Sebanyak 3423 item atau buku ditemukan

Dari Mahasiswa untuk Indonesia: Kewirausahaan dan Inovasi di Era Digital

Buku ini berisi karya-karya terbaik dari lomba karya ilmiah mahasiswa dan poster inspirasi wirausaha FESTA 2019 yang terlalu berharga untuk hanya dijadikan material lomba, tanpa didiseminasikan lebih jauh kepada lingkungan akademik dan masyarakat demi kemanfaatan yang lebih luas. Buku ini berisi beberapa karya, diantaranya adalah: 1. Karya Raya: Realisasi Karya Anak Bangsa Melalui Platform Crowdfunding demi Mewujudkan Indonesia Emas 2045 oleh M. Dewi & V. Rizki 2. Sistem Informasi Limbah Menjadi Berkah (SILIDAH) oleh Y. I. A. Nugraha 3. Marisa: Masakan Rumah Inovatif Siap Antar oleh Y. Jakharia, E. V. Florensia, & H. Rahmanadi 4. Pengaruh Penetapan Target Penjualan terhadap Pemasaran Melalui Optimalisasi Media Sosial pada Mahasiswa oleh M. Ningrum 5. Memberdayakan Ghiroh Entrepreneuship Generasi Muda untuk Menunjang Industri Kreatif Era Digital oleh Yamti, E. Kurniawati, & A. N. Afifah 6. E-Bulog (Electronic Badan Urusan Logistik) : Rancangan Aplikasi Solusi Keberlanjutan Bulog di Tengah Kebijakan BPNT oleh R. A. Rahman 7. Bijarinesia: Bimbingan Belajar Bahasa Indonesia dalam Jaringan oleh A. Lisa, A. W. A. Putri, & K. Dewi 8. Mengembangkan Kreativitas Entrepreneurship Berbasis E-Commerce dengan Sofa Ecobrick untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat oleh D. Prastyawan, M. H. Ryananda, & M. Nurrohmah 9. Pasarkita: Pengembangan Traditional Marketplace sebagai Solusi Konstruktif Maksimalisasi Laba Pelaku UMKM oleh M. Sulistiawati, V. D. Pitaloka, & M. Y. H. Nur Alifi 10. Dakocan (Daun Kelobot Cantik): Pemanfaatan Limbah Kulit Jagung sebagai Aksesoris Fashion oleh B. Asmoroningtyas, R. Wijayanti, & Agustiana 11. Epilog: Masa Depan dan Sebuah Ruang untuk Berkarya oleh A. N. Husna

Dakocan (Daun Kelobot Cantik): Pemanfaatan Limbah Kulit Jagung sebagai Aksesoris Fashion oleh B. Asmoroningtyas, R. Wijayanti, & Agustiana 11. Epilog: Masa Depan dan Sebuah Ruang untuk Berkarya oleh A. N. Husna

INOVASI DISRUPTIF

STRATEGI UNTUK MEMENANGKAN USAHA

Istilah disrupsi mulai populer di Indonesia sekitar 5 tahun terakhir saat munculnya moda transportasi online: Gojek. Tahun 2017 terjadi demo yang dilakukan para pengemudi ojek pangkalan di 10 kota besar di Indonesia (Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Banjarmasin, Bogor, dan Malang). Gojek adalah salah satu contoh inovasi disruptif. Inovasi yang mengganggu ojek pangkalan karena pelanggan ojek pangkalan beralih ke jasa Gojek. Dengan berbagai keunggulannya melalui inovasi, yaitu aplikasi di ponsel Android dan iOS, Gojek mampu menarik pengguna baru yang sebelumnya adalah bukan pengguna moda transportasi roda dua. Inovasi disruptif yang terjadi pada transportasi, khususnya roda dua terjadi secara massal dan berlangsung cepat, yangdisebut inovasi disruptif high-end atau new market disruption. Namun,inovasi disruptif ada yang bersifat inovasi disruptif low-end, prosesnya relatif lama, tidak menciptakan pasar baru, hanyalah model bisnis berbiaya rendah yang tumbuh dengan menarik pelanggan perusahaan yang sudah mapan. Produk pangan, khususnya pangan fungsional di Indonesia adalah salah satu contoh inovasi disruptif low-end. Pangan fungsional sangat penting bagi kesehatan manusia dan dapat diproduksi dengan biaya murah di Indonesia. Buku ini lebih banyak membahas inovasi disruptif low-end yang dapat dilakukan oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) atau Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang memproduksi bahan pangan lokal. Tujuannya untuk menunjukkan kepada pembaca bahwa inovasi disruptif tidak selalu dilakukan oleh usaha yang bermodal besar dan berbasis teknologi atau usaha rintisan (start-up). Buku ini tidak hanya membahas teori, tetapi disertai hasil penelitian yang dilakukan oleh para penulis selama 5 tahun terakhir. Selama 3 tahun terakhir penelitian menggunakan pendekatan pendamping pada UKM/IKM sehingga argumentasi yang disampaikan berdasarkan fakta empiris. Selain penelitian, para peneliti juga menindaklanjuti dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan dan workshop. Prinsip triple helix (akademisi, pemerintah, dan pebisnis), bahkan quadruple helix (triple helix ditambah komunitas) diterapkan selama proses penelitian sampai dengan pengabdian kepada masyarakat. Buku ini layak dan cocok dibaca oleh berbagai kalangan dalam triple helix dan quadruple helix. Bagi akademisi (dosen, mahasiswa, dan peneliti), hasil penelitian yang disajikan di buku ini bisa membuka peluang penelitian untuk jenis bisnis selain industri makanan atau penelitian terkait topik-topik yang disajikan di bab terakhir (agenda ke depan). Bagi pengusaha, buku ini menyajikan informasi tentang karakteristik inovasi disruptif sehingga menyediakan alternatif pilihan jenis inovasi disruptif yang sesuai dengan kondisi usaha. Selain itu, disajikan pula potensi bisnis pada industri pangan fungsional. Model peningkatan daya saing berkelanjutan pada UKM/IKM berbasis inovasi disruptif sangat cocok bagi pemerintah daerah karena UKM/IKM adalah basis ekonomi daerah maupun nasional.

Inovasi disruptif yang terjadi pada transportasi, khususnya roda dua terjadi secara massal dan berlangsung cepat, yangdisebut inovasi disruptif high-end atau new market disruption.

Entrepreneurial Marketing, Customer Relationship Marketing, Inovasi Produk, dan Daya Saing UKM: Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian

Buku ini ditujukan untuk para mahasiswa maupun para pengelola bisnis khususnya pebisnis UKM sektor kerajinan kayu. Bagi mahasiswa buku ini diharapkan dapat dipakai sebagai salah satu referensi untuk mempelajari dan memahami tentang aplikasi dari konsep EM, CRM, inovasi produk, dan daya saing UKM. Juga dapat memberi inspirasi kepada mahasiswa untuk mengembangkan ide-ide penelitian yang berkaitan dengan topik ini. Bagi pebisnis UKM sektor kerajinan kayu, buku ini bisa digunakan untuk mengembangkan strategi bisnis khususnya strategi pemasaran.

... 2016 Tabel 5.29 memberikan informasi bahwa berdasarkan persepsi responden, ternyata innovativeness (inovasi) adalah indikator pemasaran kewirausahaan yang dianggap paling penting karena rerata sampelnya-nya tertinggi, yakni 3,76.

Inovasi pengolahan dan pengelolaan produk unggulan berbasis ekonomi digital di daerah tertinggal

Buku Inovasi Pengolahan dan Pengelolaan Produk Unggulan di Daerah Tertinggal yang disusun dari bahan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi ini berisi empat bab, yaitu bab pendahuluan, bab permasalahan, bab pengolahan dan pengelolaan produk unggulan, dan bab penutup. Bab I membahas tentang latar belakang mengenai pentingnya inovasi pengolahan dan pengelolaan produk unggulan berbasis ekonomi digital di daerah tertinggal. Berbagai permasalahan yang ada di masyarakat daerah tertinggal merupakan hal penting yang membutuhkan perhatian pemerintah, baik pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Salah satu faktor yang menghambat pengembangan daerah tertinggal adalah terbatasnya sosialisasi mengenai pemanfaatan ekonomi digital yang saat ini sudah sangat memungkinkan untuk dijangkau sehingga sumber daya alam atau potensi-potensi yang berasal dari kekayaan alam Indonesia bisa mendukung pergerakan perekonomian masayarakat secara khusus, negara secara umum. Selain latar belakang juga dijelaskan mengenai dasar hukum yang berkaitan dengan daerah tertinggal dan landasan konseptual yang terdiri dari BUMDes, Koperasi, dan UKM.

... yang merupakan UKM yang memenuhi kriteria sebagai pengrajin tetapi belum sebagai kewirausahaan; 3) small dynamic 10 10 enterprise yang merupakan UKM yang telah bersifat kewirausahaan dan telah 02-Ugm.indd 10 12/15/2019 5:59:35 AM.

Pendidikan Kewirausahaan di Indonesia

Judul : Pendidikan Kewirausahaan di Indonesia Penulis : Dr. Ir. Endang Noerhartati, M.P. Citrawati Jatiningrum, S. E, M. Si, Ph.D Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 170 Halaman No ISBN : 978-623-6233-80-1 SINOPSIS Menghadapi era revolusi industri 4.0 di Indonesia saat ini, basis penting yang perlu untuk diperhatikan oleh Pemerintah, Akademisi, dan para Praktisi adalah kecakapan dan keterampilan yang dimiliki oleh Sumber Daya Manusia (SDM). Kecapakan dan keterampilan SDM yang didukung oleh fleksibilitas teknologi. Kemajuan Teknologi Informasi baik secara mandiri ataupun berkoordinasi dengan manusia terbukti mampu menjamah segala bidang kehidupan dan memberikan kemanfaatan besar bagi manusia. Buku ini membahas isu dan berbagai variabel yang berkaitan terhadap aspek Kewirausahaan (Entrepreneurship) dan model Pendidikan Kewirausahaan. Model ini merupakan pengembangan kewirausahaan yang ditekankan melalui pembekalan pendidikan kewirausahaan dengan mengkolaborasikan kemajuan teknologi informasi. Sehingga, harapannya pendidikan kewirausahan dapat menghasilkan SDM yang berkualitas dan memiliki kompetensi kewirausaahaan yang unggul sesuai kebutuhan pada era revolusi industri 4.0. Pendidikan Keiwausahaan relevan dan penting dijadikan sebagai kurikulum wajib dalam perkuliahan di Perguruan Tinggi di Indonesia. menggiring manusia untuk memiliki keterampilan dalam memenuhi kebutuhan dan tuntutan perkembangan di kehidupan modernisasi dengan menyesuaikan tuntutan dan Buku ini mengakomodir himpunan teoritik transdisipliner antara teori ilmu manajemen, teori dukungan sosial, teori manajemen prestasi, teori kompetensi kewirausahaan, teori industri 4.0 dalam pendidikan kewirausahaan merupakan area yang mengarah pada teori tentang Entrepreneurship value. Pada bagian akhir buku ini akan menguraikan dan menunjukkan hasil santifik Model Pendidikan Kewirausahaan secara empiris. Uraian dan pembahasan hasil kajian pada buku ini dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan keilmuan tentang manajemen pendidikan pada umumnya dan khususnya pada manajemen kewirausahaan.

Judul : Pendidikan Kewirausahaan di Indonesia Penulis : Dr. Ir. Endang Noerhartati, M.P. Citrawati Jatiningrum, S. E, M. Si, Ph.D Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 170 Halaman No ISBN : 978-623-6233-80-1 SINOPSIS Menghadapi era revolusi ...

Pendidikan Kewirausahaan

Pendidikan kewirausahaan diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar pada seluruh tahapan pendidikan dimulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Perguruan Tinggi agar dapat memberikan pemahaman dan keterampilan,membangun harapan dimasa akan datang dengan munculnya generasi wirausahawan muda sebagai penerus bangsa yang kreatif dan berbeda. Pembahasan dalam buku ini mencakup: Bab 1 Hakikat Dan Konsep Pendidikan Kewirausahaan Bab 2 Pendidikan Kewirausahaan Di Sekolah Bab 3 Latar Belakang Dan Esensi Kewirausahaan Bab 4 Pengertian Dan Ciri-Ciri Kewirausahaan Bab 5 Model Proses Kewirausahaan Untuk Anak Usia Dini Bab 6 Kurikulum Berorientasi Pada Kecakapan Hidup Bab 7 Life Skill Sebagai Unsur Dalam Bidang Kewirausahaan Bab 8 Konsep Dan Strategi Pelaksanaan Pendidikan Kewirausahaan

Pendidikan kewirausahaan diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar pada seluruh tahapan pendidikan dimulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Perguruan Tinggi agar dapat memberikan pemahaman dan keterampilan,membangun harapan dimasa ...

Literasi dan Perilaku Ekonomi : Transfer Pengetahuan Kewirausahaan dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi Informal

Judul yang diangkat dalam buku ini adalah “Literasi dan Perilaku Ekonomi: Transfer Pengetahuan Kewirausahaan dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi Informal”. Judul tersebut terilhami dari kombinasi antara pengalaman empirik dan pengalaman akademik penulis berkecimpung dalam mengkaji proses pendidikan ekonomi informal yang berlangsung di dalam rumah tangga keluarga. Penulis percaya bahwa perilaku-perilaku ekonomi yang dapat memajukan suatu negara merupakan hasil akumulasi dari perilaku-perilaku ekonomi individu dalam keluarga, sehingga untuk memajukan ekonomi suatu negara, perilaku-perilaku ekonomi individu dalam keluarga perlu dibentuk melalui pendidikan ekonomi yang sifatnya informal, termasuk pula dengan membangun perilaku berwirausaha di dalam keluarga. Sebagai sebuah buku yang bersumber dari hasil penelitian, secara umum, buku ini membahas tentang terbentuknya literasi dan perilaku ekonomi melalui proses transfer pengetahuan kewirausahaan dalam perspektif pendidikan ekonomi informal yang berlangsung dalam bisnis keluarga dari generasi pendahulu ke generasi penerus. Dalam pembahasan buku ini, karakteristik generasi pendahulu dan generasi penerus dalam proses transfer pengetahuan pada bisnis keluarga dapat dibedakan ke dalam 3 karakteristik utama yang meliputi transfer pengetahuan dilihat dari perbedaan gender, transfer pengetahuan dilihat dari perbedaan usia antar generasi, dan transfer pengetahuan dilihat dari perbedaan sosial budaya antar rumah tangga keluarga pelaku UMKM. Temuan-temuan menarik yang menjadi pembahasan dalam buku ini antara lain terkait tentang (1) motivasi berwirausaha dan karakteristik wirausaha; (2) tipe dan bentuk pengetahuan; (3) proses transfer pengetahuan; (4) literasi dan perilaku ekonomi; (5) kompetensi kewirausahaan; dan (6) model transfer pengetahuan.

Sebagai sebuah buku yang bersumber dari hasil penelitian, secara umum, buku ini membahas tentang terbentuknya literasi dan perilaku ekonomi melalui proses transfer pengetahuan kewirausahaan dalam perspektif pendidikan ekonomi informal yang ...

KEWIRAUSAHAAN BIDANG PENDIDIKAN MATEMATIKA

Penulis : Nur Rahmah Ukuran : 14,5 cm x 21 cm Tebal : 135 Halaman ISBN : 978-623-79439-5-2 blurb : Kewirausahaan Bidang Pendidikan Matematika Buku ini terbit untuk membantu mahasiswa dalam memahami karakteristik kewirausahaan dalam bidang pendidikan matematika, nilai-nilai dan perilaku kewirausahaan, berbagai teori tentang kewirausahaan, kreativitas dalam bidang pendidikan matematika, inovasi, faktor-faktor pemicu kewirusahaan, dan kompetensi kewirausahaan. Calon guru/pendidik matematika tidak hanya memiliki kompetensi pedagogik namun memiliki jiwa wirausaha dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran matematika. Perangkat pembelajaran dalam hal ini media belajar peserta didik dapat dipersiapkan sejak sebelum mengajar dan juga dapat menjadi salah satu sarana usaha dalam meningkatkan ekonomi di bidang pendidikan matematika tingkat sekolah menengah.

Penulis : Nur Rahmah Ukuran : 14,5 cm x 21 cm Tebal : 135 Halaman ISBN : 978-623-79439-5-2 blurb : Kewirausahaan Bidang Pendidikan Matematika Buku ini terbit untuk membantu mahasiswa dalam memahami karakteristik kewirausahaan dalam bidang ...

KEWIRAUSAHAAN SOSIAL

Buku Kewirausahaan Sosial merupakan sebuah pemikiran terkait praktik kewirausahaan sosial. Praktik kewirausahaan sosial memiliki manfaat bagi masyarakat. Praktik kewirausahaan sosial dimulai dari adanya kegelisahan masyarakat. Untuk menjawab kegelisahaan masyarakat maka kewirausahaan menjadi mata kuliah yang ada di perguruan tinggi. Buku inimerujuk pada modul yang berjudul “Kewiraushaan Sosial Merevolusi Pola Pikir Dan Menginisiasi Mitra Pembangunan Kontemporer”. Pembuatan buku ini adalah untuk mendorong mahasiswa untuk praktik secara lebih sistematis serta memberikan insiprasi praktik kewirausahaan sosial agar dapat membawa manfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu, mahasiswa harus memiliki semangat berwirausaha, dan semangat ini harus terus dipupuk, dikembangkan serta disiarkan kepada banyak mahasiswa.

Buku Kewirausahaan Sosial merupakan sebuah pemikiran terkait praktik kewirausahaan sosial. Praktik kewirausahaan sosial memiliki manfaat bagi masyarakat. Praktik kewirausahaan sosial dimulai dari adanya kegelisahan masyarakat.

Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XII: Program Keahlian Teknik Mesin. Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan

Buku yang berjudul Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XII ini hadir sebagai penunjang pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Teknik Mesin untuk Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan. Buku ini berisi materi pembelajaran yang membekali para siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia pengelasan yang mengacu pada Kurikulum 2013 yang telah disempurnakan. Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi beberapa hal berikut. • Menganalisis perencanaan produksi massal • Menentukan indikator keberhasilan tahapan produksi massal • Menerapkan proses produksi massal • Menerapkan metode perakitan produk barang/jasa • Menganalisis prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa • Mengevaluasi kesesuaian hasil produk dengan rancangan • Memahami paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa • Menentukan media promosi • Menyeleksi strategi pemasaran • Menilai perkembangan usaha • Menentukan standar laporan keuangan Berdasarkan materi yang telah disajikan, para siswa diajak untuk melakukan aktivitas HOTS (Higher Order Thinking Skills) dengan cara menanya, mengeksplorasi, mengamati, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan. Buku ini dilengkapi dengan latihan soal berupa pilihan ganda, isian, esai, dan tugas proyek. Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan info untuk menambah pengetahuan para siswa. Kebutuhan akan buku ini sejalan dengan tuntutan kompetensi SMK/MAK bidang teknik pengelasan. Dengan demikian, kami berharap bahwa siswa dapat mencapai kompetensi yang diharapkan dan lulusan SMK/MAK dapat mempersiapkan diri dengan baik ketika memasuki dunia kerja.

Buku yang berjudul Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XII ini hadir sebagai penunjang pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Teknik Mesin untuk Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan.