Sebanyak 14 item atau buku ditemukan

Teori Ikon Bahasa

Salah Satu Pintu Masuk ke Dunia Semiotika

Pengkajian bahasa yang dilakukan oleh para ilmuwan dalam upaya memahami hakikat bahasa dan kemudian untuk memahami sifat hakiki manusia itu telah menghasilkan antara lain berbagai teori tentang bahasa. Terkait dengan berbagai teori itu, dalam buku ini secara khusus disajikan salah satu teori tentang bahasa, yaitu teori ikon bahasa. Apa yang dipaparkan dalam buku ini adalah hasil eksplorasi teoretis tentang ikon bahasa dari berbagai pustaka. Dalam buku ini diuraikan tentang pengertian, jenis-jenis, sejarah kajian, dan implikasi ikon bahasa. Melalui uraian dalam buku ini, dimunculkan kembali pertanyaan dan jawaban apakah bahasa itu bersifat ikonis atau arbitrer beserta implikasinya. Berdasarkan alasan bahwa pada asalnya penandaan dimulai dari ikon dan bahasa merupakan salah satu jenis tanda yang mengandung sifat-sifat yang dimiliki oleh jenis tanda lainnya, kajian tentang ikon bahasa dapat menjadi titik berangkat untuk mengkaji jenis-jenis tanda lainnya. Kajian tentang teori ikon bahasa merupakan salah satu pintu masuk ke dunia semiotika, yang merupakan rumah disiplin ilmu bagi tanda. Melalui teori ikon bahasa, kita dibawa masuk ke persoalan dunia tanda: hakikat tanda, proses penandaan, unsur-unsur tanda, jenis-jenis tanda, dan penggunaan tanda.

Melalui teori ikon bahasa, kita dibawa masuk ke persoalan dunia tanda: hakikat tanda, proses penandaan, unsur-unsur tanda, jenis-jenis tanda, dan penggunaan tanda.

Evaluasi Pembelajaran

Dalam perkembangan pendidikan, penilaian pada peserta didik menjadi tolak ukur yang penting dalam keberhasilan pendidikan. Sebagian besar guru dan masyarakat masih memandang bahwa nilai merupakan tolak ukur keberhasilan dalam pendidikan persekolahan. Namun, penilaian yang dilakukan selama ini hanya mencakup satu ranah yaitu aspek pengetahuan. Idealnya, penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup semua ranah yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Buku ini memaparkan secara lengkap proses penilaian dari penyusunan instrumen sampai pengolahan nilai. Buku ini menuntun penilai pendidikan dan praktisi pendidikan untuk menilai secara menyeluruh baik aspek pengetahuan, sikap, maupun keterampilan. Pada akhir bab buku ini diperkenalkan item response theory sebagai sebagai salah satu pendekatan teori pengukuran modern dalam pengembangan instrumen. Buku ini berguna bagi para pelaku pendidikan guna mengukur ketercapaian tujuan pendidikan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Disamping itu, buku ini bertujuan menuntun pelaku pendidikan agar tidak salah dalam mengambil keputusan terkait dengan penilaian kemampuan siswa.

Dalam perkembangan pendidikan, penilaian pada peserta didik menjadi tolak ukur yang penting dalam keberhasilan pendidikan.

Manajemen dan Pelayanan Kefarmasian di Apotek

Dengan Metode Problem-based Learning dalam Kerangka Paradigma Pedagogi Reflektif

Buku ini diterbitkan untuk digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran di bidang Manajemen dan Pelayanan kefarmasian di Apotek yang selama ini belum ada standar acuannya. Tanpa acuan pembelajaran maka praktek kerja di Apotek menjadi sangat bervariasi tergantung pada interest pembimbing setempat atau tingkat kesibukan Apotek tempat praktek kerja. Adanya standarisasi lulusan Apoteker melalui uji kompetensi Apoteker Indonesia tentu juga sangat membutuhkan adanya acuan tersebut agar para calon apoteker bisa mendapatkan materi, metode dan cara evaluasi yang senada dan seirama dalam pembelajaran yang dilaluinya [Titien Siwi Hartayu]. Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) merupakan pelatihan yang sangat strategis bagi mahasiswa profesi apoteker untuk menjadi calon apoteker yang handal di masa depan. Metode serta mekanisme pelaksanaan PKPA yang sistematis akan sangat membantu mahasiswa profesi apoteker dalam memahami peran, fungsi, serta tanggung jawab apoteker sebagai salah satu tenaga kesehatan. Buku ini memiliki kontribusi dalam memperkaya inovasi pembelajaran PKPA terutama di apotek. Buku ini membantu mahasiswa untuk memahami peran apoteker melalui pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Inovasi metode pembelajaran yang dilakukan adalah menginfuskan PBL ke dalam Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR) terdiri dari lima tahap yaitu konteks-pengalaman-refleksi-aksi dan evaluasi. Buku ini direkomendasikan bagi preseptor untuk menjadi bahan bacaan dan menjadi salah satu acuan dalam melakukan membimbing PKPA bagi calon apoteker terutama di bidang apotek. Selain itu, buku ini juga bermanfaat bagi calon apoteker dan apoteker yang akan dan telah bekerja di apotek untuk lebih mendalami pelayanan di apotek meliputi aspek manajemen dan aspek pelayanan sesuai dengan Permenkes no. 73/2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. [Ketua PD IAI DIY, 2019]

Buku ini diterbitkan untuk digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran di bidang Manajemen dan Pelayanan kefarmasian di Apotek yang selama ini belum ada standar acuannya.

Pedoman Penerbitan Buku SDU Press Dan Pencegahan Plagiasi Di Perguruan Tinggi

Buku merupakan produk kultural yang selalu digunakan untuk mengukur kemajuan peradaban sebuah bangsa. Semakin banyak dan bermutu buku yang diterbitkan, semakin maju pulalah peradaban bangsa itu. Buku Pedoman Penerbitan Buku SDU Press ini dimaksudkan untuk memberikan informasi dan panduan yang jelas dan gamblang mengenai tujuan, proses, dan hal-hal teknis yang berkaitan dengan penerbitan buku di lingkungan SDU Press. Buku Pedoman Penerbitan Buku SDU Press dan Pencegahan Plagiasi di Perguruan Tinggi ini dimaksudkan untuk memberikan informasi dan panduan yang jelas dan gamblang mengenai tujuan, proses, dan hal-hal teknis yang berkaitan dengan penerbitan buku serta pencegahan plagiasi di lingkungan Universitas Sanata Dharma.

Buku Pedoman Penerbitan Buku SDU Press dan Pencegahan Plagiasi di Perguruan Tinggi ini dimaksudkan untuk memberikan informasi dan panduan yang jelas dan gamblang mengenai tujuan, proses, dan hal-hal teknis yang berkaitan dengan penerbitan ...