Sebanyak 1407 item atau buku ditemukan

Studi Ilmu Kalam

Sebagai yang membahas masalah akidah islamiah, Ilmu Kalam menempati posisi tersendiri di tengah-tengah ilmu keislaman lainnya. Setiap Muslim harus membangun ilmu keislaman dan kuatlitas keimanan bermula dari pengetahuan dan komitmennya tentang akidah. Sejak sejarah Islam yang mula-mula, para ulama, terutama para mutakallim, telah berupaya dan berhasil membangun Ilmu Kalam dengan sistem, metode, dan materinya sendiri. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

Sebagai yang membahas masalah akidah islamiah, Ilmu Kalam menempati posisi tersendiri di tengah-tengah ilmu keislaman lainnya.

Jurnal studi Indonesia

... 10 Aqidah Akhlak Ushul Fiqih Fiqud Da'wah Bahasa Arab Tajwid / Alqur'an
Fiqih Mahfudzot Alqur'an Hadist Ilmu Tafsir Ilmu Hadist Nahwu Shorof Sej
Kebudayaan Islam 7 2 2 8 2 2 2 6 9 2 6 2 2 2 2 10 4 2 10 11 4 4 12 2 2 JUMLAH
28 16 16 ...

Pendidikan Berwawasan Kebangsaan

Pendidikan adalah tiang pancang budaya dan fondasi utama untuk membangun peradaban sebuah bangsa. Kesadaran akan arti penting pendidikan menentukan kualitas kesejahteraan warganya. Oleh karena itu, substansi pendidikan, materi pengajaran, dan manajemen pendidikan yang akuntabel sudah seharusnya menjadi perhatian para penyelenggara negara. Terbukti, bangsa yang berhasil mencapai tingkat kemajuan kebudayaan dan teknologi tinggi mesti disangga oleh kualitas pendidikan yang kokoh. dalam konteks saat ini, jati diri dan kepribadian bangsa perlu dibentuk melalui pendidikan yang berbasis multikultural. Hal ini karena Indonesia dihuni oleh beragam agama, tradisi, dan budaya. Sekecil apa pun, buku ini mencoba memberi pencerahan dalam kerangka kesadaran multikulturalisme, tepat pada momentum Satu Abad Kebangkitan Nasional.

Pendidikan adalah tiang pancang budaya dan fondasi utama untuk membangun peradaban sebuah bangsa.

Pembaruan pendidikan Islam di indonesia 

Buku Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia yang kini berada di tangan para pembaca yang budiman hadir untuk membantu para pembaca memahami berbagai gagasan, pemikiran, upaya, dan strategi dalam memperbarui pendidikan Islam. Di tengah-tengah kehidupan era global dan milenial yang penuh tantangan seperti sekarang ini, kiranya dunia pendidikan Islam memerlukan spirit dan energi yang cukup untuk mengubah tantangan tersebut agar menjadi peluang. Di tengah-tengah situasi dan kondisi yang demikian itulah, buku ini hadir menemani para penggagas, inovator, desainer, dan praktisi pendidikan Islam. Untuk itu, buku ini sangat layak dan penting untuk dibaca, ditelaah, dan diaplikasikan. Semoga. Buku persembahan penerbit Prenada Media

Buku Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia yang kini berada di tangan para pembaca yang budiman hadir untuk membantu para pembaca memahami berbagai gagasan, pemikiran, upaya, dan strategi dalam memperbarui pendidikan Islam.

Pendidikan Kewarganegaraan Pancasila, Demokrasi dan Pencegahan Korupsi

Penyusunan buku Pendidikan Kewarganegaraan ini mengacu pada Undang- Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 yang menempatkan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai bagian dari komponen Mata Kuliah Inti (MKI) dalam kurikulum pendidikan tinggi dan keputusan Departemen Pendidikan Nasional tentang Pendidikan Kewarganegaraan yang tertuang dalam keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi No. 038/Dikti/Kep./2002 tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Mutu Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) di Perguruan Tinggi. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

... Citizenship Education . Pada tahun 2002 , Citizenship Education menjadi mata pelajaran wajib dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah di Inggris . Istilah ini memiliki konotasi lain , yang cenderung lebih menekankan hak dan ...

Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan

asesmen kelas merupakan suatu set teknik asesmen yang dapat digunakan dalam memahami kondisi dan pengusaaan peserta didik dalam materi pelajaran yang sudah diberikan, dan juga merupakan suatupendekatan untuk memahami kekurangan dalam proses pembelajaran berdasarkan informasi asesmen yang dikemukakan peserta didik. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

asesmen kelas merupakan suatu set teknik asesmen yang dapat digunakan dalam memahami kondisi dan pengusaaan peserta didik dalam materi pelajaran yang sudah diberikan, dan juga merupakan suatupendekatan untuk memahami kekurangan dalam proses ...

Fiqh Muamalah Kontemporer

Buku ajar/daras ini dengan judul Fiqh Muamalah Kontemporer disusun berdasar
pada silabi kurikulum IAIN Parepare untuk mata kuliah Fiqh Muamalah
Kontemporer, sehingga buku ini sangat cocok digunakan oleh mahasiswa Prodi
 ...

Perekayasaan sistem pemilu untuk pembangunan tata politik demokratis

Implementation of Indonesian law on general elections and its relations with system of democracy in Indonesia.

... cara teknis setiap tahapan, yang pada dasarnya merupakan penyampaian
informasi perihal ketentuan yang mengatur ... lembaga legislatif atau eksekutif,
pada tingkat nasional atau daerah, maka prosedur setiap tahapan kompetisi
tersebut ...

STUDI ISLAM KONTEMPORER (Multidisciplinary Approach)

Buku Studi Islam Kontemporer Multidisipliner Approach ini merupakan kelanjutan dari buku Pengantar Studi Islam karya Rahmat yang diterbitkan oleh Bening Pustaka Yogyakarta pada tahun 2018, dimana dalam buku tersebut dipaparkan secara umum Studi Islam dan menyinggung sedikit tentang pendekatan Studi Islam. Adapun pada kesempatan kali ini, penulis menghadirkan edisi khusus dalam menelaah pendekatan studi Islam yang terdiri dari 14 (Empat Belas) pendekatan; 1) Pendekatan Tafsir, 2) Hadits, 3) Fiqh, 4) Kalam, 5) Tasawuf, 6) Historis, 7) Sosiologi, 8) Antropologi, 9), Fenomenologi, 10) Filologi, 11) Psikologi, 12) Linguistik, 13) Arkeologi, dan 14) Gender. Buku ini tergolong cukup lengkap sebagai tambahan referensi untuk memahami berbagai pendekatan yang dapat dimanfaatkan dalam studi atau penelitian Islam. Namun demikian, kami tidak melengkapi setiap pendekatan tersebut dengan contoh-contoh aplikatif atau contoh kasus, hal ini mengingat; 1) Objek atau kasus kajian studi Islam sangat dinamis, 2) Masing-masing BAB (Pendekatan) telah dilengkapi atau disempurnakan dengan menambahkan metode, teknik dan langkah-langkah dalam penelitiannya, sehingga para pembaca yang akan melakukan penelitian (studi), akan dengan sangat mudah mengaplikasikannya ke dalam objek atau kasus yang dinamis tersebut.

Buku Studi Islam Kontemporer Multidisipliner Approach ini merupakan kelanjutan dari buku Pengantar Studi Islam karya Rahmat yang diterbitkan oleh Bening Pustaka Yogyakarta pada tahun 2018, dimana dalam buku tersebut dipaparkan secara umum ...

Metodologi Penelitian Kualitatif

Metodologi penelitian merupakan ilmu yang mengupas tentang metode-metode penelitian. Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini membahas konsep teoretis dari berbagai metode kualitatif, yang diharapkan dapat membantu para peneliti utamanya peneliti pemula untuk memahami metodologi penelitian kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif, merupakan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) di mana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitaif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Karena metode penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik, dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Metode penelitian kualitatif muncul karena terjadi perubahan paradigma dalam memandang suatu fenomena atau realitas atau gejala. Dalam penggunaan metode penelitian kualitatif, maka perlu untuk memahami tentang metode tersebut. Karena konsep penyusunan buku ini berdasarkan dari fakta lapangan sebuah hasil penelitan, maka diharapkan buku ini dapat berguna sebagai referensi para peneliti kualitatif. Selain itu buku ini juga diberikan gambaran langsung bagaimana langkah-langkah penyusunan proposal penelitian serta laporan hasil penelitian kualitatif yang berdasarkan pada fenomena lapangan. Dengan demikian semoga buku ini sangat bermanfaat dan membantu para peneliti kualitatif. Penerbit Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia

Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini membahas konsep teoretis dari berbagai metode kualitatif, yang diharapkan dapat membantu para peneliti utamanya peneliti pemula untuk memahami metodologi penelitian kualitatif.