Sebanyak 56 item atau buku ditemukan

MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU NON KEPENDIDIKAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH

Bermula dari minimnya buku pengembangan hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, lahirlah buku “Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Non- Pendidikan melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah” ini. Sesuai dengan judulnya, buku ini adalah semacam pedoman yang bisa dimanfaatkan oleh Lembaga Profesional untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat di lembaga pendidikan khususnya sekolah yang memfokuskan pada peningkatan mutu pendidikan berbasis kompetensi guru melalui supervisi akademik kepala sekolah. Buku ini terdiri dari enam bab, mulai dari bab pendahuluan yang membahas tentang bagaimana mutu pendidikan pada saat sekarang serta faktor yang mempengaruhinya. Bab kedua kompetensi dan profesionalisme guru, membahas tentang komponen apa saja yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Bab ketiga penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), membahas tentang tata cara mengimplementasikan program pembelajaran. Bab keempat supervisi akademik, membahas tentang supervisi akademik merupakan salah satu program yang dapat diselenggarakan dalam pemberdayaan guru. Bab kelima meningkatkan kompetensi pedagogik guru non-pendidikan melalui supervisi akademik kepala sekolah, yaitu berisikan hasil dari penelitian yang telah dilakukan di SMP 2 Hiliduho yang dilakukan kepala sekolah melalui teknik supervisi akademik. Dan yang terakhir yaitu kesimpulan, berisikan ringkasan dari hasil pembahasan yang dari bab sebelumnya.

Bermula dari minimnya buku pengembangan hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, lahirlah buku “Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Non- Pendidikan melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah” ini.

Teknologi Biometrik: Implementasi pada Bidang Medis Menggunakan Matlabs

Teknologi biometrik adalah sebuah metode komputerisasi yang menggunakan aspek-aspek biologi terutama karakte-ristik yang unik dan spesifik yang dimiliki oleh manusia. Karakterisitik fisiologi unik yang dapat digunakan sidik jari, wajah, tangan, iris, retina, suara, tanda tangan, cara penge-tikan. Perangkat presensi dapat mengenali sidik jari para mahasiswa yang akan mengikuti kuliah. Pintu pun terbuka setelah retina mata si pegawai dipindai oleh pembaca retina mata. Hal-hal tersebut menunjukkan beberapa contoh yang melibatkan pengolahan citra. Saat ini telah banyak berkembang peralatan teknologi akuisisi citra medis, salah satu di antaranya adalah teknologi yang lazim disebut CT-scan. CT-Scan (Computed Tomography Scan) adalah suatu prosedur yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dari berbagai area kecil dari tulang termasuk tengkorak kepala dan otak. Citra hasil akuisisi atau rekaman CTScan dapat mebantu memperjelas adanya dugaan yang kuat tentang kelainan yang terjadi pada otak, misalnya: gambaran lesi dari tumor, hematoma dan abses, pendarahan pada otak serta perubahan vaskuler berupa malformasi, naik turunnya vaskularisasi dan infark.

Selain itu dalam penerapannya ukuran database template sangatlah besar, bahkan dalam database perbankan pusat pernah terjadi bottleneck saat proses identifikasi. Sistem biometrik yang ideal, diharapkan mempunyai karakteristik sebagai ...

MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH STUDI PENINGKATAN MUTU SDM GURU MAN 2 PAREPARE

Buku ini berjudul Manajemen kepemimpinan Kepala Madrasah. Kepemimpinan Kepala Madrasah adalah proses kegiatan seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi, mendorong, mengarahkan dan menggerakkan, individu-individu supaya timbul kerjasama secara teratur dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Buku ini berjudul Manajemen kepemimpinan Kepala Madrasah.

Menjadi guru beretika dan profesional

mengindahkan etika profesi pada saat mereka ingin memberikan jasa keahlian profesi kepada masyarakat yang memerlukannya. Tanpa etika profesi, apa yang semual dikenal sebagai sebuah profesi yang terhormat akan segera jatuh terdegradasi ...

POLITIK DAN KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA (Upaya Membangun Profesionalisme Guru dan Dosen)

Buku ini diuraikan secara detail upaya pemerintah mengembangkan profesionalisme pendidik sebagai profesi dan dihormati, terlihat dari UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, tentang hak dan kewajiban guru dan dosen, LPPG dan sertifikasi sebagai langkah-langkah profesionalisme guru dan dosen, tunjangan, dan perlindungan. Hal yang penting dalam membangun kemandirian di kalangan pendidik yaitu mengaktualisasikan dirinya guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Pengembangan kompetensi seorang guru dan dosen akan berpengaruh terhadap tingkat profesionalismenya. Dengan profesionalisme tentu akan meningkatkan kinerja dan dapat menjadi motivasi bagi peningkatan karirnya, selanjutnya kinerja dan karir akan meningkatkan kualitas pembelajaran sebagai bentuk kontribusi positif bagi lembaga di mana guru dan dosen tersebut bertempat. Kinerja dan karir juga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan, dan di mana hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi diri seorang guru dan dosen juga akan memberikan pengaruh dan manfaat positif secara berkesinambungan terhadap dirinya sendiri.

Kemudian upaya peningkatan kompetensi profesional guru bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik melalui berbagai macam pendidikan, pelatihan, seminar, diskusii, pemenuhan peralatan pengajaran dan sebagainya. Peningkatan kompetensi guru ...

Profesi Kependidikan : Pedoman dan Acuan Guru Mencintai Profesinya

Pembahasan buku ini, bertolak dari isu sentral tentang guru dan permasalahannya yakni bagaimana peran, tugas, dan tanggung jawab guru. Selain itu dapat diperoleh informasi mengenai kompetensi guru, uji kompetensi guru, sertifikasi guru, ketentuan dalam program sertifikasi guru sebagai profesi, serta kode etik profesi keguruan. Selanjutnya berdasarkan judul buku ini yakni Profesi Kependidikan, maka di dalamnya diulas tentang keprofesian bidang bimbingan konseling, keprofesian bidang kekepalasekolahan, keprofesian dalam bidang keadministrasian pendidikan. Buku ini juga memberi informasi mengenai perjalanan kurikulum yakni kurikulum 1994, KBK, KTSP, dan Kurikulum 2013. Buku ini penting bukan hanya untuk mahasiswa, guru, tetapi juga pengamat dan aktivis yang bergerak dalam masalah pendidikan dan keguruan.

Pembahasan buku ini, bertolak dari isu sentral tentang guru dan permasalahannya yakni bagaimana peran, tugas, dan tanggung jawab guru.

Human Relations (Konsep dan Teori)

human relation telah melalui proses perjuangan dan pengujian yang sangat panjang, disertai pembuktian gejala hubungan manusia dalam proses produksi, baik produksi jasa maupun barang. Gerakan human relation di sekitar tahun 1850 dirintis oleh Jack Hallowan, ketika perhatian banyak tertuju kepada kebutuhan para pekerja mempengaruhi produktivitas kerja. Sebelumnya para manajer memandang para pekerja sebagai komoditi yang dapat diperjual belikan, bekerja dengan waktu yang teramat lama dengan upah yang rendah, serta kondisi kerja yang menyedihkan (gerakan kaum buruh).

Dalam komunikasi persuasif efeknya harus merupakan dampak dalam bentuk perubahan sikap, opini, dan tindakan atau tingkah laku yang timbul dari kesadaran komunikan, sebab komunikasi persuasif lain dengan komunikasi informatif dan beda ...

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Madrasah Tsanawiyah (MTs) untuk Kelas VIII

Buku ajar materi untuk materi "Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Madrasah Tsanawiyah (MTs) untuk kelas VIII". Tujuan dari penulisan buku ini tidak lain adalah untuk membantu para siswa di dalam memahami apa saja materi yang harus mereka pelajari dan pahami selama mereka berada di jenjang kelas VIII. Buku ini disusun guna membantu guru dalam proses kegiatan belajar mengajar sebagai referensi selain buku ajar wajib (Buku Teks Pelajaran yang diterbitkan Kementerian Agama RI) dan buku ini sudah mengacu kepada KMA 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab di Madrasah. Buku ini juga akan memberikan informasi secara lengkap mengenai materi apa saja yang akan mereka pelajari yang berasal dari berbagai sumber terpercaya yang berguna sebagai tambahanwawasan mengenai bab-bab yang dipelajari tersebut.

Menghayati karya ilmuwan muslim sebagai khazanah intelektual Islam 2.7 Menjalankan sikap kritis dan ilmiah di bidang ilmu pengetahuan ... Menganalisis peran ilmuwan muslim pada masa Daulah Ayyubiyah dalam kemajuan peradaban Islam 4.8.

Studi Metodologi Tafsir

Sejarah penafsiran dan metodologi tafsir al-Qur’an telah melewati berbagai fase yang panjang, rumit dan kompleks. Awalnya, penafsiran merupakan usaha menemukan maksud yang sesuai dengan teks, namun pada tahap selanjutnya proyeksi penafsiran terkontaminasi dengan usaha menundukkan al-Qur’an demi kepentingan kelompok keagamaan dan individu. Dalam beberapa penelitian, produk-produk penafsiran al-Qur’an dari generasi ke generasi memiliki corak dan karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, antara lain adalah adanya perbedaan situasi sosio-historis di mana seorang mufasir hidup. Bahkan situasi politik yang terjadi ketika mufasir melakukan kerja penafsiran juga sangat kental mewarnai produk-produk penafsirannya. Di samping cakupan makna yang dikan-dung oleh al-Qur’an memang sangat luas, perbedaan dan corak penafsiran itu juga disebabkan perbedaan keahlian yang dimiliki oleh masing-masing mufasir.

Dalam perjalanan pendidikannya, sejak awal Maududi telah mengenyam lewat pendidikan non-formal orang tuanya. Dari pendidikan klasik inilah menjadikannya tidak menguasai bahasa Inggris, namun ia menguasai bahasa Arab, Persia dan Urdu.