Sebanyak 3607 item atau buku ditemukan

Konsep Dasar IPS untuk SD/MI

IPS sebagai mata pelajaran di tingkat sekolah dasar pada hakikatnya merupakan suatu integrasi utuh dari disiplin ilmu-IPS dan disiplin ilmu lain yang relevan untuk merealisasikan tujuan pendidikan di tingkat persekolahan. Implikasinya, berbagai tradisi dalam IPS termasuk konsep, struktur, cara kerja ilmuwan sosial, aspek metode, maupun aspek nilai yang dikembangkan dalam ilmu-IPS, dikemas secara psikologis, pedagogis, dan sosial budaya untuk kepentingan pendidikan. Berdasarkan perspektif tersebut, secara umum IPS dapat dimaknai sebagai seleksi dari struktur disiplin akademik ilmu-IPS yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk mewujudkan tujuan pendidikan dalam kerangka pencapaian tujuan pendidikan nasional. Untuk mewujudkan apa yang terurai di atas, diperlukan suatu buku ajar bagi guru SD/MI, mahasiswa/ calon guru SD/MI atau para pemerhati pendidikan yang haus akan bidang keilmuan IPS. Secara ringkas buku ini membahas mengenai konsep dasar IPS di SD/MI. Bagian awal buku ini secara runtut mengupas konsep dan ruang lingkup kajian IPS. Pembahasan selanjutnya meliputi kurikulum dan pembelajaran. Kemudian, pembahasan secara terstruktur analogis mengenai stuktur pranata dan proses sosial, prinsip dasar hukum dan pemerintahan, manusia dan lingkungan, pengaruh budaya asing terhadap kebudayaan sejarah perjuangan bangsa, perekonomian, dan pembangunan nasional Indonesia.

IPS sebagai mata pelajaran di tingkat sekolah dasar pada hakikatnya merupakan suatu integrasi utuh dari disiplin ilmu-IPS dan disiplin ilmu lain yang relevan untuk merealisasikan tujuan pendidikan di tingkat persekolahan.

Konsep Dasar Dan Aplikasi SEM Dengan Amos 22

Kemajuan teknologi informasi memungkinkan penggunaan metode statistik tingkat lanjut yang sangat bermanfaat untuk menjelaskan hubungan antarvariabel yang kompleks, seperti Structural Equation Modeling (SEM), menjadi mudah dan praktis. AMOS 22 adalah program aplikasi (SEM) yang sangat user friendly sekaligus powerful, sehingga AMOS 22 saat ini adalah program terpopuler di Indonesia untuk mengolah berbagai model riset yang menggunakan metode SEM. Membahas berbagai konsep dasar SEM serta cara penggunaan program AMOS dalam membuat dan mengolah sebuah model SEM. Untuk memudahkan pemahaman, pada setiap topik disertakan contoh kasus yang relevan, bagaimana AMOS 22 mengolah data yang ada serta cara menafsir output AMOS 22. Buku ini ditujukan kepada para pemula yang baru belajar tentang SEM dan penggunaan software AMOS 22; karena itu, isi buku disusun secara sistematis sehingga pembaca dapat mengikuti alur pembahasan materi dengan mudah. *Bonus pada buku fisik (CD, voucher, pembatas buku) tidak disertakan dalam buku digital (e-book)

Kemajuan teknologi informasi memungkinkan penggunaan metode statistik tingkat lanjut yang sangat bermanfaat untuk menjelaskan hubungan antarvariabel yang kompleks, seperti Structural Equation Modeling (SEM), menjadi mudah dan praktis.

Sistem pendidikan madrasah unggulan

di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Tangerang, Madrasah Aliyah Negeri I Bandung dan Madrasah Aliyah Negeri Darussalam, Ciamis

Educational system of Islamic high schools in Indonesia.

kemampuan baca Al Qur'an . ... Sehingga mempermudah proses pemberian
pengajian pada saat pembinaan ke depannya.89 Pembinaan kesiswaan Inti dari
kegiatan kependidikan adalah mengembangkan kompetensi peserta didik /
siswa .

Menata sistem pendidikan akademi TNI

sebuah pemikiran berdasarkan studi banding antara akademi militer Australia dan Indonesia

Military professional education system in Indonesia as compared to Australia.

... Letnan Dua sesuai Korps masing-masing Akmil : 150-an SKS (SKS (G) militer+
Akademik) Bachelor of Art dlm bid : Ekonomi, Bahasa Inggris, Geografi, Sejarah,
Bahasa Indonesia, Kajian Indonesia / Malaysia, Sistem Informasi, Manajemen, ...

Rumusan hasil Seminar Nasional Tentang Deregulasi Pendidikan Dalam Rangka Menyukseskan Implemantasi U.U. no. 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Proceedings of a national seminar on the need for deregulatory measures in education.

... berapa puluh kali Pelita kebutuhan itu akan bisa tercukupi bila manajemen
pendidikan kita tetap seperti sekarang ini. ... strategi yang tepat, niscaya kita
akan terlanda oleh gelombang arus informasi dan globalisasi yang semakin
dahsyat.

KAJIAN SOSIAL DAN PEMERINTAHAN BERBASIS GEOSPASIAL BIDANG PENDIDIKAN (SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN BERBASIS GEOSPASIAL)

Kondisi Banyuasin yang terdiri dari daratan dan perairan membuat Banyuasin membutuhkan cara khusus untuk menyelesaikan kedua kondisi yang berbeda tersebut. Keadaan geografis juga mempengaruhi pembangunan di sektor pendidikan dalam rangka mewujudkan Banyuasin Cerdas. Untuk dapat membangun secara baik diperlukan data yang akurat. Salah satu data yang diperoleh dan dipercaya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang digunakan sebagai alat untuk mengambil berbagai keputusan di bidang pendidikan adalah Dapodik. Di sisi lain Dapodik merupakan data mentah yang masih cukup rumit untuk dipahami, dan hanya orang tertentu yang memahaminya. Di samping itu, diperlukan waktu yang cukup lama untuk dapat memahami data tersebut. Oleh karena diperlukan sebuah solusi agar data tersebut mudah dipahami, lebih menarik, dan sekolah dapat ditampilkan secara visual dalam waktu real team. Oleh karena itu perlu penyajian data yang akuntabel, mudah dipahami, dapat diakses dengan mudah, dan menarik. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka Sistem Informasi Geospasial dapat dijadikan sebagai salah satu solusi yang dapat ditempuh oleh Kabupaten Banyuasin untuk dapat menyajikan sekaligus sebagai cek and recek tentang kemajuan pembangunan yang sudah dicapai di dunia pendidikan. Sistem Informasi Geospasial dalam bentuk Sistem Informasi Sekolah berbasis Geospasial dapat dilakukan dengan melakukan pengolahan terhadap dapodik yang telah diupload dan diisi oleh sekolah. Data ini nantinya akan disajikan dalam bentuk Geospasial dalam bentuk satu, dua dan tiga dimensi.

Kondisi Banyuasin yang terdiri dari daratan dan perairan membuat Banyuasin membutuhkan cara khusus untuk menyelesaikan kedua kondisi yang berbeda tersebut.

Analisis Masalah Psikologi Siswa Madrasah Tsanawiyah Berbasis Sistem Informasi Online dalam Pendidikan Islam

Buku ini membahas tentang produk aplikasi psikologi melalui online, yang sangat membantu siswa, guru, dan orang tua dalam menyelesaikan masalah-masalah psikologi siswa/ anak dan menggali potensi-potensi terbaiknya, sehingga dapat dijadikan dasar dalam mengantarkan kesuksesan masa depan anak.

Buku ini membahas tentang produk aplikasi psikologi melalui online, yang sangat membantu siswa, guru, dan orang tua dalam menyelesaikan masalah-masalah psikologi siswa/ anak dan menggali potensi-potensi terbaiknya, sehingga dapat dijadikan ...

Wawasan politik mengenai sistem pendidikan nasional

Development of national education system of Indonesia.

... dengan akal, budi daya; teknik, dan organisasi manajemen orang berusaha
memberikan bentuk-bentuk baru kepada dunianya. ... Dalam kegiatan belajar
tadi ditambahkan gejala-gejala yang tidak/belum dikenal pada pola yang lama,
sehingga informasi menjadi semakin luas. Karena itu proses belajar tersebut
dikondisionir lebih banyak oleh pengaruh budaya, pendidikan, dan pengalaman,
kurang ...

Sejarah perkembangan pikiran dan praktek pendidikan agama Kristen: Dari Yohanes Amos Comenius hingga berkembangan PAK di Indonesia

History of Christian education in Indonesia from the 16th century to present.

D . Praktek Pendidikan Dalam pembahasan dasar teologis dan psikologis
pendidikan menurut Froebel , di samping asas - asas pendidikan itu sendiri ,
sudah tersirat pelbagai unsur yang harus diperhatikan dalam bidang pendidikan
.