Sebanyak 710 item atau buku ditemukan

Buku Tematik Terpadu Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku

Buku Tematik Terpadu Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku adalah buku pelengkap dan pendamping buku tematik terpadu tema 3 peduli terhadap makhluk hidup kelas IV sekolah dasar Buku ini dikhususkan untuk memudahkan siswa menguasai konsep pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (mengenai keberagaman makhluk hidup di lingkungan yang terdapat pada buku tematik terpadu tema 3 peduli terhadap makhluk hidup Penyusunan buku ini memiliki beberapa karakteristik yang menjadi keunggulan 1. Kegiatan observasi soal latihan dan evaluasi dikembangkan berbasis High Order Thinking Skills 2. Penggunaan gambar 3 D Stereoscopic digunakan untuk kegiatan pengamatan dan memberikan ilustrasi yang dapat menarik minat siswa untuk belajar 3. Materi disajikan menggunakan bahasa yang sesuai dengan perkembangan siswa sekolah dasar 4. Tugas atau kegiatan disajikan dengan beragam variasi dengan metode berpikir dan analisa sehingga dapat menumbuhkan konsep berpikir siswa 5. Materi pembelajaran memberikan deskripsi atau penjelasan dengan pendekatan kontekstual, sehingga siswa mudah memahami konsep yang sedang dipelajari 6. Rangkungan disediakan sebagai intisari dari materi yang dijabarkan dengan membacanya siswa dapat mengingat kembali pelajaran yang sudah dibahas 7. Uji Kompetensi difungsikan untuk mengetahui daya serap siswa dalam menguasai pelajaran yang telah dibahas

Buku Tematik Terpadu Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku adalah buku pelengkap dan pendamping buku tematik terpadu tema 3 peduli terhadap makhluk hidup kelas IV sekolah dasar Buku ini dikhususkan untuk memudahkan siswa menguasai ...

Metode Penelitian

Menjadi seorang peneliti pastinya harus paham benar bagaimana metode-metode untuk meneliti dan melakukan sebuah penelitian. Seorang peneliti, terutama peneliti pemula seringkali merasa bingung tentang apa yang ia lakukan pada tahap tertentu. Buku ini menawarkan sebuah panduan yang cukup komprehensif, mulai dari awal memulai penelitian hingga praktik teknis penulisan. Buku ini disiapkan untuk membantu para peneliti, baik pemula maupun senior dalam mempermudah perumusan, pengonsepan, perencanaan, hingga penulisan laporan penelitian, tentunya tak hanya menjurus penelitian-penelitian berbasis ilmiah akademik, metode penelitian ini juga disiapkan untuk penelitian-penelitian untuk cakupan ilmu yang lebih luas. Maka, dengan adanya buku ini, penelitian Anda akan lebih baik dan berkualitas.

Buku ini disiapkan untuk membantu para peneliti, baik pemula maupun senior dalam mempermudah perumusan, pengonsepan, perencanaan, hingga penulisan laporan penelitian, tentunya tak hanya menjurus penelitian-penelitian berbasis ilmiah ...

Aplikasi Metode Riset

Praktik Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Mix Methods

Sebenarnya telah banyak buku-buku yang membahas tentang metodologi penelitian, baik metode penelitian sosial, baik metode kualitatif, kuantitatif, maupun mix methods. Namun demikian, buku-buku tersebut umumnya masih bersifat normatif, teoritik, dan belum aplikatif, belum bersifat praktik, serta belum disertasi dengan contoh-contoh kongkret, sehingga pembaca masih banyak yang kesulitan memahami teknis dan prosedur dalam metode penelitian. Menyadari hal itu, buku ini hadir untuk membedah metode penelitian secara lebih praktis, aplikatif, dan disertai dengan contoh-contoh yang mudah dipahami. Pemberian contoh-contoh dalam buku ini dimaksudkan agar supaya pembaca langsung mengerti dan memahami berbagai tahapan, prosedur, maupun teknis dalam melakukan penelitian, khususnya saat membuat laporan penelitian ataupun karya ilmiah, seperti skripsi, tesis, disertasi, yang berlaku di perguruan tinggi maupun taskap, naskap, nastrap, karlis, karlismil, yang berlaku di lembaga pendidikan militer, seperti Seskoad, Seskoau, Seskoal, Sespimen, Sespimti, Sesko TNI, dan Lemhanas. Buku ini hadir untuk memberikan pencerahan kepada semua mahasiswa, peneliti, akademisi, dosen, maupun para perwira siswa (Pasis) di lingkungan TNI dan Polri agar mampu melakukan penelitian dan menulis karya ilmiah yang sistematis, aplikatif, praktis, dan sesuai dengan kaidah ilmiah. Keunggulan buku ini adalah pemberian contoh-contoh yang aplikatif sehingga layak untuk dibaca oleh semua kalangan yang menggeluti dunia pendidikan maupun penelitian ilmiah sehingga sangat bermanfaat dalam penulisan laporan penelitian atau karya ilmiah lainnya.

Sebenarnya telah banyak buku-buku yang membahas tentang metodologi penelitian, baik metode penelitian sosial, baik metode kualitatif, kuantitatif, maupun mix methods.

Pengantar Metodologi Penelitian Sosial + Plus

Berangkat dari pengalaman mengajar di kelas pada saat kuliah Metodologi Penelitian khususnya, selalu saja kekurangan waktu untuk menjelaskan materi kuliah yang bersangkutan, sementara disisi lain masih banyak materi yang harus disampaikan kepada mahasiswa, sehingga akhirnya dosen harus memilih apakah memilih materi yang disampaikan sedikit tetapi mahasiswa memahami semua yang disampaikan, atau memilih menyampaikan semua materi, tetapi konsekuensinya mungkin banyak mahasiswa yang tidak faham. Untuk itu adanya Buku Ajar ini sedikit dapat membantu dosen dan mahasiswa untuk menemukan jalan tengah, artinya tidak semua materi harus disampaikan dikelas, bagian dari materi yang kira-kira bisa difahami oleh mahasiswa hanya dengan membaca sendiri, maka dapat hanya dengan membaca di Buku Ajar ini, dengan demikian semua materi yang sudah direncanakan oleh dosen di 14 kali pertemuan per semester tersebut dapat disampaikan semua dengan tuntas. Sebagai pengayaan tambahan maka di kelas, perlu dibuka “ruang” diskusi bagi mahasiswa yang belum faham setelah membaca Buku Ajar ini. Buku Ajar ini coba penulis tuliskan dengan menggunakan Bahasa “kampung” tujuannya adalah agar apa yang ditulis dalam buku ini mudah difahami oleh siapa saja. Disamping itu berbagai materi yang ditulis dalam Buku Ajar ini adalah kombinasi teori dan praktik, sehingga isi buku ini lebih mengarah kepada pragmatis, khususnya dalam konteks penelitian akademik (Skripsi,Tesis dan Disertasi). Akhir kata, karena keterbatasan pengetahuan dan wawasan serta pengalaman penulis, khususnya dalam bidang ilmu Metodologi Penelitian, maka buku ini tentu masih jauh dari sempurna seperti kata pepatah tiada gading yang tak retak, untuk itu segala kritik dan saran yang konstruktif dari para pembaca sangatlah penulis diharapkan guna penyempurnaan buku ini dimasa yang akan datang. Pontianak, Desember 2019 Penulis

Berangkat dari pengalaman mengajar di kelas pada saat kuliah Metodologi Penelitian khususnya, selalu saja kekurangan waktu untuk menjelaskan materi kuliah yang bersangkutan, sementara disisi lain masih banyak materi yang harus disampaikan ...

Literasi Al-Qur'an: Model Pembelajaran Tahsin-Tilawah Berbasis Talqin-Taqlid

Pembelajaran Al-Qur’an selalu menjadi fokus utama dan pertama dalam pendidikan agama Islam (PAI). Tuntutan ini mengharuskan penulis untuk mencari metode dan strategi pengajaran Al-Qur’an yang sempurna. Buku ini berisi penjelasan dari hasil penelitian yang berfokus pada bagaimana mensukseskan guru dan pebelajar secara nyata mencapai tujuan pembelajaran. Pada kasus guru, bagaimana mengarahkan siswa mereka untuk terlibat semaksimal mungkin meskipun pembelajaran dilakukan berpusat pada guru (teacher centered) dengan melakukan komunikasi secara efektif. Pada kasus siswa, buku ini akan lebih berfokus pada bagaimana motivasi belajar Al-Qur’an dan manajemen diri dapat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa. Pandangan terakhir, strategi pembelajaran Al Qur’an adalah subjek yang paling penting dalam buku ini. Strategi pembelajaran akan menjadi penentu utama bagaimana siswa dapat berproses dalam meningkatkan kemampuan belajar membaca Al-Qur’an. Sejumlah tinjauan dan survei telah dilakukan untuk menemukan formulasi pembelajaran yang sesuai dengan harapan. Pada buku ini, akan dipaparkan secara jelas mengenai bagaimana strategi pembelajaran berperan penting, dan mendemonstrasikan bagaimana mendesain strategi pembelajaran Al-Qur’an yang efektif berdasarkan hasil tinjauan dan riset. Strategi pembelajaran Tahsin-Tilawah berbasis Talqin-Taqlid adalah sebuah strategi yang coba untuk kami kenalkan kepada siswa, terutama untuk mereka yang telah menginjak remaja dan dewasa seperti di Universitas. Gender sebagai isu utama dalam pembelajaran Al-Qur’an juga akan dibahas secara khusus sebagai faktor yang mempengaruhi kesuksesan belajar Al-Qur’an. Ditambah lagi bahasan mengenai integrasi teknologi dalam pembelajaran Al-Qur’an menjadikan buku ini adalah ulasan mutakhir. Diharapkan buku ini menyediakan informasi untuk pembelajaran Al-Qur’an yang sesuai dengan perkembangan teknologi di era digital. Prinsip kami adalah membelajarkan Al-Qur’an dengan tetap berpegang pada prinsip kultural “dari hati ke hati”, namun mengikuti perkembangan zaman, khususnya penggunaan teknologi informasi tepat guna.

2012. ‚Learning with ComputerBased Multimedia: Gender Effects on Efficiency.‛ Journal of Educational Computing Research 47 (4): 387–407. https://doi.org/10.2190/EC.47.4.c. Price, Fiona, and Karima Kadi‐Hanifi. 2011. ‚E‐motivation!

Kearifan Lokal SMONG Dalam Konteks Pendidikan : Revitalisasi Nilai Sosial-Budaya Simeulue

Buku “Kearifan Lokal Smong Dalam Konteks Pendidikan” ini disusun sebagai respon atas pentingnya merevitalisasi kembali kearifan lokal smong sebagai kekayaan lokal yang wujud dan berkembang dalam masyarakat Simeulue. Masyarakat Simeulue menggunakan kata smong untuk menyebut peristiwa tsunami. Adanya istilah lokal untuk menyebut peristiwa tsunami membuktikan bahwa masyarakat setempat memiliki pengetahuan berkaitan dengan fenomena alam tersebut. Buku ini terdiri atas 7 bagian. Pada Bab 6 khusus berisi bahan ajar tentang smong yang dapat diterapkan di lembaga pendidikan formal, khususnya tingkat SD/MI. Sedangkan pada Bab 7 terdapat contoh perangkat pembelajaran (RPP) sebagai panduan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran tentang smong, Karena itu buku ini sangat tepat dijadikan referensi bagi berbagai pihak seperti guru, akademisi, mahasiswa calon guru dan berbagai kalangan yang memiliki ketertarikan terhadap kearifan lokal.

Buku “Kearifan Lokal Smong Dalam Konteks Pendidikan” ini disusun sebagai respon atas pentingnya merevitalisasi kembali kearifan lokal smong sebagai kekayaan lokal yang wujud dan berkembang dalam masyarakat Simeulue.

POTRET KEBIJAKAN PENDIDIKAN DINIYAH

Eksistensi Kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Peningkatan Kualifikasi Akademik Guru Madrasah Diniyah

Dalam catatan sejarah pendidikan, sistem penyelenggaraan pendidikan Madrasah Diniyah (Madin) di Indonesia selama ini belum pernah mendapatkan pengakuan yang konkrit dari pemerintah. Hal ini terjadi, karena selama ini pula eksistensi pendidikan Madin secara yuridis-formil memang tidak diberi ruang apresiasi yang memadai dalam undang-undang sistem pendidikan nasional di tanah air. Fakta ini telah terbukti dalam sejarah panjang pemberlakuan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) di Indonesia, mulai UU No. 4/1950, juncto UU No. 12/1954, sampai dengan UU No. 2/1989 yang kesemuanya tidak pernah memuat bab, pasal, maupun ayat-ayat yang mengatur tentang sistem penyelenggaraan pendidikan Madrasah Diniyah. Padahal secara defacto dan historis Madin selama ini juga ikut memiliki andil dan kontribusi yang besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa bidang pendidikan di masyarakat.

Dalam catatan sejarah pendidikan, sistem penyelenggaraan pendidikan Madrasah Diniyah (Madin) di Indonesia selama ini belum pernah mendapatkan pengakuan yang konkrit dari pemerintah.

Profil Anak Berkebutuhan Khusus di Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2016

Buku ini merupakan profil keberadaan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2016. Dalam buku ini termuat data-data jumlah ABK di seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Prov. Kalimantan Timur berdasarkan kategori/kelompok ABK-nya. Selain itu, dalam buku ini juga termuat data sekolah luar biasa dan sekolah inklusi yang ada di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur.

Buku ini merupakan profil keberadaan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2016.

METODOLOGI PENELITIAN

Komunikasi dan Penyiaran Islam

Di antara maraknya buku metodologi penelitian, buku yang hadir di hadapan pembaca ini memberikan prinsip-prinsip dasar bagi praktik penelitian di wilayah ilmu komunikasi Islam serta Penyiaran Islam, dan diharapkan dapat mengawal calon peneliti untuk melakukan penelitian atau paling tidak sebagai pengantar untuk memahami buku metodologi penelitian lain yang rinciannya lebih kompleks. Sifat penyajian buku yang sederhana dan disertai contoh-contoh dalam praktik penelitiannya, akan membantu mempermudah pembaca dalam memahami isi buku ini. Harapan ini bukan tanpa alasan. Berdasarkan pengalaman penulis mengampu mata kuliah Metodologi Penelitian atau ketika membimbing penulisan tugas akhir mahasiswa, seringkali ditemukan problem metodologis tertentu, seperti kesalahpahaman dalam memahami beberapa prinsip dasar penelitian, kesalahan dalam memulai praktik penelitian, kekeliruan menentukan sumber data, sampai kesalahan dalam menentukan daftar pustaka yang relevan. Karenanya, kehadiran buku ini diharapkan dapat meminimalisir kasus-kasus problematis tersebut.

Di antara maraknya buku metodologi penelitian, buku yang hadir di hadapan pembaca ini memberikan prinsip-prinsip dasar bagi praktik penelitian di wilayah ilmu komunikasi Islam serta Penyiaran Islam, dan diharapkan dapat mengawal calon ...

Aktivitas Kreatif Anak Cerdas PAUD dan TK

Baca, tulis, dan hitung adalah ilmu yang harus dikuasai oleh anak sejak dini. Namun, jangan sampai pengajaran yang diberikan jutru akan membebani anak. Karena itu, perlu kiranya orang tua memikirkan cara yang tepat untuk mengajarkan ilmu ini. Buku ini bisa membantu orang tua dalam mengajarkan calistung tanpa membebani anak. Sebab, materinya disusun sesuai pola penalaran tumbuh kembang anak. Juga ilustrasinya yang ceria dan penuh warna. Membuat anak tidak akan bosan belajar bersama buku ini. Mereka justru merasa bermain dengan riang. Akhir kata, selamat mendampingi buah hati Anda belajar. Selling Point : 1. Disesuaikan dengan tumbuh kembang anak 2. Materi disertai ilustrasi lucu dan menarik 3. Beragam permainan pengasah kreativitas anak

Baca, tulis, dan hitung adalah ilmu yang harus dikuasai oleh anak sejak dini.