Sebanyak 3065 item atau buku ditemukan

Kegagalan dan Keberhasilan dalam Kewirausahaan

Buku referensi ini disusun sebagai kajian keberlangsungan hidup UKM dan UMKM dengan menjelaskan faktor-faktor yang secara signifikan dapat mempengaruhi kinerja bisnis. Kajian buku referensi ini dapat menyiratkan model pembelajaranuntuk individu yang memiliki minat untukmenjadipengusaha.Hal ini memungkinkan pembuat kebijakan menyusun program dan aturan berdasarkan karakteristik daya saing yang mereka miliki untuk memperkuat pengembangan kewirausahaan.

Buku referensi ini disusun sebagai kajian keberlangsungan hidup UKM dan UMKM dengan menjelaskan faktor-faktor yang secara signifikan dapat mempengaruhi kinerja bisnis.

Menggagas Pembelajaran Kewirausahaan Sosial

Buku ini menyajikan pandangan praktis dan teoritis terhadap kewirausahaan sosial yang dapat menjadi pijakan untuk memahami gambaran dan pemikiran umum kewirausahaan sosial. Isi buku menunjukan bahwa upaya mengatasi masalah sosial dapat dilakukan dengan sederhana yang imajinatif dan inovatif.pembelajaran kewirausahaan dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan, dan salah satu yang diusulkan adalah pendekatan experiential learning. Melalui pendekatan tersebut, mahasiswa diarahkan menjadi inovatif dan implementatif untuk mengambil peran dalam menyelesaikan permasalahan sosial melalui konsep bisnis sosial.

Buku ini menyajikan pandangan praktis dan teoritis terhadap kewirausahaan sosial yang dapat menjadi pijakan untuk memahami gambaran dan pemikiran umum kewirausahaan sosial.

Manajemen Kewirausahaan Furnitur

Buku ini berisikan enam bab. Bab 1 Pendahuluan, membahas pengertian kewirausahaan, persiapan memulai bisnis, wirausaha furnitur, dan peluang bisnis furnitur. Peluang bisnis furnitur dibahas tentang peluang bisnis furnitur masa kini dan masa mendatang, serta peluang bisnis furnitur di perguruan tinggi. Bab 2 Pengantar furnitur, membahas furnitur dalam kehidupan sehari-hari, proses kayu untuk furnitur, pembahanan dasar, dan konstruksi furnitur. Bab 3 Bahan baku dan pembelian loq kayu, membahas bahan baku, kekuatan dan keawetan kayu, dan cara pembelian loq kayu untuk furnitur. Bab 4 Alat dan bahan pelengkap, membahas alat-alat yang digunakan membuat furnitur dan bahan pelengkapnya. Bab 5 Klassifikasi produk dan konstruksi furnitur, membahas klassifikasi produk, sistem konstruksi, sistem sambungan furnitur, ukuran furnitur, dan proses konstruksi. Sedangkan bab terakhir, Bab 6 Warna dan finishing furnitur, membahas warna, finishing, jenis finishing, aplikasi pengecatan, alat pengecatan, dan proses pengecatan.

Bab 3 Bahan baku dan pembelian loq kayu, membahas bahan baku, kekuatan dan keawetan kayu, dan cara pembelian loq kayu untuk furnitur. Bab 4 Alat dan bahan pelengkap, membahas alat-alat yang digunakan membuat furnitur dan bahan pelengkapnya.

Media & Teknologi Dalam Pembelajaran

Buku ini akan membahas tentang ragam media dan teknologi secara komprehensif yang dapat digunakan dalam aktivitas pembelajaran. Ragam media dan teknologi tersebut mencakup: (1) media cetak/text; (2) media pameran/display; (3) media audio; (4) gambar bergerak/motion pictures; (5) multimedia; (6) media berbasis web atau internet. Pemanfaatan ragam media yang sesuai dengan atribut-nya dan dirancang dengan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran yang relevan akan dapat membantu guru dalam menciptakan program pembelajaran yang efektif, efisien, dan menarik. Buku ini akan dapat menambah wawasan pengetahuan pembaca tentang ragam media dan penggunaannya untuk meningkatkan kualitas program pembelajaran. Selain itu, buku Media dan Teknolosi dalam Pembelajaran dapat dijadikan sebagai bahan rujukan atau referensi dalam penulisan artikel dan karya tulis ilmiah. Mahasiswa, guru, dosen, instruktur, praktisi perancang program pembelajaran (instructional desisner), dan akademisi dalam bidang teknologi pendidikan perlu membaca dan mengkaji isi buku ini Media dan Teknolosi dalam Pembelajaran. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini akan membahas tentang ragam media dan teknologi secara komprehensif yang dapat digunakan dalam aktivitas pembelajaran.

MANAJEMEN KEPUASAN DAN KETERIKATAN PEGAWAI

Kepuasan, keterikatan, dan produktivitas pegawai yang tinggi adalah isu semua pimpinan, baik di instansi pemerintahan maupun industri. Saya senantiasa berusaha menulis tema-tema sentral yang sangat diperhatikan banyak orang, baik di instansi pemerintahan maupun industri. Hal ini disebabkan niat untuk memberikan dampak bagi banyak organisasi sekaligus. Buku Manajemen Kepuasan dan Keterikatan Pegawai ini, merupakan salah satu tema buku yang sudah lama sekali ingin saya tuliskan. Sejak mulai bekerja di Astra, saya melihat betapa perhatian manajemen pada kepuasan pegawai (saat itu belum ada konsep keterikatan pegawai) memanusiakan pegawai dan menguntungkan pengusahanya sekaligus. Selama berkarir di Astra saya mencermati bahwa peningkatan kepuasan pegawai memberikan biaya lebih tinggi bagi pengusaha. Tetapi dampaknya, memberikan keuntungan lebih tinggi juga bagi pengusaha. Itulah sebabnya saya sangat meyakini pentingnya manajemen kepuasan dan keterikatan pegawai dan bersyukur bisa menyusun buku ini. Kepuasan pegawai dan keterikatan pegawai adalah dua tema besar manajemen SDM dan manajemen organisasi yang sangat berkaitan. Dalam bahasa sederhana, pegawai yang puas umumnya akan memiliki keterikatan yang tinggi. Selanjutnya, pegawai yang memiliki kepuasan dan keterikatan tinggi akan memiliki produktivitas yang lebih tinggi. Peningkatan produktivitas menciptakan pertumbuhan ekonomi. Peningkatan produktivitas memungkinkan perusahaan menghasilkan output yang lebih besar untuk tingkat input yang sama, yang kemudian mendukung perusahaan memperoleh pendapatan yang lebih tinggi, dan berdampak akhir menghasilkan Produk Domestik Bruto yang lebih tinggi. Bagi pegawai, peningkatan produktivitas juga memiliki manfaat signifikan. Peningkatan produktivitas akan membuat pegawai memperoleh upah yang lebih tinggi dan kondisi kerja yang lebih baik. Dengan upah lebih tinggi, kesejahteraan pegawai dan keluarganya akan membaik. Dengan kondisi kerja yang lebih baik, pegawai akan lebih bahagia dan sehat secara mental. Saya menulis buku ini dan bersemangat untuk membantu Indonesia agar lebih mengoptimalkan kepuasan dan keterikatan pegawai. Pegawai yang memiliki kepuasan dan keterikatan tinggi akan memiliki produktivitas yang lebih tinggi. Pegawai yang memiliki kepuasan dan keterikatan tinggi akan meningkatkan produktivitas pegawai, unit kerjanya, organisasinya, dan pada akhirnya produktivitas bangsa Indonesia. Kementerian, lembaga atau perusahaan di Indonesia perlu melaksanakan pelatihan atau implementasi perbaikan sistem manajemen untuk peningkatan kualitas kepuasan dan keterikatan pegawai. Kepuasan dan keterikatan pegawai memiliki dinamika yang sangat kompleks. Tidak mudah memahami hubungan dua tema besar ini bila tidak mendalaminya secara serius. Membaca buku ini akan membuat Anda lebih memahami dinamika kepuasan dan keterikatan pegawai. Hubungan antar keduanya sangat kuat. Kadang selaras. Kadang bertentangan. Hal ini menimbulkan misteri manajemen. Sebagai contoh, pada situasi tertentu, pegawai yang puas belum tentu memiliki keterikatan yang tinggi. Mengapa demikian, dibahas detailnya dalam bagian khusus di buku ini. Menjaga pegawai agar tetap puas dan terikat membutuhkan lebih dari sekedar gaji dan tunjangan yang baik. Buku ini sangat cocok untuk dimiliki setiap pimpinan unit kerja. Pimpinan unit kerja di organisasi pemerintahan maupun bisnis akan terbantu menjawab berbagai misteri manajemen SDM terkait kepuasan dan keterikatan pegawai. Bila Anda dan para pimpinan unit kerja di kementerian/lembaga atau perusahaan memiliki perhatian dan kepedulian yang sama pada kepuasan dan keterikatan pegawai, maka buku ini sangat cocok untuk Anda. Berbagai aspek kepuasan dan keterikatan pegawai dielaborasi dengan super lengkap, terintegrasi dan menarik dalam buku ini. Dengan memahami isi buku ini, Anda dapat membangun tim yang lebih kuat di organisasi Anda. Dengan mencermati isi buku ini, Anda dapat membangun kinerja organisasi dan bisnis yang lebih baik sesuai target-target Anda. Dengan mengerti dan menerapkan isi buku ini, kita berkontribusi membangun masa depan Indonesia menjadi salah satu macan Asia di masa depan.

Hal ini disebabkan niat untuk memberikan dampak bagi banyak organisasi sekaligus. Buku Manajemen Kepuasan dan Keterikatan Pegawai ini, merupakan salah satu tema buku yang sudah lama sekali ingin saya tuliskan.

Manajemen Pelabuhan dan Realisasi Ekspor Impor

Pentingnya kegiatan ekspor/impor di pelabuhan khususnya, dan di suatu negara pada umumnya, menunjukkan mobilitas besarnya penawaran maupun permintaan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Pelabuhan sendiri merupakan pintu suatu negara bagi keluar-masuknya berbagai arus, yakni arus barang ekspor/impor dan interinsuler; arus penumpang ke/dari luar negeri dan ke/dari antarpulau; arus kapal baik kapal bendera nasional maupun kapal bendera asing; arus dokumen komoditas yang melindungi barang ekspor impor; arus dokumen kapal yang melindungi kapal asing maupun kapal domestik; arus uang baik mata uang asing maupun mata uang nasional; arus virus/bakteri baik yang dibawa oleh para penumpang kapal dan anak buah kapal, contohnya flu hongkong, AIDS, kolera; serta yang dibawa oleh muatan kapal, baik yang berupa hewan, misal penyakit sapi antrax, flu burung, maupun muatan kapal yang berupa tumbuhan, yakni kutu (insect) seperti kutu loncat, hama wereng, kutu pengerat padi, penyakit kulit pohon kopi, jeruk, lamtoro, dan lainnya. Pelabuhan juga merupakan pintu keluar masuknya arus kapal, baik kapal asing maupun kapal domestik (deadweight ships' call), juga arus hewan dan produk asal hewan serta arus tumbuhan dan produk asal tumbuhan. Dengan diterbitkannya buku Manajemen Pelabuhan dan Realisasi Ekspor Impor ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang dunia pelabuhan, seperti kemudahan dalam transaksi ekspor/impor, hambatan atau ancaman yang muncul, dan juga banyak peluang maupun kekuatan yang dimiliki oleh negara kita, sehingga di kemudian hari diharapkan bangsa kita akan semakin banyak memiliki ahli-ahli perdagangan internasional dalam dunia ekspor impor.

Dengan diterbitkannya buku Manajemen Pelabuhan dan Realisasi Ekspor Impor ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang dunia pelabuhan, seperti kemudahan dalam transaksi ekspor/impor, hambatan atau ancaman yang muncul, dan juga banyak ...

Manajemen Periklanan

Teori dan Praktik

Menarik untuk disampaikan bahwa iklan pada dasarnya mengusung dua kepentingan besar. Pertama, sebagai sebuah karya dengan kreativitas yang diusungnya dapat merepresentasikan kepribadian, positioning, dan diferensif produk. Di sisi lain, kedua iklan tentu saja sebagai salah satu promotion tools untuk dapat merangsang adanya pembelian produk. Untuk menjawab dua hal inilah, kehadiran buku ini saya pikir dapat menjadi salah satu alternatif wacana. Setelah membaca buku ini, saya memandang bahwa kajian-kajian periklanan telah secara jernih dan jelas dibahas dengan bahasa yang mudah dipahami oleh mahasiswa. Sebagai buku ajar, saya optimis buku ini dapat memudahkan proses transfer informasi tentang seluk-beluk dunia periklanan. Dilengkapi pula dengan contoh-contoh yang memudahkan penjelasannya.” (Dr. Bambang D.P, S.Sos, M.Si -Ketua program pascasarjana Ilmu Komunikasi UB Malang – dalam kata pengantar di buku ini). Buku Manajamen Periklanan ini dapat digunakan oleh para pelaku periklanan maupun sebagai materi ajar mata kuliah Manajamen Periklanan. Buku ini membahas secara detail dan komprehensif proses manajemen periklanan, Mulai dari perencanaan, penyusun tujuan, implomentasi hingga evaluasi kampanye periklanan. Selain itu, buku ini juga membahas faktor-faktor lain yang mempengaruhi berjalannya proses tersebut, seperti perilaku konsumen maupun kode etik dan regulasi periklanan.

Buku ini membahas secara detail dan komprehensif proses manajemen periklanan, Mulai dari perencanaan, penyusun tujuan, implomentasi hingga evaluasi kampanye periklanan.

Peran Kearifan Lokal Dan Modal Sosial Dalam Pengurangan Risiko Bencana Dan Pembangunan Pesisir

(Integrasi Kajian Lingkungan, Kebencanaan, dan Sosial Budaya)

Manajemen bencana merupakan bidang kajian yang mengalami perkembangan sangat cepat dalam dasawarsa terakhir. Salah satu studi tentang kebencanaan, yaitu dengan menggunakan pendekatan positivism. Pendekatan positivism terkait erat dengan tema tentang sosial budaya dan kemasyarakatan. Hal tersebut terutama dalam kaitannya dengan pola dan respons masyarakat terhadap situasi bencana yang mengancamnya (adaptive capacity) serta kemampuan masyarakat dalam melakukan penyesuaian-penyesuaian dan memberikan timbal baliknya dalam menghadapi fenomena-fenomena bencana. Buku ini berusaha memaparkan identifikasi kearifan lokal dari proses perilaku dan budaya masyarakat dalam kurun waktu yang panjang. Selain itu, buku ini juga berusaha menemu-kenali modal sosial yang ada di dalam masyarakat dalam kaitannya dengan pengelolaan lingkungan dan upaya pengurangan risiko bencana. Berbagai karakteristik fisik wilayah, kearifan, dan budaya lokal terkait dengan adaptasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan pesisir dan ancaman bencana di wilayah pesisir diulas secara lebih jelas. Secara lebih teknis, buku ini akan memaparkan dan menyajikan data-data, baik berupa data statistik maupun data secara keruangan, dalam kaitannya untuk memberikan gambaran dan penjelasan dalam konteks dinamika pesisir. Pada beberapa bab dan bagian akan dipaparkan data terkait data-data kependudukan, data sosial, data geografi, data-data lingkungan, dan lain sebagainya dengan menggunakan studi kasus suatu daerah. Studi kasus kawasan pesisir Demak dipilih dalam penjelasan dan pemaparan ini. Data kependudukan, data sosial, data potensi wilayah dalam lingkup wiayah pesisir Demak dipaparkan dengan menggunakan tabel, peraga diagram, peta, dan lain sebagainya. Selanjutnya, buku ini memaparkan contoh-contoh empiris hasil analisis secara terintegrasi dari modal sosial yang ada dalam masyarakat dalam kaitannya dengan pemanfaatan kapital tersebut untuk pembangunan berkelanjutan. Urgensi dari penulisan buku ini adalah memberikan berbagai informasi dan data kepada pemerintah daerah yang terkait dengan kearifan lokal dan modal sosial masyarakat tradisional untuk perencanaan pembangunan yang berkelanjutan. Selain itu, penulisan buku ini juga penting untuk pengembangan metode dalam riset-riset multidisiplin yang terintegrasi. Diharapkan pada akhirnya buku ini dapat memberikan tambahan referensi, pemahaman, dan pengetahuan kepada para mahasiswa, baik mahasiswa S-1, S-2, maupun S-3 yang akan melaksanakan penelitiannya. [UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]

Selain jumlah sekolah, banyaknya jumlah guru juga sangat penting sebagai
fasilitator untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Jumlah guru di Kecamatan
Sayung meliputi 70 guru TK, 587 guru SD/MI, 354 guru SLTP/MTs, dan 206 guru
SMA ...

Sales Culture: Peran Leader dalam Membangun Budaya Jual yang Unggul

“Buku yang diperlukan semua pemimpin. Beli, baca, dan praktikkan! Ketika budaya jual yang unggul terjadi, perusahaan Anda akan maju dan menjadi makin sukses.” Tung Desem Waringin Pembicara Terbaik No. 1 di Indonesia (Versi Majalah MARKETING), Penulis Buku Terlaris Rekor MURI, Financial Revolution dan Marketing Revolution “Kinerja perusahaan ditentukan oleh kompetensi leader dalam menggerakkan organisasinya. Jika leader kompeten dalam membangun budaya jual dan menggerakkan seManga, Manhua & Manhwat berprestasi staf, perusahaan pasti maju pesat. Buku ini mengajarkan cara meraihnya. Luar biasa!” Andrie Wongso Motivator No.1 Indonesia, Penulis Buku-buku Motivasi “Ketika saya mengunjungi Arizona State University (USA), dua orang memberi penjelasan tentang kampus itu dengan sangat menarik. Mereka adalah mahasiswa dan staf pegawai. Inilah kultur menjual yang sudah jadi. Semua ingin memberikan yang terbaik. Upaya menjual bukan hanya milik Sales Promotion Unit. Lembaga yang memiliki kultur menjual biasanya memiliki kualitas tinggi. Inilah esensi buku yang ditulis Ibu Marisa Gemiralda. Sangat menginspirasi. Luar biasa!” Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc Rektor Universitas Trilogi, Guru Besar Statistika IPB “Pengalaman Marisa Gemiralda yang bekerja di berbagai divisi dan cabang selama lebih dari tiga puluh tahun memberinya kemampuan untuk menuangkan gagasan-gagasan bernas dalam buku ini. Gagasan-gagasan di buku ini sangat menarik dan bisa memberikan alternatif pemikiran dalam pengembangan budaya penjualan dari yang biasa kita baca di buku-buku lain.” Prof. Dr. Adler Haymans Manurung, S.E., M.E., M.Com, S.H. Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanegara

Semua ingin memberikan yang terbaik. Upaya menjual bukan hanya milik Sales Promotion Unit. Lembaga yang memiliki kultur menjual biasanya memiliki kualitas tinggi. Inilah esensi buku yang ditulis Ibu Marisa Gemiralda. Sangat menginspirasi.

Auditing & Asurans Pemeriksaan Akuntansi Berbasis Standar Audit Internasional

Bagian pertama dari buku ini memuat topik Audit Eksternal, yang meliputi pembahasan tentang konsep dasar pengauditan dan jasa asurans; standar audit dan laporan auditor independen; kode etik profesi akuntan publik; tujuan pengauditan dan asersi manajemen; tanggung jawab manajemen dan auditor; pendekatan siklus dalam mensegmentasi audit; bukti dan dokumentasi audit; perencanaan audit dan prosedur analitis; audit pengendalian internal; materialitas dan risiko audit; risiko kecurangan; strategi audit menyeluruh dan program audit; serta sampling audit untuk pengujian pengendalian dan pengujian substantif transaksi. Sedangkan pada bagian ke dua dari buku ini memuat topik mengenai Audit Internal. Buku ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi para mahasiswa S1 maupun S2 akuntansi, khususnya yang sedang mengambil mata kuliah Auditing. Buku ini diharapkan dapat membantu para pembaca dalam memahami aspek-aspek dasar pemeriksaan akuntansi yang dilakukan oleh para akuntan publik, serta memperoleh pemahaman tentang peran yang dijalankan oleh para auditor internal selaku konsultan strategis.

Di Indonesia, penyelenggaraan ujian untuk menjadi seorang auditor forensik
yang bersertifikat difasilitasi oleh LSP-AF ... LSP-AF lahir dari keprihatinan dan
kesamaan pandangan, sekaligus tekad bahwa korupsi merupakan musuh
bersama ...