Sebanyak 1245 item atau buku ditemukan

Kajian Kurikulum Kimia Dan SMK

Bab I memberikan informasi awal mengenai deskripsi Mata KuliahKajian Kurikulum Kimia SMA/K, rencana pembelajaran, petunjukpenggunaan buku ajar, standar kompetensi, dan bentuk evaluasiperkuliahan. Bab II menjelaskan tentang konsep dasar kurikulum yangmeliputi definisi kurikulum, teori kurikulum, komponen kurikulum,kurikulum dan pendidikan, dan terminologi kurikulum. Bab IIImendeskripsikan mengenai landasan pengembangan kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, langkah-langkah dalam pengembangankurikulum, model-model pengembangan kurikulum, pendekatan dalam pengembangan kurikulum, dan pengorganisasian kurikulum. Bab IVmemaparkan tentang perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia, dari Rencana Pelajaran 1947 hingga Kurikulum 2013 Revisi. Bab V menjelaskan tentang kurikulum untuk mata pelajaran kimia dalam pendidikan, kajian konten kimia SMA pada KTSP 2006, dan kajian konten kimia SMA pada Kurikulum 2013 Revisi. Bab VI mendeskripsikan tentang tantangan pembelajaran kimia SMK dalam Kurikulum 2013 Revisi, kajian konten mata pelajaran kimia untuk SMK kompetensi keahlian kimia industri, kimia analisis, analisis pengujian laboratorium, kimia tekstil, farmasi klinis & komunitas, dan farmasi industri dalam Kurikulum 2013 Revisi. Pada bagian terakhir, Bab VII memberikan penjelasan terkait Kurikulum Kimia Internasional untuk SMA.

Pada bagian terakhir, Bab VII memberikan penjelasan terkait Kurikulum Kimia Internasional untuk SMA. Buku Kajian Kurikulum Kimia SMA Dan SMK ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku pedoman guru: pendidikan kehidupan keluarga

(sebuah saran)

Metode ini digunakan oleh guru atau petugas pendidikan lainnya bilamana ia :
meninjau pelajaran yang sudah diberikan sebagai dasar bagi guru untuk
melanjutkan pokok pelajaran yang baru . Menyelingi pembicaraan guru untuk ...

METODE PENELITIAN SOSIAL TEORI DAN APLIKASI

Penelitian sosial merupakan upaya ilmiah dan sistematis yang dilakukan oleh peneliti untuk menjelaskan fenomena sosial, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.

Penelitian sosial merupakan upaya ilmiah dan sistematis yang dilakukan oleh peneliti untuk menjelaskan fenomena sosial, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.

Metode Penelitian Dan Pengolahan Data Untuk Pengambilan Keputusan Pada Perusahaan

Metodologi penelitian adalah cara untuk secara sistematis menyelesaikan masalah penelitian. Dengan kata lain adalah ilmu yang mempelajari bagaimana penelitian dilakukan secara ilmiah. Di dalamnya kita mempelajari berbagai langkah-langkah yang umumnya diadopsi oleh seorang peneliti dalam mempelajari masalah penelitiannya bersama dengan logika yang mendasari penelitian tersebut. Penting bagi peneliti untuk mengetahui tidak hanya teknik penelitian, tetapi juga metodologi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dengan niat yang baik, kami menerbitkan sebuah buku yang berjudul “Metode Penelitian dan Pengolahan Data untuk Pengambilan Keputusan pada Perusahaan”, yang kiranya dapat memenuhi minat masyarakat, mahasiswa, dan pakar-pakar ilmu pengetahuan, dan untuk menambah pengetahuan mereka dalam berbagai perkembangan yang menyangkut metode penelitian. Karena buku ini sifatnya umum, maka cara penyajian kami usahakan sedemikian rupa, praktis, didaktis, sehingga mudah dikaji dan dipahami.

Metodologi penelitian adalah cara untuk secara sistematis menyelesaikan masalah penelitian.

Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan

Belajar merupakan proses memperoleh ilmu. Belajar merupakan kegiatan yang menghasilkan adanya perubahan dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak mampu menjadi mampu. Sedangkan pembelajaran mengacu pada dua konsep, yakni belajar dan mengajar. Pembelajaran merupakan proses yang kompleks dengan menghadirkan kegiatan belajar yang dilaksanakan oleh siswa serta kegiatan mengajar yang dilaksanakan oleh guru. Belajar dan pembelajaran merupakan dua kegiatan yang beriringan dan saling terkoneksi satu dengan lainnya. Artinya, proses pembelajaran tidak akan berhasil jika kegiatan belajar tidak hadir. Sebaliknya, jika komponen mengajar pada proses pembelajaran tidak dijalankan dengan baik, maka kegiatan pembelajaran juga akan timpang dan tidak mencapai hasil yang maksimal. Sebagai guru serta calon guru, memahami makna belajar dan pembelajaran sangat penting. Tujuannya hanya satu, mencapai kompetensi pembelajaran yang diharapkan. Guru dan calon guru wajib memahami seperti apa teori, konsep dan hakikat belajar itu sendiri, sebelum menerapkannya di kelas pembelajaran yang sebenarnya. Mulai dari perspektif psikologi hingga perspektif sosial, seyogianya menjadi acuan bagi guru dan calon guru sebelum memulai aktivitas belajar mengajar (pembelajaran). Pemberian materi ajar hingga mendesain serta mengembangkan model dan metode pembelajaran yang tepat menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru serta calon guru. Pengetahuan dan keterampilan terkait tes evaluasi apa yang tepat untuk siswa juga memberikan efek dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Untuk itu, buku Belajar & Pembelajaran hadir sebagai bagian dari transfer keilmuan kepada guru serta calon guru. Buku Belajar & Pembalajaran ini terdiri dari 10 bab, di antaranya: Konsep Belajar & Hakiki Belajar, Hakikat Pembelajaran, Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Pengembangan Model Desain Pembelajaran, Pengembangan Media & Sumber Belajar, serta Pengembangan Tes Evaluasi. Dengan adanya buku ini, diharapkan para pendidikan serta calon pendidik dapat mengetahui bagaimana penerapan konsep belajar dan pembelajaran secara tepat baik dipandang dari sisi siswa maupun dipandang dari sisi guru.

... Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII', PPPPTK Matematika, pp. 1–19. Trianto (2013) Desain pengembangan pembelajran tematik bagi anak usia dini TK/RA dan anak kelas ...

Kebebasan Media Mengancam Literasi Politik

Teknologi ibarat pisau bermata dua, di satu sisi bisa memudahkan tetapi di sisi lain juga bisa menjadi ancaman. Dampaknya, demokrasi bisa tumbuh dan berkembang dengan pesat tetapi berpeluang mengancam sistem demokrasi. Demokrasi yang seharusnya membuka peluang partisipasi rakyat lebih baik justru berkembang di luar kendali dari ciri-ciri ideal demokrasi. Salah satu pemicunya adalah media massa. Media berperan dalam memberikan ruang kebebasan demokrasi. Namun demikian, media punya peran besar membunuh demokrasi itu sendiri. Buku ini mengkaji dari berbagai sudut pandang mengapa itu semua terjadi, sejarah dan tantangan serta apa yang harus dilakukan di masa datang. Tentu saja, agar pengembangan demokrasi tidak salah arah. Untuk itulah media massa sebenarnya punya andil besar untuk mewujudkan cita-cita ideal pelaksanaan demokrasi

Teknologi ibarat pisau bermata dua, di satu sisi bisa memudahkan tetapi di sisi lain juga bisa menjadi ancaman.

Manajemen Pendidikan Dalam Menghadapi Era Digital

Sejalan dengan tantangan kehidupan global, pendidikan sangat penting karena pendidikan merupakan salah satu penentu kualitas sumber daya manusia. Dimana dewasa ini keunggulan suatu bangsa tidak lagi ditandai dengan kelimpahan sumber daya alam, tetapi keunggulan sumber daya manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, banyak hal yang telah berubah atau berkembang dengan cara yang awalnya tidak terpikirkan. Kita telah berada di era digital yang dikenal sebagai era 4.0. Perubahan dengan cepat terjadi diberbagai bidang, termasuk dunia pendidikan. Oleh karena itu, dunia pendidikan harus segera berbenah atau melakukan persiapan dalam menghadapi tantangan baru di era digital saat ini.

Sejalan dengan tantangan kehidupan global, pendidikan sangat penting karena pendidikan merupakan salah satu penentu kualitas sumber daya manusia.

MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL

Buku ini disusun agar dapat melihat kehadiran digitaliasi dalam dunia pendidikan. Tidak luput juga percepatan pendidikan dengan metode pembelajaran digital tersebut dipengaruhi oleh pademi corona yang melanda dunia. Buku ini dimulai dengan mengenal manajemen pendidikan serta dan sosiologi, pada bab terakhir akan membahas manajerial pendidikan dalam menghadapai pademi Covid-19. Buku juga membahas metode pembelajaran digital dan e-Learning. Buku ini mengenalkan para mahasiswa, akademisi dan masrakat umumnya dalam mempelajari konsep-konsep pembelajaran digital di dunia pendikan formal Penulis pun menyadari jika didalam penyusunan buku ini mempunyai kekurangan, namun penulis meyakini sepenuhnya bahwa sekecil apapun buku ini tetap akan memberikan sebuah manfaat bagi pembaca.

4) Sarana dan prasarana Keberadaan sarana dan prasarana disekitar sekolah sangat menunjang dalam pembangunan sekolah, diantaranya adalah kemudahan sumber ...