Sebanyak 222 item atau buku ditemukan

Perilaku Organisasi

Perilaku Organisasi dibutuhkan jika kita ingin menjalin komunikasi yang baik dan memahami perilaku individu di dalam sebuah organisasi. Buku ini ditulis dengan tujuan agar para mahasiswa dan para pembaca mampu memahami tentang perilaku individu di dalam organisasi yang meliputi perilaku individu dalam organisasi, perilaku kelompok dalam organisasi, proses di dalam organisasi, serta keanekaragaman, budaya, desain, dan pengembangan organisasi.

Perilaku Organisasi dibutuhkan jika kita ingin menjalin komunikasi yang baik dan memahami perilaku individu di dalam sebuah organisasi.

Tafsir Al-Amîn—Bedah Surah Al-Fâtihah

Edisi Revisi

Tafsir Al-Amîn—Bedah Surah Al-Fâtihah dilakukan secara berkelanjutan (sustainable) dengan menggunakan banyak metode (multi method) penafsiran. Hal ini demi menghasilkan Tafsir Al-Qur’an yang lebih objektif, terbaik, utuh, dan menyeluruh (comprehensive). Langkah ini dipilih, terinspirasi oleh Al-Qur’an yang secara tekstual maupun kontekstual memiliki keragaman serta one book for all (satu buku untuk semua insan dan semua urusan). Cita ideal yang disuarakan Tafsir Al-Amîn, yakni dengan dinamika penafsirannya yang selalu berubah secara elastik sehingga bisa menjawab setiap tantangan dan semua persoalan. Pada edisi revisi ini tidak ada perbedaan yang bersifat mendasar dan dalam jumlah yang banyak dibandingkan dengan penerbitan perdananya. Namun demikian, terdapat penambahan materi terkait dengan subfasal dan bahkan bab tertentu dalam hal ini “Hubungan Antara Surah Al-Fâtihah dan Surah An-Nas” di samping subbab “Kesimpulan Hukum (istinbath al-ahkam)” dan “Catatan Penting Nilai Edukasi yang Diperoleh dari Surah Al-Fâtihah pada khususnya dan Al-Qur’an pada umumnya”.

... (1) tafsir falsafi, (2) tafsir ilmi/kauniyah, (3) tafsir tarbawi/pendidikan, (4) tafsir
akhlaqi, (5) tafsir ahkam/fiqhi, (6) tafsir iqtishadi/ekonomi, dan lain-lain sesuai
dengan perkembangan bidang/cabang ilmu pengetahuan yang selalu
berkembang.

METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF

Buku Metodologi Penelitian Kuantitatif ini berisi tentang suatu metode penelitian yang berbasis bukti empirik. Bukti empirik diperlukan untuk membuktikan suatu fenomena melalui prinsip statistik. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan pembuktian teoritis dan hipotesis yang dibangun oleh peneliti. Oleh karena itu, pengumpulan data dan pengukuran yang tepat menjadi hal yang penting dalam buku ini, agar peneliti dapat mempresentasikan suatu fenomena secara nyata. Buku ini ditujukan untuk para peneliti yang sedang menyusun skripsi, tesis, dan disertasi, khususnya yang menggunakan pendekatan kuantitatif dalam penelitiannya. Di samping itu, buku ini dapat menjadi sumber bacaan bagi para akademisi untuk memberikan bimbingan kepada mahasiswa dan akademisi junior. Selain itu juga patut dijadikan referensi bagi penelitian dengan pendekatan kuantitatif di bidang ilmu sosial, humaniora, pendidikan, psikologi, dan ekonomi.

Buku Metodologi Penelitian Kuantitatif ini berisi tentang suatu metode penelitian yang berbasis bukti empirik.

Hukum Ekonomi Islam

Edisi Revisi

Buku ini menggunakan tema Hukum Ekonomi Islam sebagai isu utama sebagai suatu ilmu pengetahuan yang berupaya memandang, meninjau, dan meneliti permasalahan ekonomi dengan cara-cara Islami. Substansi utamanya berkaitan dengan kajian atas suatu atau kegiatan yang dilakukan orang perorang, kelompok orang, badan usaha yang berbadan hukum atau tidak berbadan hukum dalam rangka memenuhi kebutuhan yang bersifat komersial dan tidak komersial menurut prinsip syariah. Hukum Ekonomi Islam merangkum bahasan berkenaan isu-isu aktual atau kontemporer di bidang perusahaan pembiayaan seperti modal ventura, ijarah (leasing), kartu kredit, pegadaian, koperasi dan multi level marketing serta jual beli, broker, garansi, jual beli valuta asing, penimbunan barang, termasuk usaha waralaba. Selain itu, untuk merespons dinamika bisnis dan muamalah kekinian, juga dibahas hukum melakukan transaksi/bisnis online seperti e-commerce, GoPay, E-Money, Finance Technology (Fintech), Transportasi Online (Daring), Go-Food dan sebagainya. Buku ini juga membahas tuntas berkaitan dengan mekanisme penyelesaian sengketa ekonomi Islam baik secara litigasi maupun non-litigasi seperti mediasi dan perdamaian maupun arbitrase sesuai dengan hukum positif di Indonesia.

Buku ini menggunakan tema Hukum Ekonomi Islam sebagai isu utama sebagai suatu ilmu pengetahuan yang berupaya memandang, meninjau, dan meneliti permasalahan ekonomi dengan cara-cara Islami.

Model-Model Pembelajaran Matematika

Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang disajikan oleh guru, agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan. Model ini nantinya digunakan guru untuk mengorganisasikan kelas, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Model pembelajaran tentunya tidak sekadar alat penyampai materi, tapi juga dapat memberikan dorongan dan minat belajar bagi siswa. Tak terkecuali pada mata pelajaran matematika. Mata pelajaran matematika umumnya hanya mengandalkan metode konvensional berupa penjelasan yang dijabarkan oleh guru, dan siswa hanya mencatat atau menghafal rumus/konsep. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan berbagai model pembelajaran yang efektif, agar pembelajaran matematika dapat berjalan dengan menarik dan juga mudah dipahami oleh siswa. Buku ini menjabarkan berbagai model pembelajaran matematika, yang dapat membantu guru untuk memilih model pembelajaran yang tepat dan efektif.

Buku ini menjabarkan berbagai model pembelajaran matematika, yang dapat membantu guru untuk memilih model pembelajaran yang tepat dan efektif.

Strategi Pembelajaran SD

Kualitas pembelajaran dapat dilihat dari aktivitas, kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran, dan juga apakah tujuan pembelajaran telah tercapai secara efektif. Namun sebelum itu, pendidik adalah faktor yang sangat penting dalam penyelenggaraan aktivitas dan kreativitas dalam pembelajaran. Kualitas yang dihasilkan pun akan terlihat apabila seorang pendidik dapat memahami dan menerapkan strategi-strategi pembelajaran yang tepat. Dengan memahami konsep strategi pembelajaran maka pendidik tidak hanya sebatas melakukan penyampaian materi atau mengajar saja. Akan tetapi, pendidik juga membuat peserta didik untuk belajar dengan pendekatan student centered, dan dengan berbagai metode atau strategi agar proses pembelajaran dapat bermakna bagi guru dan terutama peserta didik. Buku ajar Strategi Pembelajaran SD ini diperuntukkan bagi mahasiswa Prodi PGSD di semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dan para guru SD yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Dengan demikian, para mahasiswa dan juga pendidik yang terlibat dapat terinspirasi untuk membelajarkan peserta didik agar menjadi generasi yang kritis, kreatif, dan inovatif.

... teknik meronce, fungsi pakai, teknik ikat celup, dan asesoris), tanaman sayuran, karya rekayasa sederhana bergerak dengan angin dan tali, cerita rakyat, bahasa daerah, gambar ilustrasi, topeng, patung, lagu anak-anak, lagu daerah, ...

Perlindungan Hukum Terhadap Tindakan Pemerintahan

Hakikatnya, pemerintah hadir untuk mengurus dan mengatur hubungan antar kepentingan dalam masyarakat. Peran ini hanya dapat diwujudkan melalui serangkaian wewenang untuk melakukan tindakan pemerintahan, baik tindakan faktual maupun tindakan hukum. Namun dalam realitasnya, tidak semua tindakan pemerintahan sesuai harapan dan kemudian menyisakan persoalan hubungan hukum. Pendekatan inilah yang mengantarkan pemikiran akan perlunya pemahaman atas jenis tindakan pemerintahan dan implikasi hukumnya. Buku ini hadir untuk menghubungkan konsep kewenangan, jabatan, keabsahan tindakan pemerintahan dan bentuk pertanggungjawaban hukum jika terjadi penyalahgunaan wewenang. Namun secara praktis, buku ini lebih difokuskan pada upaya perlindungan hukum atas dikeluarkannya Keputusan dan/atau Tindakan Administrasi Pemerintahan. Perluasan kompetensi absolut dari Peradilan Tata Usaha Negara dan penempatan upaya administratif sebagai primum remedium dijadikan sebagai media pemetaan perlindungan hukum, baik bagi pemerintah maupun masyarakat. Selain itu, buku ini juga menyajikan upaya perwujudan tata pemerintahan yang baik (good governance), yang memposisikan pemerintah untuk lebih mendekatkan diri dengan memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Hakikatnya, pemerintah hadir untuk mengurus dan mengatur hubungan antar kepentingan dalam masyarakat.

Kasus Hukum Notaris di Bidang Kredit Perbankan

Penjelasan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris menjelaskan bahwa Notaris adalah pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta autentik sejauh pembuatan akta autentik tertentu tidak dikhususkan bagi pejabat umum lainnya, dalam rangka menciptakan kepastian, ketertiban, dan perlindungan hukum. Salah satu akta autentik yang dibuat Notaris berupa perjanjian Kredit bank yang pada umumnya telah dipersiapkan oleh pihak bank selaku kreditur, yang memuat serangkaian klausula dengan tujuan untuk memberikan perlindungan hukum bagi kreditur yang telah mencairkan dana guna permohonan dan kepentingan debitur. Oleh karenanya, sangat wajar klausula-klausula dimaksud merupakan substansi penting dari perjanjian kredit. Persoalan dilematis ini yang menyeret Notaris ke ranah hukum berkaitan dengan perikatan di bidang kredit yang acap kali dipermasalahkan adalah wanprestasi dan perbuatan melawan hukum dari aspek perdata, tetapi tidak luput pula Notaris dituntut secara pidana. Buku ini membahas secara tuntas dan komprehensif, baik dari sudut teoretis dan praktik berkaitan dengan profesi Notaris di bidang perkreditan. Sangat direkomendasikan untuk para Notaris yang bekerja sama dengan bank, Advokat, para penegak hukum, mahasiswa kenotariatan dan bidang hukum bisnis untuk menjadi referensi dalam mempelajari hukum bisnis, perbankan dan masalah kenotariatan.

Penjelasan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris menjelaskan bahwa Notaris adalah pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta autentik sejauh pembuatan akta autentik tertentu tidak dikhususkan bagi pejabat umum ...

Seri Terampil Menulis Bahasa Indonesia

Paragraf

Pemikiran utuh dan padu seseorang dicerminkan melalui paragraf yang disusunnya. Paragraf yang susunannya baik mencerminkan pemikiran yang utuh dan padu. Pemikiran yang tak utuh dan tak padu terlihat pada paragraf yang kurang baik susunannya. Supaya seseorang mampu merumuskan pemikiran yang utuh dan padu dalam bahasa Indonesia diperlukan penguasaan paragraf bahasa Indonesia. Bagaimanakah caranya? Penguasaan paragraf bahasa Indonesia dapat dilakukan dengan belajar dan berlatih menyusun dan mengembangkan paragraf. Untuk memenuhi kebutuhan itu, buku Paragraf ini dapat membantu pembaca. Buku yang merupakan kelanjutan dari buku Kosakata dan Kalimat ini mengajak pembaca mempelajari unsur-unsur, syarat-syarat, macam-macam, dan teknik-teknik menyusun dan mengembangkan paragraf bahasa Indonesia yang baik. Di samping itu, juga mengajak pembaca berlatih menerapkan hal tersebut untuk menghasilkan paragraf yang baik. Semua uraian diusahakan ringkas, jelas, dan sederhana dengan disertai contoh. Buku ini dapat dipakai oleh siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan kalangan umum yang ingin terampil menyusun dan mengembangkan paragraf bahasa Indonesia dalam rangka menata pemikiran yang utuh dan padu.

Pemikiran utuh dan padu seseorang dicerminkan melalui paragraf yang disusunnya.

Seri Terampil Menulis Bahasa Indonesia

Kalimat

Susunan kalimat bahasa Indonesia menggambarkan kadar kebenaran, ketepatan, ketertiban, dan kerapian pikiran, gagasan, dan rasa kita. Di samping itu, juga tingkat keefektifan dan kebernasan kalimat. Hal itu memudahkan keberterimaan pikiran, gagasan, dan rasa kita bagi orang lain selain mendukung keberhasilan komunikasi. Dalam tulis-menulis, peranan kalimat tersebut sangat menentukan. Oleh sebab itu, betapa penting penguasaan kalimat bahasa Indonesia untuk tulis-menulis, sebagai kesinambungan penguasaan kosakata bahasa Indonesia. Buku Kalimat ini, yang merupakan kelanjutan buku Kosakata, membantu pembaca menguasai kalimat bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis. Dalam buku ini, pembaca diberi penjelasan, diajak berlatih, dan dipandu untuk memahami dan menata kalimat tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, dan rasa. Sebelum diajak berlatih menyusun atau menata kalimat, pembaca diajak memahami bagaimana pembentukan kalimat, unsur dan jenis kalimat, dan kalimat efektif. Uraiannya diusahakan praktis, ringkas, dan sederhana. Dengan demikian, diharapkan buku ini dapat meningkatkan keterampilan pembaca dalam menyusun kalimat untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, dan rasa dalam bentuk tulisan. Buku ini dapat digunakan oleh siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan kalangan umum yang ingin meningkatkan keterampilan berkalimat bahasa Indonesia dalam rangka menata pemikiran yang utuh dan padu.

Susunan kalimat bahasa Indonesia menggambarkan kadar kebenaran, ketepatan, ketertiban, dan kerapian pikiran, gagasan, dan rasa kita.