Sebanyak 3065 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN RISIKO, KRISIS, DAN BENCANA UNTUK INDUSTRI PARIWISATA YANG BERKELANJUTAN

Sebagai salah satu penggerak pembangunan ekonomi, industri pariwisata menyediakan lapangan kerja, membantu memutus siklus kemiskinan melalui pemberdayaan sumber daya manusia, dan menciptakan prospek baru untuk generasi yang akan datang. Di Indonesia dan di hampir semua negara dunia dewasa ini, industri pariwisata terbukti berdampak positif pada perekonomian nasional. Hal ini tampak dari kontribusi pariwisata terhadap PDB nasional dan daya serap lapangan kerja di sektor pariwisata. Namun, sebagaimana halnya industri yang bergerak di bidang jasa, industri pariwisata sangat rentan terhadap risiko. Risiko yang tidak dapat dikelola dengan baik akan menimbulkan krisis yang, jika tidak ditangani dengan saksama, bisa berubah menjadi bencana. Pada gilirannya, bencana mengakibatkan kerugian bisnis dan penurunan reputasi destinasi wisata, bahkan reputasi industri pariwisata sebuah negara secara keseluruhan. Karena itu, manajemen risiko untuk pariwisata berperan penting dalam mencegah bencana dan mengurangi dampak berbagai risiko yang mungkin muncul. Ditulis oleh para akademisi sekaligus praktisi yang telah berpengalaman di bidang kepariwisataan, buku ini mengupas antara lain: • Klasifikasi Risiko Industri Pariwisata • Mitigasi Risiko • Perangkat Manajemen Risiko • Manajemen Risiko Wisata Destinasi • Pengelolaan Informasi dan Media dalam Manajemen Risiko Pariwisata • Peran Pemerintah dalam Manajemen Risiko Pariwisata Dengan pembahasan yang demikian komprehensif, buku ini merupakan rujukan yang amat berharga bagi mereka yang berkepentingan dan berkecimpung dalam sektor kepariwisataan di negeri ini.

Sebagai salah satu penggerak pembangunan ekonomi, industri pariwisata menyediakan lapangan kerja, membantu memutus siklus kemiskinan melalui pemberdayaan sumber daya manusia, dan menciptakan prospek baru untuk generasi yang akan datang.

Micro-level School Finance

Issues and Implications for Policy

Our system expects teachers to be at the top . I don ' t know this for sure , but that
seems to create different attitudes among us toward our work . We take things
very seriously , and the school system helps in the extra paperwork . I think this ...

Meningkatkan Daya Saing dan Kinerja UMKM: Tinjauan dari perspektif Karakter, Pembelajaran dan Kompetensi Wirausahawan

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dan strategis dalam perekonomian nasional, hal ini terbukti antara lain: (1) UMKM merupakan pemain utama kegiatan ekonomi Indonesia, (2) memberi kontribusi yang cukup besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDP) Indonesia, (3) memberi kontribusi terhadap peningkatan ekspor non migas, dan (4) memberi kontribusi terbesar dalam penyerapan tenaga kerja. Di samping memiliki peran penting dalam perekonomian, UMKM juga terbukti tangguh saat terjadi krisis ekonomi 1998, karena hanya sektor UMKM yang bertahan dari kolapnya ekonomi, sementara sektor yang lebih besar justru tumbang oleh krisis. Di Indonesia, secara kuantitas perkembangan jumlah unit usaha terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Ditinjau dari kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), kuantitas UMKM mampu memberi kontribusi yang besar terhadap PDB, namun jika ditinjau dari sumbangan per unit UMKM terhadap PDB sangatlah kecil jika dibandingkan dengan usaha besar.

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dan strategis dalam perekonomian nasional, hal ini terbukti antara lain: (1) UMKM merupakan pemain utama kegiatan ekonomi Indonesia, (2) memberi kontribusi yang cukup besar ...

PENERAPAN SWOT BALANCED SCORECARD PADA PERENCANAAN STRATEGI BISNIS

Keunggulan bersaing bagi perusahaan menjadi temapenting beberapa tahun belakangan ini. Perusahaanperusahaan diseluruh dunia menghadapi pertumbuhanyang lambat dan juga menghadapi pesaing dari dalammaupun luar negeri. Keunggulan bersaing tersebut hanya dapat dipertahankan bila para pesaing tidak meniru strategyang sama. Oleh karena itu, strategi bisnis menjadi salahsatu penentu pencapaian tujuan dan keunggulan bersaingperusahaan. Untuk itu, penulis menghadirkan sebuah bukuuntuk menerapkan strategi dalam berbisnis.

Keunggulan bersaing bagi perusahaan menjadi temapenting beberapa tahun belakangan ini.

Interpretasi Wisata Alam: Perencanaan Interpretasi Wisata Alam Terpandu dan Mandiri

Buku ini berisi tentang beberapa hal yang berkaitan dengan interpretasi wisata alam, yaitu pemahaman terkait dengan interpretasi wisata alam, materi interpretasi alam, media interpretasi wisata alam, metode interpretasi wisata alam dan langkah-langkah dalam merencanakan interpretasi wisata alam terpandu dan mandiri pada suatu lokasi. Buku ini merujuk berbagai buku baik dalam negeri maupun luar negeri yang berfokus pada interpretasi wisata alam dan perencanaannya.

Buku ini berisi tentang beberapa hal yang berkaitan dengan interpretasi wisata alam, yaitu pemahaman terkait dengan interpretasi wisata alam, materi interpretasi alam, media interpretasi wisata alam, metode interpretasi wisata alam dan ...

Perencanaan Pembelajaran

Bahan ajar ini terdiri dari 9 bab yang meliputi pengetahuan tentang kurikulum 2013 yang disampaikan pada perkuliahan pertama. Bab 2 membahas tentang cara menentukan minggu efektif berdasarkan kalender pendidikan. Bab 3 membahas cara mengembang program tahunan (Prota) dan Program semester berdasarkan minggu dan jam efektif yang sudah ditentukan. Pada bab 4 dibahas cara mengembangkan indikator. Bab 5 membahas tentang penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang merupakan bagian dari penilaian. Bab 6 membahas cara mengembangkan silabus dilanjutkan pembahasan tentang RPP pada bab 7. Pengembangan materi ajar disajikan pada bab 8 dan diakhiri dengan pembahasan tentang penilaian di bab 9. Bahan ajar yang disusun ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai salah satu sumber belajar bagi mahasiswa atau calon guru yang akan menyusun perangkat pembelajaran. Di dalam bahan ajar ini juga disajikan teori dan cara mengembangkan perangkat pembelajaran, sehingga bagi mahasiswa yang program mata kuliah perencanaan dapat menjadi rujukan dalam menyusun perangkat pembelajaran.

peserta didik untuk memperbaiki pembelajaran, sedangkan penilaian sebagian
pembelajaran memungkinkan peserta didik melihat capaian dan kemajuan
belajarnya untuk menentukan target belajar. Penilaian konvensional berbeda ...

Metode Riset dan Analisis Saluran Distribusi

Buku ini membahas lebih dalam mengenai analisis bisnis yang dilakukan dengan cara pengukuran kepuasan pelanggan saluran distribusi di mana kepuasan pelanggan merupakan faktor terpenting dalam kegiatan operasional distribusi. • Saluran Distribusi, membahas saluran distribusi lama dan baru, klasifikasi konsumen, pedoman membangun organisasi distribusi, dan permasalahan distribusi. • Model Bisnis Distribusi, menguraikan model bisnis distribusi: model canvas, model integrasi, model just in time, dan model customer satisfaction. • Membangun Sistem Manajemen Distribusi, menjelaskan model perusahaan distribusi, struktur organisasi, pedoman dan prosedur pelaksanaan kerja, dan jenis laporan. • Analisis Bisnis Distribusi, menguraikan analisis yang dipakai dalam saluran distribusi: analisis SWOT, pasar, perusahaan, toko, konsumen, keuangan, produktivitas, forecast, break even point, dan economic order quantity. • Pengukuran Kepuasan Konsumen, menjelaskan definisi kepuasan pelanggan, konsep pengukuran kepuasan pelanggan, sumber data riset, dan metode riset kepuasan pelanggan. • Strategi Manajemen Distribusi, membahas strategi-strategi yang digunakan dalam pemasaran dan pendistribusian. Dalam buku ini dilampirkan juga cara pengelolaan data riset kepuasan pelanggan secara statistic analysis dan customer satisfaction index (CSI). Pembahasan-pembahasan dalam buku ini dapat memberikan wawasan pengetahuan kepada mahasiswa dan masyarakat umum mengenai metode riset dan analisis, khususnya analisis bisnis dan pengukuran kepuasan pelanggan dalam saluran distribusi.

Buku ini membahas lebih dalam mengenai analisis bisnis yang dilakukan dengan cara pengukuran kepuasan pelanggan saluran distribusi di mana kepuasan pelanggan merupakan faktor terpenting dalam kegiatan operasional distribusi. • Saluran ...

Riset Akuntansi

Buku ini memuat berbagai hasil riset empiris terkini dalam bidang akuntansi dan keuangan, dengan judul topik peneliti an sebagai berikut: - Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan - Pengaruh Kepemilikan Insti tusional, Pro porsi Dewan Komisaris Independen, dan Profitabilitas Terhadap Financial Distress - Pengaruh Peluang Investasi, Konservatisme Akuntansi, dan Modal Intelektual Terhadap Rasio Pembayaran Dividen Tunai, yang Dimoderasi Oleh Kinerja Dewan Komisaris - Pengaruh Leverage, Dividend Payout Ratio, dan Rasio Aktivitas Terhadap Pertumbuhan Laba - Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, dan Leverage Terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Buku ini memuat berbagai hasil riset empiris terkini dalam bidang akuntansi dan keuangan, dengan judul topik peneliti an sebagai berikut: - Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan - Pengaruh ...

10 Strategi Manajemen Terdahsyat di Dunia

Apakah organisasi, perusahaan, atau bisnis Anda: • Menuntut hasil yang lebih baik, tetapi justru memuji mereka yang terlihat sibuk dan bekerja paling lama? • Menuntut pekerjaan berkualitas, tetapi menetapkan tenggat waktu yang tidak masuk akal? • Menginginkan solusi yang kokoh terhadap suatu permasalahan, tetapi justru menghargai solusi yang instan? • Berbicara banyak tentang loyalitas, tetapi tidak memberikan jaminan kerja, malah justru memberikan gaji tertinggi kepada karyawan baru? • Menginginkan kesederhanaan, tetapi justru menghargai mereka yang merumitkan masalah dan menciptakan masalah sepele? • Menginginkan lingkungan kerja yang harmonis, tetapi justru menghargai segerombolan rendahan yang paling banyak bicara atau mengeluh? • Membutuhkan pekerja yang kreatif, tetapi justru menghukum mereka yang berani tampil beda? • Berbicara tentang penghematan, tetapi justru memberikan kenaikan anggaran kepada divisi yang menghabiskan banyak sumber daya? Kunci untuk memperbaiki permasalahan di atas dengan menerapkan 10 Strategi Manajemen Terhebat di Dunia yang menciptakan kaitan yang tepat antara kinerja, penghargaan, efektivitas, produktivitas, kerja sama tim, loyalitas, komitemen, dan segudang perilaku baik lainnya. 10 Strategi Manajemen Terhebat di Dunia adalah bacaan yang tepat bagi seluruh stake holder dalam sebuah organisasi/instansi/perusahaan, mulai pegawai posisi terendah hingga pimpinan atau pemilik bisnis (CEO). Buku ini berisi langkah praktis dalam menerapkan 10 Strategi Manajemen Terhebat di Dunia ke dalam lingkungan kerja dan bisnis, seperti bagaimana menghargai diri sendiri, menjadi panutan dan dihormati oleh bawahan, dan dipercaya oleh atasan. Selain itu, bagaimana memaksimalkan potensi diri guna menciptakan solusi yang kokoh, pengambilan risiko yang tepat, kreativitas, kinerja yang cerdas dan berkualitas, penyederhanaan, dan memiliki prilaku yang efektif tanpa banyak bicara. -Tangga Pustaka-

Apakah organisasi, perusahaan, atau bisnis Anda: _ Menuntut hasil yang lebih baik, tetapi justru memuji mereka yang terlihat sibuk dan bekerja paling lama? _ Menuntut pekerjaan berkualitas, tetapi menetapkan tenggat waktu yang tidak masuk ...

Manajemen Strategik - Konsep Keunggulan Bersaing

Buku ini dibuat untuk membantu kebutuhan literatur para mahasiswa S-1 dan S-2, khususnya yang berlatar belakang ilmu manajemen. Buku ini dibuat dalam tiga bagian dan sepuluh bab yang dirancang untuk memberi pemahaman kepada akademisi dan praktisi organisasi perusahaan dan publik mengenai proses manajemen strategik secara menyeluruh dan disusun secara sistematik dengan judul Manajemen Strategik: Konsep Keunggulan Bersaing.

Buku ini dibuat dalam tiga bagian dan sepuluh bab yang dirancang untuk memberi pemahaman kepada akademisi dan praktisi organisasi perusahaan dan publik mengenai proses manajemen strategik secara menyeluruh dan disusun secara sistematik ...