contoh maupun latihan-latihan soal, sehingga diharapkan buku ini dapat membantu mahasiswa agar mudah memahami dan ...

Statistika Matematika dengan Pendekatan Terapan

Buku ini adalah pegangan bagi mata kuliah Statistika Matematika sehingga materi-materi yang disajikan adalah materi yang mendukung tercapainya tujuan perkuliahan tersebut. Pada bagian awal disajikan materi mengenai konsep dan sifat-sifat sebaran peluang bersama bagi dua variabel acak, diskrit maupun kontinyu. Konsep penurunan fungsi peluang marginal dari fungsi peluang marjinal dibahas setelahnya untuk selanjutnya digunakan di dalam perhitungan peluang bersama, peluang marjinal, peluang bersyarat, nilai harapan dan sifat-sifat kebebasan antarvariabel acak tersebut. Konsep fungsi peluang bersama dari dua variabel kemudian dikembangkan menjadi fungsi peluang bersama untuk n variabel, yang digunakan untuk membahas teori mengenai setoran penarikan sampel. Dibahas pula materi mengenai sebaran normal bivariat dan sifat-sifatnya sebagai salah satu sebaran peluang yang paling sering digunakan dalam terapannya. Semua pembahasan di dalam buku ini tidak hanya meliputi aspek teori akan tetapi juga diberikan interpretasi secara terapan untuk mempermudah pemahaman pembaca.

Buku ini adalah pegangan bagi mata kuliah Statistika Matematika sehingga materi-materi yang disajikan adalah materi yang mendukung tercapainya tujuan perkuliahan tersebut.

Metode Statistika untuk Kimia : Analisis Data dengan Excel

Bab 1 memuat pengetahuan dasar statistika, seperti tipe data, populasi dan sampel, parameter dan statistik, akurasi dan presisi,jenis kesalahan, jenis metode statistika dan gambaran aplikasi komputer yang akan digunakan pada bab-bab berikutnya. Bab 1 menjadi dasar bagi pembaca dalam mempelajari buku ini untuk mendapatkan pemahaman yang benar. Bab 2 dan Bab 3 membahas tentang statistik deskriptif. Bab 2 membicarakan penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik. Pembaca dapat belajar bagaimana cara menyajikan data sehingga tampil lebih informatif dan mudah dipahami. Pemahaman tentang tabel distribusi frekuensi dan histogram yang dibahas pada Bab ini diperlukan saat mempelajari bab-bab berikutnya. Bab 3 membicarakan tentang ukuran pemusatan dan penyebaran data, baik untuk data terkelompok maupun data tidak terkelompok. Dengan mempelajari materi ini, mahasiswa dapat melakukan analisis statistik sederhana berdasarkan informasi nilai rata-rata, median, modus, variansi dan deviasi standar. Bab 4 menjelaskan materi tentang distribusi data. Beberapa distribusi data yang sering digunakan dalam bidang Kimia antara lain distribusi binomial, hipergeometrik, Poisson dan Normal. Asumsi kenormalan menjadi dasar dalam pembahasan bab-bab berikutnya. Distribusi normal standar juga diuraikan untuk mempermudah penyelesaian dalam pengamatan yang dapat didekati dengan distribusi normal. Pada bab ini mahasiswa mulai mengenal parameter dari suatu distribusi dan dapat memberikan dugaan parameter berdasarkan sampel pada tingkat kepercayaan tertentu. Bab 5 menguraikan pengetahuan tentang uji hipotesis. Pembahasan dimulai dengan langkah-langkah uji hipotesis, statistik uji dan asumsi yang harus dipenuhi. Sebelum melakukan analisis data, seorang peneliti harus menyelidiki distribusi data terlebih dahulu, mengecek apakah ada outlier atau tidak. Hal ini perlu dilakukan karena keberadaan outlier mempengaruhi hasil analisis. Dengan mempelajari bab ini, mengetahui perbedaan antara uji z, t dan F serta penerapannya. Bab 6 membicarakan tentang analisis variansi (ANOVA). Materi ANOVA menjadi bekal bagi mahasiswa ketika dihadapkan pada penelitian dengan beberapa kelompok sampel. Bab ini hanya membahas ANOVA satu arah. Pemahaman yang benar mengenai ANOVA satu arah akan memudahkan mahasiswa dalam mempelajari ANOVA yang lebih kompleks. Bab 7 merupakan bagian penutup dari buku ini, membahas tentang analisis korelasi dan regresi. Pembaca, khususnya dari bidang kimia akan mengetahui perbedaan antara materi analisis regresi secara umum dengan penerapannya pada fungsi kalibrasi. Harapan kami, dengan adanya buku ini mahasiswa dapat dengan mudah mempelajari dan memahami materi Metode Statistika. Buku ini memuat materi dasar yang wajib dikuasai mahasiswa. Materi lanjutan akan diuraikan pada buku berikutnya tentang kimia analitik. Kami menyadari bahwa buku ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, kami terbuka atas kritik dan saran demi perbaikan ke depannya. Mudah-mudahan buku ini bermanfaat bagi pembaca.

Bab 1 memuat pengetahuan dasar statistika, seperti tipe data, populasi dan sampel, parameter dan statistik, akurasi dan presisi,jenis kesalahan, jenis metode statistika dan gambaran aplikasi komputer yang akan digunakan pada bab-bab ...

STATISTIKA TERAPAN UNTUK BISNIS DAN EKONOMI

Statistika berperan penting membantu mahasiswa menyelesaikan perkuliahan. Namun, banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami statistika karena berbagai faktor. Salah satunya adalah keterbatasan sumber dan kesempatan untuk lebih mendalami materi-materi statistika. Dalam kesempatan tatap muka di kelas, materi Statistika yang disampaikan ke mahasiswa sedemikian padat sehingga mahasiswa kurang waktu untuk berlatih dan memahaminya. Buku Statistika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi ini disajikan sebagai salah satu sarana yang memungkinkan mahasiswa lebih mendalami materi-materi statistika dan kegunaan praktisnya. Buku ini berisi 16 bab yang memaparkan tentang statistika deskriptif hingga statistika inferensia. Buku ini juga menjelaskan terkait penggunaan konsep-konsep statistika untuk menyelesaikan permasalahan keseharian. Setiap awal bab diberi pengantar yang mengemukakan esensi dari bab yang bersangkutan sehingga pembaca akan lebih jelas memahami topik bahasan yang dipaparkan. Selain itu, pembaca juga akan lebih mendalami konsep-konsep yang diulas karena melimpahnya materi dan latihan soal-soal, sekaligus penyelesaiannya yang disampaikan dengan bahasa sederhana dan komunikatif.

Buku Statistika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi ini disajikan sebagai salah satu sarana yang memungkinkan mahasiswa lebih mendalami materi-materi statistika dan kegunaan praktisnya.

STATISTIKA PROBABILITAS

Bidang Teknik dan Komputer

Statistik digunakan dalam semua bidang ilmu. Pengembangan bidang ilmu yang dilakukan didasarkan pada bahasa ilmu pengetahuan yaitu bahasa, statistik, dan matematika. Buku ini ditulis dalam rangka melengkapi literature perkuliahan Statistika untuk seluruh program studi ilmu-ilmu keteknikan dan ilmu-ilmu komputer serta memperluas cakrawala wawasan bahan bacaan atau textbook tentang ilmu statistika. Konsep-konsep dasar statistika dan probabilitas berupa simbol-simbol matematis dijabarkan melalui contoh-contoh penyelesaian soal, sehingga setiap pokok bahasan dapat dipahami dengan mudah. Buku ini berisi pelajaran statistik yang setiap bab selalu diisi dengan pendahuluan untuk mengantarkan dan mengarahkan pikiran para pembaca guna memahami konsep yang akan dibahas, diikuti dengan penanaman konsep yang telah dibahas, mendalami konsep pada contoh soal yang disertai dengan pembahasan, dan dilengkapi dengan kasus untuk diskusi dalam evaluasi mandiri. Dengan demikian, setiap mengakhiri pembahasan pada masing-masing, para pembaca diharapkan telah memperoleh pengetahuan yang benar, lengkap dan mantap, serta mempunyai keterampilan untuk memecahkan persoalan yang dihadapi. Pada bagian belakang juga tersedia glosarium yang berguna untuk membantu pencarian konsep dan definisi-definisi penting dalam memahami isi buku ini. Buku yang terdiri dari 8 bab dengan perincian sebagai berikut: • Teori Peluang Kejadian • Permutasi dan Kombinasi • Distribusi Peluang Diskret • Distribusi Sampling • Distribusi Normal • Uji Normalitas dan Homogenitas Data • Pendugaan Parameter • Pengujian Hipotesis

Konsep-konsep dasar statistika dan probabilitas berupa simbol-simbol matematis dijabarkan melalui contoh-contoh penyelesaian soal, sehingga setiap pokok bahasan dapat dipahami dengan mudah.

Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Media pembelajaran adalah semua jenis alat atau instrumen yang berbentuk fisik maupun nonfisik, baik dalam bentuk software maupun hardware, tercetak maupun audivisual yang digunakan pendidik sebagai penghubung untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik dan merangsang minat, perhatian, pikiran, dan perasaan peserta didik sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif. Media pembelajaran dapat berupa modul, teman, instruktur, buku, video, gambar atau foto, slide, recorder, film, dan lain sebagainya. Elemen media pembelajaran terdiri atas lima elemen yaitu teks, gambar, suara, video, dan animasi. Teks berupa naskah, tulisan, ataupun simbol, gambar berupa ilustrasi atau sketsa atas suatu benda, peristiwa, atau yang lainnya, dan suara berupa bunyi yang dapat berbentuk percakapan, melodi, dan lain sebagainya. Sedangkan video berupa rekaman atas suatu kejadian dan animasi berupa serangkaian gambar yang tampak bergerak. Buku ini akan membahas teori tentang media pembelajaran yang disertai turorial pembuatan media pembelajaran dengan beberapa jenis aplikasi atau platform. Pembaca akan diajak memahami tentang sumber belajar, media pembelajaran, dan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pada akhir bab pembaca akan mempraktikkan membuat media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan menggunakan Microsoft Powerpoint, Flipbook, Mindjet MindManager, Canva, dan Quizizz. Penulis berharap pembaca akan memahami tentang media pembelajaran baik dari segi teori maupun dari segi praktik.

Media pembelajaran adalah semua jenis alat atau instrumen yang berbentuk fisik maupun nonfisik, baik dalam bentuk software maupun hardware, tercetak maupun audivisual yang digunakan pendidik sebagai penghubung untuk menyampaikan materi ...

MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR TIK MATERI TOPOLOGI JARINGAN DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan buku dengan judul Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Tik Materi Topologi Jaringan dengan Media Pembelajaran. Atas bantuan dan dukungan yang secara langsung maupun tidak langsung yang telah Kami terima, penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar–besarnya kepada 1. Orang tua kami yang telah membimbing serta memberikan semangat kepada kami selama ini. 2. Ibu Sri Nuryati, S.Pd., M.Pd. selaku Kepa la SMP Negeri 1 Wonogir i yang sangat membantu kami dalam penulisan dan penyelesaian buku ini. 3. Bapak Sriyono, M.Pd. selaku G uru SMP Negeri 1 Wo nog iri yang telah membimbing dan sangat membantu kami dalam penulisan dan penyelesaian buku ini. 4. Bapak dan Ibu Guru SMP Neger i 1 Wo nog ir i yang sangat membantu kami dalam penulisan dan penyelesaian buku ini. 5. Bapak/Ibu Staf Tata Usaha SMPN 1 Wonogiri yang telah banyak menyediakan waktu dan membantu dalam penulisan buku ini. 6. Semua pihak yang namanya tidak dapat disebutkan satu-per satu. Dengan segala kemampuan yang ada serta mengingat terbatasnya pengalaman dan pengetahuan, kami sepenuhnya menyadari bahwa buku ini masih jauh dari sempurna, baik dalam pengungkapan, pokok pikiran, tata bahasa, maupun kelengkapan pembahasannya. Semoga dengan hasil dari penelitian kami dalam buku ini dapat berguna bagi yang membutuhkan.

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan buku dengan judul Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Tik Materi Topologi Jaringan dengan Media ...

Perkembangan Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi

Buku ini merupakan wujud dari kepedulian penulis untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya kualitas pembelajaran di abad 21 atau dikenal dengan era smart society 5.0 saat ini. Pembelajaran yang berkualitas memerlukan perencanaan, penciptaan kondisi pembelajaran, dan media pembelajaran yang tepat dan matang, sehingga pembelajaranlebih bermakna dan mencapai tujuan. “kita dapat menceritakan sesuatu kepada peserta didik dengan cepat. Namun peserta didik akan melupakan apa yang kita ceritakan itu dengan lebih cepat”. Mengajarkan bukan persoalan menceritakan! Akan tetapi mengajarkan itu harus memberikan pengalaman baru kepada peserta didik untuk mudah dipahami. Sehingga materi yang sulit diajarkan oleh pendidik dan sulit dipahami oleh peserta didik akan menjadi mudah dengan menggunakan media pembelajaran sebagai jembatan untuk berpikir peserta didik. Penulisan buku ini dilakukan secara kolaborasi yang ditulis selama 16 hari sejak tanggal 10 sampai 25 Januari 2021. Sebagai perwujudan tri dharma perguruan tinggi, beberapa dosen dari berbagai institusi perguruan tinggi melakukan penulisan ini sebagai referensi dalam mengajar, membantu para dosen khususnya pendidik dalam memperbaiki kualitas pengajarannya, penggunaan media sesuai fungsi dan manfaatnya, serta memberikan wacana baru terkait perkembangan media pembelajaran di perguruan tinggi.

Sebagai perwujudan tri dharma perguruan tinggi, beberapa dosen dari berbagai institusi perguruan tinggi melakukan penulisan ini sebagai referensi dalam mengajar, membantu para dosen khususnya pendidik dalam memperbaiki kualitas ...