Sebanyak 598 item atau buku ditemukan

Pengembangan Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Khasanah Islam dan Neurosains

Buku Pengembangan Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Khasanah Islam dan Neurosains ini membahas temuan Howard Gardner bahwa setiap manusia memiliki setidaknya sembilan jenis kecerdasan, yakni linguistik, matematis-logis, visual-spasial, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalistik, dan kecerdasan eksistensial atau spiritual. Setiap jenis kecerdasan dibahas dalam satu bab. Kecerdasan majemuk itu sendiri merupakan kajian neurosains bidang psikologis yang dapat dimanfaatkan dalam konteks pendidikan, termasuk pendidikan anak usia dini. Jadi, tanpa membahasnya dalam perspektif neurosains, kecerdasan majemuk secara otomatis menjadi kajian neurosains. Pembahasan setiap jenis kecerdasan diperkaya dengan khasanah Islam, sehingga tidak hanya kecerdasan eksistensial atau kecerdasan spiritual yang senapas dengan Islam, melainkan seluruh jenis kecerdasan. Sekadar contoh, kecerdasan linguistik dalam pandangan Islam merupakan kecerdasan Nabi Sulaiman AS, yang dalam Al-Qur’an disebutkan mampu berkomunikasi dengan binatang, bahkan semut, jin, dan malaikat, di samping sesama manusia. Oleh karena itu, guru dan orang tua tidak boleh berpandangan bahwa anak hanya perlu dikembangkan salah satu jenis kecerdasannya yang menonjol sebab jika hanya satu jenis kecerdasan yang dikembangkan, maka anak tersebut akan menjadi kuper keilmuan. Akan tetapi, orang tua dan/atau guru juga tidak boleh terlalu ambisius untuk mengembangkan seluruh kecerdasan majemuk pada setiap anak didik dengan sama baiknya. Ambisi ini mungkin ada baiknya karena hendak menjadikan anak multitalenta, tetapi risikonya justru semua jenis kecerdasan akan gagal dikembangkan.

H.Bahasa 1. Bahasa Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia baku (ada subjek dan predikat, bila perlu ditambah dengan objek dan keterangan). 2. Bentuk kalimat Kalimat tidak boleh menampilkan orang pertama atau orang kedua (saya, ...

Etika Pendidikan Islam Perspektif Tafsir Manajemen Pendidikan

Islam Adalah agama yang syamil dan mutakammil. Ia tidak hanya berbicara tentang aspek yang berkaitan dengan ibadah dan akhlak, tapi juga berbicara tentang seluruh aspek yang ada dalam kehiduapn. Diantarnya adalah tentang pendidikan. Alquran sebagai Pedoman umat manusia sepanjang zaman hadir menjadi solusi atas segala permasalahan yang terjadi di tiap zaman tersebut. Sebagaimana Quran ini pula yang telah mengawal kebesaran islam disepanjang zaman. Diantara aspek yang disoroti di dalam Alquran dan menjadi tema penting yang hari ini membutuhkan solusi adalah pendidikan. Sebab dari aktivitas pendidikan, lahirlah manusia-manusia yang mana mereka adalah bahan baku baik/tidak nya suatu kaum. Pendidikan adalah asas bagi pembagunan peradaban, dan melalui pendidikan inilah, Nabi kita shalallahu ‘alaihi wasallam mulai melakukan perbaikan di bumi yang kala itu sedang dalam kondisi gelap gulita. Buku ini menyajikan sebuah perspektif tentang Etika pendidikan islam dari sudut pandang kajian Quran, dengan sebuah pengantar tentang bagaimana jenis-jenis tafsir kontemporer (tafsir ilmi, tematik dstny). Dengan pendekatan keilmuan para penulis di manajemen pendidikan islam, mudah-mudahan buku ini menjadi sebuah tambahan khazanah dalam dialektika perbaikan pendidikan islam khususunya di negeri kita tercinta.

Setelah membahas pengertian guru dalam perspektif Islam, kemudian akan dibahas mengenai profesionalisme itu sendiri. Profesionalisme berasal dari kata profesi. Kamus besar bahasa Indonesia menyebutkan bahwa profesi adalah bidang ...

Tafsir Al-Amîn—Bedah Surah Al-Fâtihah

Edisi Revisi

Tafsir Al-Amîn—Bedah Surah Al-Fâtihah dilakukan secara berkelanjutan (sustainable) dengan menggunakan banyak metode (multi method) penafsiran. Hal ini demi menghasilkan Tafsir Al-Qur’an yang lebih objektif, terbaik, utuh, dan menyeluruh (comprehensive). Langkah ini dipilih, terinspirasi oleh Al-Qur’an yang secara tekstual maupun kontekstual memiliki keragaman serta one book for all (satu buku untuk semua insan dan semua urusan). Cita ideal yang disuarakan Tafsir Al-Amîn, yakni dengan dinamika penafsirannya yang selalu berubah secara elastik sehingga bisa menjawab setiap tantangan dan semua persoalan. Pada edisi revisi ini tidak ada perbedaan yang bersifat mendasar dan dalam jumlah yang banyak dibandingkan dengan penerbitan perdananya. Namun demikian, terdapat penambahan materi terkait dengan subfasal dan bahkan bab tertentu dalam hal ini “Hubungan Antara Surah Al-Fâtihah dan Surah An-Nas” di samping subbab “Kesimpulan Hukum (istinbath al-ahkam)” dan “Catatan Penting Nilai Edukasi yang Diperoleh dari Surah Al-Fâtihah pada khususnya dan Al-Qur’an pada umumnya”.

... (1) tafsir falsafi, (2) tafsir ilmi/kauniyah, (3) tafsir tarbawi/pendidikan, (4) tafsir
akhlaqi, (5) tafsir ahkam/fiqhi, (6) tafsir iqtishadi/ekonomi, dan lain-lain sesuai
dengan perkembangan bidang/cabang ilmu pengetahuan yang selalu
berkembang.

MANAJEMEN PENJAS

Penulis : Muhamad Syamsul Taufik, S.Si, M.Pd, Tatang Iskandar, M.Pd, Muhamad Guntur Gaos Sungkawa, M.Pd, Azi Faiz Ridlo, M.Pd, Adi Rahadian,S.Si, M.Pd Ukuran : 14,5 cm x 21 cm Tebal : 135 Halaman ISBN : 978-623-79439-7-6 blurb : Sumber Daya Unggul... Indonesia Maju... Semakin kuat karakter dan kapasitas, semakin kuat eksistensi. Berorientasi kepada yang tumbuh, sekalipun pada hal yang kecil. Dengan melakukan perencaaan administrasi, tata kelola, kepemimpinan, pengawasan dan pemantauan beserta interaksi sosialnya diharapkan membawa angin segar berupa perubahan. Buku ini menguraikan tentang dasar-dasar dari Manajemen Olahraga dalam konsentrasi di bidang Olahraga Pendidikan, Olahraga Rekreasi, dan Olahraga Prestasi. Hal ini kami coba untuk memenuhi harapan para pembaca, baik itu mulai dari akademisi, praktisi, ahli, maupun masyarakat umum

Penulis : Muhamad Syamsul Taufik, S.Si, M.Pd, Tatang Iskandar, M.Pd, Muhamad Guntur Gaos Sungkawa, M.Pd, Azi Faiz Ridlo, M.Pd, Adi Rahadian,S.Si, M.Pd Ukuran : 14,5 cm x 21 cm Tebal : 135 Halaman ISBN : 978-623-79439-7-6 blurb : Sumber Daya ...

Pengantar Metodologi Ilmu Sosial Kritis Jurgen Habermas

Buku yang mengulas teori kritik sosial masyarakat secara keseluruhan cukup banyak. Meski demikian, tidak sedikit mahasiswa yang merasa kesulitan dalam menangkap gagasan dan pesan teori kritik, khususnya pikiran-pikiran Habermas, lebih spesifik lagi menyangkut gagasan “metodologi teori kritiknya”. Komentar atas gagasan pemikiran Jurgen Habermas cukup banyak, dari spektrum ide yang positif hingga spektrum pemikiran yang negatif. Spektrum positif menganggap gagasannya bermanfaat untuk transformasi masyarakat, tetapi dari spektrum pemikiran yang negatif tidak sedikit yang menganggap idenya lebih banyak mendorong ke arah “utopia”, bahkan penuh nuansa represif dan kolonialistis, terutama dibandingkan dengan pikiran-pikiran kritis lainnya. Di samping itu, ada juga yang terinspirasi dari teori kritik generasi pertama, yang mengatakan teori kritik tidak lain ialah teori yang mengajarkan bagaimana melakukan kritik sistem, kritik ideologi, kekuasaan, meskipun kritik semacam ini bisa saja dipakai sebagai “senjata halus” untuk masuk menjadi bagian dari sistem apa pun yang kita kritik. Pendek kata, dalam kaitannya dengan dunia ilmu pengetahuan, berbagai tesis pemikiran boleh ditampilkan sebagai objek “discourse” yang terbuka sehingga siapa pun sebagai anggota “komunitas gagasan” sewajarnya tak apriori dalam menelaah seberapa jauh tesis-tesis yang berseliweran di seputar teori kritik itu bisa dipertanggungjawabkan. Buku ini, tak terkecuali, pada akhirnya ialah kumpulan ide yang terbuka sehingga pembaca dapat meresponsnya dengan berbagai macam mode pemikiran. Selain itu, buku ini dimaksudkan untuk membantu khalayak luas untuk memperkaya cakrawala pemikiran ilmu sosialnya. [UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]

Buku yang mengulas teori kritik sosial masyarakat secara keseluruhan cukup banyak.

BUKU AJAR METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL: KEAHLIAN MINIMUM UNTUK TEKNIK PENULISAN ILMIAH

Pentingnya publikasi ilmiah tidak akan dibahas lagi secara mendalam, baik dalam pengantar maupun isi dalam buku ini, karena saat ini banyak pihak telah mengampanyekan bahasan ini. Jadi, penulis tidak akan melakukan kilas balik lagi apalagi memperdebatkan pentingnya publikasi dan penyebaran gagasan dan temuan ilmiah. Buku ini hadir karena kegelisahan penulis akan banyaknya kebutuhan mahasiswa (tingkat sarjana) untuk mendapatkan materi/bahan ajar terkait teknik sederhana dalam menulis ilmiah, terutama untuk memenuhi kewajiban mereka dalam menulis artikel jurnal maupun skripsi. Penulis menggunakan pengalaman pribadinya dalam menyusun buku ini. Pengalaman sebagai pemimpin redaksi pada jurnal Forest and Society (http://journal.unhas.ac.id/index.php/fs), yang setiap saat menilai naskah yang masuk di meja redaksi, serta mengawal proses peer review (pengulasan sejawat) oleh mitra bestari, dijadikan sebagai acuan utama dalam menyusun buku ini. Selain itu, penulis juga mengompilasikannya dengan sumber dan rujukan lainnya. Penulis merasakan adanya kebutuhan akan buku ajar yang sederhana dan mudah di aplikasikan bagi tenaga pengajar/fasilitator penulisan dan juga bagi mahasiswa atau pembelajar. Buku ajar ini secara khusus diharapkan agar bermanfaat buat para dosen untuk menyiapkan bahan pembelajaran dalam mengajarkan kepada mahasiswa tentang keahlian yang minimal dalam menulis ilmiah, terutama pada mata kuliah metodologi penelitian sosial.

Pentingnya publikasi ilmiah tidak akan dibahas lagi secara mendalam, baik dalam pengantar maupun isi dalam buku ini, karena saat ini banyak pihak telah mengampanyekan bahasan ini.

Strategi Belajar Mengajar Biologi

Sebagaimana perkembangan ekologi pendidikan dan perubahan zaman selalu terdapat peluang dan ancaman yang menyertainya. Salah satu peluang bagi negara berkembang seperti Indonesia adalah pembenahan paradigma baru dalam pendidikan. Ancaman yang diprediksi bagi pendidikan kita saat ini adalah ketidaksiapan rancangan model pembelajaran dalam menyiapkan lulusan yang siap bersaing di dunia global, belum lagi bila dihubungkan dengan modal nasional berdasarkan hasil PISA (2018) bahwa kemampuan matematik, sains, dan literasi anak-anak Indonesia menempati urutan ke-72 dari 76 negara. Ketidaksiapan dunia pendidikan akan menjadi bencana apabila berlanjut dengan ketidakmampuan menghasilkan luaran dari kegiatan proses pendidikan yang tidak mampu menyelaraskan diri dengan ekologi belajar 4.0. Oleh karena itu, buku ini disusun untuk menyesuaikan dengan perubahan dan perkembangan tersebut. Buku ini dilengkapi dengan hasil perkembangan terbaru dalam pendidikan, seperti strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis, peningkaran kemampuan, dan keterampilan metakognisi siswa.

Sebagaimana perkembangan ekologi pendidikan dan perubahan zaman selalu terdapat peluang dan ancaman yang menyertainya.

Blended

Eleven-year-old Isabella’s blended family is more divided than ever in this “timely but genuine” (Publishers Weekly) story about divorce and racial identity from the award-winning and New York Times bestselling author of Out of My Mind, Sharon M. Draper. Eleven-year-old Isabella’s parents are divorced, so she has to switch lives every week: One week she’s Isabella with her dad, his girlfriend Anastasia, and her son Darren living in a fancy house where they are one of the only black families in the neighborhood. The next week she’s Izzy with her mom and her boyfriend John-Mark in a small, not-so-fancy house that she loves. Because of this, Isabella has always felt pulled between two worlds. And now that her parents are divorced, it seems their fights are even worse, and they’re always about HER. Isabella feels completely stuck in the middle, split and divided between them more than ever. And she is beginning to realize that being split between Mom and Dad involves more than switching houses, switching nicknames, switching backpacks: it’s also about switching identities. Her dad is black, her mom is white, and strangers are always commenting: “You’re so exotic!” “You look so unusual.” “But what are you really?” She knows what they’re really saying: “You don’t look like your parents.” “You’re different.” “What race are you really?” And when her parents, who both get engaged at the same time, get in their biggest fight ever, Isabella doesn’t just feel divided, she feels ripped in two. What does it mean to be half white or half black? To belong to half mom and half dad? And if you’re only seen as half of this and half of that, how can you ever feel whole? It seems like nothing can bring Isabella’s family together again—until the worst thing happens. Isabella and Darren are stopped by the police. A cell phone is mistaken for a gun. And shots are fired.

Eleven-year-old Isabella’s blended family is more divided than ever in this “timely but genuine” (Publishers Weekly) story about divorce and racial identity from the award-winning and New York Times bestselling author of Out of My ...

Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Teori dan Penerapannya

Pembelajaran matematika adalah berpikir logika, analitis, kritis, kreatif dan kemampuan kerja sama. Pemecahan masalah merupakan fokus pembelajaran matematika yang artinya sebelum siswa belajar rumus-rumus harus melalui sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang masalahnya bersifat tertutup atau terbuka. Dalam setiap kesempatan pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi nyata atau yang dikenal siswa. Salah satu aktivitas pembelajaran yang membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan pemecahan masalah melalui pengajuan masalah autentik adalah pembelajaran berdasarkan masalah (PBL). Atas dasar filosofi itulah buku ini disusun, untuk menambah khazanah pengetahuan para pendidik dalam menggunakan pendekatan model pembelajaran berdasarkan masalah.

Pembelajaran matematika adalah berpikir logika, analitis, kritis, kreatif dan kemampuan kerja sama.