Sebanyak 3559 item atau buku ditemukan

BUKU AJAR EVALUASI PENDIDIKAN

Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, serta segala kemudahan yang telah diberikan, penulis dapat menyelesaikan pembuatan buku dengan judul Evaluasi Pendidikan. Adapun tujuan pembuatan buku Evaluasi Pendidikan ini adalah sebagai sharing pengalaman dan materi dari penulis selama berkutat di dunia pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh praktisi pendidikan, khususnya mahasiswa sebagai bahan ajar perkuliahan. Buku ajar ini terdiri dari 8 bab yang disusun secara terstruktur dengan bahasa yang mudah dipahami oleh para mahasiswa. Setiap babnya dijelaskan secara terperinci sebagai penunjang materi yang diajarkan di kelas. Penulis menyadari bahwa buku ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan masukan yang positif agar di kemudian hari dapat memperbaiki kekurangan buku ini. Akhir kata, hanya ucapan terima kasih dan doa yang bisa penulis sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ini. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi para pembacanya.

Adapun tujuan pembuatan buku Evaluasi Pendidikan ini adalah sebagai sharing pengalaman dan materi dari penulis selama berkutat di dunia pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh praktisi pendidikan, khususnya mahasiswa sebagai bahan ajar ...

Pendidikan pada dan setelah krisis

evaluasi pendidikan di masa krisis

Crisis and renew of national education in Indonesia.

Crisis and renew of national education in Indonesia.

Modul Pembelajaran Evaluasi Program Pendidikan

Mata Kuliah Evaluasi Program Pendidikan ini memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang konsep Evaluasi Program sebagai riset dan menjadi dasar pengetahuan untuk menyusun proposal penelitian Evaluasi.

Mata Kuliah Evaluasi Program Pendidikan ini memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang konsep Evaluasi Program sebagai riset dan menjadi dasar pengetahuan untuk menyusun proposal penelitian Evaluasi.

EVALUASI PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Kegiatan evaluasi atau penilaian merupakanhal yang tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaranpendidikan jasmani di sekolah. Kegiatan tersebubermakna ganda baik bagi guru maupun bagi pesertadidik. Bagi guru, hasil evaluasi akan menjadi sumberinformasi mengenai kemampuan awal dankemampuan akhir peserta didik, serta peningkatankemampuan peserta didik yang pada akhirnyamenjadi bahan bagi guru dalam mengevaluasiprogram pembelajaran yang telah dilaksanakannyaSedangkan bagi peserta didik sendiri, hasil evaluasmenyediakan informasi bagi peserta didik mengenatingkat pengetahuan, kecakapan/keterampilannyadan posisi keterampilannya dibandingkan denganteman sebayanya sehingga dapat menjadi bahanmotivasi dan evaluasi diri (self evaluation).

Kegiatan evaluasi atau penilaian merupakanhal yang tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaranpendidikan jasmani di sekolah.

Perspektif Pendidikan

Gagasan Strategi, Evaluasi, dan Manajemen Pendidikan

Pendidikan di era disrupsi sekarang ini dituntut untuk melakukan inovasi di segala bidang. Pendidikan harus membangun pendekatan baru yang mencerahkan guna membangun optimisme dalam menjawab tantangan zaman. Penyegaran tersebut harus dilakukan di segala tahap seperti strategi, evaluasi, sampai manajemen pendidikan. Buku ini berisi tentang gagasan penyegaran dalam dunia pendidikan dari ketiga hal tersebut. Strategi dan evaluasi pembelajaran merupakan pekerjaan rumah bagi pendidik, selanjutnya manajemen merupakan pekerjaan rumah bagi pengelola lembaga pendidikan. Dan dua bagian inilah yang berhadapan langsung dengan peserta didik sehingga berkaitan langsung dengan suksesnya pembelajaran. Buku ini ditulis dari sudut praktisi pendidikan berlandaskan teori-teori pendidikan. Dengan menggunakan bahasa yang lugas dan ilmiah, buku ini diharapkan bisa memberikan sumbangsih pengetahuan kepada penggiat-penggiat pendidikan di negeri ini. “Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui sistem pendidikan merupakan pekerjaan rumah bersama di tengah masalah pendidikan yang tak kunjung usai. Buku ini sangat menarik karena berisi tentang gagasan segar tentang kajian dalam dunia pendidikan. Apresiasi kepada para penulis yang di samping kesibukannya sebagai pendidik di sekolah masing-masing dan peserta didik di Pascasarjana IAIN Pekalongan ternyata masih menyempatkan waktunya untuk menulis. Saya sangat mendukung dengan hadirnya buku ini. Semoga bisa memberikan manfaat untuk banyak orang.” Rohmatun (DPRD Kab. Batang Komisi B Bidang Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Kesejahteraan) “Tantangan dunia pendidikan di era sekarang sangatlah kompleks, sehingga penyelesaian problematika dalam dunia pendidikan membutuhkan kerja sama dan kekompakan dari hulu sampai hilir. Buku ini mampu menghadirkan semangat pembaharuan dari bawah berkaitan dengan inovasi di bidang strategi, manajemen, dan evaluasi pendidikan. Tradisi menulis ilmiah semacam ini harus memiliki ruang khusus dalam diri seorang pendidik. Sehingga dengan kuatnya tradisi literasi ini diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.” Labib Maimun, M.Pd. (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan)

Pendidikan di era disrupsi sekarang ini dituntut untuk melakukan inovasi di segala bidang.

Kebijakan Pendidikan

Pengantar kebijakan pendidikan, konsep dasar dan isu-isu pendidikan, evaluasi kebijakan, kebijakan pendidikan islam, kebijakan pendidikan inklusi, kebijakan wajib belajar, kebijakan program sekolah gratis.

Pengantar kebijakan pendidikan, konsep dasar dan isu-isu pendidikan, evaluasi kebijakan, kebijakan pendidikan islam, kebijakan pendidikan inklusi, kebijakan wajib belajar, kebijakan program sekolah gratis.

Education Policy and Social Class

The Selected Works of Stephen J. Ball

Bringing together twenty years of research and writing, this book provides an overview of Stephen Ball’s career and shows not only the development of his most important ideas but also the long-lasting contributions he has made to the field of educational policy analysis. This volume contains sixteen key essays divided into three sections: perspectives on policy research policy technologies and policy analysis social class and education policy. Each chapter presents innovative ways of thinking about public policy, asking probing questions about what policy is, how policy is influenced and what effects intentional and unintentional policies have. As a body of work, this collection raises issues of ethics and social justice which are often neglected in the mass of policies that now affect every aspect of our education systems.

Bringing together twenty years of research and writing, this book provides an overview of Stephen Ball’s career and shows not only the development of his most important ideas but also the long-lasting contributions he has made to the ...

The Palgrave International Handbook of Higher Education Policy and Governance

This state-of-the-art reference collection addresses the major themes, theories and key concepts related to higher education policy and governance on an international scale in one accessible volume. Mapping the field and showcasing current research and theorizations from diverse perspectives and authoritative scholars, this essential guide will assist readers in navigating the myriad concepts and themes involved in higher education policy and governance research and practice. Split into two sections, the first explores a range of policy concepts, theories and methods including governance models, policy instruments, institutionalism and organizational change, new public management and multi-level governance. The second section addresses salient themes such as institutional governance, funding, quality, employability, accountability, university rankings, widening participation, gender, inequalities, technology, student involvement and the role of higher education in society. Global in its perspective and definitive in content, this one-stop volume will be an indispensable reference resource for a wide range of academics, students and researchers in the fields of education, education policy, sociology, social and public policy, political science and for leadership.

This state-of-the-art reference collection addresses the major themes, theories and key concepts related to higher education policy and governance on an international scale in one accessible volume.