Sebanyak 14 item atau buku ditemukan

LEMBAGA KEUANGAN BANK & NON BANK (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis)

Bank merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dan mempunyai peranan yang sangat penting dalam sistem perekonomian yang semakin bertumbuh, seiring dengan semakin bertumbuhnya kebutuhan masyarakat. Hal ini diperkuat dengan UU Nomor 14 Tahun 1967, lembaga keuangan adalah badan yang memiliki aktivitas atau kegiatan di bidang keuangan yang berperan untuk menarik uang serta menyalurkannya ke masyarakat. Keberadaan perbankan ini semakin dibutuhkan oleh masyarakat dalam bentuk simpanan dan kredit maupun bentuk lainnya. Lembaga keuangan bank merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dana dalam bentuk tabungan, giro, dan deposito kemudian menyalurkannya kembali dalam bentuk pinjaman atau kredit. Sementara itu Lembaga Keuangan Non Bank disebut sebagai badan atau organisasi non bank yang melakukan kegiatan di bidang keuangan namun tidak boleh menerima dana dari masyarakat dalam bentuk giro, tabungan, dan deposito. Lembaga keuangan non bank dalam menghimpun dana dengan mengeluarkan kertas berharga atau sertifikat deposito sebagai sumber dana dan dapat mendirikan kantor-kantor cabang di daerah untuk menyalurkan dana ke masyarakat untuk membiayai investasi perusahaan. Lembaga keuangan bank dan nonbank juga sama-sama mengelola dana yang dihimpun dari masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan negara dan menyejahterakan masyarakat. Buku ini menyajikan seluruh kebutuhan-kebutuhan para pelaku usaha sebagai inovasi baru untuk menciptakan tatanan pengalolaan, juga menjadikan gudang wawasan bagai kalangan pembaca. Oleh sebab itu buku ini hadir kehadapan sidang pembaca sebagai bagian dari upaya diskusi sekaligus dalam rangka melengkapi khazanah keilmuan dibidang akutansi, sehingga buku ini sangat cocok untuk dijadikan bahan acuan bagi kalangan intelektual dilngkungan perguruan tinggi ataupun praktisi yang berkecimpung langsung dibidang akutansi.

Bank merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dan mempunyai peranan yang sangat penting dalam sistem perekonomian yang semakin bertumbuh, seiring dengan semakin bertumbuhnya ...

Eksistensi BISNIS ISLAMI di era revolusi industri 4.0

Dalam beberapa dekade terakhir, bisnis Islami telah berkembang begitu pesat, bahkan telah berhasil menciptakan sejumlah peluang baru dan menarik perhatian sejumlah kalangan. Dimulai dari sektor Islamic Finance, sekarang bisnis Islami mulai bergeser ke sektor traveling, food, cosmetics, fashion, dan e-commerce. Tentu kondisi tersebut telah memantik optimisme bagi sejumlah kalangan terutama para pelaku usaha bisnis Islami, tak terkecuali para akademisi yang selama ini telah giat mengkampanyekan ekonomi dan bisnis syariah. Namun, di tengah optimisme tersebut muncul sebuah tantangan baru yang berasal dari perubahan zaman yang sedang beralih kepada penggunaan teknologi informasi sebagai primadona, termasuk di dalamnya pada sektor bisnis. Perubahan zaman tersebut dikenal dengan istilah Revolusi Industri 4.0. Konsep dari Revolusi Industri 4.0 didefiniskan sebagai perubahan yang revolusioner berbasiskan berbagai teknologi terkini. Revolusi ini ditandai dengan munculnya cyber-physical-system, Internet of Thing (IoT), Big Data, dan aneka layanan memanfaatkan teknologi informasi. Selain itu Revolusi Industri 4.0 dapat dikatakan sebagai perubahan revolusioner yang terjadi ketika Teknologi Informasi diterapkan pada semua Industri.

Dalam beberapa dekade terakhir, bisnis Islami telah berkembang begitu pesat, bahkan telah berhasil menciptakan sejumlah peluang baru dan menarik perhatian sejumlah kalangan.

MANAJEMEN

MANAJEMEN Hasil pemikiran dari Para Dosen Berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia (book chapter-first edition) Chapter 1: KERJA TIM DALAM ORGANISASI Chapter 2: STRATEGI PERENCANAAN USAHA DALAM PERUSAHAAN Chapter 3: STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN DALAM E-BISNIS Chapter 4: REFORMASI INDUSTRI 4.0 BAGI MANAJEMEN DAN MANAJER Chapter 5: MODEL DAN REVOLUSI BISNIS Chapter 6: TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN Chapter 7: EKSISTENSI DAN TANTANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA ERA GLOBALISASI Buku manajemen ini sangat menarik untuk dipelajari dan dibaca dengan baik dikarenakan buku ini memberikan pemahaman dan pengertian yang baik dan mencerahkan para pembacanya. Perkembangan bisnis sekarang sangat luar biasa dengan berbagai transaksi bisnis online makin tinggi dan menunjukkan perkembangan yang sangat pesat dan luar biasa dengan transaksi non tunai yang semakin tinggi. Perkembangan yang lain juga terlihat dari transaksi perdagangan dan sistem daring yang semakin marak serta perkembangan moderisasi digital juga terlihat pada generasi milenial yang cenderung menggunakan teknologi canggih berbasis teknologi pintar yang luar biasa memanjakan. Perkembangan bisnis tentunya akan mempengaruhi perkembangan teori bisnis khususnya pada bidang manajemen. Maka dari itu, para akademisi juga harus mengikuti perkembangan saat ini, sehingga pendekatan bisnis modern dan milenial akan semakin baik dan terus menunjukkan fenomena baru yangg semakin berkembang dan maju, seperti banyaknya anak muda yang terus mengikuti perkembangan manajemen dengan cepat karena perkembangan teori dan wawasan manajemen bisa didapatkan dari berbagai sumber yang relevan dan banyak bertebaran di media online seperti di youtube, FB dan media sosial lainnya bertebaran secara virtual; tinggal bagaimana kita menggunakan dan membaca berbagai informasi yang ada dan begitu banyak untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Praktik praktik manajemen juga telah di lakukan oleh banyak praktisi yang mungkin sudah mengikuti prinsip prinsip manajemen tetapi belum terukur dan terintegrasi dengan perkembangan manajemen itu sendiri. Sering terjadi adopsi teori dan praktik manajemen terjadi di dalam teori dan perkembangan manajemen itu sendiri; itu yang akan menjadikan semakin baik. dan berkembang. Maka kunci dalam implementasi manajemen adalah masalah tranparansi dan aturan yang jelas sehingga dapat menjelaskan aturan dan prosedurnya. Peran stakeholder juga harus jelas dan terukur, oleh karenanya untuk mendukung ini harus dibangun kepercayaan yang kuat kepada manajemen agar manajemen mampu mengelola perusahaan dengan baik, sehingga praktik manajemen yang baik bisa di terapkan dan diimplementasikan dengan baik diberbagai perusahaan lainnya. Dapat disimpulkan buku manajemen ini, baik dan bagus untuk menjadi bahan bacaan bagi peminat dan pembaca ilmu manajemen untuk memperkaya praktik manajemen yang baik dan untuk kemajuan perusahaan serta kemajuan bisnis perusahaan

MANAJEMEN Hasil pemikiran dari Para Dosen Berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia (book chapter-first edition) Chapter 1: KERJA TIM DALAM ORGANISASI Chapter 2: STRATEGI PERENCANAAN USAHA DALAM PERUSAHAAN Chapter 3: STRATEGI PEMASARAN ...

Pengantar Manajemen Potensi Desa: Aku Yakin desaku Punya Sejuta Potensi

Dalam perkembangannya, desa mengalami sentuhan pembangunan mulai dari orde baru, orde reformasi sampai saat ini maka desa telah mengalami perubahan fisik dan perubahan masyarakat. Dalam pelaksanaannya tidak berjalan mulus karena adanya patologi pembangunan desa yang cukup mempengharui akselerasi pembangunan desa. Meskipun terjadi kondisi patologis, namun pembangunan masyarakat desa tetap dilaksanakan secara berkelanjutan karena melihat kondisi obyektif penduduk Indonesia masih dominan bertempat tinggal di pedesaan. Buku ini di susun dengan maksud untuk dijadikan bahan refrensi bagi Pemerintah desa dan stakeholder yang terkait dengan pelaksanaan pembangunan desa yang sesuai periode pemerintahan, karena dalam pelaksanaanya disamping telah ada kemajuan yang dicapai namun masih ada pula hambatan yang dihadapi.

(2020) „Peluang Pengusaha Mikro dan Kecil (UMK) Menggunakan Layanan Digital Lembaga Keuangan Mikro Syariah‟, ... Nugroho, L. and Chowdhury, S. L. K. (2015) „Mobile Banking for Empowerment Muslim Women Entrepreneur: Evidence from Asia ...