Sebanyak 271 item atau buku ditemukan

Teori dan Praktik Olahraga Rekreatif dan Sport Outbound

Buku Teori dan Praktek Olahraga Rekratif dan Sport Outbound ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa calon guru penjas dan guru-guru penjas tentang arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound yang mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar sesuai dengan kurikulum 2013 pada setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP dan SMA/SMK pada materi aktivitas luar kelas. Pada tingkat sekolah dasar (SD) arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound mengacu kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan gerak dasar melalui model pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound. Pada tingkat sekolah menengah pertama (SMP) arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound mengacu kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan teknik dasar melalui model pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound. Pada tingkat sekolah menengah atas dan kejuruan (SMA/SMK) arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound mengacu kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan gerak lanjutan melalui model pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound. Dalam buku ini juga dilengkapi dengan model-model aktivitas olahraga rekreatif dan sport outbaound sebagai aktivitas luar kelas.

Budaya organisasi terlihat dari perilaku anggota perusahaan, atribut dan hal-hal simbolik yang melekat pada anggota perusahaan, serta kebiasaan yang ...

Strategi Pengembangan Otak

Buku ini memberi penjelasan yang menarik mengenai revolusi mental yang dapat dilaksanakan di sekolah serta perwujudannya. Revolusi mental pada hakikatnya menggali nilai-nilai budaya bangsa Indonesia serta mewujudkannya dalam hidup keseharian menuju masyarakat yang beradab (civilized) atau masyarakat madani (civilized society). Inilah nilai-nilai Pancasila yang perlu dikembangkan dalam proses belajar, dalam kehidupan bermasyarakat serta keluarga, diwujudkan oleh pemimpin-pemimpin masyarakat dalam semua bidang kehidupan.

Contoh-contoh yang konkret tentang kematangan pikir dan jiwa anak-anak ini, terutama pada generasi Z, ... Jumlah peneliti yang sadar akan pendekatan saintifik, bahkan untuk anak usia dini dalam pertumbuhannya menjadikan kita sebagai ...

Pengantar Pendidikan Islam

Pendidikan Islam merupakan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik agar meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan agama Islam. Secara aplikatif, proses penddidikan Islam dapat dilakukan melalui kegiatan bimbingan dan pengajaran guna mewujudkan keperibadian muslim yang beriman dan bertakwa pada Allah SWT, berahlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta memiliki bekal untuk melanjutkan Pendidikan yang lebih tinggi. Konsep Pendidikan Islam juga mengacu pada makna teologis dalam hubungannya dengan penguatan ajaran Islam. Terdapat tiga istilah yang umum digunakan dalam Pendidikan Islam yaitu al-Tarbiyah, al-Ta’lim dan al-Ta’dib. Konsep pendididikan Islam dilihat dari makna kata Tarbiyah dipahami sebagai proses bimbingan terhadap potensi manusia (jasmani, ruh dan akal) secara maksimal agar dapat menjadi bekal dalam menghadapi kehidupan dan masa depan. Pendidikan Islam ditinjau dari makna kata Ta’lim menekanakan pada penyajian metodologi pendidikan mesti diarahkan sesuai dengan bakat dan minat peserta didik. Sedangkan pendidikan Islam dari konsep makna kata Ta’dib yang mengacu pada pembentukan adab, etika dan perilaku seorang amanusia dalam proses pendidikan. Dengan demikian ketiga term pendidikan Islam ini sesungguhnya berorientasi pada pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan Islami sesuai dengan prinsip-prinsip dasar ajaran Islam. Buku ini relevan dengan kebutuhan referensi mahasiswa S1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, para pendidik (guru, dosen), dan para pemerhati pendidikan Islam. Harapan penulis, dengan membaca buku ini dapat memberikan penguatan wawasan terkait posisi pendidikan Islam dalam mewujudkan SDM yang berkualitas. Kehadiran buku ini juga dapat menjadi referensi keilmuan para mahasiswa S1 seperti jurusan PAI, PBA, PGMI, dan PIAUD agar dapat mememahami ranah praksis pengembangan pendidikan Islam sebagai salah satu poros pendidikan dalam pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pendidikan Islam merupakan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik agar meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan agama Islam.

Manajemen SDM: Teori dan Aplikasi Pada Bank Umum Syariah

Dilihat dari sudut pandang manajemen SDM, teori Organizational Citizenship Behavior (OCB) memiliki peran penting untuk membantu meningkatkan kinerja individu dan organisasional, karena kedudukannya mampu menciptakan loyalitas yang tinggi pada organisasi. Teori OCB dengan bentuk-bentuk prilakunya juga relevan dengan nilai-nilai Islam seperti ikhlas, taawun, ukhwah, mujahadah. Artinya, konsep ini relevan untuk diaplikasikan pada organisasi syariah seperti perbankan syariah. Disamping itu, buku ini juga membahas tentang kecerdasan spiritual, budaya organisasi dan kepemimpinan karena tiga konstruk ini secara empirik berdampak pada pembentukan OCB. Untuk itu, keberadaan materi tersebut membuat buku ini menjadi unik dan sekaligus pembeda dengan buku-buku referensi manajemen SDM lainnya. Lebih lanjut, buku ini juga membahas tentang konsep dasar dan ruang lingkup manajemen SDM, perencanaan SDM, analisis dan desain pekerjaan, rekrutmen, seleksi, orientasi, penempatan dan pemberhentian karyawan, pelatihan dan pengembangan SDM, perencanaan dan pengembangan karier, kinerja karyawan dalam kajian teoritik, relevansi teori OCB dalam Islam, dan di bab akhir secara khusus membahasnya secara aplikatif melalui riset faktor-faktor yang berpengaruh langsung (direct effect) dan tidak langsung (indirect effect) terhadap kinerja karyawan Bank Umum Syariah.

Benturan Ekonomi Islam dan Ekonomi Kapitalis: Kajian terhadap Sistem dan Nilai Instrumental (Luwuk Pos, 2007). Disiplin Kerja: Tinjauan Teoritis dan Aplikasinya Terhadap Prestasi Kerja (Jurnal Al-Mizan, 2009).

Pelajaran Ilmu Tajwid

Membaca Al-Qur’an dengan tajwidnya hukumnya wajib, karena dengannyalah Allah menurunkan Al-Qur’an dan demikian pula Al-Qur’an itu sampai kepada kita. Kewajiban kaum muslimin membaca Al-Qur’an dengan tajwid- nya melalui proses pembelajaran secara langsung (talaqqy) kepada ahlinya sebagaimana Rasulullah Saw. pun langsung diajarkan oleh malaikat Jibril as. Di dalam buku ini dibahas tentang hal-hal penting di antaranya Hukum Nun Mati dan Tanwin, Bacaan Isti’azah, Basmalah, Macam-macam Mad, Makharijul & Sifat Huruf, dan lainnya. Buku ini menyajikan topik-topik penting dengan disertai cara membacanya sehingga akan mudah dipahami oleh mahasiswa, pelajar/santri, guru/ustaz dan masyarakat pada umumnya.

Membaca Al-Qur’an dengan tajwidnya hukumnya wajib, karena dengannyalah Allah menurunkan Al-Qur’an dan demikian pula Al-Qur’an itu sampai kepada kita.

Modernisasi Hukum Keluarga Islam (Studi Komparasi KHI) - Rajawali Pers

Buku ini penulis sajikan untuk memberikan pandangan model modernisasi terhadap studi Hukum Keluarga Islam. Dengan pendekatan epistemologi hukum, epistemologi yang dimiliki KHI dan CLD-KHI adalah berbeda dari aspek paradigma, ideologi dan substansinya. KHI lebih bercorak ideologis dan menggunakan nalar teologis, sedangkan CLD-KHI lebih menggunakan nalar hukum dengan memasukkan prinsip-prinsip yang tidak dipakai dalam KHI, seperti prinsip demokrasi, pluralisme, HAM, dan sebagianya. Meskipun demikian, baik KHI maupun CLD-KHI tetap memiliki kesamaan semangat, yakni aspek modernisasi hukum Islam tertulis.

Buku ini penulis sajikan untuk memberikan pandangan model modernisasi terhadap studi Hukum Keluarga Islam.

Ideologi dalam Tafsir Indonesia

Tafsir An-Nur Karya Hasbi As-Shiddieqy

Buku yang ada di hadapan para pembaca ini mendiskusikan Tafsir karya ulama’ Indonesia yaitu Tafsir An-Nur karya Tengku Muhammad Hasbi As-Shiddieqy. Buku ini menganalisis lebih jauh bagaimana proses ideologisasi dan kepentingan masuk dalam sebuah penafsiran. Teori sosiologi pengetahuan Karl Manneheim digunakan untuk memotret sejarah dan dialektika keilmuan dan politik ketika tafsir ditulis, sehingga terlihat kepentingan-kepentingan yang diusung berdasarkan peranan dan realitas politik yang terjadi saat itu sehingga produk penafsiran yang dihasilkan Hasbi As-Shiddieqy bukanlah hasil ilham terisolasi melainkan hasil dialektika dan pergulatannya dengan realitas yang ada, sehingga terungkap perspektif, ekspresi, ekspektasi dan cita-cita penafsir atas masalah-masalah sosial keagamaan dan politik yang diusung dalam tafsirnya.

masuk, Hasbi masuk ke jenjang takhasshus,53 dan memperdalam bahasa Arab yang merupakan program (kurikulum) unggulan Al-Irsyad.54 Berbeda dengan sistem pendidikan yang di pesantren-pesantren tempat Hasbi dididik pertama kali, ...

KONSEP DASAR PENDIDIKAN ISLAM

Sebuah analisis Metode Qur’ani dalam mendidik Manusia

Pendidikan merupakan upaya strategis untuk membangun peradaban umat manusia. Karena itu, ia memerlukan kesungguhan dalam pelaksanaannya demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan yang dikehendaki. Eksplorasi terhadap kandungan Al-Qur’ân menghasilkan suatu teori yang disebut Pendidikan Qur’ani, yang di dalamnya termasuk konsep, landasan filosofis, metodis, dan aplikasi pendidikan Qur’ani. Di samping itu Al-Qur’an juga merupakan sumber materi pendidikan yang tak ada habis-habisnya untuk digali. Buku ini bertujuan untuk mengungkap permasalahan yang telah dipraktikkan dalam dunia pendidikan kita. Islam sebagai sebuah sistem hidup yang paripurna juga membawa ajaran-ajaran yang bermuatan pendidikan. Dalam hal ini, Al-Qur’an sebagai sumber ajaran Islam di dalamnya kaya dengan nilai-nilai pendidikan yang bisa dijadikan pegangan bagi para pendidik atau siapa pun yang berkepentingan dengan pendidikan. Dari sudut ilmiah, untuk mendapat corak khusus terhadap pelaksanaan pendidikan dengan perspektif Al-Qur’an. Banyaknya kajian-kajian tentang pendidikan yang masih bersifat umum. Dengan demikian, corak khusus yang berlabel perspektif Al-Qur’an ini, sangat perlu kehadirannya dengan maksud untuk menambah dan meramaikan khazanah intelektual Islam. Perlu diingat pula, bahwa terbangunnya konsep pendidikan menurut pandangan Islam dan termanifestasikannya secara benar, dimungkinkan akan dapat meminimalisir pelaksanaan pendidikan yang sekuler dan materialistik. Di sisi lain, buku ini dipandang sangat penting artinya bagi pengembangan pemikiran di Tanah Air. Sebab, secara umum masyarakat Indonesia sedang menghadapi masalah-masalah pendidikan yang sangat kompleks, termasuk di dalamnya krisis moralitas, yang salah satu penyebabnya adalah kurang memahami penerapan metode pendidikan yang Qur’ani.

Dekadensi moral saat ini terjadi karena lemahnya pendidikan keluarga. Di dalam pendidikan Islam ... Pendidikan iman merupakan pendidikan paling dasar yang harus diketahui oleh sang anak pada masa usia dini. Ketika sang ibu mengandung, ...

Manajemen dan Kepemimpinan

Tantangan yang paling berat dalam mengelola sebuah lembaga pendidikan terletak pada manajemen dan kepemimpinan. Kemampuan seseorang dalam merencanakan, melaksanakan, mengontrol dan mengevaluasi sebuah organisasi mencerminkan kematangan dan kesiapannya dalam menjalankan roda organisasi tersebut, sehingga tercipta suatu pengelolaan organisasi yang baik dan dapat mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Sekalipun dalam kajian-kajian teori secara umum manajemen dan kepemimpinan dibedakan dan terkadang disatukan, karena kenyataan dalam perjalanan organisasi keduanya sulit untuk dipisahkan. Kepemimpinan dimaknai sebagai sebuah upaya untuk memberikan pengaruh kepada orang lain agar maksud dan tujuan dapat dicapai dengan baik atau kemampuan menggerakkan orang lain agar mau bekerjasama dalam sebuah kelompok untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam kepemimpinan sangat dibutuhkan kemampuan manajerial, kemampuan seseorang untuk mengatur jalannya organisasi. Sehingga dalam buku ini manajemen dan kepemimpinan diuraikan menjadi satu kesatuan sekalipun dalam penjelasannya ada yang terpisah. Setiap manusia adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dilakukannya dalam memimpin. Pemimpin yang bertanggung jawab, mengayomi dan mendengar aspirasi akan memiliki wibawa dan kharisma, sehingga tipe kepemipinannya lebih banyak didominasi oleh tipe kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan transformasional mampu melahirkan pemimpin sejati. Pemimpin sejati adalah yang mampu menginsprasi orang lain, energik, cerdas, menjadi tauladan dan figur yang dicontoh sehingga mampu memotivasi orang lain menuju perubahan yang lebih baik. Buku Manajemen dan Kepemimpinan ini dibuat sebagai buku ajar pada mata kuliah Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan yang dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses perkuliahan. Di dalam buku ini penulis uraikan tentang Konsep Dasar Manajemen, Pengembangan Teori Manajemen, Manajemen dan Manajer, Perencanaan dan Organisasi, Pengendalian dan Motivasi, Konsep Dasar Kepemimpinan, Teori dan Pendekatan Kepemimpinan, Etika Moral dan Kekuasaan, Model dan Prinsip Kepemimpinan di Abad-21 dan Praktik Kepemimpinan Instruksional dalam Pendidikan.

Sedangkan dalam dunia pendidikan, definisi pendidikan berdasarkan ... dana, sarana prasarana pendidikan, tata laksana dan lingkungan pendidikan untuk ...