Pendidikan merupakan kunci kesinambungan dari peradaban manusia, perhatian yang penuh terhadap peningkatan mutu pendidikan akan berefek pula pada semakin tingginya peradaban manusia. Pembangunan pendidikan juga merupakan jalan menuju tujuan dari pembangunan berupa peningkatan kapabilitas keberfungsian manusia (capability to function).
Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2004. Effendi, Sofyan. 2003. Pengelolaan Perguruan Tinggi Menghadapi Tantangan Global, Disampaikan Dalam Seminar Nasional Majelis ...
Buku ini mengkaji tentang kompetensi guru dalam kaitannya dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Saat ini persoalan kompetensi guru menjadi topik diskusi yang cukup hangat. Kompetensi guru merupakan salah satu entry point yang menjadi bagian dari desain besar dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang masih terpuruk. Lahirnya UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen adalah wujud pengakuan guru sebagai profesi. Hal ini membawa implikasi berupa peningkatan kesejahteraan guru yang sangat signifikan di satu sisi, namun dibarengi tuntutan peningkatan kualifikasi dan kompetensi guru di sisi lain.
Peranan guru sangat kuat mendominasi keberhasilan siswa didik dalam belajar. Oleh karena itu, dibutuhkan guru yang profesional. Guru yang dapat menyelenggarakan proses pendidikan belajar mengajar yang bersih dan menyenangkan sehingga dapat mendorong kreativitas anak didiknya. Buku ini mengurai tentang bagaimana menjadi guru yang profesional dan berkualitas. Hal itu mengingatkan bahwa guru yang profesional dan berkualitas sangat menentukan kualitas pendidikan. Buku ini juga mengurai langkah dan hambatan untuk menjadikan guru profesional.
Buku ini mengurai tentang bagaimana menjadi guru yang profesional dan berkualitas. Hal itu mengingatkan bahwa guru yang profesional dan berkualitas sangat menentukan kualitas pendidikan.
Antologi Esai ini disusun oleh mahasiswa praktikan berdasarkan hasil kegiatan PLP I atas bimbingan dosen pembimbing lapangan. Kegiatan PLP I ini dirancang dalam dua capaian, yaitu (1) membangun Jati diri pendidik dengan mengenal kultur sekolah, struktur organisasi sekolah dan tata kelola sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, dan kegiatan-kegiatan di sekolah. (2) Membangun jati diri pendidik dengan mengetahui praktik proses pembelajaran dan karakteristik siswa. Berdasarkan kegiatan tersebutlah mahasiswa praktikan menyusun esai sebagai respon dan kemampuan memberikan pendapat terhadap dunia pendidikan. Antologi ini diharapkan dapat menjadi motivasi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi diri dalam berlatih melatih menulis karya tulis ilmiah sebagai calon seorang pendidik.
Apakah guru - guru di Indonesia sudah memiliki rasa bangga dengan profesinya sebagai seorang guru? Mengapa terdapat pertanyaan demikian? Hal ini sangat penting bagi seorang guru memiliki kebanggaan terhadap profesinya.
Profesi guru merupakan profesi yang luar biasa. Seorang guru haruslah memiliki niat, nilai, dan tekad yang kuat yang terpatri dalam relung sanubarinya bahwa ia ingin mewakafkan dirinya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Pujian, harta dan jabatan bukanlah tujuan seorang guru. Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Seorang guru harus memberi teladan dan contoh yang baik bagi lingkungannya. Di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide, serta dan dari belakang seorang guru harus memberikan dorongan dan arahan. Seorang guru tidak mungkin dapat mengembangkan kemampuannya tanpa adanya upaya menambah pengetahuan dan keterampilannya, karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat harus diimbangi dengan kemampuan sumber daya manusia yang berkualitas. Buku ini tidak hanya berisi tentang konseptual, praktik bagaimana menjadi guru milenial yang profesional, namun juga isu-isu krusial dunia pendidikan, dan pengembangan profesi guru. Who wants to be A teacher? Buku ini sangat pantas dimiliki oleh pembaca yang ingin menjadi guru, para akademisi, pemerhati pendidikan, mahasiswa pendidikan, dan masyarakat luas. Who Wants To Be A Teacher? Menyiapkan Guru Profesional Di Era Global Society 5.0 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.
Melalui buku ini, penulis mencoba menyajikan bahasan tentang sejarah singkat munculnya profesi bimbingan dan konseling, keprofesionalan bimbingan dan konseling, standardisasi bimbingan dan konseling, karakteristik kepribadian konselor, program pendidikan profesional konselor, lapangan praktik pelayanan profesional konselor, hubungan profesi bimbingan dan konseling dengan profesi lain, profesi konselor abad ke-21, serta organisasi dan kode etik profesi bimbingan dan konseling.
Melalui buku ini, penulis mencoba menyajikan bahasan tentang sejarah singkat munculnya profesi bimbingan dan konseling, keprofesionalan bimbingan dan konseling, standardisasi bimbingan dan konseling, karakteristik kepribadian konselor, ...
Buku Pengantar Pemasaran agribisnis yang ini berfungsi sebagai referensi dan bahan pengajaran di bangku kuliah. Dengan menggali dan menambah referensi lain yang ada, diharapkan buku ini akan banyak memberikan manfaat dan berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Buku ini membahas tentang : Bab 1 Sejarah Perkembangan Pertanian Bab 2 Karakteristik Komoditas Pertanian Bab 3 Definisi dan Konsep Agribisnis Bab 4 Ruang Lingkup Pemasaran Bab 5 Lembaga dan Saluran Pemasaran Agribisnis Bab 6 Konsep Pasar dan Pembentukan Harga Bab 7 Analisis Pasar Melalui Model Perilaku Konsumen Bab 8 Struktur Pasar Produk Agribisnis Bab 9 Segmentasi Pasar Bab 10 Strategi Pemasaran Bab 11 Efisiensi Pemasaran Buku ini disusun secara sederhana, mudah dipahami dan dipahami berdasarkan kebutuhan dalam proses belajar mengajar di perguruan tinggi dan pembaca umum.
Pendidik profesional merupakan salah satu elemen dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional di era Revolusi Industri 4.0. Di era RI 4.0 ini, setiap orang diharuskan untuk terampil dalam berbagai literasi dan bercirikan penggunaan teknologi di semua bidang. Pendidik profesioal dituntut untuk mampu menjawab tantangan tersebut dengan mengikutsertakan penggunaan teknologi di samping kemampuan pedagogi, content, dan knowledge dalam aktivitas mendidik secara profesional sehingga menghasilkan peserta didik yang kompeten dan siap bersaing secara nasional maupun internasional. Buku “Menjadi Pendidik Profesional di Era Revolusi Industri 4.0” hadir guna memberi tuntunan bagi pendidik dalam menjalankan profesinya secara profesional sesuai tuntutan RI 4.0 guna mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
Based Upon Findings from the National Workshop in Career Education Personnel Development for Graduate Teacher Education, May 29-30, 1974. Workshops I attended present me with two things : ( 1 ) skills orientation , and ( 2 ) ...
The National Education Association expressed itself in favor of : Professional Improvement : We approve of the efforts to eliminate as nearly as possible the use of the time of a professionally trained teacher for making mechanical ...