Sebanyak 21387 item atau buku ditemukan

Monograf Model Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman dan Daya Tarik Pembelajaran

Penulisan buku ini termotivasi dari kenyataan bahwa siswa memiliki kebiasaan belajar yang beragam. Di sisi lain, ada pula kebiasaan siswa yang hanya bermain dengan memanfatkan media audio visual. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, layanan informasi berbantu multimedia sangat memegang peranan penting, khususnya pemanfaatan dalam proses belajar. Bagaimana pun sekarang ini kehidupan manusia tidak bisa lepas dari aktivitas dunia digital dan multimedia. Karena itulah, mengaitkan layanan informasi berbantu multimedia dengan kebiasaan belajar siswa merupakan hal relevan.

Oleh karena itu, orang tua berupaya agar anaknya belajar bahasa asing dan secara tidak sadar mengesampingkan bahasa daerah karena menurut mereka bahasa asing lebih maju dan modern. Padahal semestinya kita menggunakan bahasa Jawa sebagai ...

KETERAMPILAN BERBICARA Tinjauan Deskriptif dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting dan mutlak dikuasai oleh setiap peserta didik di seluruh jenjang pendidikan. Pada jenjang pendidikan sarjana, khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, mata kuliah Keterampilan Berbicara selalu menjadi mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara merupakan keterampilan yang harus dikuasai, tidak hanya secara teoretis tetapi juga praktik untuk menunjang profesi keguruan, khususnya guru Bahasa Indonesia. Buku ini diterbitkan untuk menjawab kebutuhan pebelajar, mahasiswa calon guru, maupun para guru Bahasa Indonesia sebagai bekal dan pedoman dalam meninjau teori keterampilan berbicara dan penerapannya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang sesuai dengan dinamisnya perubahan kurikulum 2013 saat ini. Ucapan terima kasih penulis sampaikan pada pihak Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Buku ini terwujud sebagai salah satu upaya pemerintah dalam hal ini Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, yang terus mengupayakan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) secara berkesinambungan. Pada tahun 2016 telah dilaksanakan program hibah Revitalisasi LPTK yang memfokuskan pada pengembangan kurikulum program studi (prodi) sarjana pendidikan yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan berorientasi pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Pada tahun ini (2017) kurikulum yang telah disusun diimplementasikan dengan memfokuskan pada pengembangan perangkat pembelajaran pendukung kurikulum, yang salah satu produknya adalah buku ajar yang diterbitkan. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada segenap pimpinan di Universitas Islam Malang yaitu Rektor, Wakil Rektor I, Tim Task Force Unisma, Dekan FKIP dan segenap pimpinannya, yang telah memberi kesempatan, bantuan, dan motivasi pada penulis dalam menyelesaikan buku ini. Tidak lupa juga penulis sampaikan terima kasih pada sejawat dosen sebagai teman diskusi dalam penuntasan penulisan buku. Semoga penerbitan buku ini dapat dimanfaatkan dan digunakan sebagai acuan bagi pebelajar, mahasiswa, guru, dan pemerhati pendidikan dalam memahami konsep, teori, dan penerapan keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting dan mutlak dikuasai oleh setiap peserta didik di seluruh jenjang pendidikan.

STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB: (MENGGELITIK PAKEM) PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, & MENYENANGKAN

Lembaga pendidikan saat ini mulai memberikan perhatian khusus guna merespon tuntutan tersebut. Terlihat dalam kurikulum di beberapa jenjang dan jenis lembaga pendidikan mulai diisi dengan pembelajaran bahasa Arab. Mempelajari suatu bahasa memang terikat dengan faktor kebiasaan, sehingga tidak heran banyak orang yang mampu berbahasa asing karena sering memperaktikkannya. Selain itu, mempelajari suatu bahasa juga terikat dengan strategi dan metode mempelajarinya. Buku ini hadir untuk memandu kita dalam mengusai bahasa Arab dengan berbagai strategi dan metodenya. Buku ini sangat layak digunakan, baik di kalangan umum, tenaga pendidik, siswa dan mahasiswa. Buku ini tidak menyajikan sudut pandang teori saja, tetapi juga terdapat contoh-contoh yang mempermudah kita untuk memahami bahasa Arab.

Hal ini sengaja ditekankan, karena berdasarkan pengamatan, banyak di antara guru bahasa Arab yang cenderung mengajak ... karena sistem tata bunyi bahasa Arab banyak berbeda dengan bahasa Indonesia dan bahasa daerah yang dikenal oleh ...