Sebanyak 3435 item atau buku ditemukan

Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia

Buku ini berisi rekaman tentang perdebatan di kalangan sejarawan seputar penyusunan sejarah Indonesia pada masa-masa awal pembentukannya. Di dalamnya, juga di ulas perkembangan sejarah nasional dan evolusinya, dari yang semula begitu dipengaruhi oleh wacana kolonial hingga melahirkan historiografi yang Indonesia-sentris

Buku ini berisi rekaman tentang perdebatan di kalangan sejarawan seputar penyusunan sejarah Indonesia pada masa-masa awal pembentukannya.

Explore Sejarah Indonesia Jilid 1 untuk SMA/MA Kelas X

Buku EXPLORE SEJARAH INDONESIA SMA/MA ini merupakan buku yang dikembangkan dengan pendekatan sains yang pasti akan disukai siswa karena memiliki keunggulan sebagai berikut. ü Materi dan kegiatan dalam buku ini disusun dengan konsep 5M (Mengamati-Menanya-Mencoba-Menalar-Mengomunikasi/ Membentuk Jejaring) yang memungkinkan siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dan akan menuntun siswa dalam membentuk bangunan pengetahuannya. ü Adanya kegiatan dan proyek yang dilakukan secara berkelompok akan menciptakan komunikasi dua arah antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru maupun orang tua, serta siswa dengan orang-orang di sekitarnya. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengasah sikap dan kepedulian terhadap lingkungannya. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilannya dalam sikap dan perilaku sehari-hari (character building). ü Buku ini membiasakan siswa menjadi kreatif dengan memberikan kebebasan untuk mengeksplorasi pengetahuan yang diperoleh, sehingga siswa terbiasa melihat dan menemukan berbagai alternatif untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat menjadi pemecah masalah (problem solver).

Buku EXPLORE SEJARAH INDONESIA SMA/MA ini merupakan buku yang dikembangkan dengan pendekatan sains yang pasti akan disukai siswa karena memiliki keunggulan sebagai berikut. ü Materi dan kegiatan dalam buku ini disusun dengan konsep 5M ...

SEJARAH GEREJA INDONESIA

Segala Puji Syukur kepada Allah Yang Maha Kuasa atas terbitnya buku yang berjudul Sejarah Gereja Indonesia. Buku membahas tentang Hakekat Sejarah Gereja Indonesia; Pra Sejarah Gereja Indonesia; Sejarah Gereja Nestorian Indonesia; Perkembangan Gereja Katolik di Indonesia; Sejarah Gereja Calvinis di Indonesia; Perkembangan Gereja Calvinis di Indonesia; Sejarah Indische Kerk di Indonesia; Sejarah Gereja Lutheran di Indonesia; Sejarah Gereja Karismatik di Indonesia; Sejarah Gereja Indonesia Tahun 1930; Perkembangan Gereja Masa Kini. Semoga Buku Sejarah Gereja Indonesia ini dapat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Kiranya kasih Allah Yang Maha Kuasa selalu menyertai kita semuanya.

Buku membahas tentang Hakekat Sejarah Gereja Indonesia; Pra Sejarah Gereja Indonesia; Sejarah Gereja Nestorian Indonesia; Perkembangan Gereja Katolik di Indonesia; Sejarah Gereja Calvinis di Indonesia; Perkembangan Gereja Calvinis di ...

Explore Sejarah Indonesia Jilid 3 untuk SMA/MA Kelas XII

Buku EXPLORE SEJARAH INDONESIA SMA/MA ini merupakan buku yang dikembangkan dengan pendekatan sains yang pasti akan disukai siswa karena memiliki keunggulan sebagai berikut. ü Materi dan kegiatan dalam buku ini disusun dengan konsep 5M (Mengamati-Menanya-Mencoba-Menalar-Mengomunikasi/ Membentuk Jejaring) yang memungkinkan siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dan akan menuntun siswa dalam membentuk bangunan pengetahuannya. ü Adanya kegiatan dan proyek yang dilakukan secara berkelompok akan menciptakan komunikasi dua arah antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru maupun orang tua, serta siswa dengan orang-orang di sekitarnya. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengasah sikap dan kepedulian terhadap lingkungannya. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilannya dalam sikap dan perilaku sehari-hari (character building). ü Buku ini membiasakan siswa menjadi kreatif dengan memberikan kebebasan untuk mengeksplorasi pengetahuan yang diperoleh, sehingga siswa terbiasa melihat dan menemukan berbagai alternatif untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat menjadi pemecah masalah (problem solver).

Buku EXPLORE SEJARAH INDONESIA SMA/MA ini merupakan buku yang dikembangkan dengan pendekatan sains yang pasti akan disukai siswa karena memiliki keunggulan sebagai berikut. ü Materi dan kegiatan dalam buku ini disusun dengan konsep 5M ...

Explore Sejarah Indonesia Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI

Buku EXPLORE SEJARAH INDONESIA SMA/MA/SMK/MAK ini merupakan buku yang dikembangkan dengan pendekatan sains yang pasti akan disukai siswa karena memiliki keunggulan sebagai berikut.  Materi dan kegiatan dalam buku ini disusun dengan konsep 5M (Mengamati-Menanya-Mencoba-Menalar-Mengomunikasi/ Membentuk Jejaring) yang memungkinkan siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dan akan menuntun siswa dalam membentuk bangunan pengetahuannya.  Adanya kegiatan dan proyek yang dilakukan secara berkelompok akan menciptakan komunikasi dua arah antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru maupun orang tua, serta siswa dengan orang-orang di sekitarnya. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengasah sikap dan kepedulian terhadap lingkungannya. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilannya dalam sikap dan perilaku sehari-hari (character building).  Buku ini membiasakan siswa menjadi kreatif dengan memberikan kebebasan untuk mengeksplorasi pengetahuan yang diperoleh, sehingga siswa terbiasa melihat dan menemukan berbagai alternatif untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat menjadi pemecah masalah (problem solver).

Setelah tahun 1900, perkembangan ekonomi uang telah mendorong lahirnya bursa efek. Bursa efek merupakan salah satu jenis pasar, di mana para pemilik modal bertemu untuk menjual atau membeli surat-surat berharga (efek).

Sejarah Sastra Indonesia

Penyusunan buku tentang sejarah sastra Indonesia mungkin tidak pernah lengkap karena terkait dengan keterbatasan informasi. Sejarah juga merupakan hal yang subjektif karena sudut pandang yang dipakai dapat berbeda-beda. Berbagai masalah politik, juga ideologi, kerap kali sangat berpengaruh dalam penyusunan sejarah sastra. Dunia sastra tidak hadir dengan karya sastranya saja, melainkan dengan segenap aktivitas sastrawannya dalam kehidupan bernegara. Dalam masyarakat yang terbuka, ketika informasi merupakan hak publik, penyusunan sejarah sastra diharapkan mampu memberi informasi yang memadai terhadap berbagai aktivitas kesastraan yang telah terjadi. Zaman terus berkembang. Informasi tentang dunia sastra Indonesia semakin meluas dan kompleks. Buku-buku sejarah sastra yang telah ada tentu tidak mampu menjangkau wilayah waktu yang ada di depannya. Pembahasan tentang perkembangan sastra Indonesia dalam buku-buku yang telah menjadi klasik umumnya berhenti hingga Angkatan 66. Masih sangat terbatas pembahasan sejarah sastra Indonesia yang menjangkau ke Angkatan 2000 hingga tahun-tahun terakhir saat buku tersebut disusun. Kehadiran buku dalam ranah sejarah sastra Indonesia ini semoga dapat mengatasi keterbatasan-keterbatasan di atas. Tentu saja dalam buku ini masih banyak informasi yang belum terekam. Diharapkan ada saran dan kritik agar buku ini di masa-masa mendatang dapat terbit dengan lebih lengkap.

Penyusunan buku tentang sejarah sastra Indonesia mungkin tidak pernah lengkap karena terkait dengan keterbatasan informasi.

KONSEP KINERJA GURU DAN SUMBER BELAJAR DALAM MERAIH PRESTASI

KONSEP KINERJA GURU DAN SUMBER BELAJAR DALAM MERAIH PRESTASI PENULIS: Abdul Azis, M.Pd. Editor: Dr. NURHADI, S.Pd.I., S.E.Sy., S.H., M.Sy., MH., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-283-268-8 Terbit : Juni 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Prestasi belajar tidaklah dikatakan berprestasi tanpa bantuan aspek dan faktor lain yang melater belakanginya. Kinerja guru dan pemanfaatan sumber belajar merupakan bagian dari faktor instrumental yang turut menentukan keberhasilan belajar siswa. Maka buku ini memuat factor kinerja guru, sumber belajar yang mengantarkan siswa berprestasi. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Psikologi Belajar Pendidikan Agama Islam, Rajawali, Jakarta Undang – undang Guru dan Dosen (UU RI No.14 Th. 2005), Jakarta : Sinar Grafika Yamin, Martinis dan Masiah, 2010. Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta : Gaung Persada Ya'qub, ...

Studi Inovasi Dan Globalisasi Pendidikan Suatu Pendekatan Teoritis dan Riset Dilengkapi Contoh Hasil R & D Bahan Ajar

Penulisan buku ini dilatarbelakangi karena masalah pemenuhan buku referensi dan buku ajar Inovasi dan Globalisasi Pendidikan berbasis riset masih kurang. Memenuhi kebutuhan tersebut maka penulis merasa perlu untuk menulis buku ini, terutama untuk menambah referensi dan wawasan keilmuan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Inovasi dan Globalisasi Pendidikan. Perbedaan buku Studi Inovasi dan Globalisasi Pendidikan yang ditulis ini dengan buku-buku yang telah ada adalah buku yang berada di tangan anda ini ditulis dengan materinya sesuai dengan silabus KKNI mata kuliah Studi Inovasi dan Globalisasi Pendidikan. Buku ditulis berbasis riset dilengkapi contoh pengembangan bahan ajar dengan mengambil salah satu materi dari mata kuliah yang pernah peneliti ampu, dan sesuai dengan pengalaman penulis sebagai pengampu mata kuliah ini.

A. Globalisasi Pendidikan Pendidikan merupakan suatu aktivitas penting yang dilakukan oleh setiap negara. Melalui pendidikan terbentuklah rakyat yang cerdas, saleh, berakhlak mulia, terampil, mandiri dan dapat diandalkan sebagai output ...

Mendesain Bahan Ajar Cetak Dan Digital

Perkembangan pembelajaran terus mengalami perubahan. Paradigma pembelajaran dari TCL (Teaching Center Learning) menjadi SCL (Student Center Learning) telah mengubah pola pembelajaran yang menunutut siswa untuk bisa belajar mandiri. Perangkat pembelajaran mandiri di antaranya adalah bahan ajar yang berisi materi, petunjuk belajar, dan evaluasi yang dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Di era industri 4.0 yang masuk pada era digitalisasi telah membawa perubahan besar pada sistem pembelajaran. Pembelajaran yang berbasis internet telah melahirkan era pembelajaran online (dalam jaringan). Bahan ajar pun menjadi bagian yang terdampak. Bahan ajar harus harus menjadi perhatian guru. Bahan ajar dalam bentuk cetak untuk pembelajaran offline (luar jaringan) harus bertransformasi dalam bentuk bahan ajar digital. Secara konten, penyusunan bahan ajar digital tidak berbeda dengan yang cetak. Hanya saja bahan ajar digital memerlukan bantuan aplikasi berbasis komputer. Banyak aplikasi yang ditawarkan baik yang berbayar maupun gratis yang bisa dimanfaatkan untuk penyeusunan bahan ajar tersebut. Oleh karena itu, melalui tulisan ini penulis menawarkan sesuatu yang dapat menjadi rujukan bagi mahasiswa calon guru yang akan menyelesaikan tugas akhir dengan mengembangkan bahan ajar, atau para guru yang akan menyusun bahan ajar, baik cetak maupun digital. Buku ini disusun secara sistematis mulai langkah awal rencana penyusunan bahan ajar, teori yang akan menjadi landasan, metodologi pengembangan, implementasi hasil pengembangan, dan produk akhir, serta contoh aplikasi dan bahan ajar digital. Semoga buku ini memberikan inspirasi untuk menyusun bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan pendidikan di era industri 4,0 dan di era digitalisasi.

Perkembangan pembelajaran terus mengalami perubahan.

Bahan Ajar Interaktif Berbasis Karakter

Judul : Bahan Ajar Interaktif Berbasis Karakter (Konsep dan Aplikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen) Penulis : Dr. Agusthina Siahaya, M.Th Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 88 Halaman No ISBN : 978-623-6233-26-9 Dr. Agustina Ch. Kakiay, M.Si (Rektor IAKN Ambon) Tuntutan dunia internasional terhadap tugas guru memasuki abad ke-21 tidaklah ringan. Guru diharapkan mampu dan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang bertumpu dan melaksanakan empat pilar belajar yang dianjurkan oleh Komisi Internasional UNESCO untuk Pendidikan, hal ini didasari bahwa Pendidikan merupakan komunikasi terorganisasi dan berkelanjutan yang dirancang untuk menumbuhkan kegiatan belajar pada diri peserta didik (education as organized and sustained communication designed to bring about Learning). Learning to be merupakana pendidikan seharusnya memberikan bekal kemampuan untuk mengembangkan diri. Proses belajar memungkinkan terciptanya peserta didik yang mandiri, memiliki rasa percaya diri, mampu mengenal dirinya, pemahaman diri, aktualisasi diri atau pengarahan diri, memiliki kemampuan emosional dan intelektual yang konsisten, serta mencapai tingkatan kepribadian yang mantap dan mandiri. Bahan ajar interaktif berbasis karakter menjadi salah satu media yang relevan untuk dimanfaatkan oleh tenaga pendidik dalam proses pembelajaran abad-21, karena sesuai dengan karakteristik generasi milenial. Bahan ajar interaktif merupakan bahan ajar yang bersifat aktif dengan desain tertentu agar dapat melakukan perintah balik kepada pengguna (siswa) untuk melakukan aktifitas sehingga siswa terlibat interaksi dua arah dengan bahan ajar yang sedang dipelajari. Buku bahan ajar interaktif tepat digunakan sebagai refferensi bagi tenaga pendidik (guru, dosen, praktisi, peneliti) dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif secara kusus dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen, karena buku ini merupakan hasil konversi penelitian.

Judul : Bahan Ajar Interaktif Berbasis Karakter (Konsep dan Aplikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen) Penulis : Dr. Agusthina Siahaya, M.Th Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 88 Halaman No ISBN : 978-623-6233-26-9 Dr. Agustina Ch. ...