Sebanyak 28 item atau buku ditemukan

PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

BAB I HAKIKAT DAN PARADIGMA PENELITIAN TINDAKAN KELAS ................................. A. Pengertian Penelitian Tindakan Kelas........................ B. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ............................. C. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas ........................... D. Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK)....... E. Prinsip Penelitian Tindakan Kelas ........................... F. Langkah-langkah dalam PTK................................... G. Latihan Soal.............................................................. BAB II MERUMUSKAN MASALAH DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS .............................. A. Menemukan Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas......................................................... B. Membuat Rumusan Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas......................................................... C. Latihan Soal.............................................................. BAB III MANFAAT DAN KEGUNAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ............................... A. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas ......................... B. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Siswa, Guru, Sekolah dan Teori Pendidikan............ C. Kegunaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ........... D. Latihan Soal.............................................................. BAB IV PERAN DAN MEREVIEW TEORI DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS ............................... A. Peran Penelitian Tindakan Kelas.............................. B. Mereview Teori dalam Penelitian Tindakan Kelas .. C. Latihan Soal.............................................................. BAB V DATA DAN SUMBER DATA PENELITIAN TINDAKAN KELAS ............................... A. Definisi Data dan Sumber Data................................ B. Jenis Data dan Sumber Data..................................... BAB VI DATA DAN SUMBER DATA DALAM PTK, PROSEDUR PTK DAN PROSEDUR YANG ADA DALAM AL QUR’AN DAN HADIS................................ A. Sumber Data ............................................................. B. Jenis Data ................................................................. C. Prosedur Penelitian................................................... D. Prosedur Evaluasi Pembelajaran .............................. E. Prosedur di dalam al-Qur‟an dan hadis .................... C. Latihan Soal.............................................................. BAB VII TEKNIK PENGUMPULAN DATA PTK DAN MENGIDENTIFIKASIKAN AYAT DAN HADIS DALAM HAL OBSERFASI, WAWANCARA, DOKUMEN .......................................... A. Teknik Pengumpulan Data PTK .............................. B. Identifikasi Ayat dan Hadis dalam Hal Observasi, Wawancara dan Dokumen ....................................... C. Latihan Soal.............................................................. BAB VIII TEKNIK ANALISIS DATA TINDAKAN KELAS ................................................................................ A. Pengertian Teknik Analisi Data ............................... B. Jenis Data yang Dianalisis........................................ C. Teknik-teknik Analisis Data..................................... D. Langkah-langkah Analisis Data ............................... E. Menginterpresikan.................................................... F. Latihan Soal.............................................................. BAB IX CARA MEMBANGUN KEABSAHAN DATA .................................................................................. A. Alasan dan Acuan..................................................... B. Kriteria Keabsahan Data .......................................... C. Pemeriksaan Keabsahan Data .................................. D. Latihan Soal.............................................................. BAB X ANALISIS PROPOSAL DALAM SKRIPSI... A. Pengertian Proposal ................................................. B. Sistematika Penulisan Proposal Skripsi .................. C. Analisis Proposal dalam Skripsi.............................. D. Latihan Soal............................................................. BAB XI PRAKTEK PEMBUATAN PROPOSAL....... A. Pengertian Proposal ................................................. B. Jenis-Jenis Proposal................................................. C. Isi Proposal .............................................................. D. Ciri-Ciri Proposal .................................................... E. Bentuk-bentuk Proposal .......................................... F. Unsur-unsur Proposal .............................................. G. Bagian-bagian proposal ........................................... H. Latihan Soal............................................................. BAB XII ANALISIS LAPORAN DALAM SKRIPSI.. A. Laporan dalam Skripsi ............................................ B. Analisis Skripsi ....................................................... C. Latihan Soal............................................................. DAFTAR PUSTAKA ....................................................... GLOSARIUM .................................................................. BIOGRAFI PENULIS .....................................................

BAB I HAKIKAT DAN PARADIGMA PENELITIAN TINDAKAN KELAS .

Islamic Economics: Principles and Analysis

With the impressive emergence of Islamic finance as a branch of Islamic economics, the need for a solid knowledge base that encompasses theories, thoughts and applications related to the subject increased in importance. However, writing about Islamic economics is a great challenge due to the differences in opinion on many of its issues. This includes methodologies for determining the Islamic perspective on economic concepts and issues as well as applicable solutions for today’s economic and social problems. It is further argued that Islamic economics topics are not as clear as those in conventional economics as they have their own religious, spiritual and social dimensions. The points of controversy have generated lengthy discussions. Moreover, Islamic economics encompasses a vast array of topics and approaches, from the purely theoretical, which may include philosophy or religious ideas, to mathematical and quantitative analyses. We tried our best throughout this textbook to simplify, clarify and summarise these concepts to make them accessible to all readers including students, practitioners, academics and even interested non-specialists. This textbook presents, discusses and analyses various topics and issues related to Islamic economics ranging from philosophical, epistemological and methodological to microeconomic and macroeconomic perspectives. In this endeavour, the social aspect of Islamic economics—an essential part of the discipline—is not neglected. The textbook compares Islamic ideas and concepts related to economics with those in conventional economics to highlight Islamic economics as a distinct field of knowledge with an emphasis on the ethical and social aspects. The authors have tried their level best to explain the theoretical concepts as simply as possible without ignoring today’s realities and without compromising Sharīʿah principles and objectives. One of the main objectives of the book is to provide the reader with Islamic economic ideas and solutions that are realistic and applicable within the current highly globalised economic and business environment, which is largely dominated by conventional interest-based systems and institutions. Despite being written for an elementary-level audience, this textbook can also be beneficial to a wide range of specialist and non-specialist readers and seekers of knowledge. For those specialising in Islamic economics, it is an appropriate source of reference to gain an overview on different topics relating to the foundations of Islamic economics. At this point, however, it must be mentioned that each topic deliberated upon, by its nature, would require a book on its own to cover all its aspects. Therefore, further exploration is required for Islamic economics specialists. A list of references and recommended readings is provided for that purpose at the end of each chapter. On the other hand, students of mainstream economics, finance and other academic majors will find this textbook an excellent resource for comprehensive knowledge of Islamic economics and its related issues. Universities may benefit from the different topics presented in this textbook in designing or preparing their economics courses at different levels based on their own curriculums and classes. This textbook could be used at the undergraduate level or even for a master’s level economics or Islamic economics course, especially in an Islamic banking and finance programme or for an MBA having a specialisation in Islamic banking and finance where an economics or Islamic economics course is offered. Furthermore, practitioners and interested readers who are seeking essential and simple knowledge about Islamic economics will also find this textbook to be a helpful guide. It is important to mention here that Islamic economics literature shows wide differences among the scholars in almost every subtopic. Presenting all opinions within a limited number of pages is almost impossible. However, with the great contribution of more than 60 scholars from a wide span of countries and from various economic schools, this book represents an important attempt to present the topics and issues from various perspectives with the maximum objectivity possible. Through comprehensive content editing, the editors have striven to improve the flow of arguments, remove inconsistencies and put the ideas together in as coherent a manner as possible. However, the editors acknowledge that some biases and overlaps may still persist.

However, with the great contribution of more than 60 scholars from a wide span of countries and from various economic schools, this book represents an important attempt to present the topics and issues from various perspectives with the ...

Dialog dengan K.H. M.A. Sahal Mahfudh

telaah fikih sosial

Questions and answers about fiqh in Indonesia; articles previously published in Suara merdeka daily.

Questions and answers about fiqh in Indonesia; articles previously published in Suara merdeka daily.

Perlindungan Masyarakat Hukum Adat dan Masyarakat Tradisional

(Telaah Keadilan Amartya K. Sen)

Buku ini menganalisis hal-hal mendasar dimulai dari pembedaan antara masyarakat hukum adat dan masyarakat tradisional, adanya inkonsistensi penggunaan terma, dianutnya weak legal pluralism dalam sistem hukum nasional. Tulisan ini juga mengulas tidak optimumnya perlindungan terhadap masyarakat tradisional dan masyarakat hukum adat sebagai masyarakat yang kurang beruntung (lemah) berdasarkan telaah keadilan Amartya Sen yang berada dalam naungan paradigma konstruktivisme.

Tulisan ini juga mengulas tidak optimumnya perlindungan terhadap masyarakat tradisional dan masyarakat hukum adat sebagai masyarakat yang kurang beruntung (lemah) berdasarkan telaah keadilan Amartya Sen yang berada dalam naungan paradigma ...

Wajah baru fiqh pesantren

Interpretation and construction of Islamic law with references to pesantren, Islamic religious training center, in Indonesia; collected articles.

Imam Syafi'i adalah contoh yang menarik , selain karena kedudukannya sebagai murid langsung Imam Malik ( dalam pola pikir konservatif , perbedaan pendapat di antara keduanya tak terbayangkan ) , juga karena beliau merilis pendapat baru ...

Pelajaran Ilmu Tajwid

Membaca Al-Qur’an dengan tajwidnya hukumnya wajib, karena dengannyalah Allah menurunkan Al-Qur’an dan demikian pula Al-Qur’an itu sampai kepada kita. Kewajiban kaum muslimin membaca Al-Qur’an dengan tajwid- nya melalui proses pembelajaran secara langsung (talaqqy) kepada ahlinya sebagaimana Rasulullah Saw. pun langsung diajarkan oleh malaikat Jibril as. Di dalam buku ini dibahas tentang hal-hal penting di antaranya Hukum Nun Mati dan Tanwin, Bacaan Isti’azah, Basmalah, Macam-macam Mad, Makharijul & Sifat Huruf, dan lainnya. Buku ini menyajikan topik-topik penting dengan disertai cara membacanya sehingga akan mudah dipahami oleh mahasiswa, pelajar/santri, guru/ustaz dan masyarakat pada umumnya.

Membaca Al-Qur’an dengan tajwidnya hukumnya wajib, karena dengannyalah Allah menurunkan Al-Qur’an dan demikian pula Al-Qur’an itu sampai kepada kita.

Politik hukum di Indonesia

Politics and law, Indonesia.

209 Dari pasal 131 yang dikutip di atas dapat diketahui bahwa pada pokoknya
UUDS 1950 menetapkan bahwa dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah
harus berpedoman pada 4 sendi yaitu , otonomi , permusyawaratan , perwakilan
 ...

Pergulatan politik dan hukum di Indonesia

Evaluation of legal and political reform in Indonesia; collection of articles.

Mahfud M. D.. Mertokusumo , Sudikno , 1988 , Hukum Acara Perdata Indonesia ,
Yogyakarta , Liberty . Ketetapan - ketetapan MPR 1993 , Jakarta , Bina Aksara .
Majalah Tempo , 8 September 1973 . DEMOKRASI DAN HUKUM DI INDONESIA
 ...

Membangun Optimisme Meretas Kehidupan Baru dalam Dunia Pendidikan

Sebagai aktor intelektual, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang merasa memiliki tanggung jawab intelektual dalam menyikapi berbagai perubahan dalam dunia pendidikan yang saat ini terjadi. Melalui buku bunga rampai “Membangun Optimisme Meretas Kehidupan Baru dalam Dunia Pendidikan”, untuk pertama kalinya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dalam kegiatan Yudisium periode II tahun 2020 mengundang dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang, untuk merefleksikan gagasan dan pemikirannya dalam merespon dunia pendidikan pada era tatanan baru saat ini. Buku bunga rampai ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi peserta yudisium, khususnya, dan masyarakat umum, pada umumnya, dalam menghadapi era tatanan baru di dunia pendidikan saat ini. Terdapat 10 judul artikel yang ada di dalam buku bunga rampai ini. Kesepuluh judul artikel ditulis oleh dosen-dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang, dari berbagai program studi. Terdapat beragam tema yang ada dalam buku bunga rampai, mulai dari kebijakan dalam dunia pendidikan, konsep filosofis pendidikan, inovasi desain pembelajaran, pengembangan media pembelajaran, hingga bekal bagi calon pendidik di era tatanan baru dalam dunia pendidikan

Era kehidupan baru yang telah ditetapkan oleh pemerintah memang masih
belum untuk semua aspek kehidupan, hanya beberapa aspek kehidupan yang
dapat memulai kehidupan baru di masa pandemi. Pendidikan merupakan salah
satu ...