Sebanyak 1532 item atau buku ditemukan

Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Buku Inovasi baru kurikulum 2013 pendidikan agama islam dan budi pekerti ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013

Buku dengan judul “Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013” ini pada awalnya disusun guna kepentingan kebutuhan perkuliahan dan juga untuk sarana studi leterasi bagi kalangan pendidik maupun bagi calon pendidik. Pertimbangan penyusunan buku ini dilandasi oleh suatu kondisi akan langkanya ketersediaan literatur yang membahas masalah Kurikulum 2013 yang belakangan ini marak diperbincangkan oleh kalangan pendidik termasuk bagi calon pendidik. Pemikiran lebih lanjut yang mendorong penulis untuk menyusun tulisan ini untuk menjangkau pihak-pihak lain dalam skop yang lebih luas yang tak hanya terbatas bagi kalangan pendidik, tetapi juga bagi non pendidik yang memiliki ketertarikan terhadap persoalan Kurikulum 2013 ini. Melihat akan perlunya penyusunan buku ini, yang menjadi esensi utama dalam sajiannya tentang bagaimana paradigma guru dalam menyikapi persoalan Kurikulum 2013 yang tentu di awal pemberlakuannya hingga sekarang ini masih menimbulkan pro dan kontra.

Buku Perencanaan pembelajaran kontemporer berbasis penerapan kurikulum 2013 ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Praktis Membuat Buku Kerja Guru : Menyusun Buku Kerja 1, 2, 3 dan 4 Dengan Mudah dan Sistematis

“PRAKTIS MEMBUAT BUKU KERJA GURU “ ini dapat membantu semua guru untuk memudahkan membuat buku kerja 1, buku kerja 2, buku kerja 3 dan buku kerja 4 yang akan menjadi on progres guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah. Buku ini juga dapat menjadi pengenalan bagi rekan guru semua terhadap apa-apa saja yang menjadi tuntutan guru untuk memenuhi standar mengajar seorang guru dalam buku kerja 1, buku kerja 2, buku kerja 3 dan buku kerja 4. Melalui buku ini juga diharapkan para guru dapat membuat buku kerja guru yang dipersiapkan oleh rekan guru sebagai panduan guru dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagai seorang pendidik dan seorang fasilitator bagi anak didik di sekolah. Seorang fasilitator tentunya harus melengkapi persiapan mengajar yang baik dan terstruktur untuk anak didiknya sehingga tercipta proses pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dan mendapatkan hasil pembelajaran seperti yang ditargetkan pada standar kompetensi lulusan (SKL)

Buku kerja 2 yang dipersiapkan oleh guru adalah : 1. KODE ETIK GURU Kode
Etik guru merupakan pedoman bersikap dan berperilaku guru yang tercermin
dalam bentuk nilai-nilai moral dan etika jabatan guru. Artinya guru harus
menyadari ...

Buku Panduan Guru

(Edmodo sebagai Media E-Learning Kimia Berbasis Smartphone)

Buku ini menyajikan panduan secara lengkap bagi Guru, khususnya bidang studi KIMIA dalam menggunakan Edmodo sebagai media pembelajaran. Buku ini disajikan secara lengkap mulai dari cara membuat akun hingga melaksanakan pembelajaran E-learning.

Hal ini sesuai hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang
signifikan antara e-learning dan motivasi peserta didik, ketika guru menerapkan
e-learning lebih banyak motivasi dihasilkan oleh peserta didik dan sebaliknya.

Metode pendidikan keluarga

Tujuan umum penulisan buku ini adalah menjelaskan proses metode penelitian pada Ilmu Keluarga. Adapun tujuan khusus penulisan buku adalah (1) menjelaskan proses dan sejarah penelitian Ilmu Keluarga, (2) menjelaskan kaitan judul, tujuan, dan kerangka pemikiran; metode penarikan contoh; proses pengukuran variabel; desain penelitian; manajemen data; serta pengujian validitas dan reliabilitas, (3) menguraikan analisis dan interpretasi data serta penggunaan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dalam studi Keluarga, dan (4) memberi contoh instrumen Bidang Ilmu Keluarga.

Adapun tujuan khusus penulisan buku adalah (1) menjelaskan proses dan sejarah penelitian Ilmu Keluarga, (2) menjelaskan kaitan judul, tujuan, dan kerangka pemikiran; metode penarikan contoh; proses pengukuran variabel; desain penelitian; ...

Prinsip Dasar dan Aplikasi Metode Difraksi Sinar-X untuk Karakterisasi Material

Buku ini berisi 9 bab yang membahas antara lain: 1. Karakteristik dasar sinar X dan hamburan sinar X yang dihasilkan akibat interaksi sinar X dengan materi (elektron, atom, dan kristal) 2. Aplikasi difraksi sinar X untuk karakterisasi material di berbagai bidang penelitian dan analisis 3. Kajian tentang kristal dengan parameter kristal 4. Mekanisme produksi sinar X, mekanisme filtrasi radiasi sinar X karakteristik oleh logam filter, dan mekanisme kristal menghasilkan difraktogram sinar X. 5. Bagian-bagian penting dalam difraktometer sinar X. 6. Penentuan jenis komponen kristal penyusun materi pacat (analisis kualitatif). 7. Kristalinitas. 8. Ukuran kristal dan regangan kisi. 9. Jumlah komponen kristal yang membentuk padat (analisis kuantitatif).

Buku ini berisi 9 bab yang membahas antara lain: 1.

Metode Penelitian

Menjadi seorang peneliti pastinya harus paham benar bagaimana metode-metode untuk meneliti dan melakukan sebuah penelitian. Seorang peneliti, terutama peneliti pemula seringkali merasa bingung tentang apa yang ia lakukan pada tahap tertentu. Buku ini menawarkan sebuah panduan yang cukup komprehensif, mulai dari awal memulai penelitian hingga praktik teknis penulisan. Buku ini disiapkan untuk membantu para peneliti, baik pemula maupun senior dalam mempermudah perumusan, pengonsepan, perencanaan, hingga penulisan laporan penelitian, tentunya tak hanya menjurus penelitian-penelitian berbasis ilmiah akademik, metode penelitian ini juga disiapkan untuk penelitian-penelitian untuk cakupan ilmu yang lebih luas. Maka, dengan adanya buku ini, penelitian Anda akan lebih baik dan berkualitas.

Buku ini disiapkan untuk membantu para peneliti, baik pemula maupun senior dalam mempermudah perumusan, pengonsepan, perencanaan, hingga penulisan laporan penelitian, tentunya tak hanya menjurus penelitian-penelitian berbasis ilmiah ...

Agama Anak-anak Bahasa Biografi Buku Teks Ekonomi Hobi dan Usaha Hukum & Perundangan Humor Kategori Lainnya Kesehatan Komik Komputer & Internet Kumpulan Cerpen Kumpulan Puisi Manajemen dan Bisnis Novel Parenting Pariwisata Pendidikan Psikologi Referensi dan Kamus Sains & Teknologi Sastra Sejarah & Budaya Sosial Politik True Story Buku Baru Buku Best Seller Buku Pilihan JUAL BELI ONLINE IBNU TAIMIYAH Sebuah Metode Istinbath Hukum Ibnu Taimiah tentang Menemukan Hukum Jual Beli Online

Diandra Kreatif

Berangkat dari aktifitas yang sering menjadi permasalahan di masyarakat luas bahkan tidak jarang menjadi perdebatan yang tak berujung. Pada dasarnya, jual beli merupakan sesuatu yang dibolehkan oleh Allah SWT . Akan tetapi, hal yang menarik untuk dikaji adalah bagaimana metode istinbath hukum Ibnu Taimiyah memandang hukum jual beli online. Buku ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode istinbath hukum Ibnu Taimiyah tentang akad serta implementasinya pada jual beli online. Dengan demikian, setidaknya yang selama ini menjadi titik masalah dapat terungkap dan dapat menjadi informasi ilmiah yang mencerahkan. Melalui teknik analisis kualitatif dari dari buku ini menghasilkan: Pertama, Ibnu Taimiyah memakai metode istinbath hukum yang hampir sama dengan mazhab Ahmad bin Hambal akan tetapi memiliki perbedaan dalam metode istinbath hukum. Dalam hal ini, Imam Ahmad bin Hambal memakai: (1) Nas yakni Alquran dan sunah, (2) Hadis mursal, (3) Hadis daif, (4) Fatwa sahabat,dan qiyas. Sementara itu, dalam Melakukan metode istinbath hukum Ibnu Taimiyah menggunakan: (1) Alquran, (2) Sunah, (3) ijma, (4) qiyas, (5) istisẖab, dan (6) maslaẖah al Mursalah. Kedua: Ibnu Taimiyah berpendapat kebolehannya bertransaksi dengan, (1) ijab dan kabul, (2) isyarat, (3) tulisan dan (4) jual beli serah terima (muathah). Jadi, hukum jual beli online boleh selagi tidak ada dalil yang mengharamkannya, serta tidak bertentangan dengan prinsip prinsip syariat Islam.

Berangkat dari aktifitas yang sering menjadi permasalahan di masyarakat luas bahkan tidak jarang menjadi perdebatan yang tak berujung.

Belajar & Pembelajaran

Dalam belajar mengajar hal yang terpenting adalah proses, karena proses inilah yang menentukan tujuan belajar akan tercapai atau tidak tercapai. Ketercapaian dalam proses belajar mengajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku tersebut baik yang menyangkut perubahan bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor), maupun yang menyangkut nilai dan sikap (afektif). Dalam proses belajar mengajar ada banyak faktor yang memengaruhi tercapainaya tujuan pembelajaran, di antaranya: pendidik, peserta didik, lingkungan, metode/teknik, serta media pembelajaran. Pada kenyataannya, apa yang terjadi dalam pembelajaran sering kali terjadi proses pengajaran yang berjalan dan berlangsung tidak efektif. Banyak waktu, tenaga, dan biaya yang terbuang sia-sia sedangkan tujuan belajar tidak dapat tercapai bahkan terjadi noises dalam komunikasi antara pengajar dan pelajar. Hal tersebut di atas masih sering dijumpai pada proses pembelajaran selama ini. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Di sisi lain, pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, tetapi sebenarnya mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan, tenaga pendidik mengajar agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan, juga dapat memengaruhi perubahan sikap, serta keterampilan seorang peserta didik, namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja. Adapun pembelajaran menyiratkan adanya interaksi antara pengajar dengan peserta didik. Pembelajaran yang berkualitas sangat tergantung dari motivasi pelajar dan kreativitas pengajar. Pembelajar yang memiliki motivasi tinggi ditunjang dengan pengajar yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut akan membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Target belajar dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses belajar.

Target belajar dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses belajar. Buku Belajar & pembelajaran ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Belajar Dan Pembelajaran

Guru dan para calon guru perlu memahami tentang belajar dan bagaimana membelajarkan orang (pembelajaran). Hal inilah yang dibahas dalam buku ini. Buku ini membahas secara sederhana mengenai prinsip-prinsip belajar, dan mengilustrasikannya dengan latar pendidikan. Selain itu juga dikemukakan kerangka pemikiran tentang pembelajaran. Dengan pengetahuan yang sederhana tentang prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran, diharapkan akan memotivasi para calon guru (mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) untuk terus mencari tambahan pengetahuan mengenai belajar bila nanti kelak telah menekuni profesi sebagai guru. Teori-teori belajar yang dikemukakan dalam buku ini dikelompokkan dalam empat golongan yaitu teori Behaviorisme, Humanisme, Sibernetik, dan Konstruktivistik. Teroi-teori ini semua menunjukkan kepada sejumlah proses internal yang dipengaruhi beraneka ragam peristiwa eksternal. Pengaturan peristiwa-peristiwa eksternal untuk menggerakkan dan mendukung terjadinya proses belajar dari dalam (internal) itulah yang dinamakan pembelajaran. Penguraian peristiwa-peristiwa eksternal ini, dan pengaruhnya terhadap proses belajar merupakan tema pokok buku ini.

Penguraian peristiwa-peristiwa eksternal ini, dan pengaruhnya terhadap proses belajar merupakan tema pokok buku ini. Buku Belajar dan pembelajaran ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.