
ETIKA PERBANKAN
- ISBN 13 : 9789792169201
- Judul : ETIKA PERBANKAN
- Pengarang :
- Penerbit : PT Kanisius
- Bahasa : Indonesia
- Tahun : 2021
- Halaman : 392
-
Ketersediaan :
Buku ini mengetengahkan dasar-dasar dan pembentukan peraturan perundang-undangan yang meliputi proses, teknik, bahasa, norma hukum, tata susunan (hierarki), jenis-jenis, fungsi, dan materi muatan yang harus dituangkan dalam suatu peraturan perundang-undangan. Buku ini dapat membantu para mahasiswa, teoretisi, teknisi, dan mereka yang berhubungan dengan pembentukan peraturan perundang-undangan agar dapat memahami permasalahan tersebut secara lebih baik.
... Science of Legislation. Tokoh-tokoh utama yang mencetuskan bidang ilmu ini antara lain adalah Peter Noll (1973) dengan istilah Gesetzgebungslehre 13, Jürgen Rödig (1975) dengan istilah Gesetzgebungslehre14, Burkhardt Krems (1979) 15 ...
Sebagai negara yang majemuk, bangsa Indonesia berisikoterjerat ke dalam persoalan radikalisme yang menghasilkan beragam konflik di tengah masyarakat.Konflik antarpemeluk agama yang sama maupun berbeda dapat memicu pula beragam konflik di ranah kehidupan lainnya. Hal ini berdampak pada rusaknya kehidupan yang harmonis dan toleransi bersama.Program Moderasi Beragama yang digalakkan oleh pemerintah hadir untuk meredam, menyelesaikan, memberikan solusi tentang bagaimana memaknai dan menerapkan cara beragama yang tepat dan benar.Hal inidilakukantanpa mengingkari iman masing-masing, demi terciptanya perdamaian di antara sesama pemeluk agama. Buku ini menegaskan pentingnya penerapan moderasi beragama dalam kehidupan bersama. Pembaca dapat menemukan bahwa tulisan-tulisan di buku ini tersajimenjadi tiga bagian.Kelompok pertama mengulas tentang bagaimana menciptakan dan menerapkan moderasi beragama di dan melalui dunia pendidikan. Penulis di kelompok berikutnya mendialogkan moderasi beragama dalam perjumpaan dengan konteks penghayat kebatinan Aluk Todolo dan budaya yang ada di Toraja. Bagian terakhir buku ini menyajikan beberapa tulisan yang dihasilkan melalui pendekatan tafsir, tradisi agama, dan filsafat.Penulis di kelompok terakhir ini menawarkan konsep toleransi dan pemahaman keberagaman yang terkandung dalam moderasi beragama untuk mengatasi konflik akibat persoalan pluralisme agama. Buku yang dicetuskan oleh Institut Agama Kristen Negeri Toraja melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ini sangat menarik untuk dimiliki dan dibaca. Materi bukuinimemberi pencerahan,baik secara teoritis maupun praksis untuk menguatkan paradigma dan sikap hidup yang moderat dalam beragama di tengah kemajemukan agama di Indonesia.
Sebagai negara yang majemuk, bangsa Indonesia berisikoterjerat ke dalam persoalan radikalisme yang menghasilkan beragam konflik di tengah masyarakat.Konflik antarpemeluk agama yang sama maupun berbeda dapat memicu pula beragam konflik di ...
Dalam dunia urban yang serba cepat, kita hampir tak punya waktu lagi untuk merenungi diri: apa artinya menjadi manusia di zaman ini. Buku ini adalah renungan filsafati atas tiga karakter pokok eksistensi manusia urban modern. Pertama, manusia sebagai homo oeconomicus yang harus mengelola hidupnya dalam dunia material. Kedua, manusia sebagai homo imaginosus yang mendorongnya untuk selalu mengatasi cengkeraman materialitas dan kegunaan praktis demi memberi nutrisi bagi imajinasi dan rasa dalam hidup-batinnya. Dan ketiga, manusia sebagai homo ridens, yang membuatnya selalu perlu mengambil jarak untuk tertawa, guna mengendorkan tekanan kehidupan, menikmati sisi jenakanya, bahkan guna melihat kemungkinan baru bagi eksistensinya. bagi mereka yang tak ingin hanyut terseret oleh arus keseharian tanpa kendali, buku ini adalah yang mereka butuhkan.
Perdagangan elektronik yang dilakukan di secara online di internet dengan bermacam-macam mekanisme pembayaran online telah membawa pada sebuah revolusi ekonomi itu sendiri. Kini, pembayaran elektronik yang melibatkan kartu kredit, ...
Saat ini, proses AKM telah berlangsung. Dalam berbagai forum,beberapa guru mengungkapkan kesulitan untukmemperoleh referensi soal AKM dan pembelajaran yang inovatif.Buku yang secara spesifik ditujukan untuk guru pada jenjang SMA ini akan mengupas soal AKM dan pembelajaran inovatifsecara mendalam. Pembahasan tentang paradigma AKM, perubahan ragam/jenis soal AKM menjadi fokus utama buku ini. Perubahan paradigma pendidikan sudah saatnya mendapatkan perhatian lebih dari para guru. Salah satu cara mengukur keterampilan peserta didik adalah soal. Keterampilan guru dalam menyusun soal dengan kompetensi berpikir tingkat tinggi gayut dengan program pemerintah yang mewajibkan guru untuk melaksanakan pembelajaran inovatif dan mengukurnya dalam asesmen kompetensi minimum (AKM). Oleh karenanya, guru perlu melatih siswa dengan soal yang mengacu pada AKM. Namun demikian, ragam soal AKM dengan paradigma yang baru belum dipahami oleh mayoritas guru. Padahal, skor AKM memengaruhi rapor mutu suatu sekolah. Dengan demikian, guru perlu membekali diri dengan kemampuan merancang pembelajaran dan soal berbasis AKM.Kehadiran buku yang lengkap dengan contoh soal dari berbagai level kognitif, baik literasi maupun numerasi ini,diharapkan dapat menginsipirasi para guru dalam merancang pembelajaran yang inovatif di kelas.
Saat ini, proses AKM telah berlangsung.
Tulisan penulis berorientasi pada konsep “balanced scorecard pendidikan” dalam upaya mewujudkan kembalian pendidikan pada masyarakat. Konten dalam buku ini akan mengungkapkan proses seharusnya pendidikan berkontribusi dalam mewujudkan kembalian sosial pendidikan dan sejauh mana pendidikan memberikan peranannya dalam mengatasi persoalan-persoalan, di antaranya spillover (externality impacts), criminal participation, improve voters’ political behaviour yang pada akhirnya juga berimbas pada private returns. Sebuah pertanyaan besar dalam benak kita adalah bagaimana “kembalian pendidikan” berkontribusi pada kehidupan masyarakat maupun pada kehidupan pribadi setiap insan pemelajar, bagaimana peran lulusan pendidikan, terutama lulusan-lulusan pendidikan tinggi dari berbagai bidang yang terjun dalam kehidupan masyarakat setelah mereka berkiprah dalam dunia pekerjaan selama beberapa tahun, serta bagaimana peran lulusan pendidikan tinggi terhadap spillover (externality impacts), criminal participation, improve voters' political behaviour dan private returns”. Buku ini menyajikan data-data realitas dan faktual sesuai dengan kondisi dalam kehidupan bermasyarakat, selain memberikan rekomendasi sebagai jawaban atas problematika tersebut dari kacamata perspektif penulis. Melalui transformasi nilai pada kepemimpinan pendidikan efektif dan pembudayaan maupun pembisaaan pola perilaku insan pendidikan, diharapkan kembalian pendidikan dapat memberikan pengaruh dalam mengurai dinamika persoalan-persoalan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Tulisan penulis berorientasi pada konsep “balanced scorecard pendidikan” dalam upaya mewujudkan kembalian pendidikan pada masyarakat.
Kualitas merupakan keseluruhan karakteristik yang melekat pada sebuah produk (barang atau jasa) yang mampu memuaskan pelanggan. Dalam konteks pendidikan kualitas dikaitkan dengan upaya mentransformasikan seorang manusia yang paripurna. Manusia yang berpengetahuan (to know), manusia yang mampu melakukan tugas dan tanggung jawabnya (to do), manusia yang menjadi dirinya sendiri seutuhnya (to be), dan manusia yang mampu hidup dalam keragaman dalam masyarakat (to live together). Dalam konsep manajemen kualitas dikenal konsep Total Quality Management (TQM), yaitu pengelolaan kualitas yang melibatkan seluruh pihak dalam organisasi. Buku ini diberi judul Total Quality Management untuk Organisasi Pendidikan, dengan maksud memberikan pencerahan bagi pembaca yang tertarik dengan konsep TQM dalam dunia pendidikan, khususnya bagi mereka yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan sistem penjaminan mutu internal pada institusi pendidikan formal, seperti sekolah dan perguruan tinggi. Buku ini ditulis berdasarkan pemahaman teoritis dan empiris terkait implementasi TQM bagi organisasi pendidikan berdasarkan kerangka dasar model TQM, yaitu aspek nilai dan budaya, aspek sistem dan standar, serta alat dan metode peningkatan kualitas.
Buku ini diberi judul Total Quality Management untuk Organisasi Pendidikan, dengan maksud memberikan pencerahan bagi pembaca yang tertarik dengan konsep TQM dalam dunia pendidikan, khususnya bagi mereka yang bertanggung jawab terhadap ...
Akan tetapi hanya Tuhanlah yang mengetahui, betapa banyak jerih payah harus kami alami sehingga kebahagiaan ini dapat dilimpahkan kepada para penderita yang malang ini. (EG, 109). Kalimat itu mengungkapkan semangat melakukan pelayanan yang berbela rasa dan demi keselamatan jiwa para penderita. Hingga saat ini semangat pelayanan itu terus-menerus diwariskan agar dihayati dan dihidupi, khususnya para praktisi yang melayani di bidang kesehatan. Namun, upaya tersebut tidak hanya berhenti pada para praktisi saja melainkan juga kepada pihak lain yang tergerak untuk berdinamika dalam bidang pelayanan kesehatan. Upaya meneruskan warisan rohani itu agar makin kontekstual juga dilakukan dengan menyusun buku Pendidikan Karakter Mahasiswa Berbasis I-CARE (Integrity, Compassion, Assurance, Respect, Embrace Innovation). Buku ini bisa digunakan sebagai inspirasi oleh seluruh karya pelayanan pendidikan kesehatan sebagai nilai-nilai pokok yang menjiwai serta menjadi ciri khas yang didalami serta dihidupi oleh unit-unit pelayanan kesehatan dan pendidikan kesehatan. Diharapkan buku ini membantu dalam mewujudkan pelayanan kesehatan dan pendidikan kesehatan yang profesional dan berbela rasa sesuai dengan tuntutan zaman.
Akan tetapi hanya Tuhanlah yang mengetahui, betapa banyak jerih payah harus kami alami sehingga kebahagiaan ini dapat dilimpahkan kepada para penderita yang malang ini. (EG, 109).
Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium) adalah sejenis tanaman endemik yang tumbuh baik di kawasan Danau Toba. Terdapat berbagai keunikan baik dari segi rasa, aroma, dan khasiat yang diperoleh setiap bagian dari tanaman andaliman. Biji andaliman secara tradisional telah dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap kuliner khas masyarakat di Kawasan Danau Toba seperti arsik, naniura, natinombur, dan lain-lain. Bagian daun andaliman telah digunakan untuk menambah aroma, dekorasi (hiasan), dan bumbu pada makanan langsung. Sesuai dengan manfaatnya sebagai bumbu masak, biji andaliman telah lama diperdagangkan sebagai komoditas pada pasar-pasar tradisional. Bertitik tolak dari fakta-fakta mengenai manfaat andaliman baik sebagai bumbu masakan eksotis, maupun kandungan andaliman yang berpotensi dimanfaatkan sebagai bahan baku senyawa antioksidan bagi industri pangan, dapat disimpulkan bahwa tanaman andaliman memiliki nilai ekonomis tinggi dan usaha tani andaliman merupakan hal yang menjanjikan bagi pelakunya. Tulisan yang tersaji dalam buku ini diharapkan menjadi dokumentasi atas upaya yang telah dilakukan dan inspirasi dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan selanjutnya dalam pengembangan produk berbasis andaliman. Buku ini ditujukan untuk semua orang yang memiliki perhatian, kepekaan, dan kecintaan terhadap pengembangan masyarakat, khususnya masyarakat pembudi daya, petani, pengolah, dan pemilik usaha andaliman. Buku ini juga ditujukan untuk para pemelajar yang tertarik mengenal lebih jauh mengenai perancangan produk turunan dan pengembangan teknologi tepat guna.
Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium) adalah sejenis tanaman endemik yang tumbuh baik di kawasan Danau Toba.
Institusi formal tempat manusia belajar untuk mengembangkan pribadinya adalah satuan pendidikan atau sekolah. Lepas dari semua tanggung jawab administratif dan regulative dalam mengelola sekolah, lembaga pendidikan mengemban tanggung jawab prinsipiil yakni mengembangkan pribadi setiap anak sesuai dengan maksud Penciptanya. Tuhan menciptakan setiap orang dengan kondisi seperti sekarang ini (apa pun kondisinya) sempurna dan dengan maksud tertentu, dan sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan itu. Tanggung jawab ini dapat terwujud melalui penyediaan pengalaman belajar yang mendukung setiap siswa untuk berkembang secara maksimal. Kurikulum Integratif Pendidikan Nilai CHYBK dalam lembaga pendidikan Katolik bertujuan untuk “mewujudkan lulusan yang ber-CHYBK”. CHYBK merupakan singkatan dari Cerdas, Humanis, Yakin akan Penyelenggaaraan Ilahi, Berkarakter, dan Kebersamaan. Kurikulum ini dikembangka nmenggunakan pendekatan integratif karena dinilai paling relevan dengan tujuan layanan lembaga pendidikan. Kehadiran buku ini diharapkan mampu memberikan informasi yang utuh tentang pengimplementasian Kurikulum Integratif Pendidikan Nilai CHYBK dalam pembelajaran. Selamat membaca dan mengaplikasikan buku ini!
Institusi formal tempat manusia belajar untuk mengembangkan pribadinya adalah satuan pendidikan atau sekolah.