Sebanyak 15 item atau buku ditemukan

B-KESPRO: Bimbingan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja

B-kespro adalah sebuah buku pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang berisi berbagai aspek dalam kesehatan reproduksi remaja. Buku ini terdiri atas 2 bagian, yaitu buku materi untuk siswa/remaja dan buku panduan pelaksanaan bimbingan untuk praktisi/guru bimbingan konseling/ konselor sekolah. Materi yang dikembangkan di buku ini telah melalui proses revisi dan uji coba. Dalam buku ini diuraikan materi tentang a) tumbuh kembang remaja (fisik dan psikologis), b) alat, sistem, dan fungsi reproduksi, c) seks bebas (pengertian, bentuk, faktor penyebab, dan dampaknya), d) pengendalian diri dari perilaku seks bebas (cara meningkatkan kualitas pribadi, konsep diri dan keterampilan berkomunikasi remaja), e) etika moral dan norma sosial dalam pergaulan, f) tanggung jawab remaja dan keluarga. Semoga buku ini dapat memudahkan praktisi bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan bimbingan kesehatan reproduksi remaja serta dapat bermanfaat bagi remaja secara umum dalam rangka memperoleh informasi yang tepat mengenai kesehatan reproduksi remaja dan diharapkan remaja bisa menghindarkan diri dari perilaku seks bebas.

Semoga buku ini dapat memudahkan praktisi bimbingan dan konseling dalam ... Menempuh pendidikan Sekolah Dasar di SD Negeri Gunung Sari I , SD Negeri 5 Wua ...

Kebijakan Pendidikan Dasar & Islam Dalam Berbagai Perspektif

Pendidikan merupakan salah satu kunci kemajuan, semakin baik kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh suatu bangsa, maka akan diikuti dengan semakin baiknya kualitas bangsa tersebut. Di Indonesia pendidikan sangat diutamakan, karena pendidikan memiliki peranan yang sangat penting terhadap terwujudnya peradaban bangsa yang bermartabat. Begitu pentingnya pendidikan, sehingga tujuan pendidikan telah diatur dengan jelas dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, yakni Nomor 20 tahun 2003 pasal 3, yang berbunyi: “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartarbat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab1 .” Terdapat banyak undang-undang atau peraturanperaturan menteri pendidikan yang mengatur tentang pendidikan di Indonesia. Misalnya tentang Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah. Undang-undang atau peraturan menteri tersebut perlu dikaji lebih lanjut lagi, dengan alasan agar kita mengerti apakah kebijakan-kebijakan pemerintah tersebut mengenai pendidikan telah sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan yang ada di realita. Buku ini menyajikan pandangan-pandangan terkait kebijakankebijakan pendidikan dasar dan Islam yang ditinjau dari berbagai perspektif. Dengan harapan, akan menambah wawasan terkait pelaksanaan kebijakan-kebijakan pendidikan di Indonesia.

Pendidikan merupakan salah satu kunci kemajuan, semakin baik kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh suatu bangsa, maka akan diikuti dengan semakin baiknya kualitas bangsa tersebut.

Analisis Kebijakan PAUD

Mengungkap isu-isu menarik seputar AUD

Manfaat dari buku ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait dengan kebijakan pendidikan anak usia dini. Selain itu juga menginspirasi para pembaca, khususnya yang terjun langsung di dunia pendidikan anak untuk mengembangkan materi terkait pendidikan anak usia dini. Banyak hal yang perlu dikaji dan dicermati terkait pendidikan anak. kebijakan PAUD, adalah hal penting yang perlu dipahami oleh para praktisi dan pemerhati pendidikan anak. Buku ini merupakan kumpulan dari hasil karya mahasiswa magister (S2) FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Segala daya upaya telah dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Namun tentu tidak ada karya yang sempurna. Sehebat apapun karya seseorang, selalu ada celah untuk bisa diperbaiki. Demikian juga buku ini. Kalaupun masih ada kekurangan di sana sini, namun hasil karyanya secara tertulis sudah bisa dinikmati. Karena keilmuan yang tinggi tanpa ditulis tidak akan bisa diapresiasi. Dengan terwujudnya karya buku ini maka pembaca bisa memberikan apresiasi berupa penilaian, kritik, saran dan masukan untuk perbaikan selanjutnya.

Manfaat dari buku ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait dengan kebijakan pendidikan anak usia dini.

Strategi Pembelajaran PAUD Berbasis Multiple Intelligence

Buku ini merupakan upaya kaum intelektual para mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam mewujudkan revolusi mental yang sebenarnya melalui tawaran-tawaran strategi pembelajaran Anak Usia Dini berbasis pada multiple intellegences. Ide-ide kreatif tersebut tertuang secara jelas dan mudah untuk diterapkan sehingga para guru Anak Usia Dini tidak perlu repot untuk mendesain pembelajaran yang tidak hanya menyenangkan, melainkan juga memiliki muatan-muatan penanaman karakter dengan menggunakan klasifikasi kecerdasan majemuk. Sajian dalam buku ini dilengkapi dengan ulasan secara teoritik dari setiap strategi pembelajaran yang ditawarkan. Terdiri dari 9 bagian dengan masing-masing terdapat 14 strategi pembelajaran, buku ini sangat relevan dikonsumsi oleh mereka para calon guru Anak Usia Dini, guru Anak Usia Dini dan pemerhati dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini sebagai referensi utama. Selain itu, kelebihan dari buku ini adalah strategi yang disajikan tidak sekedar hasil dari kajian pustaka saja, namun telah dilakukan eksperimen pada berbagai lembaga pendidikan Anak Usia Dini. Hal tersebut dikarenakan para penulis buku ini memiliki kapasitas yang mumpuni baik secara teoritik maupun praktik. Melihat urgensi dan tingkat kebermanfaatan yang ada dalam buku ini, Penerbit Mangku Bumi merasa sangat bangga dapat menerbitkan buku yang sekarang sedang anda baca. Anda akan menemukan berbagai macam strategi yang up to date. Selamat bereksperimen dan salam revolusi mental...!!!

Buku ini merupakan upaya kaum intelektual para mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam mewujudkan revolusi mental yang sebenarnya melalui tawaran-tawaran strategi pembelajaran Anak Usia Dini berbasis pada multiple ...