Sebanyak 14 item atau buku ditemukan

Modul Digital Penelitian Tindakan Kelas

Buku ini bertujuan untuk memberikan panduan bagi peneliti, guru, dosen dan mahasiswa dalam melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Buku ini memuat landasan teori, bentuk dan model, tahapan, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data dalam penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menjadi bentuk penelitian yang penting dilakukan baik di level pendidikan dasar maupun perguruan tinggi. Di level pendidikan dasar dan menengah, para Guru dapat melakukan PTK untuk mengatasi permasalahan yang mereka temukan di kelas masing-masing. Di level perguruan tinggi, baik para Dosen maupun Mahasiswa dapat melakukan penelitian secara personal ataupun kolaborasi dalam mengembangkan ilmu-ilmu baru dalam menerapkan PTK di kelas. Pengembangan ilmu baru dalam PTK ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas, efektivitas dan efisiensi pelaksanaan PTK bagi Guru di Sekolah. Ada beberapa masalah yang mungkin ditemukan oleh Para Guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas mereka. Untuk mememecahkan permasalahan tersebut, maka para guru harus mampu mengenali metode-metode yang dapat mereka gunakan hingga efektif dan efisien dalam mengumpulkan data. Setelah mampu mengumpulkan data para guru juga harus memahami cara terbaik dalam menganalisis data. Dengan kata lain, para guru harus mampu memahami prosedur PTK secara utuh. Oleh karena itu buku ini hadir menyajikan teknis pelaksanaan PTK bagi para guru. Buku ini berisi banyak penjelasan mengenai PTK. Berdasarkan sistematikanya, buku ini terdiri dari delapan (8) topik pembahasan, mulai sejarah PTK, hakikat dan manfaat PTK, Perbedaan PTK dan Non PTK, Manfaat PTK bagi Guru, Model-model PTK, Prosedur Pelaksanaan PTK, Metode Pengumpulan Data, Metode Analisis Data, hingga Format penulisan PTK hingga menjadi Proposal Penelitian utuh. Isi dari Buku ini menggambarkan secara jelas bagaimana tata cara menerapkan PTK di kelas hingga peneliti atau para guru yang melakukan PTK di Kelas dapat menyelesaikan permasalahan yang mereka miliki. Kami menyadari terdapat berbagai macam kekurangan dalam mengenai isi dalam buku ini. Oleh karena itu kami menerima saran dan masukan dari pihak manapun demi perbaikan buku ini dan kebermanfaatan untuk semua. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penulisan dan penyelesaian buku ini.

Buku ini bertujuan untuk memberikan panduan bagi peneliti, guru, dosen dan mahasiswa dalam melakukan penelitian tindakan kelas (PTK).

Jurnal Bali Membangun Bali Volume 1 Nomor 1 April 2020

Terhitung sejak April 2020 Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali berhasil menerbitkan Jurnal Bali Membangun Bali. Jurnal Bali Membangun Bali diniatkan mendiseminasi hasil riset, pengkajian, pengembangan, penerapan, invensi, dan inovasi pembangunan daerah Bali dengan berfokus dan memiliki ruang lingkup pada pembangunan perekonomian, pertanian, dan kepariwisataan serta dinamika sosial-budaya yang menyertainya, dalam upaya meningkatkan dan memajukan kualitas kesejahteraan dan peradaban masyarakat daerah setempat. Jurnal ini dikonstruksi sebagai jurnal cetak dan sekaligus jurnal elektronik yang merupakan platform terkini penerbitan jurnal. Sebagai lembaga baru, BaRI Bali ternyata mampu menandai kehadirannya dengan keberadaan jurnal elektroniknya yang beralamat di http://ejournal.baliprov.go.id yang menjadi representasi semangat global dengan gerakan green-nya. Hal ini juga gayut dengan paradigma pemerintah Provinsi Bali yang sangat “hijau” melalui “Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Bali Era Baru”. Jadi Jurnal Bali Membangun Bali dengan BaRI Bali-nya dikembangkan dengan green technology yaitu open journal systems (OJS) dan tentu dengan sendirinya berupaya mengefektifkan penggunaan kertas pada edisi cetaknya di samping pada sistem pendistribusiannya. Fakta OJS-isasi jurnal BaRI Bali ini secara jelas dibahas dalam artikel pertama yang khusus membahas Jurnal Bali Membangun Bali: “Era Kekinian Publikasi Open Journal System dan Perancangan Identitas Visual Jurnal Bali Membangun Bali” (I Nyoman Anom Fajaraditya Setiawan). Seperti inilah praktik-praktik Jurnal Bali Membangun Bali menuju Bali era baru. Seperti artikel pertama, artikel kedua juga tentang green technology, yaitu “Aplikasi Pembelajaran Bahasa Bali Berbasis Interaktif Multimedia” (Putu Wirayudi Aditama). Artikel-artikel lainnya adalah “Pengelolaan Sampah Dari Lingkup Terkecil dan Pemberdayaan Masyarakat sebagai Bentuk Tindakan Peduli Lingkungan” (Ni Luh Putu Juniartini); “Tahapan Pemilu 2019 di Tengah Ancaman Bencana Alam: Studi Kasus Erupsi Gunung Agung” (Kadek Dwita Apriani dan Ni Made Ras Amanda Gelgel); “The Implementation of Marketing Mix to Increase Room Sales” (Ni Luh Putu Wahyuntari, I Gusti Putu Sutarma, Dewa Made Suria Antara); dan “Identity of Kecak Touristic Performance in Uluwatu Temple” (I Putu Adhis Putra Kencana, Ni Wayan Ardini, I Gede Mudana). Diharapkan terbitan perdana Jurnal Bali Membangun Bali ini membawa serta ke publikasi-publikasi yang konsisten dan berkesinambungan, sehingga akhirnya diakui publik secara luas dan diakreditasi Google Scholar, Sinta, dan bahkan suatu ketika bisa menjadi jurnal internasional bereputasi.

Fakta OJS-isasi jurnal BaRI Bali ini secara jelas dibahas dalam artikel pertama yang khusus membahas Jurnal Bali Membangun Bali: “Era Kekinian Publikasi Open Journal System dan Perancangan Identitas Visual Jurnal Bali Membangun Bali” (I ...

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Buku ajar ini di susun guna membantu siswa/siswi Sekolah Menengah Atas dalam kegiatan belajar pembelajaran di sekolah dan juga untuk khalayak ramai sebagai bahan penambah ilmu pengetahuan serta informasi yang semoga bermanfaat.

Buku ajar ini di susun guna membantu siswa/siswi Sekolah Menengah Atas dalam kegiatan belajar pembelajaran di sekolah dan juga untuk khalayak ramai sebagai bahan penambah ilmu pengetahuan serta informasi yang semoga bermanfaat.